manfaat biji bunga matahari

Bunga matahari dalam bahasa latin disebut helianthus annus adalah bunga indah dengan warna kuning cerah dan berbentuk seperti sinar matahari dengan lingakaran bulan di tengahnya yang di penuhi biji-bijinya. Bunga matahari tidak hanya bermanfaat sebagai bahan pembuatan kuaci tetapi ia memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dari bijinya hingga minyak bunga matahari.

Keindahan ladang bunga matahari bukan sebagai tempat wisata namun bunga matahari itu akan di panen pada waktunya dan akan di manfaatkan sebagai minyak bunga matahari dan sebagai kuaci. Lantas, apa saja manfaat bunga matahari baggi kesehatan manusia? Dalam artikel ini, kita akan bincangkan tentang manfaat kesehatan dari biji dan minyak bunga yang memiliki nama latin helianthus annus.

Manfaat Biji Bunga Matahari

Biji bunga matahari sangat baik untuk kesehatan karena mengandung tinggi vitamion E yang di sebut gamma-tocopherol. Gamma-tocopherol adalah jenis antioksidan yang banyak di temukan dalam jenis kacang-kacangan. Jadi, biji bunga matahari atau kuaci bermanfaat untuk menangkal radikal bebas penyebab penuaan dini dan kerusakan sel.

Baca juga: Anatomi Tubuh Manusia

Mengkonsumsi biji bunag matahari secara rutin dalam jumlah yang wajar baik untuk kesehatan jantung karena mampu menurunkan jumlah kolesterol jahat atau LDL dalam tubuh. Selain untuk jantung, biji bunga matahari juga bermanfaat untuk hipertensi atau tekanan darah tinggi. Ok, langsung saja kita lirik apa saja manfaat biji bunga matahari untuk kesehatan berikut ini.

1. Mencegah kram otot dan osteoporosis

Biji bunga matahari tinggi kandungan magnesium yang bagus untuk menetralisir kandungan kalsium dan kalium tubuh.
Maka, biji matahari baik untuk mencegah kerapuhan tulang, kram otot, sakit kepala kronis dan sembelit.

2. Baik untuk kesehatan kulit

Biji bunga matahari mengandung tinggi vitamin E yang disebut gamma-tocopherol, ini adalah antioksidan yang berguna utnuk menjaga kulit tetap sehat dan lembut. Selain vitamin E, ia juga mengandung lipid asam lemak esensial yang fungsinya menjaga kulit tetap lembab dan terhidrasi dan membentengi kulit dari sinar matahari.

3. Mencegah diabetes

Salah satu manfaat biji bunnga matahari yang sangat bagus adalah menncegah lonjakan gula darah. Kadungan nutrisi dalam biji kuaci bisa menurunkan lonjakan gula darah akibat mengkonsumsi makanan tinggi kadar gula seperti makanan olahan, biji-bijian olahan dan minuman manis.

Manfaaat Minyak Bunga Matahari

Manfaaat Minyak Bunga Matahari
Manfaaat Minyak Bunga Matahari

Selain mendapatkan manfaat dari mengkonsumsi biji bunga matahari, minyak bunga matahari juga bermanfaat banyak untuk kesehatan. Bahkan minyaknya di katakan bermanfaat untuk menurunkan resiko penyakit jantung dan baik juga untuk menjaga keseimbangan berat badan. Demikian dikatakan Department of Health and Human Service from United states.

Minyak yang di proses dari biji bunga matahari ini baisanya digunakan untuk menambahkan rasa masakan tertentu dan menghilangkan sembelit. Ok, langsung saja kita jelaskan dua manfaat penting minyak bunga matahari.

1. Anti peradangan

Peradangan atau inflamasi terjadi ketika lapisan folikel kulit kotor dan tercemar bakteri. Biasanya jerawat muncul karena kelebihan minyak di bawah lapisan folikel dan minyak ini terinfeksi bakteri maka muncullah peradangan yang di sebut jerawat.

Minyak biji bunga matahari mengandung vitamin A, C, D dan E serta mengandung asam lemak esensial. Minyak esensial yang ada akan menjadi pelindung bagi lapisan kulit sehingga kulit tidak mudah terkoneksi dengan bakteri yang bisa menyebabkan peradangan tersebut. Jadi, manfaat minyak bunga matahari adalah mengobati jerawat, anda bisa mengolesi langsung minyaknya pada permukaan kulit yang terinfeksi.

2. Kaya omega 3

Selanjutnya, manfaat minyak bunga matahari cukup baik untuk tubuh karena kaya akan omega 3 esensial. Dalam satu sendok minyak bunga matahari mengandung sekitar 8,9 gram asam linoleat. Asam linoleat adalah asam lemak tak jenuh ganda atau disebt omega-6.

Lemak tak jenuh tunggal baik untuk diet harian bahkan ia merupakan nutrisi penting dalam diet manusia. Agar manfaat lemak omega 3 maksimal, setidaknya kita membutuhkan sebanyak 11 hingga 14 gram lemak omega 3 dalam setiap harinya. Maka, mengkonsumsi biji bunga matahari atau minyak dari biji bunga matahari adalah salah satu cara mudah untuk mendapatkan minyak esensial omega 3.