Cara Mempercepat Koneksi Wifi

Wifi sudah menjadi kebutuhan utama bagi masyarakat modern. Pasalnya hampir semua aktivitas di jalan dengan menggunakan bantuan dari internet yang salah satunya lewat penggunaan wifi. Bahkan, cafe saja sekarang mengutmakan kecepatan wifi-nya agar pelanggan menjadi betah. Coba lihat saja cafe tempat nongkrong di Bandung misalnya, semuanya sudah menggunakan wifi dengan kecepatan tinggi sehingga memberikan kenyamanan bagi pelanggannya.

Sebegitulah pentignya wifi sekarang, bahkan ketika anda datang ke cafe-cafe pasti yang anda lihat pertama adalah ada dan tidaknya wifi, dan selanjutnya cepat atau tidaknya wifi. Artinya, masyarakat modern sangat mementing internet dengan kecepatan yang lumayan karena lebih dari setengah aktivtasnya sekarang menggunaan internet.

Namun demikian masih saja ada tempat tempat yang koneksi wifinya belumm kecepatan tinggi sehingga sering menjadi masalah b agi sebahagian orang. Baagi kamu sering streaming, download atau upload video ke youtube misalnya kamu pasti merasaa jengkel dengan koneksi wifi yang tidak cepat. Maka pada kesempatan ini kami mengulas cara mempercepat koneksi wifi, yuk ikuti tipsnya berikut ini.

Baca juga: Topologi jaringan komputer

Daftar Isi Artikel

7 Tips Mempercepat Koneksi Wifi

1. Mengubah settingan Bandwidth

Sebelum mengubah bandwidth, pastikan bahwa modem anda sudah pada posisi “on” dan geser kecepatan bandwidth ke kecepatan tinggi agar internet lebih lancar. Caranya lihat berikut ini:

Pada menu RUN pada windows > ketik di sana gpedit.msc > Kemudian klik konfigurasi komputer > template administrasi > terus pilih pada jaringan > QoS packed scheduler > double klik pada limit reservable bandwidth > pilih enable, kemudian ganti bandwidth limitnya. Jika semuanya sudah di lakukan, Restart komputer anda untuk mengetahui hasilnya.

2. Instalasi Wifi Switcher

Tip selanjutnya untuk mempercepat wifi adalah dengan menggunakan aplikasi Wifi Switcher. Kamu bisa mendapatkan aplikasi ini secara gratis di Google Play Store, cari yang buatan Cloudie Development dan download serta instal.

Jika sudah menginstal aplikasi ini, kemudian klik pada menu yang ada untuk melancarkan jaringan internet anda. Sangat mudah bukan!

3. Ubah settingan DNS komputer

Tips dan cara mempercepat koneksi wifi selanjutnya adalah dengan mengubah settingan DNS komputer anda. Apa itu DNS, DNS adalah menu pencarian nama pada pc anda dengan menggunakan jaringan TCP atau IP. Ubah DNS komputer lewat DNS Google. Jika sudah mengubahnya dan internet masih lambat, maka alternatifnya adalah melakukan reset jaringan dan flushing DNS. Berikut caranya:

Klik kanan > pilih menu RUN administrator > ketik flushdns > tekan enter, selanjutnya coba melakukan akses internet secara berulang-ulang.

4. Pilih provider terkenal

Salah satu provider terkenal adalah telkomsel, Telkomsel terkenal mahal biayanya namun mereka memberikan fasilitas yang berkualitas. Jaringan internet telkomsel termasuk yang tercepat di Indonesia. Jadi, jika internet kamu tidak cepat mungkin salah satu penyebabnya adalah penyedia layanan jaringan internet yang tidak stabil.

Jika kamu tidak senang dengan telkomsel (seperti saya), kamu bisa memilih penyedia internet lainnya seperti XL dan Tri. Mereka sudah mempunyai jaringan banyak di seluruh Indonesia walaupun masih terbatas dan tidak menyeluruh seperti telkomsel.

5. Pindah ke tempat yang masih sepi

Jika kamu mendatangi cafe untuk akses internet, sebaiknya pilih tempat yang belum banyak di datangi pengunjung. Jaringan internet semakin lambat jika pengguna semakin banyak karena frekuensi jaringan akan terbagi ke seluruh pengguna. Maka, jika temapt duduk kamu mulai ramai kamu bisa pindah ketempat yang masih sepi.

6. Periksa posisi antena router

Ternyata salah satu cara mempercepat koneksi wifi adalah dengan memeriksa antena router. Router pada wifi kamu posisinya tegal lurus tidak mereng-mereng sehingga ia dengan mudah bisa menangkap sinyal internet dan menyalurkannya 1ke perangkat kamu.

Selain itu, periksa juga kabel rauter, jangan biarkan kabel rauter kamu putus dan terkelupas kulit bagian luar. Jiak tidak maka internet kamu bisa melemah dan tidak bagus.

7. Menggunakan modem yang memadai

Cara mempercepat wifi selanjutnya adalah menyediakan modem. Sebenarnya ini lebih kepada cara menjaga agar koneksi internet selalu ada dan aktif. Ini untuk mengantisipasi jika suatu saat anda kerusakan router, jadi anda masih bisa menggunakan modem sehingga akses internet jalan terus.

Modem internet menggunakan kecepatan yang berbeda-beda, untuk itu kamu bisa memilih modem yang memiliki kecepatan tertinggi sehingga kamu tidak terkendala dengan internet yang kamu miliki.

Itulah beberapa cara mempercepat koneksi wifi kamu atau internet. Maka, penting mengetahuinya agar kamu bisa selalu mendapatkan akses yang memadai. Jadi, pahami dulu sebabnya dan kemudian ambil langkah pencegahannya dan jika terjadi masalah kamu bisa memperbaikinya sendiri.