Arti Jazakallah, Jazakillah, Jazakumullahv

Arti Jazakillah, Jazakallah

Apa sebenarnya arti jazakallah, jazakillah. dan jazakumullah? Antum passti pernah mendengar kalimat kalimat arab tersebut. Biasanya, pengucapan jazakillah ataau jazakallah biasa terdengar manakala antum memberikan sesuatu kepada orang yang bermanfaat baik itu nasehat atau harta benda. Maka, orang tersebut biasanya membalasnya dengan jazakallah ya, atau jazakillah ya dan seterusnya.

lantas, apa aartinya? Dalam artikel singkat ini kita akan melihat makna dan arti serta perbedaan antara kalimat balasan tersebut.

Jika kita lihat dari sisi bahasa, maka jazakallah atau jazakillah dana jazakumullah adalah ranngkaan dari beberapa kalimat dalam bahasa Arab yaitu “Jazaa'”, “ka/ki/kum” dan “Allah.”

Secara bahasa, Jazaa’ adalah fi’el madhi yang artinya “telah membalas”, KA/KI/KUM adalah dhamir khitab (kata ganti terhadap laawan bicara), khitab kepada engkau laki/perempuan/kalian. Dhamir-dhamir ini disebut dengan maf’ul atau objek, sementara kalimat Allah adalah berperan sebagai Fa’el (yang melakukan), disini artinya yang memberi balasan.

Jadi rangkaian kalimat jazakallah, jazakumullah atau jazakillah artinya: Allah telah membalasmu dengan yang setimpal. Ini adalah makna secara hakikat kalimat. Namun kalimat ini harus di maknai secara majaz karena Allah belum membalas, sementara makna fiel madhi adalah “telah”, berarti telah membalas, padahal faktanya belum di balas.

Dalam ilmu bayan ini disebut dengan “khabariyah bermakan insha-iyyah“. Secara lahir meberikan kabar namun maknanya atau maksudnya adalah meminta kepada Allah.

Baca: Arti syafakillah dan syafakallah

Maka, makna jazakallah, jazakillah dan jazakumullah adalah “Semoga Allah membalas mu atau membalas kebaikan mu“. Sementara dhamir khitab “ka/ki/kum” artinya adalah “kamu lk/kamu pr/kalian”. Jadi, dhamir ini di sesuaikan dengan oraang yang di doakan tersebut.

Ada juga yang mengatakan “jazakallahu ahsanal jaza'”, atau “jazakallahu khairan”, ini artinya adalah semoga Allah membalas kamu dengan balasan yang lebih bagus.

Nah, itulah arti kalimat yang biasa menjadi balasan dari seseorang yang kita berikan nasehat, harta atau sesuatu yang bermanfaat kepadanya. Ini sunnat di ucapkan, karena mengandung do’a kepada mereka yang memberikan kebaikan kepada kita.

Ketika seseorang memberikan sesuatu kepada kita, kita sunnat membalas atau mendo’akannya dengan yang lebih bagus yaitu semoga Allah membalas engkau dengan balasan yang lebih bagus. Dan setiap do’a kita kepada orang lain, maka malaikat akan mendoakan kita. Jika antum ingin di do’akan malaikat maka doakan orang lain dengan kebaikan.

Ok, itulah makna kalimat jazakallah, jazakillah dan jazakumullah. Semoga memberikan pencerahan kepada kita semua dan mebiasakan mengucapkan kalimat ini sebagai doa untuk mereka yang telah memberikan kebaikan kepada kita. Amiin