Latihan kebugaran jasmani
pelajaran.co.id

Kebugaran jasmani – kebugaran adalah sebuah aktivtas yang berpadukan dengan olahraga dan di lakukan di tempat tertentu yaitu tempat olahraga, rumah atau di tempat tertentu lainnya. Semenhata jasmani adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan tubuh.

Dari pengertian tersebut, kita pahami bahwa kebugaran jasmani adalah bentuk aktivitas olaharag yang bisa menyehatkan tubuh. Semakin baik kualitas kebugaran jasmani seseorang maka semakin bagus kekuatan fisiknya dan daya tahan tubuhnya.

Jika anda ingin tahu lebih jauh lagi tentang kebugaran jasmani, baca terus artikel ini hingga habis karena kita akan membicarakan tentang kebugaran jasmani, baik pengertiannya, manfaatnya dan bentuk latihan kebugarannya.

Pengertian Kebugaran jasmani

Kebugaran jasmani adalah kemampuan seseorang dalam melaksanakan aktivitas fisik tanpa mengalami kelelahan sifik yang berarti. Istilah kebugaran jasmani disebut juga dengan physical fitness. Jika seseorang punya kebugaran tubuh yang bagus tentu ia bisa dan sanggup menjalankan aktivtas fisik sepanjang hari tanpa harus mengalami capke dan lelah. Berikut kita lihat apa pengertian kebugaran jasmani menurut para ahli di bidangnya.

Pengertian Kebugaran jasmani Menurut Ahli

1. Rusli Lutan

Kebugaran Jasmani adalah kemampuan seseorang dalam menyelesaikan kegiatan dan perilaku yang bersifat fisik dengan membutuhkan tiga unsur penting yaitu daya tahan, fleksibilitas dan kekuatan.

2. Muhajir

Muhajir mengatakan bahwa pengertian kebuagaran jasmani adalah kemampuan fisik seseorang untuk melakukan adaptasi terhadap tugas fisik harian tanpa merasa lelah, capek dan sakit.

3. Djoko Pekik Irianto

Menurut Djoko Pekik Irianto, yang di maksud dengan kebugaran jasmani adalah kemampuan manusia dalam melakukan kegiatan di kehidupan sehari-hari serta masih tinggal tenaganya atau tetap ada tenaga cadangan untuk melakukan tambahan aktivitas fisik.

Kalau kita melirik kepada tiga mdoel pengertian kebugaran jasmani di atas, maka kita bisa memahami bahwa yang di maksud dengan kebugaran jasmani adalah kemampuan seseorang untuk menjalankan aktivtas sehari-hari tanpa timbul rasa lelah.

Manfaat Kebugaran Jasmani

Kebugaran jasmani tentu memiliki kelebihan dan manfaat-manfaat tertentu. Untuk lebih jelas tentang manfaat dari kebugaran, langsung saja kita perhatikan yang berikut ini.

  • Membentuk kekuatan dan daya tahan otot yang bagus
  • Meningkatkan tingkat fleksibilitas
  • Membentuk pribadi yang berani, percaya dan sanggup bekerja
  • Merangsang pertumbuhan tubuh terutapa pada anak-anak yang melakukan kebugaran
  • Mencegah obesitas dan kegemukan
  • Memiliki rasa tanggung jawab dalam memelihara kebugaran tubuh
  • Bisa menambah kebahagiaan dan bisa mengurangi tingkat stres

Selain manfaat yang di sebutkan, ada sejumlah manfaat lain dari kebugaran jasmani, berikut kita lihat kupasannya.

1. Terhindar dari penyakit berbahaya

Kebugaran jasmani yang bagus sangat pentign dalam menjaga kekebalan tubuh terhadap jenis penyakit. Ada penyakit berbahaya yang kerapkali terjadi pada mereka yang tidak memiliki kebugaran jasmani yang baik.

Penyakit yang berbahaya ini adalah penyakit jantung dan hipertensi. Penyakit ini cukup berbahaya, dan sangat banyak di alami oleh mereka yang tidak memiliki kebugaran yang bagus.

2. Mengurangi lemak jahat

Makanan yang kaya lemak jahat atau kolesterol jika dikonsumsi akan menyebabkan meningkatnya kandungan kolesterol dalam tubuh. Kolesterol akan menjadi pemicu sejumlah penyakit berbahaya seperti tekanan darah tinggi, dll. Namun jika memiliki kebugaran yang baik, maka jumlah kolesterol akan menurun.

3. Menurunkan resiko kanker

Kanker adalah penyakit berbahaya yang mengancam jiwa. Penyakit kanker bisa muncul dimana saja baik pada anak-anak atau orang dewasa. Jika seseorang memiliki kebugaran jasmani yang baik, ia bisa menekan dan menurunkan resiko terhadap kanker tersebut.

4, Meningkatkan mood dan stamina

Bagi anda yang memiliki kebugaran yang bagus dan sering melakukan latihan fisik, di pastikan anda lebih sehat, memiliki mood yang baik, dan lebih rilek dalam menghadapi masalah. Selain itu, dengan seringnya beraktivitas fisik dan tubuh yang memiliki kebugaran yang bagus, maka stamina tubuh juga meningkat.

Unsur-Unsur dalam Kebugaran jasmani

Kebugaran jasmani punya unsur-unsurnya sehingga jika tanpa unsur ini seseorang tidak dianggap memiliki kebugaran yang bagus. Namun ada perbedaan tentang jumah unsur pada kebugaran ada yang mengatakannya lima dan ada juga yang mengatakan sepuluh atau lebih.

Berikut kita lihat apa saja unsur kebugaran jasmani secara lengkap.

  1. Kekuatan (strength)
  2. Ketahanan otot dan paru-paru
  3. Daya pertahanan otot (muscular power)
  4. Kelincahan (agility)
  5. Daya ledak (power)
  6. Kelenturan (flexibility)
  7. Koordinasi (coordination)
  8. Ketepatan (accuracy)
  9. Keseimbangan (balance)
  10. Reaksi (reaction)
  11. Kecepatan reaksi, dan
  12. Komposisi

Berikut ini kita lihat unsur-unsur tersebut lebih jelas, terutama pada lima unsur di atas:

1. Kekuatan

Strength atau kekuatan adalah salah satu unsur dalam kebugaran jasmani, bisa dikatakan kekuatan merupakan hal penting dalam kebugaran dan menjadi kualitas seseorang karena lewat kekuatan seseorang di nilai mampu menjalankan aktivitas fisik. Memiliki massa otot yang cukup dengan jumlah kekuatan yang seimbang menjadi unsur uatama dalam kebugaran jasmani.

Untuk memperoleh kekuatan yang bagus pada otot, kita bisa melatih ekuatan otot ini dengan melakukan beberapa kegiatan seperti push-up, sit-up, dan squad-jam. Sit up adalah latihan fisik yang melatih kekuatan pada bagian perut, squat jump adalah bentuk latihan fisik untuk melatih otot bagian perut serta kaki dan termasuk anggota gerak tubuh bagian bawah. Sementara latihan push up berguna untuk melatih kekuatan tubuh bagian atas dan lengan.

2. Daya tahan otot dan Paru

Daya tahan atau pertahanan ini berkaitan secara langsung dengan kemampuan melakukan aktivitas dan stamina dalam waktu lama. Daya tahan otot dan paru ini butuh latihan komplek dan ini berkaitan dengan kerja paru-paru, jantung, sistem peredaran darah dan kekuatan otot. Untuk meningkatkan daya tahan oto dan paru-paru kita melakukan latihan berupa jogging, lari sekitar 30 menit yang di lakukan secara rutin setiap hari.

3. Daya tahan otot

Muscular power atau daya otot juga termasuk dalam unsur kebugaran jasmani dan ini berkaitan dengan dan berhubungan dengan kemampuan otot dalam mendukung aktivitas fisik. Untuk mendapatkan daya pada bagian otot, kita bisa melatih dengan beberapa model latihan. Diantaranya adalah Side-jump, ini bermanfaat untuk meningkatkan daya otot pada bagian paha dan tungkai. Vertical-jump, ini berguna untuk meningkatkan daya otot bagian tungkai.

Ada juga latihan yang di sebut front-jump, ini adalah latihan untuk meningkatkna daya ledak bagian betis dan tungkai.

4. Kecepatan

Dalam unsur kebgaran jasmani, kecepatan merupakan kemampuan untuk melakukan tugas dengan baik dan benar sehingga lebih sesuatu tugas bisa lebih cepat selesai. Salah satu latihan kecepatan yang sering di latih dan mudah di lakukan adalah lari.

Baca juga: Cara Menyembuhkan Sariawan

5. Kelincahan

Unsur kebugaran selanjutnya adalah kelincahan, unsur ini berkaitan dengan kemampuan untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan dan keadaan saat melakukan aktivtas sehari-hari. Diantara latihan yang bisa di lakukan utnuk meningkatkan kelincahan adalah lari turun naik tangga, lari secara zigzag. Ini adalah dua latihan yang umumnya mudah di coba dan dilakukan.

Bentuk-Bentuk Latihan Kebugaran Jasmani

Untuk melihat seseorang apakah ini memiliki kebugaran yang baik atau tidak, kita bisa melatihanya dengan beberapa latihan. Lihat berikut ini:

  • Push up untuk melatih otot tangan
  • Sit up untuk meningkatkan kekuatan atau otot perut
  • Back lift melatih otot punggung, dan
  • Latihan untuk melatih kekuatan lengan dan bahu.

Bagi anda yang ingin meingkatkan kebuagaran, maka ke empat latihan ini harus di biasakan dan pastikan anda bisa melakukannya beberapa kali dalam sekali latihan. Namun sebaliknya, jika anda belum mampu melakukannya atau cepat lelah ketika melakukan latihan ini, maka dipastikan anda belum memiliki kebugaran yang baik.