daur hidup nyamuk

Daur hidup nyamuk – Nyamuk adalah hewan kecil yang memiliki daur hidup tertentu. Tahukah anda bagaimana siklus atau daur hidup makhluk kecil yang sering dianggap sebagai pembawa malapetaka ini? Nyamuk, dalam proses hidupnya mengalami perubahan-perubahan tertentu yang di sebut dengan metamorfosis.

Berbicara tentang metamorfosis, nyamuk adalah hewan yang bermetamorfosis secara sempurna karena dalam setiap tahapan daur hidup, tubuhnya berubah secara sempurna. Dalam artikel ini kita akan melihat bagaimana proses daur hidup nyamuk dan kami akan menjelaskannya secara sederhana dan mudah tanpa perlu panjang lebar.

Untuk memperjelas ulasan tentang daur hidup nyamuk ini, kami juga menyertakan gambar sehingga anda bisa melihat dengan jelas bagaimana proses terjadinya perubahan ini.

Daur Hidup Nyamuk

Nyamuk, dalam perjalanan kehidupannya di bumi ini, ia mengalami daur hidup dalam empat tahapan. Ke empat tahapan ini adalah telur, larva, pupa dan nyamuk. Jadi, dalam setiap tahapan daur hidupnya, nyamuk mengalami perubahan khusus sehingga disebut metamorfosis pada nyamuk adalah metamorfosis sempurna.

Untuk lebih jelas, mari kita perhatikan gambar tahapan kehidupan se ekor nyamuk dari telur berubah ke bentuk lain, dan berubah lagi kebentuk lainnya hingga menjadi se ekor nyamuk yang sempurna.

daur hidup nyamuk

Penjelasan Gambar Tentang Daur Hidup Nyamuk

Nyamuk dewasa bertelur dalam air tergenang dan di tempat memiliki hawa panas akan cepat mengalami proses bertelur. Ketika bertelur, telur nyamuk yang jumlahnya hingga ratusan akan berada di permukaan air atau menempel pada bawah daun yang ada di permukaan air.

Butuh beberapa hari untuk kemudian telur nyamuk ini menetas dan menjadi jentik-jentik atau larva. Setelah menjadi jentik, beberapa hari kemudian menjadi pupa atau kepompong.

Tahap metamorfosis selanjutnya adalah pupa menjadi nyamuk dalam bentuk nyamuk sempurna. Disini ada dua jenis, ada nyamuk dewasa dan ada nyamuk kecil yang baru berubah dari pupa.

Itulah tahapan daur hidup nyamuk yang kami jelaskan dengan disertai gambar untuk memudahkan anda dalam memahami tahapan perubahan nyamuk atau siklus kehidupan nyamuk.

Fakta Kehidupan Nyamuk

Daur Hidup Nyamuk, beda nyamuk jantan dan betina

Berbicara tentang nyamuk ada fakta menarik yang perku kamu tahu. Bahwa nyamuk ternyata hewan yang tidak lama usianya. Usianya nyamuk hanya berlangsung antara 10 hari hingga 56 hari saja.

Nyamuk yang menghisap darah hanyalah nyamuk betina saja, nyamuk laki-laki tidak menghisap darah, tetapi ia bertahan hidup dari menghisap madu layaknya lebah.

Selain itu, nyamuk jantan hanya hidup sekitar 10 hari saja, sementara nyamuk betina bisa bertahan hingga sebulan atau lebih.