contoh teks eksplanasi
akubahasa.id

Pengertian Teks Eksplanasi

Apa pengertian teks eksplanasi? Teks eksplanasi itu adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan peristiwa alam seperti gerhana, banjir, gempa bumi, longsor dan lain-lain yang berisi bagaimana proses terjadinya, mengapa terjadi dan apa dampak serta efek dari kejadian tersebut.

Tepatnya kita mengatakan bahwa pengertian teks eksplanasi adalah proses bagaimana dan mengapa peristiwa alam itu terjadi, sosial, budaya, ilmu pengetahuan, dan hal lainnya. Peristiwa alam dan peristiwa sosial dalam kehidupan manusia sama sekali tidak terlepas dari sebab akibat serta prosesnya.

Sebaiknya dan seharusnya, semua kejadian yang kita alami baik itu peristiwa sosial, peristiwa alam yang terjadi tidak hanya kita rasa dan alami saja tetapi bisa diambil sebagai sumber pembelajaran bagaimana kejadian itu terjadi, kenapa dan apa efeknya terhadap lingkungan.

Teks eksplanasi sebenarnya punya tujuannya, diantara tujuan dari teks eksplanasi adalah:

  • Menjelaskan fenomena alam atau sosial yang terjadi
  • Menjelaskan tentang sebab akibat sebuah peristiwa itu terjadi.

Ciri-Ciri Teks Eksplanasi

Teks eksplanasi memiliki ciri-ciri khusus yang jauh beda dengan teks lainnya seperti teks prosedur, teks deskripsi dan lain-lain. Jadi, apa saja ciri ciri dari teks eksplanasi ini? Berikut poin poinnya

Tersusun dari pernyataan yang umum yang terdiri dari sebab akibat dan interpretasi

Informasi yang di buat bukan asal-asalan namun fakta (faktual)

Faktual namun ilmiah, contohnya sains

Informatif dan teks ini tidak berusaha untuk membuat pembaca menjadi percaya

Teksnya biasanya terbentuk dengan adanya sequence markers seperti satu, dua, tiga, dan seterusnya. Bisa juga seperti pertama, selanjutnya, terkhir dan lain-lain.

Struktur Teks Eksplanasi

Struktur dan susunan teks eksplanasi adalah terdiri dari tiga poin yang sudah disebutkan di atas yaitu pernyataan umum, sebab akibat dan interpretasi. Ketiganya harus menjadi sebuah kesatuan yang utuh sehingga baru bisa di katakan bahwa teks itu adalah teks eksplanasi.

– Pernyataan umum: Ini adalah informasi yang umum berkisar tentang topik yang sedang di bahas seperti proses terjadinya peristiwa, dan lain sebagainya

– Sebab akibat: Ini adalah pernyataan yang lengkap dan detail tentang suatu peristiwa mulai dari hal-hal yang kecil hingga ke tahap lebih tinggi dan yang terakhir.

– Interpretasi: Ini adalah bagian teks yang berisikan kesimpulan mengenai topik yang di jelaskan.

Kaidah dan Aturan Teks Eksplanasi

Dalam sebuah teks eksplanasi ada aturan dan kaidah yang perlu di perhatikan, berikut kaidah-kaidah teks eksplanasi.

Fokus terhadap peristiwa umum bukan khusus, jadi tidak menjelaskan tentang partisipan manusia (nonhuman participants). Contoh: tsunami, gempa bumi, banjir, hujan, dan polusi udara.

Mungkin untuk menggunakan istilah ilmiah

Dalam teks-nya lebih banyak menggunakan verba material dan verba relasional yaitu kata kerja aktif.

Menggunakan konjungsi atau kata sambung atau kausal. Contohnya: ada nya kata hubung seperti sebelum, sehingga, pertama, bila, jika, dan kemudian.

Teksnya menggunakan kalimat pasif.

Teks eksplanasi di bentuk dengan memuat bukti, pembenaran tentang suatu peristiwa bahwa itu memang benar terjadi.

Contoh singkat teks eksplanasi

Untuk lebih jelas lagi memahami teks eksplanasi, kita perlu mencantumkan contoh teks eksplanasi dalam kalimat. Berikut kami sediakan contoh singkat tentang eksplanasi. Coba perhatikan dengan seksama!

contoh teks eksplanasi

contoh teks eksplanasi

contoh eksplanasi

contoh eksplanasi
contoh diambil dari www.yuksinau.id

Demikianlah penjelasan tentang pengertian teks eksplanasi, kaidah, ciri ciri teks eksplanasi dan contohnya dalam sebuah tulisan. Semoga tulisan ini bermanfaat dan berguna untuk semuanya.