Fakta Menarik Tentang Internet
youtube.com

Fakta menarik internet – Internet telah lama menemani kehidupan kita, dan kita juga selalu menggunakan internet untuk berbagai keperluan, mulai dari berselancar di internet, mencari informasi, hiburan, mencari bantuan atau berbisnis dan lain-lain.

Tidak tahu bagaimana jadinya jika internet ini tidak lagi ada dalam kehidupan ini. Dalam artikel ini, kami merangkum 15 fakta menarik tentang internet yang memukau semua orang di dunia.

27 Fakta Luar Biasa Tentang Internet

1. Secara keseluruhan ada sekitar 3,2 miliar orang menggunakan internet dalam kehidupan sehari-hari mereka. Dari jumlah ini, 1,7 miliar berasal dari Asia. Apa yang terjadi jika internet mati dalam satu hari? Ada sekitar 200 miliar email dan 3 miliar pencarian di Google dihentikan dan terputus.

2. Karena banyaknya pengguna internet dan kelemahan internet, Cina memiliki kamp khusus untuk merawat orang yang kecanduan internet. Sekitar 200 juta pengguna internet di Cina berusia 15 tahun hingga 35 tahun. 40% dari mereka yang mengalami kecanduan internet menderita masalah kesehatan yang disebut gangguan defisit perhatian hiperaktif.

3. Webcam pertama di dunia dibuat di University Of Cambridge, dibuat untuk mengintai pot kopi Trojan.

4. Ada sekitar 30 ribu situs yang diretas setiap hari. Peretasan ini dilakukan oleh penjahat internet melalui program komputer yang dibuat khusus untuk menemukan situs web dengan sistem keamanan rendah.

5. Ada sekitar 204 juta email yang dikirim per menit. 70% dari jumlah itu adalah email spam. Untuk satu email, internet membutuhkan 2 miliar elektron.

Baca juga: Keuntungan dan Kerugian Internet

6. Internet ternyata membutuhkan kekuatan super raksasa. Menurut fossbytes.com, internet membutuhkan 50 juta tenaga kuda untuk hidup seperti ini.

Pada tahun 2005, Broadband internet mampu mengemudi dengan kecepatan maksimum 2 Megabits per detik. Namun perkembangan internet, saat ini kecepatan internet bisa mencapai 100 Mbps untuk kecepatan pengunduhan di beberapa negara di dunia. Namun, para ilmuwan mengatakan bahwa teknologi serat optik telah mencapai batasnya dan tidak dapat lagi mempercepat proses pengambilan data.

7. Tweet pertama dilakukan pada 21 Maret 2006, dilakukan oleh Jack Dorsey. Sementara video pertama yang diunggah ke YouTube berjudul “Meet At Zoo” pada 8:27 malam. pada hari Sabtu, 23 April 2005, dilakukan oleh Jawed Karim. Saat ini, video tersebut mendapat tayangan 70.482.014.

8. Lalu lintas yang terjadi di internet umumnya dilakukan oleh malware dan bot, bukan oleh manusia. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa 61,5% lalu lintas di internet terjadi karena bot.

9. Sepertiga orang Italia dan 9 juta orang Inggris tidak pernah menggunakan internet. Bayangkan, sementara di belahan dunia lain, Tiongkok memiliki kamp khusus untuk merawat mereka yang kecanduan internet, menderita penyakit mental.

10. Mungkin Anda pernah mendengar istilah “berselancar di internet” atau bahkan menulis atau menggunakannya. Istilah ini pertama kali muncul pada tahun 1992 dari seorang pustakawan bernama Jean Armor Polly. Sampai sekarang, istilah ini masih digunakan oleh kebanyakan orang.

11. Pada 2010, setiap hari ada sekitar 247 miliar email spam yang dikirim setiap hari di internet. Kemudian pada tahun 2017, grup statistik “Radicati Group” memperkirakan bahwa ada sekitar 269 miliar email yang dikirim setiap hari. Tetapi sebagian besar email ini adalah spam.

Baca juga: Web browser

12. Situs pertama di dunia masih online. Namun tidak banyak yang menyukainya karena semuanya berupa teks dan hyperlink. Namun, ini sangat mengesankan, situs yang pertama kali muncul di dunia masih dapat dilihat oleh anak-anak yang hidup hari ini.

Fakta Lain tentang Internet

13. Tahukah Anda, sudah berapa lama teknologi internet ini ada di dunia ini? Internet berumur lebih dari 10.000 hari. Anda dapat melacaknya kapan saja di sini. Suatu hal yang luar biasa, hingga hari ini kita mendapatkan akses ke seluruh dunia, ke berbagai sudut informasi secara gratis.

14. Sekitar £ 1,7 triliun uang dihabiskan untuk online. Pernahkah Anda menghitung berapa lama jam online Anda sejak pertama kali Anda mulai online di internet? Jika Anda tahu, Anda pasti akan terkejut dengan uang yang Anda habiskan untuk membayar kuota internet atau berbelanja di internet.

15. Apa yang Anda ketahui tentang Internet dan WWW (World Wide Web)? Apakah keduanya sama? Keduanya sangat berbeda. Internet adalah jaringan komputer dan World Wide Web adalah jembatan atau sarana untuk dapat mengakses berbagai informasi di seluruh dunia.

16. Mungkin Anda tidak dilahirkan ketika situs “You Got Got Mail” muncul. Tapi ini masih hidup dan online hari ini.

17. Untuk mengirim satu email, internet membutuhkan 2 miliar elektron. Bayangkan, hari ini ada jutaan email yang dikirim setiap hari. Berapa banyak elektron yang bermain di sana.

18. Pada tahun 2020, diperkirakan akan ada sekitar 40 miliar gadget yang terhubung ke internet. Jelas, dari sisi keamanan, ini bukan hal yang baik.

19. Tim Berners-Lee, penemu web modern world wide, ia dianugerahi gelar bangsawan oleh ratu Inggris.

20. Kita mungkin harus cemburu dengan Jepang dan Korea Selatan. Kedua negara ini adalah negara dengan kecepatan internet tercepat di dunia. Apakah Anda tahu kecepatan internet negara ini? Kecepatan internet rata-rata di tempat ini adalah 22Mbps. Ini adalah angka yang sangat tinggi, Amerika sendiri masih jauh di belakang, kecepatan internet di Amerika rata-rata hanya 8Mbps.

21. Internet bukan hanya segala sesuatu yang dapat diakses secara bebas, tetapi ada sesuatu yang disebut web di dalamnya. Untuk mengakses lebih dalam web ini tidak dapat menggunakan chrome atau firefox, Anda memerlukan alat yang disebut “Tor”. Hati-hati, ada banyak hal buruk di dalamnya.

22. 2010 adalah pengetahuan bersejarah untuk internet, di mana tahun ini Finlandia menjadi negara pertama yang membuat akses internet menjadi hak yang sah.

23. Amerika adalah negara dengan stabilitas internet yang baik karena sebagian besar penduduk di sana sudah memiliki akses internet. Sekitar 78% orang Amerika sudah menggunakan internet.

24. Internet yang merupakan situs selancar kami hanya sebagian kecil dari internet itu sendiri. Tetapi internet jauh lebih luas dan lebih besar. Ini adalah internet yang tidak dapat diakses secara bebas, hanya orang-orang di jaringan yang dapat menggunakannya. Kami tidak tahu bagaimana keadaannya, yang jelas banyak hal terlarang terjadi di sana.

25. Kencan online sepertinya sesuatu yang bodoh, tetapi tahukah Anda berapa banyak penghasilan yang dihasilkan bisnis ini. Berdasarkan statistik terbaru, pendapatan yang dihasilkan dari kencan online adalah 1 miliar dolar setiap tahun. Ini menunjukkan jumlah orang bodoh yang menghabiskan kesenangan di sini.

26. Apakah Anda tahu seberapa populernya Facebook? Oke, seperti ini, hampir setengah dari populasi dunia sudah memiliki akses ke internet. Hampir setengah dari pengguna internet adalah mereka yang sudah memiliki akun Facebook.

27. Setiap menit berlalu, ada sekitar 72 jam konten video yang diunggah di YouTube, ini hanya satu situs web, coba bayangkan kapasitas penyimpanan apa yang dibutuhkan oleh YouTube.