Keuntungan dan Kerugian Internet

Keuntungan dan kerugian innternet – Tidak dapat dipungkiri bahwa perkembangan dunia komunikasi telah mempengaruhi kehidupan pribadi kita, praktik bisnis, dan kehidupan sosial.

Sekarang, mengirim pesan pendek, email dan pesan suara bukan lagi hal yang aneh, dunia yang begitu luas terasa sangat sempit dan dekat. Kita dapat mengunjungi seluruh dunia secara virtual dan mudah.

Dalam hal pendidikan, ada juga perubahan yang cukup signifikan, dengan bantuan internet, Anda dapat mengikuti bimbingan dosen Anda langsung di kamar tidur Anda, atau mendapatkan gelar dari universitas mana pun di dunia yang di lengkapi denga dengan komputer yangn terkoneksi internet.

Terlepas dari banyak keuntungan dari internet, tetapi di sisi lain, internet memiliki efek samping pada kehidupan sebagai teknologi yang semakin meningkat saat ini. Manfaat menggunakan internet dan kerugiannya sangat banyak dan bahkan tidak terbatas, tetapi semua ini tergantung pada sisi mana yang Anda lihat.

Baca juga: Whatsapp Web di Laptop dan PC

Menerima informasi sekarang cukup mudah, jadi untuk informasi yang akurat dan jujur ​​sulit untuk membuktikannya. Jadi, dalam artikel ini kita akan melihat beberapa kelebihan dan kekurangan dari internet dalam komunikasi.

Keuntungan dari Komunikasi Internet

1. Kecepatan dan waktu

Internet telah mempercepat komunikasi dan menghemat banyak uang dan waktu. Melalui internet, kita dapat mentransfer informasi dengan cepat serta sedikit uang. Hubungi mitra bisnis dengan cepat dan di mana saja. Gunakan email untuk berkomunikasi dengan cepat dengan siapa pun di dunia. Tidak hanya itu, tetapi internet juga telah menyediakan komunikasi tatap muka dengan Skype, messenger, aplikasi panggilan video dan lainnya.

2. Penciptaan pekerjaan

Internet telah melahirkan banyak pekerjaan termasuk pekerjaan pribadi yang diciptakan dengan sendirinya melalui ruang tidurnya.

Blogger adalah salah satu pekerjaan yang dapat menghasilkan banyak uang. Seseorang dengan hanya memiliki laptop, dan jaringan internet lalu menulis informasi di blog. Ketika banyak lalu lintas, dia bisa menghasilkan banyak uang di sana. Selain itu, ada lebih banyak lowongan pekerjaan seperti desainer, mereka dapat menghasilkan karya yang dapat dijual di berbagai situs besar seperti ThemeForest, creative market dan lain-lain. Ini adalah kesempatan kerja yang lahir dari perkembangan internet.

3. Sebagai media penjualan yang efektif

Bagi seorang pebisnis, internet saat ini adalah media yang sangat populer untuk itu. Anda dapat menggunakan Facebook atau media sosial lainnya sebagai alat untuk menjual berbagai produk atau membuat situs web khusus sebagai toko online.

Menggunakan internet bagi Anda yang tahu cara menjadi sangat efektif untuk meningkatkan penjualan. Internet dapat dilihat di seluruh dunia dan tidak dibatasi oleh waktu. Berbeda halnya, jika Anda menggunakan toko offline, konsumen Anda sangat terbatas. Namun, untuk semua ini Anda perlu cara dan dana agar bisnis Anda berjalan dengan lancar. Dengan perkembangan internet seperti saat ini, ada sangat banyak pengusaha dan pebisnis yang telah berhasil meningkatkan pendapatan mereka.

4. Globalisasi

Globalisasi adalah proses integrasi internasional yang terjadi karena pertukaran pandangan dunia, produk, pemikiran, dan aspek budaya lainnya. Dengan internet, proses ini tercapai dan terjadi. Internet mengubah jarak menjadi dekat dan membantu pengembangan ekonomi yang lebih maju.

Seluruh dunia yang cukup jauh luasnya, kini tak lagi terhalangi untuk di jamah. Ini memungkinkan semua negara di dunia untuk berbagi kemajuan dan informasi terbaru.

5. Hemat biaya

Keuntungan internet selanjutnya adalah Mengirim email ke negara lain dengan saangat murah dibandingkan dengan menelepon atau mengirim surat tradisional yang baru sampai dalam waktu satu bulan atau lebih. Internet juga telah membantu para praktisi bisnis dan memangkas banyak biaya yang harus dikeluarkan untuk melakukan bisnis.

6. Baik untuk sektor pendidikan

Berbagai program komputer dapat dengan mudah ditransfer ke seluruh dunia dengan bantuan internet. Hal-hal penting seperti hasil penelitian, fakta kesehatan dan bisnis dapat dengan mudah dibagikan ke seluruh dunia sehingga orang-orang di dunia dapat dengan cepat mengetahui informasi ini.

7. Lebih banyak peluang bisnis

Perkembangan komunikasi tersebut telah memungkinkan bisnis untuk bekerja secara otomatis dan memungkinkan pelanggan untuk menghubungi mereka 24/7. Perusahaan dapat dibuka di mana saja, kapan saja dan memungkinkan pelanggan datang dari seluruh dunia untuk membeli produk Anda.

8. Menghilangkan kesenjangan budaya

Kesenjangan budaya dapat diatasi melalui teknologi internet. Artinya, teknologi ini menjembatani kesenjangan.

Sekarang, orang-orang di berbagai negara dapat dengan mudah berkomunikasi satu sama lain, memungkinkan pertukaran ide dan pandangan dengan orang-orang di luar negeri.

9. Donasi dan pendanaan

Bukan hanya urusan bisnis, tapi donasi dan bantuan tunai juga bisa berjalan dengan lancar lewat jaringan internet. Bahkan akses internet memudahkan banyak orang untuk dapat membantu badan amal tertentu yang menarik minat mereka, serta jika mereka ingin memberikan bantuan kepada orang miskin melalui organisasi tertentu.

Ini sangat mudah, tanpa perlu pergi ke suatu tempat, dan tanpa perlu bertemu seseorang, mereka dapat langsung berkontribusi dan membantu orang atau lembaga yang ingin mereka bantu.

10. Sebagai media informasi tak terbatas

Internet adalah media informasi yang memungkinkan kita menemukan berbagai informasi dari berbagai belahan dunia. Kita bisa belajar banyak hal di internet, dari teknologi hingga masalah kehidupan sehari-hari.

kitaa bisa membaca banyak pengalaman orang di berbagai daerah dan tempat. Tidak hanya menyediakan konten dalam bentuk tulisan, tetapi melalui youtube, kita dapat menikmati berbagai konten video.

Ini benar-benar kenyamanan baru yang diberikan oleh teknologi kepada manusia. Namun, semua ini tidak berarti tanpa proses pembelajaran yang matang atau fokus pada masalah tertentu.

Kekurangan dan Keburukan Internet

Ok, setelah kita mengetahui beberapa manfaat dan keuntungan dari internet, sekarang kita melihat apa saja kelebihan dan kekurangan dari internet.

1. Pengangguran

Faktanya adalah bahwa internet telah membuka banyak peluang kerja, tetapi dari sisi lain internet juga menjadi penyebab pengangguran melalui outsourcing, redundansi, dan perampingan.

Contoh: Pabrik atau restoran makanan sekarang mulai mengganti pekerja manusia dengan robot yang dapat bekerja lebih cepat dan bertahan lama.

2. Privasi

Salah satu kelemahan internet adalah privasi. Privasi yang tidak aman sekarang menjadi masalah baru di internet seperti peretasan email, pemblokiran sinyal internet, dan banyak masalah terkait pribadi lainnya. Setelah menyebar, masalah ini tidak akan dihapus dan dihapus.

3. Kurangnya keamanan kerja

Perkembangan teknologi ini membuat masalah baru dalam hal keamanan. Keamanan kerja adalah masalah baru di era digital. Pakar IT harus bekerja keras terus menerus untuk dapat memastikan bahwa pekerjaan mereka aman dan dapat dipertahankan.

4. Masalah budaya

Budaya adalah sesuatu yang sakral dalam masyarakat. Tetapi dengan perkembangan internet, budaya barat dalam hal pakaian (sebagai contoh) mulai di ikuti oleh mereka yang di timur. Ini sangat sulit dicegah. Sedikit demi sedikit budaya masyarakat akan rusak jika perkembangan teknologi internet tidak digunakan dengan benar.

Bukan hanya cara berpakaian, tetapi juga budaya ini tampaknya memengaruhi cara bertindak, dan cara berperilaku.

Kesimpulan

Setiap kemajuan selalu memiliki sisi positif dan sisi negatif. Internet telah memfasilitasi banyak pekerjaan, dakwah, dan kehidupan secara umum.

Namun di sisi lain, internet juga mengganggu kehidupan manusia. Tetapi dengan kebijakan dalam menangani perkembangan ini, kita dapat menikmati kenyamanan teknologi dan menghindari banyak kekurangan dan kerusakan yang disebabkan oleh internet.