film india terbaik sepanjang masa
bacaterus.com

Film India Terbaik – Perfilman India adalah salah satu industri film yang sangat terkenal dan populer saat ini di dunia terutama di Asia. Salah satu ciri khas dalam film India adalah adanya lagu dan tarian khas India. Selain itu, alur cerita yang bagus membuat banyak penonton sanggup menonton dan menatap layar tv berjam-jam.

Perfilman India atau Bollywood adalah Perfilman terkemuka didunia dengan beragam film yang di produksi. Maka, tak salah jika kita selalu menantikan film India terbaik untuk di nonton. Bahkan sekarang pemeran-pemeran film India sekarang banyak yang masuk dalam panggung Perfilman dunia seperti Shah Rukh Khan, Irffan Khan dan Aamir Khan.

Bagi kamu yang suka dengan film India, kami akan bagikan beberapa judul film India terbaik yang siap kamu tonton. Langsung saja, berikut beberapa film Bollywood terbaik bagus untuk di tonton di waktu luang.

Daftar 10 Film India Terbaik untuk di Tonton

1. Dilwale Dulhania Le Jayenge

Salah satu film bollywood yang menarik di saksikan adalah Dilwale Dulhania Le Jayenge. Film ini sukses di perankan oleh Shah Rukh Khan dan Kajol se akan-akan dalam film tersebut mereka benar-benar hidup sebagai sepasang kekasih nyata. Film yang di perankan oleh Shah Rukh Khan dengan judul Dilwale Dulhania Le Jayenge di produksi tahun 1995.

Film India yang disutradarai oleh Aditya Chopra ini sepertinya telah mengubah gaya perfilman India saat itu karena diperankan dengan sangat bagus dan menarik oleh pemainnya.

Film ini adalah salah satu film yang sukses dan berhasil masuk dalam buku “1001 Movies You Must See Before You Die”. Ini menjadi bukti bahwa berkualitasnya film yang mengambil tempat syuting di India, Swiss dan Inggris. Tak hanya filmnya saja, tetapi juga lagu lagu dalam film ini adalah lagu populer dan hit India yang di ciptakan jatin lalit yang tentu hingga saat ini masih sangat enak di dengar.

2. Kuch Kuch Hota Hai

Selanjutnya, salah satu film India terbaik adalah film Kuch Kuch Hota Hai yang sangat populer bahkan semua unsur hiburan dalam film ini bisa di dapatkan. Film yang di perankan oleh Shah Rukh Khan dan Kajol ini sangat luar biasa karena memiliki cerita yang menarik, pemeran yang cantik dan pinter memainkan peranannya, koreografinya yang menawan serta di iringi dengan lagu-lagu yang bagus.

Film Kuch Kuch Hota Hai adalah film yang di sutradarai oleh Karan Johar yang membuat film Bollywood terasa modern dan beda dari biasa. Dalam film ini juga hampir sama seperti dalam film sebelumnya yaitu masih menggunakan lagu-lagu jatin lalit yang luar biasa enak di dengar.

Film Kuch Kuch Hota Hai adalah film India yang sudah memboyong banyak penghargaan seperti Best Movie, Best Actress untuk Kajol, Best Supporting Actor untuk Salman Khan, Best Actor untuk Shah Rukh Khan, Best Director dan Best Screenplay untuk Karan Johar, dan Best Supporting Actress untuk Rani Mukerji. Ini adalah film yang mengambil tempat di tiga tempat berbeda yaitu India, Mauritius dan Skotlandia.

3. Rang De Basanti

Dalam ajang film Fare Awards, Rang De Basanti adalah film yang meraih penghargaan Best Movies. Dan film ini mendapatkan sambutan hangat dari kritikus film dunia. Rang De Basanti adalah film India dengan tipe dialog yang tinggi, naskah yang kuat dan mendapatkan nilai produksi yang tinggi.

Film ini dibintangi oleh Amir khan ini di sutradarai oleh Rakesy Omprakash Mehra sempat menuai banyak kontroversi karena dalam film tersebut menggunakan pesawat tempur MiG 21 serta menggunakan kuda balap India yang di larang pemerintah. Film yang rilis tahun 2006 ini walaupun kontroversi namun bisa mendatangkan banyak penonton sehingga bisa meraih pendapatan yang tinggi bahkan hingga sekarang termasuk film India yang laku keras di pasaran Perfilman.

Rang De Basanti mengisahkan tentang seorang Sineas Inggris yang mencoba membuat film dokumenter di India tentang pemberontak India berdasarkan tulisan dan diary dari Ayahnya. Dalam film ini menggunakan musik yang di garap oleh HR Rahman bisa di pertimbangkan untuk masuk kedalam Academy Awards.

4. Lagaan

Selanjutnya, film India terbaik adalah lagaan yang di bintangi oleh Aamir khan dan juga bertindak sebagai produsen film dengan Ashutosh Gowariker sebagai sutradara. Film mereka ini berhasil masuk kedalam nominasi Academy Awards di kategori Best Foreign Language Film.

Film Lagaan menceritakan tentang perjuangannya dalam melawan kekuasaan asing. Walaupun ia sebai olahragawan kriket namun ia berani melawan kekuasaan asing yang bertindak semena-mena terhadap rakyat kecil dengan meminta pajak rakyat. Untuk menghapus perpajakan ini, pihak meminta rakyat untuk bertanding kriket yang pada masa itu belum di kenal oleh rakyat India.

Daya tarik film India ini membuat banyak media asing meliput-nya dan memberitakan film Lagaan ini, diantara media asing tersebut adalah BBC, majalah Empire dan Time sehingga film ini semakin di kenal dunia.

Lihat juga: 30 Film Drama Korea Terbaik 2019

5. Taare Zameen Par

Taare Zameen Par adalah film India hasil buatan Aamir khan tahun 2007. Aamir dalam film ini bertindak sebagai pemain, sutradara dan sebagai produser. Dua tahun kemudian, film garapan-nya ini di bawa ke Amerika dan di distribusikan oleh Walt Disney Pictures dengan judul “Like Stars on Earth”.

Taare Zameen adalah film pertama yang di distribusikan oleh perusahaan Amerika Serikat.

Ini adalah film India yang menceritakan tentang seorang anak disleksia yang penuh imajinasi yang bahasanya hanya dia yang mengerti. Anak dalam hidupnya selalu dikucilkan di olok-olok temannya. Namun, semua ini berakhir ketika datang seorang guru kesenian yang paham tentangnya dan tahu bagaimana cara mengembangkan bakat yang di miliki-nya.

6. 3 Idiots

3 Idiots adalah film India lainnya yang banyak ditonton dan menjadi film India yang dianggap sukses di seluruh dunia. Ini adalah film yang di bintangi oleh Aamir Khan, ia mampu bermain dalam berbagai film dengan karakter yang berbeda namun tetap mempertahankan diri khasnya.

3 Idiots adalah film komedi sukses diberbagai penjuru dunia, bahkan termasuk film dengan pendapatan terbesar kedua di India, sementara di Asia juga termasuk film yang masuk dalam Box Office seperti di Indonesia dan China.

Film 3 Idiots menceritakan tentang tiga sekawan yang menuntut ilmu di sebuah universitas dengan memiliki masalahnya masing-masing. Film ini memberikan gambaran kepada kita bahwa pendidikan itu penting untuk kehidupan yang lebih bagus. Film ini sudah di adaptasi ke film Tamil dan ke film Hongkong oleh sentuhan tangan Stephen Chow serta kabarnya juga akan di adaptasi ke film Amerika.

7. My Name Is Khan

Semua film India yang di mainkan dan di perankan oleh Kajol dan Shah Rukh Khan selalu di tunggu-tunggu kehadirannya. Biasnya film-film mereka itu selalu menjadi hit dan bagus serta berkualitas.

Film ini beda dengan film yang dibintangi Shah Rukh Khan sebelumnya, karena Film berjudul “MY Name Is Khan” lebih menceritakan tentang agama dan politik, jadi dianggap berat, dan sensitif. Film ini di rilis tahun 2010 lalu dan pertama kali di rilis langsung sukses di India dan Amerika. Bahkan kesuksesan nya melebih film 3 idiots, namun di akhirnya film My Name Is Khan di kalahkan oleh film 3 idiots tersebut.

Baca juga: 20 Film Religi Terbaik Indonesia

Dalam film ini shah rukh khan berperan sebagai seorang lelaki muslim yang menderita masalah kesehatan Aspergers Syndrome. Sementara lawan mainnya Kajol adalah wanita hindu yang anaknya selalu di bully disekolah. Disini, Shah Rukh Khan bertemu dengan presiden Barrack Obama dengan tujuan ingin membuktikan bahwa tidak semua muslim itu teroris.

Memang film My Name Is Khan tidak masuk dalam the Best Movie, namun film meraih best director untuk Karen jahor, Best actor untuk Shah Rukh Khan dan Best actris untuk Kajol. Ketiga penghargaan ini sudah cukup untuk membuktikan bahwa mereka adalah pemain lihai dan pandai dalam berakting.

8. Barfi!

Barfi adalah film India yang bergenre romantis di perankan oleh trio Ranbir Kapoor, Priyanka Chopra dan Ileana D’Cruz dan di sutradarai, di produksi dan di tulis oleh Anurag Basu.

Film ini telah banyak penghargaan di ajang FilmFare Awards. Penampilan sang pemain Ranbir Kapoor memang sangat luarbiasa dan patut di acungi jempol, wajar saja kalau film India bisa menjadi film best movie.

9. Bhaag Milkha Bhaag

Selanjutnya, film india terbaik yang patut di tonton adalah film Bhaag Milkha Bhaag. Film ini menceritakan tentang seorang atlit India bernama Milkha Singh, ia adalah olahragawan olimpiade di cabang atletik terutama di cabang sprint maupun marathon.

Selain sebagai atlit, ia juga sebagai tetara India yang beragama Sink, ia sangat cepat dalam berlari dan berbagai hal lainnya sehingga sering di sebut sebagai “The Flying Sikh”.

Baca juga: Daftar 10 Film Perang Terbaik

Bhaag Milkha Bhaag menceritakan tentang kesuksesan Milkha menjadi juara international di cabang atletik. Film ini di perankan oleh Farhan Akhtar dan disutradarai oleh Rakeysh Omprakash Mehra.

Film keren dan beken ini adalah adaptasi dari autobiografi yang di tulis oleh Milkha Singh dan Sonia Salwanka putrinya dengan judul “The Race of My Life”. Film ini dianggap sangat bagus dan sesuai serta akurat antara cerita dalam autobiografi dengan cinematographynya. Memang belum bisa mendapatkan penghargaan, namun film ini masuk sebagai film Box Office India. Film yang rilis tahun 2013 ini sempat dikabarkan oleh berbagai media India sebagai film yang super hits.

10. Neerja

Neerja adalah salah satu film India terbaik yang mendapatkan banyak penghargaan. Ini adalah film yang di angkat dari kisah nyata yang di alami seorang pramugari cantik Neerja Bhanot. Kisah ini terkenal karena aksi heroiknya Neerja dalam menyelamatkan penumpang pesawat.

Lihat juga: 10 Film Thailand Lucu

Kisahnya berawal dari pesawat Pan Am dengan rute Bombay – Karachi – Frankfurt – New York di bajak di tengah perjalanan, tepatnya ketika transit di Karachi. Pembajakan ini didasarkan atas keinginan teroris yang ingin agar temannya yang di sandra di Siprus di lepaskan. Maka, mereka mengancam penumpang pesawat semuanya, mereka bersenjatakan lengkap seperti senjata, granat, dan bom dan meng-ultimatum akan membunuh semua penumpang pesawat jika komplotan yang di tangkap di siprus tidak di bebaskan.

Itulah beberapa film india terbaik dan mendapatkan banyak kritikan bagus dari kritikus film dunia serta banyak mendapatkan penghargaan di ajang FilFare Awards. Selain fil itu ada banyak lagi film India yang bagus-bagus seperti film Don, Secret Superstar, Raees, dan Slumdog Millionaire yang semuanya patut di tonton dan di koleksi sebagai salah satu film terbaik India.