email marketing, manfaat email marketing
optinmonster.com

Email marketing – Sekarang di zaman teknologi seperti ini hampir semua orang memiliki email untuk berbagai keperluannya seperti membuat media sosial, keperluan kerja, keperluan bisnis atau untuk berbelanja online, semuanya membutuhkan email.

Jika kamu bermain dan bekerja di depan laptop tentu kamu memiliki banyak email yang digunakan untuk berbagai keperluan online.

Salah keperluan email adalah di dunia marketing. Untuk keperluan marketing, email sangat penting bahkan anda tidak bisa berkiprah di dunia bisnis online tanpa ada email. Maka dipastikan bagi kamu yang bertransaksi secara online memiliki email, email ini akan digunakan sebagai email bagi paypal, email bagi keperluan log in di toko online atau lain-lain.

Selain itu, dalam dunia marketing ada istilah mailing list atau daftar email yang di kumpulkan dari netter yang nantinya bisa digunakan untuk memberikan hadiah atau menawarkan jasa atau barang kepada netter. Jadi dengan adanya email marketing, kita bisa menawarkan produk kita langsung ke email calon pelanggan. Ini sangat efektif hingga saat ini, karena email selalu digunakan dan di buka oleh pemilik email itu sendiri.

Daftar Isi Artikel

Apa Sebenarnya Email Marketing?

Email marketing adalah email yang dimanfaatkan untuk tujuan marketing. Email marketing terdiri dari beberapa jenis, ada yang disebut direct email, retention email dan ada juga model beriklan di email marketing orang lain. Sekarang kita perhatikan penjelasannya:

1. Direct email

Direct email adalah mengirimkan email secara langsung kepada list atau daftar email yang sudah di kumpulkan, gunanya adalah untuk mempromosikan produk secara langsung atau untuk menawarkan jasa kepada konsumen. Direct email bisa di sajikan dengan berbagai gaya penulisan, bisa seperti bentuk tulisan saja atau dengan menggunakan struktur HTML sehingga bentuk dan penampilan email semakin menarik.

Email marketing ini sangat berguna untuk bisnis kita namun jika salah dalam menggunakannya, maka bisa jadi calon pelanggan atau pelanggan kita satu persatu melakukan unsubscribe. Salah satu kesalahan yang biasa terjadi adalah seorang marketer mengirim email secara bertubi-tubi atau dengan frekuensi yang cukup rapat sehingga email-nya ini sering di anggap sebagai SPAM oleh penerima email, akibatnya mereka akan melakukan Unsubscribe.

2. Retention email

Retension email adalah pengiriman email yang kita lakukan untuk pelanggan lama dengan tujuan agar selalu ada hubungan dengan pelanggan tersebut. karena apapun cerita pelanggan lama adalah pelanggan aktif dan produktif untuk bisnis kita jika kita pandai membangun hubungan dengan mereka.

Jika hubungan masih terus terjalin dengan baik, maka tidak mustahil bahwa mereka akan terus menjadi pembeli dari jasa atau produk yang kita tawarkan karena kita telah tahu jika mereka adalah salah satu objek bisnis kita yang menguntungkan.

Dalam menjaga dan menjalin hubungan baik dengan pelanggan lama kita harus selalu secara teratur memberikan email kepada mereka. Email ini tidak harus selalu berisi promosi atau penawaran, kita bisa memberikan email berisi tips dan triks dalam hal-hal tertentu sehingga hubungan kita dengan mereka terkesan akrab dan terjalin dengan baik.

3. Beriklan di email orang lain

Beriklan dengan memanfaatkan email orang lain adalah salah satu bentuk email marketing. Kita memanfaatkan list email kepunyaan orang lain dengan membayarkan sejumlah uang, tujuan kita adalah untuk menawarkan jasa atau promosi produk kita kepada semua daftar email kepunyaan teman kita tadi.

Cara ini di ketahui cukup ampuh dan tidak membutuhkan waktu lama dalam membangun email marketing. Hanya saja kita perlu membayar sejumlah uang untuk teman kita yang punya list email tersebut.

Menggunakan cara marketing seperti ini sangat di galak-kan dan banyak pemilik barang yang mengakui barangnya laku dan produknya mendapatkan keuntungan tanpa perlu menghabiskan waktu bertahun tahun dalam membangun daftar email marketing.

Apa Manfaat Email Marketing bagi Bisnis Anda

Email marketing atau bisnis memiliki manfaat dan fungsi dalam menggerakkan bisnis anda. Berikut kita lihat manfaat email marketing dalam membangun kerajaan bisnis anda.

Baca juga: 11 Bisnis Online Tanpa Modal, Untung Jutaan

1. Bersifat pribadi

Email yang bersifat private dan pribadi biasanya akan mendapatkan response yang lebih bagus dari pelanggan daripada kita mengirimnya di grop terbuka atau tempat yang umum. Ketika seseorang calon pelanggan merasa nyaman dengan email anda karena apa yang anda kirim di anggap bermanfaat, maka anda sudah membuka peluang besar untuk mengubah keadaan ini menjadi uang. Secara pribadi orang bisa lebih leuasa dan nyaman dalam menanggapi apa isi dari email kita dan ini adalah salah satu keuntungan dari email marketing.

2. Informasi lebih cepat terkirim

Informasi atau tanggapan dari email marketing kita akan kita dapatkan dengan cepat karena pengiriman email elektronik sangat cepat ke email pribadi pelanggan. Kita tidak perlu menunggu waktu lama sebagaimana mempromosikan barang di media sosial atau di surat kabar yang membutuhkan waktu lama dalam response.

Jadi, email marketing telah mempersingkat waktu dan jarah sehingga kita bisa langsung menjangkau pelanggan ke email pribadinya dan ia pun akan merespon secepatnya.

3. Kampanye terukur

Kampanye yang kita lakukan via email marketing bisa kita jangkau dan ukur dengan baik. Jadi, dengan email marketing kita bisa memperbaiki kekurangan dan analisa lebih lanjut untuk mendapatkan manfaat yang lebih besar dari email marketing.

4. Biaya yang di keluarkan lebih murah

Biaya dalam mengirim email keseluruh email pelanggan atau calon pelanggan yang jumlah kadang bisa puluhan ribu terbilang sangat murah. Maksud modal dan biaya disini adalah biaya responder. Kita butuh responder sehingga bisa mengirim email marketing ini keseluruh pemilik email. Namun kita harus membayar, baik bulanan atau tahunan dan yang sangat menguntungkan adalah kita tidak perlu mengeluarkan biaya mahal. Cukup dengan biaya murah saja seperti 10$ untuk setahun atau sebulan kita bisa menggunakan layanan pengiriman email secara bulk.

Inilah asalannya kenapa email marketing itu sangat menguntungkan dan efektif dalam membangun bisnis. Coba bayangkan jika kita mempromosikan barang lewat media cetak atau surat kabar, tentu uang yang kita keluarkan sangat mahal untuk sekali buat iklan saja.

5. Bisa membangun hubungan baik dengan pelanggan

Manfaat dan keuntungan email marketing selanjutnya adalah bisa dengan mudah membangun hubungan dengan pelanggan. Lewat email kita bisa mudah untuk berinteraksi dengan pelanggan kita sehingga lebih banyak waktu dan poeluang untuk bisa merebut hati pelanggan. Sekali kita bisa memberikan apa yang di harapkan pelanggan maka berkali-kali kita di untung kan oleh pelanggan.

Bagaimana? Sampai disini diharapkan kamu bisa paham apa itu email marketing dan apa saja manfaat email marketing. Bagi kamu sudah membangun email marketing dengan puluhan ribu mailing list, ini sangat menguntungkan karena kamu bisa belajar untuk mengubah mereka menjadi uang. Itulah ulasan singkat kita kali tentang marketing dan bisnis semoga saja menjadi referensi dalam menjalankan bisnis online lebih baik dan menguntungkan.