goa gajah bali
Goa Gajah Bali, tempat wisata

Goa gajah Bali – Indonesia adalah sebuah negara kepulauan yang menyediakan banyak keindahan alam terutama di alam terbuka seperti pantai, air terjun, wisata bawah laut dan lain-lain seharusnya menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara yang terdepan dalam persediaan tempat wisata. Jika di dukung dengan pengelolaan yang bagus dan benar, tidak mustahil negara hijau di khatulistiwa ini akan menjadi negara tujuan wisata dunia. Ribuan pulau di INdonesia tentu memberikan banyak destinasi wisata pantai, bahari, bahkan gunung gunung tertinggi.

Namun, kenapa Indonesia masih belum begitu sukses dalam hal pariwisata? Salah satu penyebabnya adalah sistem pengelolaan yang tidak tepat seperti adanya pungli dan berbagai tindakan meresahkan dan membuat kapok bahkan mencoreng nama baik bangsa Indonesia.

Tak hanya itu, sisi pengelolaannya yang kebanyakan di serahkan ke pihak swasta membuat tak pememrintah tak bisa berbuat banyak terhadap masyarakat. Seharusnya, hasil pariwisata yang di kelola pemerintah bisa di gunakan untuk berbagai hal yang menguntungkan rakayat, bahkan pemerintah bisa menekan harga tiket sehingga tidak terlalu menceking rakayat. Namun ketika semua itu di relakan kepada pihak swasta maka salah satu kesulitannya adalah harga tiket yang melambung tinggi. Masyarakat akhirnya harus menikmati keindahan alam negeri sendiri dengan harga tiket yang begitu terbebani.

keindahan goa gajah bali

Salah satu negara dengan tujuan wisata terindahan dan terbanyak adalah Indonesia dan diantara sekian banyak daerah yang memiliki keindahan alam adalah Bali. Memang Bali sudah lama terkenal dengan kota pariwisata karena keindahan alamnya yang tak terbantahkan. namun jangan salah, Bali tidak hanya melulu dengan destinasi wisata seperti pantai kuta, tanah lot dan sanur tetapi Bali menyimpan banyak tempat indah lainnya yang tak kalah menarik untuk di kunjungi.

Salah satu tempat wisata itu adalah Goa Gajah Bali. Jika anda belum pernah mendengar tentang goa ini, ikuti terus artikel ini karena kami akan menjelaskan panjang lebar tentang Goa Gajah bali mulai dari sejarahnya, keindahan dan berbagai fasilitas serta harga tiket untuk masuk ke goa bali.

Apa Itu Goa Gajah

apa itu goa gajah
lingkungan goa gajah Gianyar Bali

Goa Gajah adalah sebuah tempat yang di sebut dengan pura dan berada di desa Bedulu kecamatan Blahbatu kabupaten Gianyar Bali. Sekarang Pura atau goa gajah ini menjadi salah satu destinasi wisata yang du lirik banyak pengunjung baik domestik atau manca negara. letaknya masih dalam wilayah ubud sekitar 27 km dari Denpasar Bali.

Banyak orang salah dalam persepsi terhadap goa gajah. Jika anda berpikir disini ada gajah, maka buang jauh-jauh pemikiran itu karena memang disini tidak ada gajah sama sekali atau hal-hal yang berbau gajah seperti patung atau lainnya. Beda halnya dengan goa lawah, disebutkan demikian karena memang ada segerombolan lawah yang di hidup didalam goa. Lawah itu adalah kelelawar atau klungkung. Tetapi Goa gajah diseburt demikian bukan karena ada segerombolan gajah didalamnya.

Goa gajah ini memiliki tinggi hanya 2 meter saja dan lebar dua meter. Bagi yang memiliki lebih tinggi dari 2 meter maka harus menunduk untuk bisa masuk kedalam goa gajah. Dibagian dalamnya ada jalan yang berbentuk huruf T. Goa ini pertama kali di bangun pada abad 11 masehi, jadi ini bukanlah Goa yang terjadi dari proses alam melainkan di buat oleh manusia. Bagi anda yang datang ke Bali jangan lewatkan untuk menikmati keunikan dan sejarah yang disajikan goa gajah Bali ini.

Sejarah Goa Gajah Bali

Dalam sejarah, goa gajah sudah di kenal sejak lama pada masa-masa kerajaan dahulu. Katakanlah masa kerajaan Sri Dharmawangsa wardhana Marakata Pangkajastano tahun 1022 N, masa raja anak wungsu tahun 1053, pada masa Sri paduka maha guru tahun 1324M, dan lain-lain. Pembangunan pertamanya di bangun pada abad 11 M tepatnya pada masa Raja Sri Bendahulu. Selanjutnya, pada pemerintahan Hayam Wuruk, goa ini sudah ada dan digunakan sebagai tempat pertapaan San Bidadyaksa.

sejarah goa gajah, patung pancuran

Sementara sejarah versi lain menyebutkan bahwa goa gajah di sebut juga dengan kunjarakunjapada, artinya adalah asrama kunjara. Ini adalah asrama Sri agastia yang berada di Mysore India Selatan.

Penemuan Goa gajah pertama kalinya di temukan oleh Hindia Belanda yaitu LC Heiting tahun 1923 yang sedang melakukan perjalanan. kemudian ia menemukan adanya adanya Arca Ganesha, trilingga, dan patung hariti yang ada disekitar itu. Selanjutnya, penemuan ini di serahkan LC heiting kepada pemerintahan Belanda.

Penelitian terhadap penemuan ini berlanjut pada tahun 1925 yang di lakukan oleh DR.WF Stutterhiem. penelitian selanjutnya berlanjut tahun 1950 yang di lakukan oleh situs arkeologi kantor Indonesia. Kemudian, beberapa tahun setelah itu atau tepatnya tahun 1954 di temukan beberapa patung perempuan yang di area dadanya keluar air, dan air ini dianggap sebagai air suci dimana orang yang mencuci wajahnya dengan air ini bisa menambah aura wajahnya.

Disini juga ada sebuah bangunan yanjg didalamnya di simpan sebuah patung bersejarah yaitu patung dewi hariti atau di sebut dengan ratu brayut. Ratu brayut ini dalam sejarah di kenal sebagai ratu yang jahat, namun kemudian ia mendapatkan nasehat dari Budha dan akhirnya menjadi baik dan sayang terhadap anak-anak. Goa gajah yang ditemukan ini di perkirakan ada pada abad 11 M, ini diketahui dari kolam air suci tersebtu dan patung yang ada.

Wisata Sejarah di Area Goa gajah

Goa Gajah, dari tadi kita belum menjelaskan tentang arti goa gajah dan kenapa di sebut goa gajah padahal tidak ada patung gajah disana, dan tidak ada gajah atau hal-hal lainnya yang berbau gajah.

Kata “Goa Gajah” awalnya berasal dari kata Lwa Gajah yang berasal dari bahasa yang di temukan dalam kitab negarakertagama. Didalam buku NegaraKertagama ada penyebutan terhadap arti Lwa yaitu “sebuah sungai”.Sementara kata “gajah” artinya pertapaan bukan binatang besar yang disebut elephant dalam bahasa Inggris. Jadi, makna Goa gajah adalah Goa yang di jadikan tempat bertapaan di tepian sungai.

Goa gajah gianyar bali

Dibagian mulut goa gajah di hias sedemikian rupa, anda akan menemukan dua buah patung yang didirikan di sebelah kanan dan kiri mulut goa. Patung ini di ibaratkan sebagai penjaga goa oleh orang hindu. Sementara di mulut goa bagian atas ada sebuah relief patung ukuran raksasa yang di sebut dengan bomha. Bomha dalam kepercayaan orang hindu adalah patung yang di buat secara wajib untuk menyucikan setiap orang masuk kedalam goa sakral untuk beribadah. Bukan hanya di mulut goa gajah saja bahkan di semua pintu candi yang berada di depan pura yang digunakan untuk beribadah.

Ketika memasuki ke dalam goa anda akan merasakan suasana hening, dan tenang, sebagaimana yang kita katakan di awal bahwa didalam ada jalan seperti huruf T, disisi kirinya anda akan menemukan tiga buah lingga dan di sisi kanan anda akan menemukan patung berkepala gajah.

Komplek Goa Gajah

Didalam komplek goa gajah anda akan merasakan pemandanan yang kental dengan sejarah hindu (shivaism) dan anda bisa menemukan beberapa artefak. Salah satu artefaknya adalah Patung Ganesha. Ini adalah patung yang di yakini oleh orang hindu sebagai putra dari dewa Siva dan dewi parwati. Sementara fungsi ganesha menurut orang hindu adalah sebagai simbol untuk menolak bala. Ganesha adalah patung orang hindu dengan bentuk kepala gajah dan badan manusia serta memiliki empat tangan yang memegang benda yang berbeda-beda.

Anda bisa menemukan beberapa benda pada patung ini, diantaranya adalah taring patah, peracu berbentuk kapak, mangkok pada belalai. Patahan taring itu maksudnya adalah sifat ganas dan raksasa yang sudah di kuasai oleh manusia. Menurut mereka, ini mencerminkan mawas diri dan waspada. Selain tiga benda ini, anda juga bisa melihat adanya aksamala yang artinya rantai tak putus. Ini mencerminkan manusia yang bijaksana dan tidak sombong.

Sementara tiga lingga yang ada di bagian dalam goa gajah adalah sebagai patung trilingga. Tiga buah patung ini mencerminkan bahwa orang hindu itu menganut tri murti yaitu brahma, siwa dan wishnu. Lingga besar akan di kelilingi oleh lingga kecil sebanyak 8 buah.

Disamping goa gajah juuga terdapat patung-patung yang memancarkan air ke kolam dan ini biasanya di sebut sebagai air untuk penyucian. maksud penyucian ini adalah ritual penyucial yang di laksanakan selama 210 hari berdasarkan pedoman pada kalender Bali atau 6 bulan sekali. Air yang di pancarkan ini juga memiliki makna air kehidupan dan sapta gangga yaitu tujuh sumber air yang suci berdasarkan orang hindu. Air ini adalah Yamuna, sungai gangga, sindhu, saraswati, Godavari, serayu dan narmada.

Di sekitar goa gajah anda juga bisa menjumpai patung lain yaitu arca brayut atau ratu brayu. Patung arca brayut ini melambangkan kemakmuran karena menceritakan tentang seorang yang memiliki anak cukup banyak. Sementara cerita lain mengisahkan bahwa ratu brayut dan dewi hariti adalah pemangsa anak. Namun kebiasaan memangsa anak ini berubah setelah bersua dengan budha.

Tidak hanya patung hindu yang anda temukan, namun ada juga patung budha yang disebut budha amitaba. Patugnya dibuat dengan bentuk khas seorang petapa. Bagi pengunjung goa gajah bali bisa melihat dan mengetahui lebih banyak kisah masa lalu ummat budha dan hindu disini.

Jalan Akses Menuju Goa Gajah

jalan akses menuju goa gajah

Letak objek wisata ini adalah di desa bedulu blah batuh, ubud, Gianyar Bali. Akses menuju ke goa gajah sangat mudah di jangkau. Jika anda berada di taman ayun, anda cukup menempuh jarak dengan waktu 30 menit saja dan jaraknya sekitar 19 km. Namun jika anda berada di Denpasar atau ibukota, anda butuh waktu lebih lama yaitu sekitar 1 jam untuk bisa sampai ke goa gajah.

Tiket Masuk Wisatawan Ke Goa Gajah

Setiap kita berlibur ke goa gajah kita harus membayar tiket masuk sebagaimana masuk ke tempat wisata lain. Lalu, berapa harga tiket masuk ke goa gajah Gianyar Bali? Berikut kami sertakan harga tiket masuk goa gajah, jika adna perubahan harga sebagaimana yang anda dapatkan, mungkin saja karena sudah di ubah oleh pelaksana wisata dilapangan. Harga ini adalah harga tiket masuk yang kami dapatkan per 01 januari 2019.

Kategori TiketHarga Tiket Masuk
Tiket MasukRp 30.000 / orang
Parkir MobilRp 5.000 / mobil
Parkir MotorRp 2.000 / motor

Note: Harga tiket masuk bisa berubah-ubah sewaktu-waktu. Sementara jam buka adalah setiap hari mulai jam 08.00 hingga jam 17.00.