Gunung gede, misteri dan jalur pendakian

Gunung Gede termasuk gunung tertinggi di Indonesia dengan ketinggiannya mencapai 2.958 Mdpl. Gunung gede baru meletus terakhir kalinya tahun 1957 M. Kita akan melihat bagaimana fakta, jalur pendakian, dan misteri yang selama ini menyelimuti gunung yang berada di perbatasan Bogor, suka bumi dan cianjur.

Gunung gede adalah salah satu gunung yang masih sangat alami dan pas dianggap seebagai laboratorium alam. Mungkin ini juga sebabnya kenapa banyak para peneliti yang datang ke sini. Keadaannya yang masih asri terlihat dari banyaknya pepohonan yang mengelilingi gunung gede, banyaknya pohon dan flora fauna adalah bukti nyaata bahwa gunung masih sangat natural dan eksotis.

Kawasan gunung gede adalah salah satu kawasan yang masuk dalam taman nasional Gede-Pangrango yang pada tahun 1977 resmi di nobatkan sebagai Cagar Biosfir oleh UNESCO.

Fakta Sekitar Gunung Gede

Gunung Gede hingga kini masih banyak legenda dan misteri yang menyelimutinya. Namun demikian, tidak semuanya berupa misteri ada juga sejumlah fakta menarik tentang gunung Gede ini.

Lantas, apa saja fakta gunung gede yang perlu kamu tahu, cek berikut ini:

Pertama: bagi pendaki gunung gede, ada booking online yang di terapkan, namun ini hanya jika kamu melakukan booking 30 hari sebelum pendakian. Nanti kamu akan mengisi formulir dan diminta juga surat keterangan sehat. Selanjutnya pihak yang bertugas akan menukarnya dengan (Surat Ijin Memasuki Kawasan Konservasi).

Ini dilakukan agar petugas disana bisa memantau dengan mudah siapa saja pendaki gunung gede ini. Selai itu juga untuk mencegah adanya pendaki ilegal.

Kedua: Gunung gede tidak di buka secara fulltime dalam setahun. Ada masa-masa yang tidak dibolehkan untuk di daki. Pada bulan Januari hingga maret dan juga bulan Agustus, petugas taman gunung gede menutup pendaakian secara kontinue untuk menjaga keseimbangan lingkungan gunung gede.

Ketiga: fakta selanjutnya tentang gunung gede adalah larangan memetik bunga Edelweis, larangan menggunakan botol air minum dan larangan membawa tisu basah.

Itulah beberapa fakta yang harus kkaamu keetahui sebelum mencoba untuk melakukan pendakian di taman nasional gunung gede.

Jalur Pendakian Gunung Gede

Jalur pendakian adalah hal utama yang harus kamu tahu, ini adalah hal penting dalam persiapan untuk melakukan pendakian gunung termasuk untuk bisa sampai ke puncak gunung gede. Ada tiga jalur pendakian yang di tempuh, berikut kita lihat ulasannya.

1. Jalur Cibodas

Jalur cibodas adalah jalur yang paling di sukai dalam mendaki gunung gede, alasannya adalah terdapat banyaknya sumber mata air disini dan jalannya yang berbatu tersusun rapi sehingga sangat mudah dalam mendaki. Bukana ini sajaa, menempuh jalur Cibodas juga memiliki kelebihan lain yaitu ada banyak spot indah yang bisa di abadikan dengan kamera.

Diantara temmpat yang begitu indah itu adalah Telaga Biru, padang Edelweis, dan air terjun, serta tempat camping yang begitu luas. Ketika sampai di puncak kamu juga akan menjumpai kawah lanang di sebelah kirri dann kawah wadon dan kawah ratu di sebelah kanan.

2. Jalur gunung putri

Selain jalur Cibodas, kamu juga bisa mendaki gunung gede dengan melewati jalur gunung putri. Jika melewati jalur ini, kamu akan mendapati ladang dan hutan pinus yang luas, hutan ini dikelola oleh KPH Perhutani Cianjur. Untuk selanjutnya, menempuh jalur ini seperti agak sulit ketika memasuki hutan tropis dan tiba di tanah merah. Perjalanan berikutnya adalah melewati Legok Lenca dan Buntut Lutung.

Kemudian kamu akan memasuki kawasan Lawang Seketeng yang jalurnya terkenal sangat curam. Namun jika sudah sampai di Simpang Maleber kamu bisa mengambil jalur lurus hingga Alun-Alun Suryakencana.

3. Jalur Selabintana

Jalur ketiga untuk sampai ke puncak gunung Gede adalah jalur Selabintana, jalur ini termasuk jalur yang panjang dan terbilang lebih sulit dibandingkan dengan dua jalur laiannya.

Mencapai basecamp saja sangat sulit di tambah lagi dengan banyaknya pacat, lindah dalam mengaruhi hutan. Jadi, jika kamu ingin melakukan pendaakian, maka jalur yang paling aman dan mudah di tempuh adalah jalur Cibodas.

Misteri Gunung Gede

Di puncak gunung GEDE ada sebuah alun-alun yang di sebut alun alun suryakencana. Ini konon adalah alun-alun yang di bangun oleh Pangeran Suryakencana dan bangsa Jin di masa lalu. Pangeran suryakencana sendiri adalah anak dari Aria Wiratanudatar (pendiri cianjur) yang memperisterikan jin. Pangeran Suryakencana memiliki dua orang putra, mereka adalah prabu siliwangi dan prabu sakti.

Jika kamu mendaki gunung ini, disana masih ada petilasan singgasana Pangeran Suryakencana yang berbentuk pelana kuda. Konon tempat ini hingga sekarang di jaga oleh Embah Layang Gading.

Daerah kawasan hutan yang di kelilingi alun-alun juga ada legenda besar yaitu adanya makam prabu siliwangi. Bahkan, ada banyak situs bersejarah lainnya yang kadang di keramatkan oleh pendaki gunung ini.

Banyak orang yang hingga kini masih percaya bahwa pangeran Suryakencana hingga kini masih bermukim disana dan menguasai bangsa jin.

Baca juga: 24 Tempat Wisata di Bogor

Ada juga beberapa pendaki gunung gede yang mendengar suara derap kaki kuda di sekitaran alun-alun suryakencana. Itu diyakini sebagai pasukan jin yang sedang melakukan pengawalan terhadap Suryakencana. Hingga bahkan ada hal-hal aneh dimana penganut Sunda Wiwitan sering melakukan pertapaan di gua-gua sekitar alun-alun surya kencana.

Objek Wisata Gunung Gede

Tak hanya melulu dengan missteri dan legenda yang menyelimuti gunung Gede tetapi juga banyak tempat dan objek wisata di gunung gede yang sangat layak di kunjungi. Bagi kamu yang ingin mendaki gunung gede, sebaiknya mengetahui objek wisata ini agar tidak kelewatan dalam perjalanan pendakian anda.

Berikut langsung saja kita lihat apa saja objek wisata gunung gede yang indah dan populer.

1. Telaga Biru

Salah ssatu objek wisata yang terletak di gunung gede adalah telaga biru. Telaga biru adalah kawasan dengan luas 5 hektar dan telaga atau danau ini berada di di atas ketinggian 1.575 Mdpl, letaknya tepat di sekitaar 1,5 Km dari pintu masuk Cibodas.

telaga biru gunung gede

Keunikan dan keindahan telaga biru adalah dari warna airnya yang biru akibat banyaknya ganggang biru didalamnya. Telaga biru terletak di jalur pendakian sehingga sangat baik di jadikan sebagai tempat melepaskan penat dan lelah selama pendakian.

2. Rawa Gayonggong

Setelah melewati pos pendakian, anda akan lansung bertemu dengan Rawa Gayonggong. Dalam perjalanan ini, kamu juga akan melewati jembatan yang terletak di atas rawa dan disinilah letaknya Rawa Gayonggong.

Disini juga akan tersajikan pemandangan yang sangat baik bagus dengan pepohonan rindang tersusun. Disini juga ada legenda yang di bicaarakan di mana di atas jembatan rawa ini melintasnya macan tutul selama tiga bulan sekali.

3. Sumber air panas

Objek wisata lainnya di gunung gede adalah Sumber Air Panas. Tak hanya telaga dan rawa saja yang bisa anda jumpai, anda juga bisa mendapatkan sumber air panas yang terkenal sebagai objek wisata saat mendaki gunung gede. Jika kamu menempuh jalur cibodas, maka kamu akan menemukan sumber air panas ini setelah berjalan 2-3 jam. Letaknya sekitar 5,3 Km dari Cibodas.

Untuk datang ke sumber air panas ini, sudah ada tali yang di pasang sebagai pegangan tangan, karena lokasinya masih di pertengahan jalur pendakian.

4. Air Terjun Cibeureum

Objek wisata lain adalah air terjun Cibeureum. Air terjun ini letaknya setelah anda melewati Rawa Gayonggong. Ini adalah air terjun dengan ketinggian 50 meter. Secara geografisnya, air terjun cibeureum terletak sekitar 2.8 km dari Cibodas dan berada di ketinggian 1.675 Mdpl.

Ini termasuk air terjun yang sangat indah, bahkan pendaki ingin berlama-lama disini tanpa mau cepat cepat ke puncak gunung. Keindahan air terjun cibeureum mampu membuat pendaki menunda pendakiannya dan menghabiskan banyak waktu di sana.

Keindahan dan kecantikannya bisa semakin mempesona akibat banyaknya lumut merah di samping air terjun tersebut. kamu pasti akan melongok dengan keindahan yang di sajikan ini, jika kamu membawa kamera, ini adalah momen yang penting untuk di abadikan.

5. Kandang batu dan Kandang Badak

Objek wisata menarik lainnya di gunung Gede adalah kandang batu dan kandang badak. Letaknya jika diukur dari Cibodas bisa 7.8 km dan berada di ketinggian 2.220 Mdp. Lahannya luas dengan banyak pohon yang rindang sehingga sering menjadi tempat untuk berkemah.

Disini juga banyak dijualnya makanan sehingga pendaki bisa membeli makanan untuk menambah bekal sebelum sampai ke puncak gunung gede. Namun, makanan disini harganya jauh beda dengan makanan di bawah, tentu dengan sebab susah dan sulitnya membawa barang jualan ke tempat yang tinggi ini.

6. Alun-Alun Surya Kencana [objek wisata gunung gede]

Alun-Alun Surya Kencana

Ketika pendakian terus di lanjutkan, dan di ketinggian 2.750 kembali tersajikan pemandangan indah dan cantik, ini adalah padang Edelweis dengan luas sekitar 50 hektar. Kecantikannya adalah banyaknya bunga Edelweis yang terhampar dan terpampang di depan mata.

Namun perlu did ingat, salah fakta gunung gede yang kita sebutkan di atas yaitu dilarang memetik bunga Edelweis ini. So, kamu hanya bisa menikmati keindahannya saja secara bersama-sama tanpa boleh memetiknya.

7. Puncak dan Kawah Gunung Gede

Puncak dan kawah gunung gede adalah obek wisata utama dan yang menjadi tujuan semua pendaki gunung. Di pucaknya ada tiga kawah yang masih aktif dan mengeluarkan asap. Ini adalah kawah lanang, kawah wadon dan kawah ratu.

Perjalanan dari Cibodas membutuhkan waktu sekitar 5 jam untuk bisa sampai ke puncak ini. Bagi kamu yang cinta dan suka dengan keindahan sunrise dan sunset, maka disini menjadi tempat yang cukup bagus untuk mendapatkan pemandangan matahari terbit dan terbenam.

Itulah sekilas ulasan tentang gunung Gede, termasuk didalamnya misteri gunung gede, objek wisata dan tiga jalur pendakian gunung gede. Semoga bermanfaat bagi kamu yang ingin melakukan perjalanan kesana.