Jarak bumi ke Matahari

Pernahkah kamu dapat pertanyaan dari teman-teman tentang berapa jarak bumi ke matahari atau jarak matahari dari bumi. Mungkin pasti sering ada yang menanyakan tentang masalah ini. Ok, kaali ini website love,inshallah.com akan mencoba mengulas tema jarak dua benda ini yaitu bumi tempat tinggal kita dan matahari.

Secara sederehana, jarak bumi ke matahari adalah 1 AU. Nah, apa itu AU? AU adalah singkatan dari Astronomical Unit. Ini adalah satuan yang di gunakan dalam mengukur semua jarak planet yang berada dalam tata surya.

Kita hanya tahu bahwa bumi adalah satu satunya tempat yang ada peradaban dan kehidupan seperti yang kita rasakan, sementara planet lainnya tidak diketahui, maka bumi menjadi standar dalam mengukur jarak ini, baik jarak ke maatahari, jaraak ke mars atau jarak ke planet lainnya. Sementara matahari sendiri adalah center atau pusat yang menjadi titik pusat, karena semua benda atau planet dalam edaran tata surya mengelilingi matahari.

Bahkan jika manusia mampu menempati mars maka bumi tetap saja berfungsi sebagai pusat kehidudupan. Jadi, AU tetap akan selalu menjadi satuan jarak standar di tata surya ini.

Daftar Isi Artikel

Mengukur Jarak Bumi ke Matahari dan Mars

Dalam artikel ini kita fokus pada cara mengukur jarak bumi ke matahari. Maka dalam hal ini, kita menggunakan teori Parallax yang di temukan oleh Giovanni Cassini.

Giovanni Cassini adalah orang pertama yang bisa mengukur jarak bumi ke matahari secara akurat. Bagaimana cara Cassini bisa mendapatkan angka jarak yang tepat bumi ke matahari? Ternyata ia terlebih dahulu mengukur jarak bumi ke Mars. Setelah mendapatkan angka, baru kemudian ia mengukur jaraak bumi ke Matahari.

Dalam sejarah, (kiat cerita sedikit tentang penemuan cara mengukur jarak matahari) pada tahun 1672, Cassini mamakai alat yang biasanya digunakan pelaut dalam menavigasi pelayarannya. Alat tersebut namanya adalah sextant, coba lihat ga,barnya berikut ini.

sextant

Alat ini sepintas serupa dengan busur, alat ini meemiliki keahlian mengukur sudut bahkan lebih ahli daripada teleskop dan tongkat. Awalnya metode yang kemudian di gunakan Cassini sudah pernah di gunakan oleh orang lain yaitu Huygens, namun banyak asumsi yang digunakan olehnya dianggap meleset sehingga dianggap tidak ilmiah. Kemudian cassini menggas metode barunya yang di sebut dengan parallax.

Nama kedua ilmuwan ini (cassini dan huygens) selanjutnya di gunakan sebagai nama satelit yang di buat untuk mempelajari lebih lanjut tentang planet besar saturnus. Nama planet yang di luncurkan adalah Cassini-huygens, namun lebih populer dengan nama cassini.

Satelit Cassini-huygens adalah satu-satu satelit pertama yang bisa menerobos masuk ke orbit Saturnus.

Cara mengukur jarak bumi ke matahari, teori cassini

Percobaan untuk Mencari Sudur Parallax

Dalam percobaan ini kita akan melihat bagaimana cassini mengukur sudut yang terbentuk antara palnet bumi dan planet mars dengan dua cara yang berbeda. Dalam hal ini ia mengukur sudut ini dari dua tempat yang berbeda yaitu dari Perancis dan Guyana Perancis (French Guyana).

Ketika melakukan pengukuran di paris Perancis ia mendapatkan sudut antara bumi dan mars seperit berikut ini.

cara mengukur jarak bumi ke matahari
zenius.net

Sementara satu lagi ia melakukan pengukuran di Guyana, untuk tugas ini ia mengirim seorang utusan bernama John Richer ke Guyana, perancis dan menndapatkan sudut nya seperti di bawah ini. Lihat gambarnya

mencari sudut antara bumi dan mars
zenius.net

nah, itulah bentuk dua pengukuran sudut yang di lakukan cassini. Jika kedua sidut yang didapatkan yaitu sudut beta dan sudut alpha, maka akan muncullah gambar sudut seperti di bawah ini.

Sudut hasil dari alpha dan beta dari dua pengukuran
zenius.net

Posisi Paris dan Guyana Perancis di ketahui dengan mengukur sudut matahari, maka sudut gamma yang bisa di hasilkan antara dua tempat guyana dan paris adalah sebagai berikut:

mengukur jarak bumi ke matahari
zenius.net

Mereka sedang mencari sudut parallax, ini sudut tetha-nya, ini gambarnya:

cara mencari jarak matahari
zenius.net

Bilaa besarnya sudut α = 75o. dan sudut β besarnya 70o. Besar sudut γ itu 25o. Berapaa nilai yang didapat untuk sudut θ (Parallax-nya )?  Ini hal pennting yang harus di ketahui untuk memperoleh  jarak antara bumi ke mars.

Jarak Bumi Ke Mars

Mengukur jarak Bumi ke Mars, jika sudah mengetahui nilai dari sudut parallax-nya maka bagaimana ilmuwan Cassini menghitung jaraknya. Kita perhatikan yang di bawah ini.

Ini Cara mengukur jarak bumi ke matahari
zenius.net

Jika nilai D sebesar 7.000 km. Dan sudut parallaxnya adalah 10o. Maka beerapa nilai dari L? Untuk bisa mengukur jarak bumi ke mars, anda juga harus tahu berapa jumlah L tadi..

Jarak bumi ke Matahari

Naha, hingga disini cassini sudah bisa menghitung berapa jarak bumi ke mars. Namun masalah kita belum sselesai karena inti dari tulisan ini adalah mengulas juga berapa jarak bumi ke matahari.

Nah, keren, kebetulan ada aastronom sebelum Cassini telah dulu menemukan jarak mars ke matahari. Cassini juga bisa menghitung sudut Mars-Bumi-Matahari, sebut aja sudut θ. Gambarnya seperti ini.

Jarak bumi ke Matahari
zenius.net

Hal lain yang harus di ketahui adalah nilai “p”nya. Jika semuanya, nilai L, X, dan theta, sserta P sudah didapat, maka terjawab sudah jarak bumi ke matahari.

Baca juga: 15 Manfaat Cahaya Matahari

Jarak bumi Ke Matahari

Uni Astronomi Internasional (Persastuan astronomi international), di bulan Agustus 2012 lalu meminta agar definisi unit astronomi di ubah menjadi jumlah: 149.597.870.700 meter. Pengukuran jarak ini berpedoman pada kecepatan cahaya. Meter adalah jarak tempuhan cahaya di ruang hampa pada 1/299,792,458 detik.