arti mimpi hamil

Arti mimpi hamil – Hamil adalah mengandung bayi dan menjadi sesuatu yang sangat di nanti-nantikan oleh banyak orang terutama yang baru menikah. Hamil bagi wanita adalah sebuah kebahagian luarbiasa karena ini menunjukkan bahwa mereka sudah di titip nikmat besar oleh yang maha kuasa. Demikian juga bagi sanag suami, istrinya hamil adalah sebuah kegembiraan yang patut di syukuri.

Jadi, hamil itu adalah simbol kebahagiaan sehingga suami istri mempersiapkan kedatangan sang bayi dengan segala keperluannya jika ini terjadi di dunia nyata. Bagaiamna jika hamil hanya dalam mimpi? Atau dalam mimpi kita melihat orang lain yang hamil, bagaimana memaknai dan mengartikan mimpi hamil ini?

Pembagian Mimpi

Sebenarnya, apa yang kita mimpikan tidak semuanya benar. Dalam Islam mimpi terbagi kepada tiga, adayang datang daari Allah, ada mimipi dari syaithan (setan) dan ada juga mimpi ddari jiwa kita sendiri.

Mimpi dari Allah adalah mimpi yang benar, sementara mimpi dari setan adalah mimpi yang salah dan biaasanya mimpi ini tidak baik atau menyeramkan, menakutkan. Sementara mimpi dari jiwa sendiri adalah mimpi yang berasal dari diri kita sendiri, misalnya kita senang melakukan sesuatu sehingga sesuatu itu terbawa dalam mimmpi.

Selain tiga jenis mimpi itu, ada kriteria tentang bagaimana bahwa mimpi yang kita alami itu adalah benar. Dalam hadist riwayat Imam Muslim menyebutkan bahwa orang yang paling banyak mimpinya benar adalah mereka yang paling jjur dalam kehidupan sehari-harinya.

Jadi, mimpi dari orang itu bisa saja merupakan sesuatu kenyataan yang akan terjadi dan di hadapinya. Berikut bunnyi haadistnya.

إِذَا اقْتَرَبَ الزَّمَانُ لَمْ تَكَدْ رُؤْيَا الْمُسْلِمِ تَكْذِبُ وَأَصْدَقُكُمْ رُؤْيَا أَصْدَقُكُمْ حَدِيثًا

Artinya: “Apabila hampirlah kiamat, hampir saja mimpi seorang Muslim tidak dusta, dan sebenar-benar kamu terhadap mimpi adalah sebenar-benar kamu dalam ucapan”.

Arti Mimpi Hamil

Bagaimana jika mimipi itu adalah tentang hamil. Berkaitan dengan mimpi hamil, ada sebuah pendapat ulama yang menyebutkan tentang itu, beliau adalah Abu Bakar Muhammad bin ‘Umar al-Ihsa’i. Beliau menyebutkan dalam kitabnya Jami’ Tafasir al-Ahlam sebagai berikut:

kata ulama tentang mimpi hamil

Artinya: Mimpi hamil, adapun mimpi haamil pada perempuan ini pertanda bertambah harta, dan jika terjadi pada laki-laki, ini adalah sebuah kesedihan. Ada yang mengatakan bahwa mimpi hamil adalah sebagai petunjuk dan sebagai tanda akan bertambahnya harta, dan kenikmatan di dunia nyata. Baik yang bermimpi itu perempuan atau laki-laki. Sementara mimpi si sabi (belum baligh) bahwa ia hamil, maka di tujukan kepada orang tuanya. Jika yang bermimpi anak laki-laki maka di peruntukkan kepada ayahnya dan jika yang bermimpi itu anak pr, maka di peruntukkan kepada ibunya. Jika seseorang bermimpi bahwa istrinya hamil, ini artinya ia sedang mengharapkan suatu kekayaan duniawi, sementara sebahagian yang lain mengatakan bahwa mimpi hamil dari siapapun baik laki laki atau perempuan maka ini bermakna sama-sama menujukkan makna kebaikan dalam kondisi apapun. Sementara jika seseorang bermimpi tentang hewan yang hamil, maka ini adalah tanda akan ada manfaat dan kebaikan, terutama jika hewan tersebut termasuk dari jenis binatang yang ia suka.

Itulah keterangan tentang arti mimpi hamil dalam khazanah Islam. Pengertian mimpi ini bisa juga di jumpai dalam kitab Muntakhab al-Kalam fi Tafsir al-Ahlam karangan Ibnu sirin.

Dari penjelasan di atas kita tahu bahwa mimpi hamil mempunyai arti yang bagus karena berkaitan dengan kebaikan, daan keberuntungan baik yang bermipi orang laki atau perempuan atau anak-anak. Namun deemikian, hanya Allah saja yang tahu dengan sebenarnya tentang mimpi itu karena Allah yang berkehendak atas segala sesuatu.

Dalam al-Quran Allah berfirman sebagai berikut:

وَإِنْ يَمْسَسْكَ اللَّهُ بِضُرٍّ فَلَا كَاشِفَ لَهُ إِلَّا هُوَ ۖ وَإِنْ يُرِدْكَ بِخَيْرٍ فَلَا رَادَّ لِفَضْلِهِ ۚ

Artinya: “Jika Allah menimpakan kemudharatan kepadamu, maka tidak ada yang dapat menghilangkannya kecuali Dia. Dan jika Allah menghendaki engkau dengan, maka tak ada siapapun yang bisas menolak kurnia-Nya.”

Demikianlah arti mimpi hamil menurut pendapat ulama, semoga bermanfaat!