Arti Ahlan Wa Sahlan
Arti Ahlan Wa Sahlan

Ahlan Wa Sahlan – Ini adalah kalimat dan ungkapan dalam bahasa Arab. Di Indonesia haari ini ucapan dan ungkapan bahasa Arab semakin banyak di didengar ddimana-mana bahkana tak hanya dalam belajar saja namun juga dalam kehidupan sehari-hari. Banyak ucapan bahasa Arab seperti jazakallahu khairan, syafakallah dll, terdengar di kehidupan sehari-hari.

Namun, ada juga sebahagian yang hanya mengucapkan saja tanpa paham artinya. Maka, tulisan ini kami buat agar kita menambah pengetahuan tentang bahasa Arab dan bisa mengucapkannya di tempat dan kondisi yang benar.

Salah satu ungkapan dan ucapan bahasa Arab yang sering terdengar adalah ahlan wa sahlan, sebenarnya apa sih arti dari kalimat ini? Yuk kita lihat penjelasannya berikut ini.

Pengertiaan Ahlan Wa Sahlan

Ahlan wa sahlan juga sama dengan kalimat “marhaban” dalam habasa Arab. Kedua ucapan ini mengandung arti sama yaitu “selamat datang.”

Dalam serapan kamus KBBI, disebutkan bahwa kalimat Marhaban adalah kat seru yang bisa di gunakan ketika menyambut tamu yang datang. Maka, marhaban bisa di artikan sebagai “selamat datang”.

Sementara ahlan wa sahlan, kalimat yang belum diserap dalam KBBI juga di artikan sebagai “selamat datang”. Sekilas keduanya sama saja.

Namun jika kita telisik lebih jauh, kedua kalimat ini (Ahlan wa sahlan dan marhaban) pada asal katanya memiliki makna yang sangat berbeda.

Ahlan adalah ahli (keluarga), wa (dan) dan Sahlan yang artinya mudah. Artinya, keluarga dan kemudahan. Maka kalimat ahlan wa sahlan ini menjadi ungkapan “selamat datang adalah secara tersirat maknaanya”. Mungkin makna dari ahlan wa sahlan adalah Engkau berada di tengah keluarga dan dimudahkan bagimu untuk melangkah masuk ke rumah.

Beda dengan kalimat “marhaban” yang memang maknanya selamat datang. Maka, banyak orang cendrung menggunakan kallimat marhaban, namun menggunakan ahlan wa sahlan juga tidak salah bahkan kalimat dan ucapan bahasa arab ini sudah populer di tengah masyarakat bahkan orang Arab sekalipun.

Makna dari Ucapan Ahlan Wa Sahlan

Berikut kita perhatikan arti ahlan wa sahlan beserta balasan ahlan wa sahlan.

Ahlan wa Sahlan adalah bahasa Arab yang memiliki arti tersirat dan tidak semua orang bisa mengerti maksudnya.

Kebanyakan orang Indonesia mengartikan AHLAN WA SAHLAN sebagai ungkapan “SELAMAT DATANG”, padahal kalimat ini dalam bahasa arab adalah memiliki sangat agung sekali.

Kalimat Ahlan berasal dari AHLUN (KELUARGA) dan kalimat sahlan dari SAHL (MUDAH). Maka jika saja kita mengucapkan kalimat ini kepada orang yang datang ke rumah kita, maka artinya adalah KITA MENERIMA DAN MENGANGGAP TAMU TERSEBUT BAGIAN DARI KELUARGA KITA DAN KITA AKAN MEMUDAHKAN URUSANNYA.

Jadi, arti kalimat ahlan wa sahlan tidak hanya sebagai selamat datang saja, namun memiliki arti yang lebih luasa sebagaimana kita jelaskan di atas barusan.

Jadi tentang asala dari kalimat ahlan wa sahlan ini ada perbedaan pendapat, ada juga yang mengatakan asaalnya bukan dari ahlun dan sahl. Tetapi ucapan tersebut datang dari kalilmat Halalta Ahlan wa Nazalta Sahlan, ada juga yang mengatakan dari Ji’ta Ahlan Wa Wati’ta Sahlan, atau Atayta Ahlan Wa Halalta Sahlan, ada juga yang bilang dari Qadimta Ahlan Wa Wata’ta Sahlan.

Jadi, kita makna kalimatnya seperti itu, maka jika di cocokkan dalam bahasa Indonesia, AHLAN WA SAHLAN ITU adalah lebih cocok artinya “Silahkan masuk, tidak usah sungkan-sungkan.” bisa juga dengan arti “Siahkan, Anggap saja seperti rumah sendiri.”

Baca juga: arti jazakallah, jakakillah, jazakumullah

Jadi, makna ahlan wa sahlan sangat agung, beradab dan luarbiasa ketimbang seperti yang sering diartikan dengan hanya “selamat datang” saja.

Jawaban Terhadap Ahlan wa Sahlan

Jika kamu mengucapkan kalimat ini kepada tamu, maka tamu akan membalas dengan ucapan “Ahlan bika”, “ahlan Biki”, atau “ahlan bikum”. Ini hanya dhamir saja atau kata ganti, jadi disesuaikan apakah ia perempaun (ahlan biki), laki-laki (ahlan bika) atau jamak (ahlan bikum).

Arti dati kalimat jawaban ini adalah “sama-sama” atau bisa juga di artikan dengan “kamu juga”. Lihat contoh dalam percapakan dibawah ini.

A: AHLAN WA SAHLAN (Silahkan masuk, tidak usah sungkan-sungkan)
B: AHLAN BIKA (Sama-sama)