Contoh Kop Surat lengkap
Contoh Kop Surat berbagai lembaga

Kali ini kita bahas contoh kop surat. Kenapa dengan kop surat? Kop surat adalah bagian yang sangat penting dalam pembuatan sebuah surat resmi baik surat tersebut tingkat pusat atau tingkat terbawa RT. Keberadaan kop surat menunjukkan bahwa sebuah surat itu resmi, profesional dan benar-benar tentang sesuatu yang serius dan tidak terkesan main-main. Untuk surat perusahaan juga demikian, perusahaan tersebut sudah Gi International atau perusahaan lokal, semuanya wajiba da kop surat.

Jadi, surat resmi berbeda dengan surat pribadi yang bisa di buat sesuka hati. Pembuatan surat resmi ada aturan mainnya sehingga harus dibuat dengan benar dan tidak asal-asalan. Jika dalam pembuatan surat pribadi kita biasanya memulai dengan tanggal, maka dalam pembuatan surat resmi tidak demikian melainkan di awali dengan kop surat. Maka, pembasahan tentang contoh kop surat ini cukup penting untuk di simak.

Pentingnya kop surat tidak hanya sebatas sebagai pendahuluan dalam menulis surat melainkan juga bermanfaat sebagai identitas surat. Dengan melihat kop surat saja kita tahu bahawa surat tersebut dari mana dan instansi mana yang mengirimnya.

Sebelum kita melihat contoh kop surat, kita lihat dulu hal hal yang harus di perhatikan dalam membuat kop surat. Berikut uraiannya.

Daftar Isi Artikel

Unsur-Unsur dalam Pembuatan Kop Surat

Berikut beberapa poin yang harus di perhatikan dalam menulis kop surat sehingga penulisan dan pembuatan kop surat benar dan sesuai dengan aturannya.

  • Kop surat harus lengkap: memenuhi logo lembaga, alamat lembaga, nama lembaga, nomor telpon lembaga, kotak surat, faximili.
  • Penulisan nama lengkap harus dengan huruf kapital atau huruf besar
  • Penulisan alamat, faximiles, telepon, dan email harus menggunakan huruf kapital di awal kata
  • Penggunaan kata sambung seperti “di”, “dan” harus menggunakan huruf kecil
  • Tidak penulisan singkatan kata. Contoh :Tlp. (bukan “Telepon”), Almt (bukan “Alamat”)
  • Alamat tidak menggunakan P.O.BOX (jangan sekali-kali menggunakannya)
  • Jika ada nomor, maka harus menggunakan titik dua (:), sebagai contoh: Telepon, Mailbox, dll Contoh: Telepon: 051xxxxx

Nah, setelah kita perhatikan pengertian dan unsur-unsur yang harus diperhatikan dalam penulisan kop surat, sekarang kita lihat contoh kop surat berikut ini. Tujuannya adalah untuk lebih jelas dalam memahami kopsurat.

Kami sudah menyiapkan beberapa contoh kopsurat termasuk diantaranya adalah: kop surat jasa pengiriman, contoh kop surat perusahaan tekstil, contoh kop surat perusahaan retail, contoh kop surat instansi pemerintahan, contoh kop surat perusahaan, contoh kop surat yayasan, contoh kop surat BEM, contoh kop surat universitas/perguruan tinggi, contoh kop surat persero, contoh kop surat lembaga kursus, contoh kop surat sekolah, contoh kop surat osis, contoh kop surat koperasi, contoh kop surat organisasi, contoh kop surat kantor hukum.

Beberapa Contoh Kop Surat Berbagai Lembaga

1. Kop surat perusahaan jasa pengiriman

Perusahaan jasa pengiriman adalah salah satu perusahaan yang cukup banyak di Indonesia. Mengingkat Indonesia negara luas, tentu jasa pengiriman atau jasa angkutan juga sangat teresebar luas. Diantara jasa angkuatan dan pengiriman adalah berupa pengiriman udara, pengiriman darat dan pengiriman laut. Berikut kami buat satu contoh kop surat dari perusahaan jasa pengiriman.

PT. UBAID JAYA ABADI
Jl. Meulum Dayah – Gg.1 No. 19A Kuintong 61257
Telp. (031)/ 8280968, Fax. 031 – 700822

2. Contoh Kop surat perusahaan retail

Perusahaan retail termasuk jenis perusahaan besar karena memiliki banyak cabang dan link di seluruh Indonesia. Minimarket dan supermarket adalah salah satu jenis perusahaan retail yang ada bahkan toko-toko lainnya yang menjual barang secara retail. Diantaranya adalah Indomaret, Alfamart, dan Alfamidi, ini adalah perusahaan retail besar yang ada di Indonesia. Jadi, dalam membuat surat perusahaan seperti ini harus menggunakan kop surat agar resmi. Berikut contoh kop surat perusahaan retail

BAHAGIA DUNIA AKHIRAT
Ruko Husnul Khatimah Indah Blok GC7 No. 8 Jl. Raya Paya Gapui Km. 4,7 Surabaya 60232
Telp. 031 8299144 Fax. 031 829944 Mobile. 081232505678
Website: www.bahagiaduniaakhirtat.com Email: info@bahagiasentosaselamanya.com

3. Contoh Kop surat perusahaan tekstil

Perusahaan tekstil adalah perusahaan besar yang beroperasi di Indonesia untuk memproduksikan berbagai jenis kain. Dalam operasi dan komunikasi surat menyurat secara perusahaan, mereka harus menggunakan kop surat dalam suratnya sehingga jelas dan serius terhadap isisnya. Dalam kop surat tersebut sudah ada alamat, nama perusahaan, nomor telpon perusahaan, bahkan alamat wesite perusahaan jika ada.

Baca juga: contoh kata pengantar

SUMBER AGUNG TEKSTIL KITA
Jl. Melati Hitam Raya 1 Bl. A1 No. 5 – 7 Surabaya 60232
Telp. 031 8299144 Fax. 022 – 5098070
Website : http://www.sumberagungtekstilkita.com Email: sumberagungtekstilkita@yahoo.com

4. Contoh kop surat dalam instansi pemerintahan

Ini adalah lembaga yang bergerak dalam dunia pemerintahan dan tentu segala hal yang menyangkut dengannya adalah bersifat resmi sehingga pada surat menyurat juga harus menggunakan surat resmi yang tentu ada kop suratnya.

Contoh kop surat dalam instansi pemerintahan

Contoh lainnya adalah sebagai berikut:

PEMERINTAH KABUPATEN KECAMATAN TUBAN
KECAMATAN SOKO SARI
KELURAHAN DESA TLUWE
Jl. Resi Joyo No. 07 – 09 Tuban, 60232 – telp. (021)8380984

5. Contoh kop surat yayasan

kop surat yayasan

Yayasan juga harus menggunakan kop surat dalam perihal surat menyurat. Di Indonesia sangat banyak yayasan mulai dari yayasan keagamaan, yayasan kemanusiaan, yayasan sosial, yayasan pendidikan dan lain-lain sehingga sangat susah membedakan antara yang satu dengan yang lain. Untuk itu perlu ada kop surat karena didalamnya sudah ada nama yayasan, alamat bahkan sampai pada logo yayasan.

YAYASAN PANTI ASUHAN
YATIM DAN SOSIAL AL HASAN TEKARAH ACEH
Jl. Tekarah Agung I No. 9A Lam Paku – kode pos 67232
Telp. (031)8299133, 8280384, 087853082299 Fax. (031)8282184
Blog : www.alhasanpantitekarah.com email : pantiyatimsosialalhasan@ymail.com

6. Contoh kop surat perusahaan

Contoh kop surat perusahaan

Sebuah perusahaan baik besar atau kecil, baik perusahaan bertaraf International atau Loka, sama-sama harus mempunyai kop surat dalam menlis surat kepada perusahaan lain atau kepada instansi lainnya. Di Indonesia terdapat cukup banyak perusahaan mulai dari perusahaan memproduksi barang, perusahaan penyedia barang, perusahaan jasa dan sebagainya.

Maka, dalam pembuatannya suratnya wajiba da kop surat karena disana sudah ada logo perusahaan, alamat, nomor telpon, email bahkan banyak indentitas lainnya sehingga memberi kesan surat tersebut resmi dan serius.

PT UBAID MAKMUR SENTOSA NANJAYA
Jl. Untung Besar No. 7 Sabang Aceh
No. Hp. 085645579333 Sales@sentosabadi.com
Blog : www.ptalimakmursentosaselamalama.com

7. Contoh kop surat universitas atau perguruan tinggi

Contoh kop surat universitas atau perguruan tinggi

Unioversitas adalah instansi atau lembaga pendidikan resmi yang bergerak dalam hal mencerdaskan bangsa. Maka, perihal surat nyurat yang di lakukan universitas harus resmi atau wajib menggunakan kop surat. Jadi, kop surat sebuah universitas berbeda dengan kop surat universitas lain baik dari sisi logo lembaga, alamat, nama dan nomor telepon. Berikut contoh kop surat universitas

UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
(UNESA)
Sekretariat : Jl. Ketintang No. 17-23 (Kampus I) Jl. Lidah Wetan No. 142 – 147 (Kampus II) Surabaya
Telp : (031) 78835288 – 7818718, Fax : (031) 78835288
Website : www.unesa.ac.id email : unesa@university.ac.id

8. Contoh Kop surat sekolah

Contoh Kop surat sekolah

Sekolah adalah lembaga pendidikan resmi juga yang bergerak dalam mengajarkan anak-anak sebelum mereka masuk ke perguruan tinggi atau universitas. Dengan kata lain, sekolah adalah instansi pendidikan yang merupakan jenjang di bawah perguruna tinggi. Kop surat sebuah sekolah akan berbeda dengan sekolah lainnya sehingga ini adalah hal mutlak dan wajib dalam setiap surat yang di keluarkan oleh sekolah. Pada kop surat sekolah ada ciri khas yaitu ada logo Tut Wuri Handayani

SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
SMP LHOKSEUMIRA 01
NPSN 30607453
Jl. Jambangan Timur No. 20 Kota Surabaya Telp : (031) 8280981
Website: www.smpn01.com

9. Contoh kop surat persero

Contoh kop surat persero

Perusahaan perseroan atau PT adalah perusahaan yang cukup banyak di tanah air. Perusahaan ini di awasi oleh pemerintah dan merupakan perusahaan BUMN atau Badan Usaha Milik Negara. Perseroan memiliki ciri khas dalam setiap cabangnya (dalam satu perseroan), dalam suratnya mereka menggunakan logo yang sama sebagai contoh PLN Cabang Jakarta dan PLN Cabang Medan, mereka menggunakan kop surat yang sama. Namun, perbedaannya adalah dari sisi cabang dan alamat yang tertera di Kop surat perusahaan.

PERTAMINA
Jl. Ketimpang Tindih No. 26 Surabaya 60232 Indonesia
Telp : (031)82899133

10. Kop surat lembaga kursus

Kop surat lembaga kursus

Lembaga kursus cukup banyak di tanah air, baik itu kursus bahasa asing, kursus komputer, kursus internet, kursus bisnis dan lain-lain. Jadi, setiap lembaganya memiliki logo tersendiri yang menjadi khas dan keunikannya sehingga berbeda dengan lembaga kursus lain. Maka, pembuatan suratnya juga harus menggunakan kop surta yang unik dan berbeda.

Lembaga kursus bahasa inggris memiliki logo berbeda dengan lembaga kursus bahasa inggris ditempat lain, apalagi jika lembaga kursus tersebut berbeda dari sisi pelatihan materinya, karena ini adalah lembaga mandiri yang di dirikan oleh pribadi.

LEMBAGA KURSUS DAN PELATIHAN
ZULFA
Sekretariat: Jl. Arwana Cempaka II Gubeng Kertajaya Surabaya
Web: lpkzulfa.wordpress.com, Email: lpkzulfa@yahoo.com

11. Contoh kop surat OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah)

Contoh kop surat OSIS

Osis adalah organisasi siswa yang bernauung di bawah sekolah. Kita selalu menemukan organisasi ini di setiap sekolah SMP atau SMA. Walaupun bernaung di lingkup sekolah, mereka memiliki kop surat yang sama namun berbeda dari sisi nama sekolahnya. Logonya sama, yaitu sama-sama menggunakan logo OSIS. Jadi, setiap aktivitas surat menyurat, Osis selalu menggunakan logo surat tersebut.

12. Kop surat koperasi

Kop surat koperasi

Koperasi adalah lembaga yang di didirikan oleh kelompok untuk mempermudah segala hal yang ingin di capai oleh kelompok tersebut dan di lakukan secara bersama atau gotong royong. Nah, dari pengertian itu kita bisa paham bahawa setiap koperasi tentu memiliki misi yang berbeda, maka mereka juga selalu menggunakan kop surat yang berbeda.

Jenis koperasi sangat beragam, di Indonesia terdapat cukup banyak jenis koperasi seperti koperasi simpan pinjam, koperasi pegawai, koperasi sekolah, koperasi pesantren dan lain-lain.

13. Contoh kop surat organisasi

Contoh kop surat organisasi

Sangat banyak organisasi yang ada di negara kita baik yang bersifat kecil atau besar. Organisasi itu sendiri adalah sekelompok orang yang berada dalam suatu wadah untuk bekerja sama dalam menggapai tujuan tertentu. Banyaknya organisasi tentu memiliki logo yang banyak pula. Masing-masing mereka memiliki logo sendiri sehingga dalam surat menyurat mereka juga menggunakan logo tersebut agar lebih unik dan berbeda.

Kop surat mereka mengandung logo, alamat, nama organisasi, nomor telpon, alamat email dan lain-lain.

Itulah beberapa contoh kop surat, masih banyak contoh kop surat lain, and hanya perlu mengubah logo dan alamat serta hal-hal lain yang di butuhkan serta menulis dengan penulisan yang benar seperti menggunakan huruf kapital dan huruf kecil di awal kata serta penulisan dengan huruf kecil secara penuh.

Kesimpulan tentang Kop Surat

Indonesia adalah negara berkembang, didalamnya hidup ribuah pulau, ribuan suku dan kehidupan masyarakat pun berbeda-beda antara satu dengan yang lain. Maka, sangat pasti masyarakat masing-masing daerah memiliki identitas, masing organisasi, lembaga, sekolah, dan perusahaan yang ada menggunakan logo unik. Logo perusahaan, logo organisasi, logo instansi pemerintahan dan lain-lain akan di gunakan dalam berbagai tujuan termasuk dalam perihal surat menyurat pada kop surat, sehingga penerima langsung tahu asal datangnya surat tersebut.

Dalam kop surat biasanya kita menggunakan logo, alamat surat, nama perusahaan, nomor telepon, hingga penggunaan alat situs atau web. Maka, pembuatan kop surat adalah sebuah kewajiban dalam menulis surat resmi. Maka, kami mengharap tulisan ini bermanfaat dan dapat di gunakan semestinya.