Contoh Surat Pengunduran Diri
img: finansialku.com

Surat Resign – Ketika seseorang ingin mengundurkan diri dari sebuah perusahaan atau tempat kerjanya, biasanya ia akan membuat surat pengunduran diri atau surat resign dengan baik dan benar. Jadi, penyampaian untuk mengundurkan diri harus di layangkan dengan baik dan sopan karena kita telah bekerja dan telah lama menjadi bagian dari perusahaan tersebut. Sederhananya, mereka sudah membantu kita dan kita membantu mereka, untuk itu jika ingin resign maka kita buat sebuah surat pengunduran diri dengan baik dan sopan.

Alasan seseorang mengundurkan diri dari tempat kerja memang bermacam-macam. Sebahagian disebabkan ada tawaran kerja di tempat yang lebih baik, dan ada juga yang beralasan karena merasa kecewa dengan perusahaan tempat bekerja. Namun demikian, apapun alasan anda untuk resign, anda harus membuat surat secara resmi dan menyatakan dalam surat tersebut bahwa anda ingin mengundurkan diri dari perusahaan yang bersangkutan.

Selain itu, membuat surat pengunduran diri juga untuk bisa menyampaikan rasa terimakasih karena telah di percayakan sebagai karyawan di perusahaan tersebut. Ini adalah sopan santun dan tata krama yang harus di sampaikan dalam surat pengunduran diri sekalipun alasan anda mengundurkan diri adalah karena ketidakpuasan dengan gaji atau hal-hal lainnya.

Manfaat Surat Pengunduran Diri/Resign

Surat pengunduran diri atau resign adalah surat berisi niat mengundurkan diri atau berhenti bekerja yang di tujukan kepada atasan atau perusahaan yang sifatnya resmi. Dalam surat tersebut anda sebagai pemohon harus menyampaikan keinginan dengan sopan dan baik serta memberikan alasan yang logis kenapa anda ingin resign.

Disamping itu, anda juga ada baiknya menyampaikan rasa terimakasih karena sudah di berikan kesempatan untuk bisa bekerja di perusahaan tersebut. Ok, berikut kita lihat apa saja manfaat dan tujuan dari surat pengunduran diri.

1. Menunjukkan bahwa anda pribadi yang profesional

Membuat surat pengunduran diri adalah sebuah hal bagus dan dianggap sopan dalam pemberhentian kerja. Apapun alasan anda ingin berhenti kerja, jika anda membuat surat secara resmi ini menunjukkan bahwa adalah pribadi sopan, profesional dan terhormat di mata perusahaan. Perusahaan juga akan menganggap anda sebagai pribadi yang baik dan mereka akan mengenang anda sebagai orang ber-akhlak mulia.

2. Memberikan kesempatan bagi perusahaan untuk mendapatkan gantinya

Manfaat lain dari membuat surat pengunduran diri adalah membuka kesempatan kepada perusahaan untuk mencari pekerja lain yang akan menggantikan posisi kita. Maka, dengan membuat surat resign secara resmi perusahaan menganggap anda orang baik dan sopan.

Ini penting bagi perusahaan, mereka akan mencari pengganti anda yang berhenti dan nantinya penyerahan posisi kepada orang lain akan di lakukan dengan lancar dan tertib.

Baca juga: Contoh ERD Lengkap Penjelasannya!

Contoh Surat Pengunduran Diri

Bagi kamu yang ingin resign atau mengundurkan diri dari tempat kerja kamu yang sekarang, kamu diharapkan membuat surat pengunduran diri secara terhormat dan resmi. Berikut ini kami sudah menyediakan beberapa contoh surat pengunduran diri yang sesuai dengan tempat kerja yang berbeda-beda.

Untuk di ketahui, contoh surat pengunduran ini tidak hanya di buat asal-asalan namun ini berdasarkan pengalaman banyak orang yang telah melalui dan mengalami pengalaman dengan pengunduran dirinya dari tempat ia bekerja.

1. Contoh surat pengunduran diri dari karyawan kontrak

Jakarta, 23 Februari 2018

Kepada Yang Terhormat,
Bapak Ahmad Fauzan MSc
Direktur PT. Udah Uduh
Jl. Burung hantu No. 17
Janggot Seungke

Dengan Hormat,

Melalui surat ini, saya Muhammad Alwi ingin menyampaikan keinginan untuk mengundurkan diri dari PT. Udah Uduh sebagai Operator di bagian Mesin. Terhitung sejak tanggal 12 Juli 2020.

Saya mengucapkan banyak terimakasih atas kesempatan kerja yang telah bapak percayakan kepada saya selama ini. Mellaui surat ini mohon maaf sebesar-besarnya kepada seluruh jajaran perusahaan dan manajemen PT. Udah Uduh apabila terdapat kesalahan yang saya perbuat selama ini.

Saya berharap agar PT. Udah uduh semakin maju, berkembang, dan menjadi perusahaan yang maju di masa depan.

Hormat Saya,

Muhammad Alwi

2. Contoh Surat Pengunduran diri dari Organisasi

Surat Pernyataan Pengunduran Diri

Sebagai Anggota Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) di Universitas Malikussaleh,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Untung Besar
Jabatan di BEM: Departeman Kesekretaritan dan Informasi
Fakultas: Dakwah
NIM: 34665345
Alamat: Jln. permadani, Rt. 02/01 No. 15, 98765. Bengkulu
Telp: 0812 4567 4578

Dengan ini saya menyatakan mengundurkan diri dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM). Universitas Malikussaleh, terhitung sejak tanggal 12 oktober 2020. Alasan mengundurkan diri adalah karena kondisi kesehatan yang semakin terganggu sehingga harus melakukan perawatan serius di luar kota. 

Agar organisasi yang kita cintai tetap berjalan lancar, maka saya menyerahkan posisi saya kepada ketua BEM. Saya minta maaf sebesar-besarnya jika selama berjalannya organisasi ini terdapat kesalahan yang saya lakukan baik itu sengaja tau tidak saya sengaja. 

Demikianlah surat pengunduran diri ini saya buat dengan sadar dan tanpa ada tekanan dan paksaan dari pihak mana-pun. Saya berharap agar ketua BEM dna seluruh jajaran nya bisa memahami kondisi saya. Atas perhatian dan dukungannya saja ucapkan terimakasih.

Padang, 05 Februari 2020
Yang menyatakan

*materai 6000

Untung Besar

3. Contoh Surat Pengunduran Diri dari Bank

Jakarta, 12 Januari 2018

Kepada Yth.
Bapak Ubaidillah
HRD Manager PT BANK BRI Tbk, KCU Tangkerang
Jalan Bakti Keras, Sukamakmur
Tangkerang

Dengan Hormat,

Bersama surat ini, saya ingin menyampaikan pengunduran diri saya sebagai karyawan di Bank BRI Tbk KCU Tangkerang. 

Nama: Mawardi
Alamat: Jl. Melinjo No. 13, Tangkerang, Aceh

Lewat surat ini, Saya mengucapkan banyak terimakasih atas kesempatan luarbiasa yang telah di berikan kepada saya selama ini untuk bekerja di BANK BRI sebagai Admin Support (Verifikasi) selama dua satu tahun.

Saya minta maaf kepada seluruh jajaran Bank BRI Tbk, KCU Tangkerang apabila selama bertugas, banyak hal yang mengganggu yang telah saya lakukan disini.

Saya berharap agar Bank BRI tetap menjadi perusahaan yang menguntungkan Indonesia semoga terus maju dan sukses.

Salam hormat,

Mawardi

Itulah contoh-contoh surat pengunduran diri dari tempat anda bekerja atau perusahaan anda bekerja. Kita sudah memahami tentang pengertian surat pengunduran diri, manfaat membuat surat resign dan lain-lain. Semoga tulisan singkat ini bisa memberikan banyak pengetahuan dan informasi bermanfaat untuk semua anak bangsa.