Arti Fii Amanillah
deviantart.com

Kita sering mendengat kalimat fii amanillah, apa sebenarnya maksud, arti dari kalimat nahasa arab tersebut dalam bahasa Indoensia. Mungkin jika salah satu saudara, teman atau kekasih kamu pergi dan berpamitan, apa yang kamu ucapkan kepadanya. Biasanya kita mendengar kalimt yang umum di ucapkan seperti “selamat jalan”, “sampa jumpa”, “hati-hati di jalan” dan sebagainya.

Memang tidak salah, karena kalimat-kalimat tersebut termasuk di ucapkan pada tempatnya. Namun sekarang yang kalimat dalam bahasa Arab yang lebih terkenal dan populer di ucapkan yaitu “fii amanillah”. Sebenarnya apa sih arti kalimat tersebut, Yuk kita lihat penjelannya berikut ini.

Arti kalimat Fii Amanillah

Dalam bahasa Arab kata kata dan kalimat terbaik untuk di ucapkan kepada seseorang yang sedang bepergian atau hendak bepergian adalah “fii amanillah”. Kalimat berbahasa Arab ini memiliki arti dan makna yang luarbiasa, jika kamu tahu. Tak hanya sebagai kalimat atau ucapan perpisahan semata, namun fii amanillah juga berfungsi sebagai sebagai doa kebaikan dalam Islam.

Lantas, apa arti fii amanillah? Fii amanillah adalah frasa dalam kalimat berbahasa Arab dan memiliki arti “Dalam keamanan Allah” atau “semoga engkau dalam perlindungan Allah”.

Semoga kita tentu setuju bahwa kalimat fii amanlillah di ucapkan ketika saudara kita bepergian. “Semoga dalam lindungan Allah” adalah sebuah ungkapan doa yang cukup besar maknanya, ini adalah doa yang mengandung makna agar Allah memberikan keamana jalan bagi saudara kita yang bepergian.

Maka, kita juga perlu tahu bagaimana membalas ucapan tersebut, sehingga saudara kita yang duluan mendo’akan kita juga mendapatkan doa dari kita. Sungguh indah jika kita saling merendah, menghormati, memuliakan dan saling mendoakan.

Ok, sebelum kita lihat jawaban atas kalimat perpisahan bahasa Arab itu, kita perlu tahu dulu bagaimana penggunaan yang benar terhadap kalimat Fii Amanillah.

Menggunakan atau mengucapkan kalimat ini untuk orang bepergian memang cocok dan pada temaptnya, namun penggunaan kalimat “Fii Amanillah” tidak terbatas pada saat saudara kita bepergian saja namun masih banyak situasi lain yang cocok untuk di ucapkan. Berikut beberapa contoh dimana kalimat fii amanillah cocok untuk di ucapkan.

  • Jika berjumpa dengan orang yang terkena kecelakaan atau musibah
  • Untuk orang yang sedang mendapatkan jabatan tertentu
  • Ketika hendak menutup telpon dan sebelum mengucapkan salam
  • Di ucapkan untuk orang yang sedang melakukan tugas berbahaya

Balasan Terhadap Ucapan FII Amanillah

Setelah kita tahu arti fii amanillah, sekarang lihat bagaimana cara menjawab ucapan ini. Jika ada seseorang yang mengucapkan “fii amanillah” kepada anda, anda harus membalasnya dengan kalimat-kalimat yang baik dan bagus juga. Diantara kalimat yang bisa anda ucapkan kepada orang yang sudah mengucapkan fii amanillah kepada anda adalah “ma’assalamah”, jadi kita juga membalas dengan do’a yaitu “ma’assalamah” yang artinya “semoga keselamatan kepada anda”.

Baca juga: Arti jazakillah

Jadi, membalas ucapan baik orang lain adalah sebuah anjuran dalam agama Islam, jika ada orang yang memberikan doa maka kita sunnat membalas doanya dengan doa yang lebih bagus.

Contoh: Ketika seseorang memberikan salah kepada kita dengan ucapan “assalamualaikum”, maka kita sunnat membalasnya dengan kalimat yang lebih sempurna seperti “wa ‘alaikum salam warah matullah wa barakatuh”. Begitu lah indahanya Agama Islam, termasuk dalam membalas ucapan fii amanillah. Dalam Al-Quran Allah SWT, berfiman yang artinya:

“Apabila kamu diberi penghormatan dengan sesuatu penghormatan, maka balaslah penghormatan itu dengan yang lebih baik dari padanya, atau balaslah penghormatan itu (dengan yang serupa)” (QS. An Nisa’: 86)

Maka, ketika seseorang mengucapakan fii amanilllah, jawablah dengan yang lebih bagus.

Kandungan Kalimat Fii Amanillah

Fii Amanillah ternyata memiliki makna dan kandungan yang luarbiasa sehingga sangat di galakkan untuk di ucapakan kepada seseorang atau kepada saudara kita yang sedang dalam bepergian, mendapat musibah, sedang naik pangkat dan lain-lain.

Beberapa makna fii amanillah yang terkandung adalah sebagai berikut:

1. Doa keselamatan

Fii amanillah adalah doa yang mengandung makna keselamatan, maka sangat cocok di ucapkan kepada teman atau saudara yang bepergian. Kita mendoakan mereka agar selamat dan senantiasa dalam lindungan Allah karena Allah-lah yang melindungi, menjaga dan segala sesuatu itu terjadi atas kehendak Nya, maka wajar dan pantas kalau kita berdoa kepada Allah SWT.

2. Sebagai Rasa Kepedulian

Ketika kita mendoakan saudara kita, itu artinya kita peduli dengannya, kita merasa sayang dan perhatian dan tidak menginginkan sesuatu itu terjadi. Maka, dalam langkah dia bepergian kita iringkan doa dengan ucapan “Fii amanillah”. Kita berharap ia selamat dan tidak terjadi apa-apa dalam perjalanannya.

Membangun rasa peduli speerti ini sangat baik untuk mengeratkan hubunbgan dan persatuan ummat.

3. Cinta sesama Muslim

Sleain sebagai bentuk rasa peduli dan doa keselamatan, mengucapkan Fii amanillah juga merupakan bentuk cinta sesama saudara kita sesama muslim.

Demikianlah penjelasan singkat tentang kalimat atau ucapan fii amanillah, mulai dari artinya, balasannya, jawaban, dan makna yang terkandung dalam kalimat tersebut. Smeoga kita bisa membiasakan kalimat-kalimat doa terhadap saudara kita. Malaikat akan mendo’akan orang yang mendoakan saudaranya. Mendoakan saudara tidak harus dengan kalimat bahasa Arab, kita juga bisa mengucapkannya dengan bahasa Indonesia atau menggunakan bahasa daerah kita masing-masing.