Contoh Kata Pengantar Makalah yang Baik dan Benar

Kali ini insya Allah kta akan belajar cara membuat kata pengantar atau pendahuluan dalam membuat makalah, skripsi, tesis, atau membuat proposal. Kata pengantar merupakan bagian terpenting bagi suatu makalah, skripsi dan proposal seperti halnya pembuatan daftar isi dan penutup. Kita akan melihat bagaimana cara membuat kata pengantar yang baik dan benar sehingga makalah anda mendapatkan nilai yang baik.

Kata pengantar adalah bagian awal dari suatu makalah, atau skripsi dan ia merupakan bagian pembuka yang akan mewakilkan semua semua isi dalam makalah, proposal, dan skripsi tersebut. Jadi, keberadaannya sangat penting dalam sebuah penulisan ilmiah. Jadi, sebuah kata pengantar yang baik adalah kata pengantar yang bisa memberikan bayangan dan mengantarkan pembaca kepada maksud yang ada dalam isi tulisan.

Maka, secara sederhana kita bisa memahami bahwa sebuah kata pengantar itu harus mencakupi beberapa hal berikut ini:

  • Ucapak syukur dan puji kepada Tuhan yang Maha Esa
  • Keterangan dan penejelasan dari maksud penulisan karya ilmiah tersebut, baik makalah, skripsi atau proposal
  • Penjelasan mengenai pelaksanaan penulisan tulisan, baik makalah, skripsi atau proposal
  • Penjelasan mengenai bantuan semua pihak yang menyukseskan penulisan dan disertai ucapan terimakasih
  • Tidak lupa menyebutkan tempat, waktu baik jam, hari, tanggal, bulan dan tahunnya serta nama lengkap penulis tanpa ada tanda tangan
  • Harapan penulisan terhadap karya ilmiah, skripsi, laporan, proposa, dan makalah yang di buat
  • Manfaat karya ilmiah tersebut serta menerima semua kritik dan saran

Contoh Kata Pengantar Lingkungan Hidup

Sebelum kita menulisa kata pengantar yang baik dan benar, ada baiknya kita terlebih dahulu paham betul tentang tata cara pembuatan kata pengantar yang baik. Kita perlu mempunyai bayangan dan gambaran dasar tentang contoh kata pengantar sehingga pembuatannya nanti akan mudah.

Berikut beberapa hal yang harus di perhatikan dalam membuat kata pengantar:

  • Awali dengan ucapan puji syukur
  • Berikan ringkasan dari karya tulis
  • Ucapan terimakasih kepada semua pihak yang sudah membantu dan mensupport
  • Harapan penulis dari karyanya
  • Permintaan maaf dan terbuka serta lapang dada menerima kritikan

Ok, sekarang kita lihat bersama contoh kata pengantar berikut ini, semoga bisa memberikan pemahaman yang baik dan benar kepada semuanya dalam membuat kata pengantar yang benar.

contoh kata pengantar yang baik dan benar
elizato.com

Baca juga: Cara menghitung persen

Cara Membuat Kata Pengantar yang Baik dan Benar

Untuk memudahkan kita membuat sebuah kata pembuka atau kata pengantar yang baik maka tentu kita harus mengetahui tata cara pembuatan kata pengantar yang baik. Nah, ketika kita sudah memiliki gambaran dasar dan bayangan tentang apa yang akan kita tulis dan ulas maka kita dengan sendirinya akan mudah dalam menulis kata pengantar itu sendiri.

Maka, akan nampak perbedaan antara kata pengantar yang di buat oleh orang ahli dan menguasai tata cara dan dasar pembuatan kata pengantar dengan orang yang hanya membuat dengan mencontohkan dari yang lain. Walaupun kata pengantar cukup pendek, namun ketahuilah ini adalah hal terpenting karena ia merupakan wakil dari seluruh karya tulis anda.

Oleh karena itu, sebagai penulis karya ilmiah, baik proposal, skripsi datau makalah kita benar-benar harus memperhatikan cara membuat kata pengantar sehingga isinya akan mewakilkan isi tulisan, ini akan memberikan semangat bagi siapa saja yang akan membaca karya ilmiah kita. Karena jika kata pengantarnya tidak menarik maka pembaca akan malas dalam membaca keseluruhan isinya.

Untuk mengetahui pengetahuan dasar dalam membuat kata pengantar, perhatikan poin berikut:

1. Kata Pengantar di Awali dengan Puji Syukur

Dalam menulis sama juga seperti ceramah atau pidato dimana penulis harus menulis ucapan puji syukur kepada Tuhan yang Esa, seperti ucapan al-hamdulillah, ucapan segala puji bagi Tuhan, atas pertolongan Allah yang Maha Kuasa, atas rahmat dan nikmat Allah, dll.

2. Beriki ringakasan karya tulis

Sebuah kata pengantar yang dan benar harus sudah mewakili sebuah karya tulis yang akan ditulis. Jadi, kata pengantar itu berisikan gambaran dan ringkasan serta tujuan dari karya tulis. Ringkas namun menjelaskan tujuan dari sebuah penulisan karya tulis.

3. Ucapan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah membantu

Dalam kata pengantar berisikan ucapan terimakasih bagi segenap pihak yang telah ikut menyukseskan dan membantu selsainya karya tulis. Diantaranya guru, pembimbing skripsi, keluarga, teman dan seluruhnya yang mensupport dan membantu sehingga karya tulis selesai karnanya.

4. Harapan dari penulis

Dalam sebuah kata pengantar jua berisikan harapan dari penulis sehingga makalah, skripsi yang kita benar-benar tepat sasaran dan ada manfaatnya.

5. Permintaan maaf dan menerima kritik dan saran yang konstruktif

Terakhir, yang harus di cantumkan dalam kata pengantar adalah permintaan maaf atas segela kekurangan dalam karya tulis serta menerima kritik dan saran untuk kebaikan dan kesempurnaan karya tulis.

Demikianlah ulasan singat tentang contoh kata pengantar, cara membuat kata pengantar dan hal-hal yang harus di perhatikan dan di kuasai dalam membuat kata pengantar yang baik dan benar. Semoga bermanfaat.