Arti Assalamualaikum Warahmatullah

Arti Assalamu’alaikum Warahmatullah adalah keselamatan dan rahmat Allah semoga dilimpahkan atas kamu. Ini adalah ucapan salam atau keselamatan yang sunnat di ucapkan seseorang muslim ketika bertemu dengan saudaranya yang muslim. Kalimat ini tidak boleh di ucapkan kepada orang non-muslim karena mereka tidak selamat menurut ajaran agama Islam.

Ada juga ucapan salam yang lebih sempurna yaitu Assalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh yang artinya semoga keselamatan, rahmat Allah dan keberkahan-Nya di limpahkan atas kamu. Mengucapkan salam antar sesama Muslim baik ketika bertamu, ketika berjumpa di jalan, di kenal atau tidak sangat baik untuk menguatkan ukhuwah Islamiyyah daan mengokohkan hubungan persaudaraan Islam.

Hukum mengucapkan salam adalah sunnat terhadap sesama Muslim, sementara menjawab salam adalah wajib (diberi pahala bagi yang menjawab dan berdosa bagi yang tidak menjawabnya).

Ucapan jawaban terhadap salam dari seseorang adalah dengan lafadh “Wa’alaikum salam warahmatullah” atau bisa juga menambahkan “wabarakatuh“. Arti jawab salam adalah “dan atas kamu keselamatan dan rahmat Allah dan keberkatan-Nya”.

Sebuah ucapan yang sangat di anjurkan bagi orang Islam karena didalamnya mengandung doa yang luarbiasa yaitu do’a untuk keselamatan saudara kita dan doa agar di berikan rahmat (kasih sayang) serta keberkahan. Jawaban dari salam itu juga mengandung doa yang sama. Intinya orang muslim itu di anjurkan untuk saling mendoakan satu sama lain sehingga terjalin ukhuwah Islamiyah yang bagus dan terjalin persatuan.

Bahasa Arab Assalamu’alaikum Warahmatullah

Berikut kita lihat penulisan Assalamu’alaikum warahmatullah wa barakatuh dalam bahasa Arab, tulisan latin dan dalam penulisan Assalamualaikum dalam bahasa Inggris.

Tulisan salam dalam tulisan latin adalah: Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh

Sedangkan tulisan salam dalam bahasa Arab adalah: السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Salam dalam bahasa Inggris: May the peace, mercy, and blessings of Allah be upon you.

Setelah kita tahu penulisan Salam dalam bahasa Arab dan bahasa Inggris, sekarang kita lihat makna dari salam itu sendiri. Beberapa makna salam adalah sebagai berikut:

1. Saling mencintai dan menyangi

karena kandungan dari salam adalah saling mendoakan sesama dengan keselamatan baik dunia mapun akhirat.

2. Makhluk semuanya bergantung kepada Allah

Memberikan salam juga memberikan makna bahwa kita butuh Allah yang bisa menyelamatkan dan memberikan kasih sayang serta keberkahanNya kepad hamba.

3. Memberikan rasa aman

Mengucapkan salam kepada seseorang memberi penegertian bahwa kita sudah memberikan keamanan kepada seseorang. Kita sudah menjamin seseorang dari kejahatan kita atau kita tidak akan berbuat jahat terhadap dia (orang yang kita beri salam).

Maka, salah satu cara agar kita aman dari seseorang, berilah salah kepadanya, karena ketika ia mendengar salam kita, dia akan menajwab salam karena jawab salam itu wajib hukumnya. Ketika dia menjawab salam, artinya ia sudah memberikan rasa aman, damai dan keselamatan terhadap kita.

Hadist-Hadist Tentang Salam

Berkaitan dengan pengucapan salam yang hukumnya sunnat, berikut ada beberapa hadist yang berkaitan dengan anjuran salam untuk di ucapkan kepada saudara se iman.

أَىُّ الإِسْلاَمِ خَيْرٌ قَالَ « تُطْعِمُ الطَّعَامَ ، وَتَقْرَأُ السَّلاَمَ عَلَى مَنْ عَرَفْتَ ، وَعَلَى مَنْ لَمْ تَعْرِفْ »

Artinya: Apa amalan Islam yang lebih bagus? Rasulullah SAW bersabda: Memberi makanan, mengucapkan salam atas orang yang engkau kenal dan atas orang yang tidak engkau kenal. (HR. Bukhari no. 6236)

Selanjutnya ada hadist dari ‘Amar bin Yasir, Rasulullah SAW bersabda sbb:

ثَلاَثٌ مَنْ جَمَعَهُنَّ فَقَدْ جَمَعَ الإِيمَانَ الإِنْصَافُ مِنْ نَفْسِكَ ، وَبَذْلُ السَّلاَمِ لِلْعَالَمِ ، وَالإِنْفَاقُ مِنَ الإِقْتَارِ

Artinya: Tiga perkara, siapa saja yang mengumpulkan (mendapatkan) semuanya, maka sungguh sempurna imannya. (1) berlaku adil terhadap diri sendiri (2.) memberikan salam bagi setiap orang (3) mengeluarkan nafkah dalam keadaan membutuhkan.

Ada sebuah hadist dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda;

يُسَلِّمُ الرَّاكِبُ عَلَى الْمَاشِى ، وَالْمَاشِى عَلَى الْقَاعِدِ ، وَالْقَلِيلُ عَلَى الْكَثِيرِ

Artinya: Orang berkendaraan memberi salam kepada orang berjalan dengan kaki, orang berjalan dengan kaki memberi salam kepada orang yang duduk, dan orang yang sedikit memberikan salam kepada orang yang banyak.

Dalam hadist lain yang senada dengan hadist ini Rasulullah SAW bersabda:

يُسَلِّمُ الصَّغِيرُ عَلَى الْكَبِيرِ ، وَالْمَارُّ عَلَى الْقَاعِدِ ، وَالْقَلِيلُ عَلَى الْكَثِيرِ

Aartinya: Yang mudah hendak memberikan salam kepada yang lebih tua, orang yang lalu (berjalan) memberikan salam kepada orang duduk dan orang yang sedikit memberikan salam kepada orang yang jumlahnya banyak.