Contoh Iklan

Contoh iklan – Iklan atau teks iklan adalah sebuah media untuk mempromosikan produk ke konsumen. Luas dan besarnya jangkauan pasar dari suatu iklan akan memberikan peluang besar untuk mendapatkan konnsumen suatu produk. Itulah sebabnya iklan di letakkan di tempat yang raami seperti di jalan raya, persimpangan, atau melalui media digital yang banyak di kunjungi orang. Salah satunya adalah tv, radio atau media online seperti website.

Tujuan dari berbagai media iklan adalah sama yaitu untuk mendapatkan pembeli suatu produk yang di iklankan atau untuk tercapainya tujuan sosialisasi dari iklan tersebut. Maka, dari sini kita pahami bahwa iklan adalah sesuatu yang penting dalam pembangunan.

Baca juga: Pengertian EKOSISTEM, Pendapat Para Ahli

Di era moderen ini, persaingan iklan dan sangat serius dan kuat akibat dari beragamnya media promosi iklan itu sendiri. Jika dulu hanya menggunakan koran, tv dan spanduk atau pamplet di samping jalan, kini media periklanan sudah lebih maju, yaitu sudah merambah ke dunia digital atau konten online bahkan menjadi media terbaik untuk iklan. Maka, wajar saja, sebuah website yang banyak traffic-nya memiliki space iklan yang lumayan mahal. Semakin banyak kunjungan suatu media maka semakin mahal harga tayang iklannya.

Persaingan iklan yang ketat ini membuat para kreator iklan lebih serius dalam mendesain dan membuat iklan yang berbobot dan bermutu.

Fungsi Teks Iklan

Teks iklan adalah hal sangat penting dalam pembuatan iklan untuk memberikan pemahaman kepada konsumen atau masyarakat agar mereka lebih paham terhadap produk yang di tawarkan atau terhadap sosialisasi suatu kepentingan dalam lingkungan masyarakat baik desa atau perkotaan.

Namun, teks iklan berbeda dengan pengumuman biasa, target dari teks iklan lebih persuasif sehingga konsumen tertarik untuk membeli produknya. Selain itu, teks iklan juga berfungsi sebagai berikut:

Sebagai media informasi: Menyampaikan info terkait produk, ciri-ciri, sifat-sifat-nya dan lain-lain

Media persuasi: Teks iklan itu bertujuan untuk membujuk dan mengarahkan calon konsumen untuk membeli barang, jasa atau produk yang biasanya di bumbui dengan kata yang greget seperti diskon XX%, beli satu free satu dll.

Media pengingat: tujuannya adalah untuk mengingatkan para konsumen tentang suatu produk sehingga konsumen mau terus memakai dan menggunakan produk tersebut.

Susunan dan Struktur Teks Iklan

Untuk menghasilkan sebuah iklan yang bagus dan berbobot, teks iklan tidak bisa sembarangan di buat namun ada prisip dan struktur yang harus di patuhi. Dengan berpijak pada struktur teks iklan ini, maka kamu akan mudah dalam menyusun teks sebuah iklan.

1. Judul Iklan

Ssebuah iklan ada judulnya di bagian atas, tetapi tak semua iklan menggunakan judulnya, kadang sebahagian iklan hanya menggunakan merk produk saja di bagian atas.

2. Nama produk

Ini adalah inti dan tidak mungkin tidak ada nama produk karena kita sedang mempromosikan produk. Tentu, nama atau brands dari produk itu adalah aahal wajib ada agar orang tahu bahwa kita sedang mengiklankan produk tersebut.

3. Deskripsi produk

Pada bagian deskripsi produk anda harus mengulas dengan rinci semua tentang isi produk serta sepadat mungkin. Anda bisa mencantumkan spesifikasi produk, alamat anda, kontak berupa nomor hp atau surel yang bisa di hubungi.

Aturan dan Kaidah Pembahasan Teks IKlan

Selain mengetahui struktur dana susunan teks iklan, pada kreator iklan juga harus paham dan memahami cara penulisan dan aturan pembahasan teks iklan. Karena penulisan teks iklan tidak sama dengan penulisan lainnya.Berikut ciri bahasa dalam tekss iklan yang biasa di gunakan.

1. Menggunakan slogan

Slogan adalah sesuatu yang selalu ada dalam sebuah iklan, jika anda sudah lama memperhatikan iklan maka anda akan tahu bahwa slogan selalu ada dan kalimat yang di buat harus semenarik mungkin agar bisa menyedot perhatian pasar, di buat dengan menarik, dan mencolok. Maka, buatlah slogan yaang menarik dengan empat atau lima kata.

2. Kalimat persuasif

Kalimat yang digunakan dalam sebuah iklan harus persuasif artinya harus bersifat mengajak calon konsumen untuk mau memperhatikan produk yang kita iklan dan membawa mereka untuk suka dan mebeli produk kita tanpa terkesan memaksa. Jadi, kamu harus mempelajari kalimat kalimat persuasif yang bisa membuat calon konsumen kagum ddan menyukai produk anada.

Diantara kata kalimaat persuasif adalah mengandung seperti “murah”, “handal”, “ceepat” dana lain-lain.

3. Menggunakan POV 1 (Point of view)

Selain kalimaat persuasif, dalam teks iklan juga harus memperhatikan point of view atau sudut pandang. Ssudut pandang pertama adalah yang dianjurkan seperti menggunakan subjek aku, saya atau kami. Ini adalah sebagai pengganti pertama dari pemesan iklan.

Jika dalam iklan kita menggunakan sudut pandang 1 atau POV 1, biasanya bisa mendekatkan produsen dengan calon konsumen. Berikut kita lihat contoh iklan dan jenis-jenisnya.

Contoh Iklan dan Jenis-Jenis Iklan

Setelah kita pelajari tentang Teks iklan, struktur daan pembahasan sekarang kita lihat jenis-jenis iklan dan contoh iklan. Sebenarnya, saangat banyak bentuk iklan yang di gunakan naun kita akan membahas beberapa diantaranya. Yuk kita lihat contoh dan jenis iklan berikut ini.

1. Contoh iklan produk

Contoh iklan produk
Contoh iklan produk

Iklan produk di buat untuk mempromosikan produk dan jasaa yang di sediakan. Jenis ini disebut juga dengan iklan niaga. Tujuan dari iklan niaga adalah untuk mempromosikan produk agar menarik minta konsumen untuk membelinya. Iklan produk termasuk jenis iklan yang sangat banyak kita temukan di mana-mana.

Dalam membuat iklan produk, hal terpenting adalah membuat slogan, tagline semenarik mungkin. Utamakan menggunakan kalimat yang gampang di ingat dan mudah masuk ke pemikiran seseorang.

Beberapa kalimat atau slogan yang sering digunakan adalah:

  • Minuman Pengganti Ion Dalam Tubuh (iklan Pocari Sweat)
  • Jelas Lebih Enak (Kapal Api)
  • Apapun Makanannya, Minumnya Teh Botoh Sosro (iklan produk Teh Sosro)
  • Semua Bisa Jadi Macan (Iklan Biskuat)
  • Orange No.1 di Dunia (Floridina Orange)
  • Indomie Seleraku (Iklan dari Indomie).

2. Contoh iklan baris

Contoh iklan baris
Contoh iklan baris

Iklan baris adalah iklan hanya terdiri dari 3 atau empat baris saja dengan format kecil. Iklan jenis ini menggunakan ruang atau space iklan yang terbatas sehingga kalimat yang di buat harus pendek dan bermakna. Biasaanya, iklan ini menawarkan barang, jasa hingga penjualan rumah atau mobil.

Selain itu, biasanya dalam pembuatan iklan baris banyak mereka yang menggunakan singkatan untuk memuat semua pesan yang ingin di sampaikan.

Baca juga: Pengertian Demokrasi

Contoh teks iklan baris

TANAH DIJUAL BANDUNG
Jl. Buah Batu L,370m. bgs. hdp timur
184m²&180m², jln lebar. aks tol dkt
CP. 0816271181, 085672316753

MOTOR DIJUAL
Honda Beat ESP Hitam Th. 2016.
Mls Spt Motor br. Km:075, Plat D
9jt. Nego Hp.08123728292

3. Contoh Iklan kolom

Contoh Iklan kolom
Contoh Iklan kolom

Iklan kolom berbeda dengan iklan baris karena iklan ini bentuknya lebih besar dan tentu memakan banyak space, kadang-kadang bisa satu halaman koran atau majalah. Dalam membuat iklan kolom juga tidak hanya teks atau slogan saja namun juga di sertakan gambar sehingga lebih menarik.

Iklan kolom biasanya di buat untuk mempromosikan mobil baru atau untuk mengucapkan belangsungkawa atau meninggal seseorang, bisa juga untuk mengucapkan selamat atas pelantikan sesseorang.

4. Contoh iklan layanan masyarakat

Contoh iklan layanan masyarakat
Contoh iklan layanan masyarakat

Iklan layanan masyarakat di gunakan untuk memberikan informasi kepada seluruh warga masyarakat baik pedesaan atau perkotan. Jadi, iklan layanan massyarakat tidak bertujuan untuk komersial atau promosi produk.

Sebagai contoh misalnya tentang penanggulangan bencana, tentang diadakan pengajian atau tablik akbar, Go Green, tentang puskesmas, pencegahan narkoba dan -lain.

Tujuana iklan layanan masyarakat adalah memberikan informasi dan mmengunggah hati masyarakat terrhadaap suatu issu yang di bahas.

Contoh teks iklan layanan masyarakat

Mari Hemat Listrik
Nyalakan Secukupnya, Matikan Selebihnya. (Contoh Iklan Layanan PLN)

Berhenti Merokok dan Jangan Memulainya
1 Kenikmatan Rokok = 1000 Bahaya (Contoh Iklan Layanan Kesehatan)

Global Warming Mengancam Keselamatan planet bumi!!
Jika Anda Mencintai Planet Ini
Jika Anda Mencintai Anak Cucu Anda
Bertindaklah Sekarang Juga
AYO..!! MENANAM POHON (Contoh Iklan Layanan Lingkungan)

5. Contoh Iklan Penawaran

Contoh Iklan Penawaran
Contoh Iklan Penawaran

Sebenarnya, iklan penawaran produk hampir sama dengan iklan produk jual beli barang hanya saja ini bukan menjual langsung melainkan membuat pembeli tertarik dan kemudian mengikuti jasa yang kita tawarkan. Contoh iklan penawaran adalah seperti iklan bimbingan belajar, penawaran rumah, apartemen, atau penawaran investasi.

Untuk membuat iklan penawaran dengan baik dan benar, kita harus memperhatikan beberapa hal ini:

  • Jika itu iklan perusahaan, perhatikan identitas perusahaan atau lembaga
  • Waktu penawaran atau pelayanan yang ingin di tawarkan
  • Jangan lupa nomor kontak sehingga calon pelanggan bisa menghubungi
  • Alamat perusahaan atau lembaga
  • Melengkapi iklan dengan syarat-syarat atau ketentuan jika ada

Selain itu, gunakan juga kata-kata magic yang bisa menggugah seperti “DISKON 50%, Free, Harga Promosi,” atau kata-kata “berhadiah“..!

6. Contoh iklan lowongan kerja

Contoh iklan lowongan kerja
Contoh iklan lowongan kerja

Iklan lowongan kerja adalah jenis iklan yang di buat oleh peprusahaan atau lembaga yang ingin merekrut tenaga kerja. Sekarang masaih banyak koran-koran yang menyajikan dan mempublikasi iklan lowongan kerja. Jika kamu saalah satu yang ingin membuat iklan jenis ini, pastikan menyertakan alamat dan nomor kontak yang bisa di hubungi oleh pelamar.

Demikian juga jika ada syarat atau perlengkapan yang perlu di perrlukan.

7. Contoh iklan jasa

Contoh iklan jasa

Iklan jasa adalah iklan yang mempromosikan layanan jasa yang mau di berikan. Iklan ini bertujuan mempromosikan keahlian anda dalam membantu orang lain baik itu memperbaiki barang atau membuka travel umrah dan laain-lain.

Jika anda membuat iklan penawaran jasa seperti ini maka yang harus anda tonjolkan dalam iklan adalah skill anda da apa-apa saja yang bisa anda buat seperti mereparasai hp, service jam, laptop atau priter. Bisa juga memmbuat iklan jasa pemotongan bunga di kebun.

8. Contoh Iklan bahasa Jawa

Contoh Iklan bahasa Jawa
Contoh Iklan bahasa Jawa

Membuat iklan bahasa jawa atau bahasa daerah lainnya sama saja seperti kaidah atau aturan membuat iklan berbahasa nasional. Namun ada hal yang harus di perhatikan, yaitu iklan berbahasa daerah itu harus menggunakan kata-kata yangn familiar di dengar oleh orang jawa misalnya, atau orang yang menggunakan bahasa yang ada dalam iklan tersebut.

Berikut contoh slogan berbahasa Jawa

  • Pancen Oye (Iklan lawas Oskadon)
  • Bejo Teko, Angin Lungo (Iklan Bintang Tujuh Masuk Angin)

Contoh teks iklan berbahasa Jawa

SAMPO LIFEBUOY

Apa sing berkilau, kuwat lan arum?
Rasa lembut, lebat, mengembang
Rambut awake dhewe rambut awake dhewe
Iki tandane rambut waras kinclong
Karo LIFEBUOY SHAMPO
Milk protein lock formulane manehake keluarga aku lima tanda rambut waras
Rambut waras, kinclong karo LIFEBUOY SHAMPO

Contoh lain iklan bahasa jawa

– Iklan susu dancow bahasa Jawa

Iklan susu dancow bahasa Jawa

– Iklan kartu perdana Indosat im3

Iklan kartu perdana Indosat im3

– Contoh iklan Milo bahasa jawa

Contoh iklan Milo bahasa jawa
Contoh iklan Milo bahasa jawa

– Contoh Iklan kartu XL perdana

Contoh Iklan kartu XL perdana
Contoh Iklan kartu XL perdana

9. Contoh Iklan komersial

Contoh Iklan komersial
Contoh Iklan komersial

Iklan komersial adalah jenis iklan yang di buat semacam kampanye untuk melariskan atau mempromosikan barang atau jasa. Iklan komersial di bagi dua yaitu: Jenis iklan strategis untuk membangun branding, dan iklan taktis yang mempuyai kebutuhan mendesak. Iklan taktis dengan keperluan mendesak biasanya di buat oleh perusahaan digital.

10. Contoh Iklan bahasa Inggris

Contoh Iklan bahasa Inggris
Contoh Iklan bahasa Inggris

Iklan berbahasa inggris adalah jenis iklan yang menggunakan bahasa inggris dan kaidah atau strukturnya tetap sama. Sebagai contohh, perhatikan teks iklan bahasa inggris berikut ini:

It is very important, how you start your day, the first taste that you feel.
the good taste – MOM’S COFFEE –

11. Contoh Iklan Niaga produk minnuman

Contoh Iklan Niaga produk minnuman
Contoh Iklan Niaga produk minnuman

Iklan niaga sama saja seperti iklan komersial lainnya. Iklan menonjolkan suatu produk yang bisa membuat konsumen atau pembeli suka terhadap produk tersebut. Anda bisa menawarkan produk berupa minuman atau makanan.

Contoh slogan iklan minuman:

  • Begitu Mewah, Murni Menyegarkan (Iklan Sirop Marjan)
  • Trust Me It Works (Iklan Minuman Susu L-Men)

12. Contoh iklan pendidikan

Contoh iklan pendidikan
Contoh iklan pendidikan

Selain iklan layanan masayarakat, iklan bahasa Jawa, iklan kemrsial, iklan produk dan jasa ada juga jenis iklan untuk pendidikan.

Sebenarnya, iklan pendidikan itu masuk dalam ketegori iklan layanan masyarakat, hanya saja iklan ini mempromosikan layanan dari sisi pendidikan. Isinya bisa berupaa ajakan atau pemberitaahuan tentang pendidikan, misalnya mengajak anak sekolah untuk belajar giat tidak hanya di sekolah namun juga di lingkungan rumah.

Sekian ulasan tentang contoh iklan, iklan layanan layanan msyarakat, iklan bahasa jawa, teks iklan, struktur iklan, hal yang perlu di perhatikan dalam pembuatan iklan dan contoh-contoh iklan baik komersial atau layanan masyarakat. Semoga bermanfaat!