manfaat buah naga
Aneka manfaat buah naga

Manfaat buah naga cukup signifikan bagi kesehatan tubuh jika di konsumsi secara rutin setiap hari dalam jumlah yang sedang atau satu gelas saja sehari. Anda bisa mengkonsumsi buah naga merah atau buah naga putih, kduanya sama-sama mengandung antioksidan dan sejumlah nutrisi lain yang sangat mendukung kesehatan.

Buah naga adalah buah dari tanaman kaktus dari marga Hylocereus dan Selenicereus. Asal mula tanmana ini adalah dari Amerika yaitu meksiko, amerika tengah dan Amerika Selatan. Namun tanaman ini bisa hidup dimana saja terutama di tanah gembur dan berpasir. Maka, penyebarannya sangat mudah dan sekarang kita bisa menjumpainya di berbagai belahan dunia. Sekarang tanaman buah naga sudah di budidayakan di negara Asia seperti Malaysia, Indonesia, India, Vietnam dan lain-lain.

Selain negar Asia, Tanaman kaktus dari marga Hylocereus dan Selenicereus juga bisa di temui di Israel, Australia, Tingkok dan Okinawa. Di tanah air, di katakan buah ini di katakan buah naga karena buahnya yang memiliki bentuk fisik kulit seperti sisik naga. Inilah analoginya sehingga disebut buah naga. Jenis buah naga sangat beragam ada yang merah, putih, hitam bahkan ada yang kuning.

Jenis-Jenis Buah Naga

  • Buah Naga berwarna merah dengan bagian isi dalam berwarna putih disebut Hylocereus undatus
  • Buah naga berwarna kulit merah muda dan isi bagian dalamnya berwarna merah disebut Hylocereus polyrhizus
  • Ada juga Selenicereus megalanthus, ini adalah buah naga dengan kulit berwarna kuning dan isi didalamnya berwarna putih
  • Hylocereus costaricensis, ini adalah jenis buah naga dengan warna buahnya yang sangat merah.

Semua jenis buah naga memiliki manfaat yang luarbiasa untuk kesehatan manusia. Jadi, anda bisa menanam jenis apa saja yang anda sukai baik buah naga kuning, buah naga merah atau buah naga putih. Berikut kita perhatikan apa saja manfaat buah naga bagi kesehatan.

manfaat buah naga kuning
Buah naga kuning harga lebih mahal

Nilai Gizi Buah Naga

Buah naga adalah salah satu jenis buah yang banyak mengandug air didalamnya, bahkan dalam 100 gram kandungan buah naga, sebanyak 87 hram adalah air. Setelah air, kandungan terbanyak adalah vitamin C yang bisa bertindak sebagai antioksidan pembunuh atau penghambat sel kanker. Berikut kita lihat tabel nilai nutrisi buah naga.

Gizi Buah Naga Per 100 gram % AKG harian Keterangan
Air 87 g NA Buah kaya dengan air
Protein 1.1 g 2.1 %
Lemak 0.4 g Bebas lemak sehingga baik untuk diet
Karbohidrat 11.0 g 3.4 %
Serat 0.04 mg 12 % Menjadi sumber serat
Vitamin B1 (Thiamine) 0.04 g 2.7 %
Vitamin B2 (Riboflavin) 0.05 mg 2.9 %
Vitamin B3 (Niacin) 0.16 mg 0.8 %
Vitamin C (Ascorbic Acid) 20.5 mg NA Sangat kaya akan vitamin C sebagai antioksidan
Kalsium (Ca)  8.5 mg 0.9 % Tinggi kalsium
Besi (Fe) 0.16 mg 0.8 %

Dari data nutrisi di atas kita tahu bahwa buah naga memiliki fakta sebagai berikut:

Buah naga termasuk buah rendah kalori, dalam 100 gram buah naga hanya mengandung setengah atau 50 kalori ini hampir sama dengan buah kiwi yang rendah kalori. Namun, buah ini mengandung banyak anti oksidan,
mineral, vitamin dan kaya terhadap serat sehingga baik untuk kesehatan.

Buah naga hitam mengandung banyak phytochemical atau phytoalbumin yang cukup baik untuk pencahar dan berfungsi sebagai obat alami untuk meningkatkan nafsu makan. Ia juga baik untuk menjaga kesehatan kulit.

Buah naga kaya vitamin C yang baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Vitamin C juga berperan sebagai antioksidan yang baik untuk melawan radikal bebas dalama tubuh dan memerangi infeksi.

Daging buah naga merah kaya terhadap karoten dan vitamin A yang cukup baik untuk kesehatan mata. Vitamin A juga baik untuk mukosa dan kulit. Buah yang kaya karoten juga baik untuk mencegah kanker mulut dan kanker tenggorokan.

[Baca juga: Gejala kanker serviks]

Selain mengandung vitamin, buah naga juga mengandung banyak mineral seperti mangan, zat besi, fosfor, serta magnesium. Magnesium adalah mineral yang berperan penting dalam menjaga kesehatan tulang.

Manfaat Buah Naga bagi Kesehatan

Setelah kita tahu nilai gizi dalam buah naga, lantas apa saja manfaatnya. Berikut adalah daftar manfaat buah naga untuk kesehatan yang perlu kita ketahui.

1. Menurunkan berat badan

Manfaat buah naga naga yan sangat genomenal adalah menurunkan berat badan. kandungaan serat yang tinggi serat kalori yang rendah menjadi modal dalam suatu makanan untuk bisa di jadikans sebagai teman diet menurunkan berat badan. Buah naga juga mengandung banyak air sehingga sangat baaik untuk melaancarkan pencernaan.

Jaadi, kamu yang sudah lama mencoba menurunkan berat badan dengan berbagai cara namun belum beerhasil, coba simpan buahnaga dirumah dan minum sebagai jus tanpa gula atau rendah gula setiap haarinya.

2. Sumber antioksidan yang bagus

Antioksidan adalah senyawa yang di temukan dalam ssayuran dan buaha-buahan dan termasuk dalam tanaman seperti tanaman bajakah. Manfaat dari antioksidan adalah menghancurkana radikal bebas dalam tubuh dan mennyingkirkan raacun. Radikal bebas adalah zat berbahaya dalam tubuh yang menyebabkan kerusakan sel sehingga seseorang mudah di serang penyakit atau cepat menua.

Buah naga adalah buah kaya antioksidan, maka mengkonsumsi buah naga secara teratur termasuk upaya dalam menjaga kesehatan dan mencegah berbagai penyakit dalam tubuh.

3. Buah naga mencegah kanker

Buah ini kaya dengan antoksidan phytoalbumin yang berguna mencegah pembentukan radikal bebas dalam tubuh. Selain itu, buah naga juga mengandung zat yang membantu pencegahan kanker seperti serat, fosfor, kalsium, vitamin C dan B2, dan buah ini mammpu untuk mengeluarkan racun logam dalam tubuh, ini artinya membantu pencegahan terhadap pembentukan sel kanker.

4. Meningkatkan kekebalan tubuh

Buah naga tinggi antioksidan, selain bermanfaat untuk mencegah kanker juga baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Jadi, konsumssi buahj naga setiap hari dalam jumlah mmomderasi sangat di anjurkan. Ketika kekebalan tubuh menignnkatkan maka tubuh tersebut akan susah dan sulit di hinggapi penyakit.

5. Baik untuk diabetic

penderita diaabetes juga dianjurkan mengkonsumsi makanan ini. Buah naga rendah gula dan kaya energi sehingga ketika masuk kedalam tubuh, ia langsung di cerna. Kandungan gula yang sedikit baik untuk mereka yang sedang mengalami masalah dengan pangkreas karena tubuh tidak terbebani dengan kadar gula.

6. Meningkatkan nafsu makan

Manfaat buah naga juga baik untuk meningkatkan nafsu makan. Ini di sebabkan dalam buah naga mengandung vitamin B1 dan vitamin B2. Vitamin ini akan menjadi agen dalam meningkatkan naafsu makan terutama pada anak-anak.

7. Mencegah penuaan dini

Penuaan dini adalah kondisi dimana tubuh mengalami perubahan secara signifikan dalam waktu yang singkat. Dalam bahasa lain disebut seseorang yang mengalami penuaan dini maka penampilan fisiknya akan nampak lebi tua dibandingkan dengan usianya.

Salah satu manfaat mengkonsumsi buah naga adalah mencegah penuaan dini. Dianara penyebab penuaan dini adalah terpapar polusi udara, mengkonsumsi makanan beracun seperti makanan cepat saji dan lain-lain.

8. Asma dan batuk

Buah naga juga baik membantu menghilangkan penyakit pernapasan seperti batuk dan asma. Memang tidakbisa mengobati secara total dengan buah ini, namun setidaknya kehadiran buah naga bisa memudahkan pernapsan anda.

Kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah naga sangat penting karena bisa melawan infeksi dan bakteri penyebab penyakit. Ia juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh sehingga bagus untuk siapapun, termasuk pencerita asma dan batuk dan flu.

9. Serangan jantung dan tekanan darah tinggi

Tekanan darah tinggi bisa di sebabkan eleh dua faktor yaitu stres oksidasi dan tersumbatnya arteri. Buah naga bermanfaat membersihkan tubuh maka ia bagus sebagai obat untuk menjaga kesehatan jantung, dan masalah kesehatan lainyang berkorelasi dengan pembuluh darah.

Buah naga juga di ketahui bisa membantu menghilangkan stres oksidasi yang merupakan salah satu penyebab terjadinya serangan jantung. Jadi, mengkonsumsi buah naga secara teratur cukup bagus dalam mencegah serangan jantung dan darah tinggi.

10. Bermanfaat untuk tulang dan darah

Manfaat lain dari buah naga adalah menjaga kesehatan tulang dan darah. Buah naga tinggi kandungan kalsium dan zat besi sehingga sangat baik untuk mendukung kesehatan darah dan tulang. Satu buah naga ukuran saja sudah memenuhi 1% dari kandungan gizi harian. Bahkan FAO menganggap bahwa buah naga pentig untuk kesehatan karena tinggi nilai kalsiumnya.

Sementara zat besi yang di kandung di dalamnya untuk ukuran satu buah kecil bisa mencapai 8% kebutuhan harian. Otot dan saraf juga butuh kalsium untuk bisa berfungsi dengan baik. Kandungan zat besinya adalah untuk membentuk sel darah merah sehingga oksigen bisa di angkut keseluruh sel tubuh termasuk ke otak.

Manfaat buah naga dan cara menanamnya
Tanaman buah naga tumbuh subur

Manfaat Kesehatan Buah Naga Lainnya

Selain untuk hal-hal yang sudah di sebutkan di atas, buah naga juga memiliki manfaat luarbiasa untuk ibu hamil, untuk menjaga kesehatan gigi, mendeteksi kandungan borak dalam suatu makanan, pencernaan bahkan untuk kesehatan mata sekalipun. Berikut kita lihat manfaat buah naga untuk beberapa hal ini.

11. Manfaat buah naga untuk ibu hamil

Ini adalah manfaat yang sangat penting kita ketahui, buah naga sebenarnya salah satu obat atau nutrisi penting untuk ibu hamil sehingga keberadaan untk konsumsi ibu hamil sangat penting. Buah naga itu mengandung nutrisi seperti asam folat, vitamin, karoten, serta serat dan semua ini sangat penting untuk kesehatan dan perkembangan ibu hamil serta janinnya.

Jadi, disamping harga yang terjangkau, manfaat buah naga untuk ibu hamil juga sangat penting termasuk untuk perkembangan janin karena mengandung beragam nutrisi yanjg di butuhkan oelh keduanya; ibu hamil dan janin.

12. Menjaga kesehatan gigi

Manfaat buah naga selanjutnya adalah untuk kesehatan gigi. Untuk mendapatkan manfaat ini anda bisa mengkonsumsi buah naga secara teratur. Cara mudah mengkonsumsi buah naga adalah dengan membuat jus buah naga. Namun, agar lebih sehat sebaiknya kurangi atau hilangkan gula. Kandungan kalsium yang tinggi mampu menguatkan gigi dan mengobati sakit gigi.

13. Mendeteksi kandungan borak

Buah naga ternyata bisa di manfaatkan untuk mendeteksi kandungan borak. Cara mendeteksi borak dalam makanan adalah dengan cara merendam makanan tersebut dalam air rendaman kulit buah naga. Kemudian, makanan tersebut di rendam dalam air campuran kulit buah naga selama 10 menit. Selanjutnya, celupkan tisu kedalam air, jika makakan itu mengandung formalin atau borak maka tisu itu akan berwarna merah lebih lama di bandingkan dengan makanan yang tidak mengandung borak.

14. Manfaat buah naga untuk kesehatan mata

Buah naga kaya akan vitamin A seperti pada buah wortel, anda bisa merutinkan konsumsi wortel atau di campurkan dengan buah naga. Bisa juga anda mengkonsumsi jus buah naga yang rasanya notabene lebih enak di bandingkan dengan wortel.

Konsumsi secara rutin dalam jumlah moderasi, insya Allah bisa memberikan efek yang bagus untuk kesehatan mata anda.

Nah, itulah beberapa manfaat buah naga yang penting di ketahui, namun selain itu masih banyak lagi manfaatnya yang mungkin tidak kami jelaskan satu persatu. Berikut manfaat lain dari buah naga secara umum dan penting diketahui sebagai informasi dan pengetahuan.

Manfaat dan Khasiat lain Buah Naga

  1. Bermanfaat untuk memebersihkan usus
  2. Memperkuat tulang dan gigi
  3. Bermanfaat untuk peradangan
  4. Buah untuk meningkatkan stamina
  5. Agar tidak mudah kram
  6. Menjaga ion tubuh
  7. Mencegah kelumpuhan otot
  8. Dapat digunakan untuk membasmi jerawat
  9. Baik untuk manula
  10. Bagus untuk menjaga kelembaban kulit
  11. Menjaga kesehatan syaraf
  12. Dapat digunakan untuk perwarna alami (buah naga merah)
  13. Baik untuk menjaga usus dari perkembangan bakteri
  14. Mencegah kerapuhan tulang
  15. Baik untuk pencernaan bayi di atas 1 tahun
  16. Baik untuk kelancaran aliran darah
  17. Baik untuk mengobati panas dalam
  18. Baik untuk meningkatkan ASI
  19. Baik untuk mengobati sariawan
  20. Baik untuk tenggorokan kering
  21. Dapat menjaga kulit wajah agar tetap kencang

Efek Samping Buah Naga

Sebenarnya tidak ada efek samping berrarti mengkonsumsi buah naga. Namun untuk mendapatkan hasil yang baik bagi kesehatan tetap direkomendasikan untuk mengkonsumsi dalam jumlah yang wajar. Mengkonsumsi buah naga terlalu banyak di khawatirkan kelebihan serat dalam usus sehingga menyebabkan gangguan penyerapan nutrisi dan gas atau kembung. Begitu juga bagi ibu hamil, mengkonsumsi buah naga baik dan bagus untuk kesehatannya serta janin namun tetap harus dikontrol agar tidak berlebihan.

Jadi, selama mengkonsumsi buah naga masih dalam batas normal, maka ini tidak masalah bagi kesehatan jutstru baik untuk kesehatan.

Budidaya Buah Naga

Budidaya buah naga cocok di lakukan di lahan terbuka, dengan kandungan unsur hara dalam tahan yang mencukupi. Maka lahan yang bagus itu adalah tanah berpasir, dan mendapatkan cukup sinar matahari. Budidayanya biasanya di lakukan dari batang yang distek atau dari penyemaian biji. Selain itu, tanaman buah naga membutuhkan perawatan yang bagus dan sebaiknya berada pada suhu antara 38-40 °C.

Jika perawatannya bagus dan tumbuh subur, maka tanaman buah naga akan berbuah ketika usia satu tahun hingga 17 bulan. Penanaman atau pembudidayaan tanaman buah naga bisa dilakukan di ketinggian 0–1200 m dpl karena hal terpenting untuk pertumbuhannya adalah sinar matahari yang cukup.

Tanaman buah naga sangat rakus terhadap unsur hara, jadi dimanapun anda menanamnya jangan lupa memperhatikan unsur hara dengan baik. Jika di pupuk dengan baik, satu tahun ia sudah meninggi hingga 3 meter. Indonesia adalah salah satu daerah yang cocok untuk pembudidayaan tanaman buah naga mengingat pasar buah naga sangat besar di Indonesia. Sekarang baru beberapa tempat saja yang melakukan pembudidayaan buah naga seperti Mojokerto, Malang, Jember, Pasuruan, Ponorogo, Banyuwangi, Wonogiri, Kulon Progo, Kalibawang, Bandung dan Batam.

Cara Mengkonsumsi Buah Naga

Kita mungkin belum begitu familiar dengan buah naga, karena mengingat di Indonesia hanya beberapa wilayah saja yang sudah membudidayakannya. Jadi, mungkin banyak yang bertanya bagaimana mengkonsumsi buah naga, apa sama seperti mengkonsumsi buah jambu biji, atau mengkonsumsi buah mangga?. Maka penting juga kita tahu cara mengkonsumsi buah naga agar enak dan lezat.

Cara mengkonsumsi buah naga adalah dengan membelah buahnya menjadi beberapa bagian, di bagian dalamnya penuh dengan isi yang bercampur biji kecil-kecil dan hitam. Bijinya di makan bersama daging buahnya sementara kulitnya di buang atau di olah menjadi makanan lain. Cara terbaik dan lezat menikmati buah naga adalah dengan membuat jus buah naga, namun jika anda ingin tampil beda, anda bisa mencoba membuat salad, agar-gara atau di buat keripik buah naga.

Demikianlah informasi seputar buah naga, mulai dari manfaat buah naga, nutrisi, efek samping buah naga, hingga jenis-jenis buah naga dan cara pembudidayaannya, semoga bermanfaat dan menjadi tambahan pengetahuan.