Mengenal burung hantu

Burung hantu adalah jenis burung yang beda dengan burung lainnya, ia merupakan burung dengan kepala besar atau disebut ordo Strigiformes. Ia adalah binatang buas sehingga jarang kita lihat ada di antara manusia kecuali yang sudah di jinakkan. Sama seperti binatang buas lainnya, ia adalah burugn pemakan daging atau di sebut karnivora.

Apa itu Burung Hantu

Burung adalah hewan noktural, artinya mereka adalah makhluk yang beraktivitas di malam hari baik untuk mencari makanan atau hal-hal ini. Jenisnya di seluruh dunia sangat banyak, ada sekitar 222 yang sudah di ketahui dan mmereka tersebar di seluruuh dunia termasuk green land, kecuali di benua Atartika. Suhu yang terlalu dingin menyebabkanm hewan ini tidak bisa bertahan hidup.

Di dunia barat burung ini tidak di katakaan sebagai burung hantu, mereka melambangkan burung berkepala besar ini atau ordo Strigiformes sebagai lambang kebijaksanaan. Namun di Indonesia, burung ini di anggap sebagai pembawa maut sehingga orang nusantara menyebutnya dengan nama burung hantu. Namun demikian, tidak semua wailayah di Indonesia memiliki nama menakutkan itu, misalnya di pulau jawa penyebutan burung hantu adalah dares atau manuk dares. Begitu juga dengan daeraj sulawesi utara, mennyebutnya dengan nama Manguni.

Ok, dengan penjelasn singkat di atas, apakah anda sudah mengenal dan tahu apa itu burung hantu? Jika belum, berikut kita lihat ciri-ciri burung hantu.

Ciri-Ciri Burung Hantu

  • Burung hanti memiliki ciri khas yang di perdapatkan pada semua jenis burung hantu. Ciri khas ini adalah berkepala besar dengan dua biji matanya menghadap kedepan, ini berbeda dengan burung lain yang matanya menghadap ke samping. Selain itu, burung hantu memiliki paruh yang bengkok dan runcing seperti halnya paruh burung elang.
  • Ciri ciri lain adalah terletak pada bulu kepalanya yang melingkar berbentuk wajah. Bulu pada wajahnya tersusun rapi sehingga memberikan kesan sebagai burung cantik atau menyeramkan.
  • Burung ini ada keunikan tersendiri, ia mampu memutar kepalanya hingga 1800 derajat. Jadi wajar kalau kamu melihat burung ini menghadap ke belakang punggungnya, ini karena burung hantu bisa memiliki kemampuan memutarkan lehernya hingga 180 derajat.
  • Umumnya, burung hantu berbulu burik, berbintik-bintik, coklat dan bercampur hitam. Namun ada juga spesies yang memiliki bulu terang bersih berwarna putih.
  • Ciri ciri burung hantu selanjutnya adalah memiliki ekor yang pendek, namun ia memiliki sayap yang panjang dan lebar. Konon sayapnya bisa mencapai tiga kali lipat dari panjang tubuhnya.
  • Burung hantu adalah burung yang tak banyak bergerak, dimana dia hinggap maka disitulah ia berada tanpa bergerak atau mematung. Ini menyebabkan banyak burung lain tidak tahu keberadaannya.

Aneka Jenis Burung Hantu

Sebagaimana kita sebutkan di atas, burung ordo Strigiformes berkepala besar ini diketahui spesiesnya hingga 222 jenis. Diantara banyak jenisnya, burungn hantu di bagi lagi dalam dua kategori yaitu burung hantu serak atau disebut Tytonidae. Satu lagi adalah buurng hantu sejati yang disebut Strigidae.

Burung hantu adalah burung yang menyebar di satu daerah saja dalam satu kawasan sehingga ia di klasifikasikan sebagai burung endemik. Penyebarannya terbatas pada satu wilayah atau pulau di Indonesia dan hal ini biasa terjadi pada burung marga Tyto, Ninox dan Otus. Ok, langsung saja kita lihat jenis-jenis burung hantu (noktural).

1. Burung hantu celepuk reban

Burung hantu celepuk reban

Ini adalah jenis burung hantu kecil yang dalam bahasa ilmiah di sebut Otus lempiji dan ia termasuk dalam keluarga Strigidae (burung hantu sejati). Di beberapa wilayah Indonesia, Celepuk Reban kadang dipanggil dengan nama yang berbeda. Misalnya, di sunda disebut bueuk, di Jawa di sebut Manuk kuwek, serta beberapa nama panggilan lainnya. Otus lempiji termasuk jensi burung hantu yang daerah penyebarannya adalaah Asia Selatan.

Burung hantu celepuk reban adalah burung yang habitatnya di pepohonan yang tinggi biasanya berada di daaerah dengan ketinggian 1600 meter di atas permukaan laut. Anda bisa mendapatkan burung ini di daerah pekarangan, taman atau di pepohonan perkebunan.

2. Burung hantu serak Jawa

Burung hantu serak Jawa

Ini adalah burung hanti serak jawa yang memiliki ukuran 34 cm, ciri ciri burung hantu mudah sekali dikenal karena kecantikannya yang khas. Dalam bahasa ilmiah di sebut Tyto alba dan termasuk dalam keluarga Tytonidae.

Burung hnatu serak jawa memiliki bentuk wajah yang mudah di kenal yaitu berbentuk “love” atau berbentuk “hati”. Bulunya yang lembut jika di sentuh adalah salah satu ciri khasnya. Bulu sayapnya kecoklatan dengan tekstur licin dan di bagian bawah sayapnya berwarna putih, kadang-kadang juga bercampur bintik hitam.

3. Burung hantu kelabu besar

Burung hantu kelabu besar

Burung hantu Kelabu besar termasuk dalam keluarga strigidae, ia memiliki bentuk wajah yang menyeramkan dan menakutkan. Burung hantu jenis ini di sebut Great Gray Owl atau strixx nebulosa merupakan satu satunya burugn hantu yang pertama di diskripsikaan oleh Johann Reinhold Forster saat mengelilingi dunia tahun 1772. Namanya Nebulosa adalah adaptasi dari nebulosus yang artinya berkabut. Ini sangat cocok dengan bulunnya yang berwarna kabut.

Burung hantu kelabu besar memiliki sejumlah nama sesuai dengan daerah menetapnya, mungkin ia termasuk butung hantu yang wilayah penyebarannya luas. Selain di sebut great gray ghost ia juga memiliki nama-nama lain seperti Phantom of the north, cinerous owl, spectral owl, lapland owl, spruce owl, sooty owl dan bearded owl.

Si kelabu besar, walaupun termasuk salah satu burung noktural, namun ia juga aktiv menjelang subuh dan disiang hari saat musim bertelur. panjangnya bisa mencapai 64-84 cm dengan bobot tubuh mencapai 790-1454 gram. Kala musim dingin, buurng hantu kelabu besar akan mengumpulkan mangsa dalam jumlah besar dibandingkan ketika musim panas.. Daerah penyebaran burung yang di juluki Great Grey Ghost ini adalah Kanada, Alaskan, California dan Amerika Serikat.

Sebagai hewan karnivora, ia memangsa binatang lain diantaranya adalah Vole. Vole adalah hewan pengerat mirip tikus namun bentuknya kecil dan badannya menyerupai bentuk bundar datau bulat.

Burung hantu kelabu besar bisa hidup hingga 40 tahun dalam penangkaran, sementara di alam bebas sering kali di temukan mati karena keterbatasan makanannya atau di serbu binatang buas lainnya.

4. Burung hantu elang andaman

Burung hantu elang andaman

Burung hantu elang andaman juga termasuk burung hantu dalam keluarga Strigidae. Ini adalah burung dalam genus Ninox dan termmasuk dalam burung endemik yang hanya tersebbar pada satu tempat tertentu di India. Ia digolongkan dalam burung hantu pere david yang termasuk dalam burung hantu sejati.

5. Burung hantu Pere David

Burung hantu Pere David

Ini jugua dalam kategori burung hantu sejati dan berada dalam keluarga Strigidae. Ia berbeda dengan bburung hantu yang biasa di temukan di Nusantara. Orang-orang banyak menganggap bahwa burung hantu Pere David adalah burung pembawa petaka buruk. Dalam sejarah Romawi kuno, burung hantu ini di anggap sebagai burung pemakan darah dan daging layaknya vampire.

Burung Hantu Peliharaan dan Harganya

Selain jenis burung hantu liar, ada juga yang bisa di pelihara karena memang mereka bisa jinak dan cepat akrab dengan manusia. Beirkut jenis burung hantu yang sering di peliharan oleh pecinta burung.

1. Beluk Ketupa – Buffy Fish

burung hantu Beluk Ketupa

Salah satu jenis burung hantu yang banyak di perjuaal belikan adalah burung hantu Beluk Ketupa atau Buffy Fish. Panjangnya sekitar 50 cm dengan warna bulu yang menjuntai dan coklat terang atau coklat cream. Bagi kamu yang ingin mendapatkan burung ini, kaamu bisa membelinya dengan harga kisaran 800.000.

2. Burung hantu salju putih

Burung hantu salju putih

Burung hantu salju adalah salah satu burung cantik, dikatakan salju karena bulunya putih bersih dan unik. Ia hidup di daerah yang ada musim saljunya. Tampilan fisiknya terlihat rapi dan elegan seperti eagle pada umunya. Wajahnya juga terdiri dari bulu-bulu yang membentuk rapi seperti simbul “love”.

Ukuran tubuhnya sekitaar 30 hingga 35 cm, burung hantu salju putuh juga termasuk burung yang di pelihara. Jika anda ingin mendapatkannya, anda bisa mendapatkannya dengan harga 300.000 ada juga dengan harga 400.000 sesuai dengan ukurannya. Namun jika ingin mendapatkan burung hantu salju yang sudah terlatih, anda harus merogoh kocek lebih besar lagi.

3. Burung hantu Bubo

Burung hantu Bubo

Bubo adalah nama burung hantu yang harganya lumayan tinggi. Harganya yang mahal di karekan warna dan bentuknya yang dianggap unik dan langka. Burung hantu bubo di banderol dengan harga 1000.000 rupiah. Selain itu, tubuhnya juga lumayan besar yatu 50 cm.

Burung hantu bubo kelihatan anggun dan gagah dengan kaki kuatnya di selimuti dengan bulu-bulu halus yang indah. Selain itu, burung hantu bubo juga memiliki juntai yang lebih tinggi dibandingkan dengan burung hantu celepuk.

4. Burung hantu Tyto Alba

Burung hantu Tyto Alba

Burung hantu Tyto Alba juga tergolong burung cantik dengan kepala khasnya. Bulunya yang putih dan cream sangat banyak di sukai orang. Namun, kebanyakan mereka memelihara burung ini dan melatihnya untuk menjaga hama tikus di sawah. Itulah sebabnya banyak di beli petani untuk menjaga sawahnya.

Harganya sangat terjangkau, ia di jual dengan harga 80.000 untuk satu ekornya yang belum tua. Jika usia semakin tua maka harganya juga semakin tinnggi.

5. Burung hantu celepuk

Burung hantu celepuk

Ini adalah burung hantu dengan ukuran tubuh mungil dan kecil. Warnaa semu memeraah di bagian kepalanya. Sebagai buurng kecil dengan ukuran 19 cm, celepuk juga memiliki jumbai di kepaalanya sebagaimana burung hantu pada umumnya.

Burung hantu celepuk mudah di temukan di pekarangan, hutan dan taman-taman. Harganya biasanya 70.000 hingga 150.000.

Makanan Burung Hantu Berdasarkan Jenisnya

Burung hantu biasanya makan hewan pengerata seperti tikus, vole, curuk dan lain-lain. Mereka memiliki kesukaan makan yang berbeda-beda diantara jenisnya. Berikut kita apa saja makanan burung hantu sesuai dengan jenisnya.

1. Burung Hantu Spotted Wood Owl

Burung hantu memiliki keegemaran memakan hewan pengerat seperti tikus. Namun bagi Burung Hantu Spotted Wood Owl makanan yang sangat di sukainya di alam liar adalah tikus putih. Jadi, makanan Burung Hantu Spotted Wood Owl adalah daging atau binatang lainnya seperti dan yang serupa dengan tikus.

2. Burung hantu salju

Burung hantu salju adalah burung yang hidup di daerah yang dingin dengan saljunya. Maka, bagi anda yang ingin memelihara burung hantu salju di Indonesia yang beriklim tropis, mungkin ia tidak akan bertahan lama.

Dari sisi makanan, burung hantu salju memiliki kebiasaan yang berbeda dengan burung hantu pada umumnya. Ia suka makan ikan, anak burung atau burung kecil lainnya.

3. Makanan burung hantu celepuk reban

Burung hantu celepuk reban adalah jenis burung hantu yang banyak di temukan di Indonesia, daerah penyebarannya termasuk sumatra, pulau jawa, bali dan kalimantan. Ia termasuk burung hantu terkecil yang di ketahui. Makanan burung hantu celepuk reban adalah tikus-tikus kecil..

4. Oriental Bay Owl

Oriental Bay Owl adalah salah satu jenis burung hantu dengan kelopak mata merah. Butung hantu ini sangat aktif mencari makanan dimalam harinya. Biasanya binatang yang menjadi incarannya adalah serangga seperti jangkrik, dan ia juga makan tikus kecil-kecil.

5. Makanan burugn hantu Buffy Fish Owl

Burung hantu Buffy Fish Owl adalah hantu yang jinak dan cepat akrap dengan manusia sehingga ia banyak di cari untuk di pelihara.

Makanan burung hantu Buffy Fish Owl agak bervariasi. Jadi, tidak sulit untuk mendapatkan makanannya. Burung Buffy Fish Owl suka makan ikan lele, tikus putih, anak burung, burung kecil dan anak ayam.

Itulah sedikit kupasan tentang burung hantu mulai dari jenis-jenis burung hantu, ciri cirinya dan makanan kesukaan burung hantu. Semoga artikel ini bisa menambah pengetahuan anda sahabat loveinshallah.com.