dajjal kisah terbunuh dajjal

Dajjal adalah salah satu tanda akhir zaman atau tanda kiamat kubra. Berbicara tentang Dajjal dan akhir zaman adalah sesuatu yang selalu menarik serta misterius untuk di perbincangkan. Maka perlu berbicara tentang dalil baik dari ayat al-quran dan hadist yang menceritakan tentang Dajjal tersebut, tentu pemahaman dalil tersebut harus sesuai dengan pemahaman ahlussunnah wal jamaah.

Dalam pemahaman ahlussunnah wal jamaah, Dajjal adalah benar-benar ada dan akan keluar di akhir zaman. Ada banyak hadist yang membicarakan tentang makhluk la’natullah ini. tanpa perlu kita aentakwil atau mengalihkan pengertian hadist tersebut. Infor atau berita tentang Dajjal adalah sesuatu yang ghaib dan ini termasuk hal yang sam’iyyah maka kita harus mendengarnya sesuai dengan iformasi yang di kabarkan oleh utusan Allah, Baginda Rasulullah SAW.

Kenapa harus mendengar apa yang dikatakan Rasulullah SAW. karena Raasululullah adalah manusia mulia yang amanah dan setiap sabdanya benar atau siddiq dan informasi yang beliau katakan adalah langsung dari Allah lewat malaikat Jibril.

Syekh Abu Ja’far at-Thahawy (w. 321 H) dalam Al-Aqidah at-Thawiyah mengatakan tentang tanda kiamat dan diantaranya adalah Dajjal.

Daftar Isi Artikel

ونؤمن بأشراط الساعة من خروج الدجال ونزول عيسى ابن مريم عليه السلام من السماء ونؤمن بطلوع الشمس من مغربها وخروج دابة الأرض من موضعها

Artinya: dan kami mengimani tanda kiamat mulai dari keluar dajjal, Turunnya Isa bin Maryam as. dari langit, dan kami percaya dengan keluarnya matahari dari barat, serta keluarnya binatang bumi dari tempatnya.

Hadist Rasulullah SAW tentang Ciri-Ciri Dajjal

Dajjal artinya pembohong, asal kata dari dajjala dan secara terminologi, Dajjal di artikan sebagai orang yang menutupi sesuatu sehingga dalam hadist Rasulullah SAW. Dajjal ini disebut A’war. Jadi, Dajjal ini adalah makhluk laknat yang menutupi kebenaran dan orang yang paling berdusta. Jika kita lihat sejarah, orang pendusta biasa disebut Kadzzâb, atau Dajjâl.

Tentang Dajjal, dalam beberapa hadist disebutkan oleh Rasulullah SAW. seperti dalam hadist riwayat Abdullah ibnu Umar radhiyallahu ‘anhuma sebagai berikut:

Abdullah ibnu Umar berkata “Rasulullah SAW. berdiri di depan para sahabat, maka Rasulullah SAW. memuji Allah yang merupakan pemilik segala pujian, kemudian beliau berkata tentang Dajjal, “Aku mengingatkanmu dan tidaklah setiap nabi kecuali mengingatkan kaumnya, tetapi akan aku katakan padamu perkataan yang tidak pernah dikatakan oleh para nabi kepada kaumnya. Sesungguhnya Dajjal itu bermata satu dan sesungguhnya Allah tidak bermata satu,” (HR Bukhari dan Muslim).

Dalam hadist di atas di sebutkan bahwa ciri-ciri Dajjal adalah bermata satu, maka kaum muslimin ketika suatu hari nanti di hari akhir keluar Dajjal dan ia berdusta dengan mengatakan bahwa ia tuhan, maka kaum muslimin harus tahu bahwa itu adalah Dajjal dan bukan Tuhan karena Tuhan tidak bermata satu. Disebutkan banyak orang yang tak kuat imannya tergoda dan menjadi pengikut Dajjal, na’uzubillaah min zaalik.

Ciri-ciri Dajjal selanjutnya, disebutkan Rasulullah SAW. dalam sebuah hadist yang di riwayatkan oleh Abu Daud, hadist ini di ambil dari ‘Ubadah bin ash-Shamit Radhiyallahu ‘anhu yang bunyinya sebagai berikut.

إِنَّ مَسِيْحَ الدَّجَّالِ رَجُلٌ، قَصِيْرٌ، أَفْجَعُ، جَعْدُ، أَعْوَرٌ، مَطْمُوْسُ الْعَيْنِ، لَيْسَ بِنَاتِئَةٍ وَلاَ جَحْـرَاءَ، فَإِنْ أَلْبَسَ عَلَيْكُمْ؛ فَاعْلَمُوْا أَنَّ رَبَّكُمْ لَيْسَ بِأَعْوَرَ.

Artinya: “Sesungguhnya masihid Dajjal adalah seorang laki-laki, pendek, jarak antara kedua betisnya berjauhan, rambut keriting, buta sebelah, mata yang terhapus tidak terlalu menonjol dan tidak terlalu dalam, maka jika dia melakukan penipuan (mengaku sebagai Rabb) kepadamu, maka ketahuilah sesungguhnya Rabb kalian tidak buta sebelah,”(HR Abu Dawud).

Jadi adist riwayat Abu Daud, bisa melengkapi hadist riwayat Bukhari Muslim di atas tentang ciri-ciri dajjal LA (la’natullah ‘alaih).

Kemunculan Imam Mahdi dan Isa ibn Maryam

Untuk lebih tajam berbicara tentang kisah Dajjal, kita perlu menyinggung tentang Nabi Isa as. dan Imam Mahdi karena kedua bisa melengkapi sejarah dan kisah Dajjal.

Sebuah hadist yang di riwayatkan oleh Ibnu Abbas, sepupu nabi SAW yang pernah dido’akan Rasulullah SAW menjadi ahli tafsir, berikut bunyinya.

قال ابن عباس، قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: فعند ذلك ينزل أخي عيسى ابن مريم من السماء على جبل افيق, اماما هاديا وحكما عادلا

Artinya: “Ibnu Abbas berkata, bersabda Rasulullah SAW, maka ketika itu turunkan saudaraku ‘Isa ibn Maryam As. dari langit pada jabal (bukit) Afiiq, sebagai imam, dan hakim yang adil”. Hadist ini di takhrij oleh Ishaq Ibn Basyir, dan Ibn ‘Asakir, sebagaimana tertera dalam kitab Kanzul ‘Umal.

Jadi, ketika keluarnya Dajjal akan ada dua manusia mulia yang akan memperbaiki keadaan pada masa itu dan membunuh Dajjal.

عن ابن عباس رضي الله عنه قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم:لن تهلك أمة أنا في أولها ، وعيسى ابن مريم في آخرها ، والمهدي في وسطها. رواه النسائي ، [ص-182] وأبو نعيم في ( أخبار المهدي ) ، والحاكم وابن عساكر في (تاريخيهما) . ولفظهما: ((كيف تهلك أمة أنا في أولها ….)) . كما في ((كنز العمال)) . وهو حديث حسن كما في ((السراج المنير)) للعزيزي .
عن ابن عباس رضي الله عنه قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم:لن تهلك أمة أنا في أولها ، وعيسى ابن مريم في آخرها ، والمهدي في وسطها. رواه النسائي ، [ص-182] وأبو نعيم في ( أخبار المهدي ) ، والحاكم وابن عساكر في (تاريخيهما) . ولفظهما: ((كيف تهلك أمة أنا في أولها ….)) . كما في ((كنز العمال)) . وهو حديث حسن كما في ((السراج المنير)) للعزيزي .

Aartinya: Dari ibn Abbas Ra. Rasulullah SAW bersabda: Tidak akan binasa ummat yang aku ada pada awalnya, Isa bin Maryam di akhirnya dan almahdi di pertengahannya.

Perlu kita tahu bahwa munculnya Imam Mahdi adalah tanda awal kiamat kubra dan kemumdian turunnnya Isa as, beliau memperssilahkan Imam Mahdi untuk menjadi imam shalat.

Dalam Shahih Al-Bukhari, Juz 4, halaman 134 disebutkan sebagai berikut:

أخرج البخاري بسنده: عن نافع مولى أبى قتادة الآنصاري ان أبا هريرة رضي الله عنه قال قال رسول الله صلى الله عليه وآله كيف أنتم إذا نزل ابن مريم فيكم وامامكم منكم

Artinya: Abu Hurairah ra. berkata, bersabda Rasulullah SAW. bagaimana kalian apabila turun ibn Maryam di tengah kalian dan menjadi imam diantara kalian.

Hadist lain tentang turun Isa as. dan Imam mahdi;

وروى الحارث بن اسامة في مسنده بسنده عن جابر بن عبد الله: قال رسول الله صلى الله عليه وآله: ينزل عيسى بن مريم، فيقول أميرهم المهدي تعال صل بنا، فيقول لا، إن بعضهم أمير بعض تكرمة الله لهذه الآمة (قال ابن القيم: “إسناده جيد” ,المنار المنيف لابن القيم ص ١٤٧) ـ

Artinya: Al-Harith bin Usamah meriwayatkan dalam Musnadnya dari Jabir bin Abdullah katanya: Rasulullah bersabda: “Akan turun Isa ibn Maryam, lalu amir mereka Al-Mahdi mengatakan, ‘Kemarilah! Shalatlah bersama kami!’ Isa berkata ‘Tidak. Sesungguhnya sebagian mereka adalah amir sebagian yang lain sebagai pemuliaan Allah bagi umat ini’.” (Ibnul Qayim mengatakan, “Sanad hadits ini sungguh baik.” Al-Manar Al-Munif oleh Ibn Al-Qaiyim halaman 147).

Tentang dimana nanti Nabiyullah Isa di kuburkan disebutkan dalam sebuah hadist, sebagai berikut:

ورواه الطبراني في المعجم الكبير (١٣/١٥٩ رقم ٣٨٤) – ومن طريقه المزي في تهذيب الكمال (١٩/٤٩٥) – من طريق عبدالله بن نافع الصائغ، عن عثمان بن الضحاك بسنده، ولفظه: يدفن عيسى عليه السلام مع رسول الله صلى الله عليه وسلم وصاحبيه، فيكون قبره الرابع

Artinya: Nabi Isa di makamkan bersama rasulullah SAW. dan sahabatnya, maka nanti kuburan itu akan jadi kuburan yang ke empat.

Baca juga: Tata cara shalat dhuha

Terbunuhnya Dajjal La’natullah

Dalam sebuah hadist Rasulullah menyebutkan bahwa setelaha Nabi Isa membunuh Dajjal, maka Nabi Isa akan menempati bumi ini selama 40 tahun.

Sayyidatina A’isyah berkata bahwa Rasulullah SAW:

إِنْ يَخْرُجِ الدَّجَّالُ وَأَنَا حَىٌّ كَفَيْتُكُمُوهُ وَإِنْ يَخْرُجِ الدَّجَّال بَعْدِى فَإِنَّ رَبَّكُمْ عَزَّ وَجَلَّ لَيْسَ بِأَعْوَرَ إِنَّهُ يَخْرُجُ فِى يَهُودِيَّةِ أَصْبَهَانَ حَتَّى يَأْتِىَ الْمَدِينَةَ فَيَنْزِلَ نَاحِيَتَهَا وَلَهَا يَوْمَئِذٍ سَبْعَةُ أَبْوَابٍ عَلَى كُلِّ نَقْبٍ مِنْهَا مَلَكَانِ فَيَخْرُجَ إِلَيْهِ شِرَارُ أَهْلِهَا حَتَّى الشَّامِ مَدِينَةٍ بِفِلَسْطِينَ بِبَابِ لُدٍّ – وَقَالَ أَبُو دَاوُدَ مَرَّةً حَتَّى يَأْتِىَ فِلَسْطِينَ بَابَ لُدٍّ – فَيَنْزِلَ عِيسَى عَلَيْهِ السَّلاَمُ فَيَقْتُلَهُ ثُمَّ يَمْكُثَ عِيسَى عَلَيْهِ السَّلاَمُ فِى الأَرْضِ أَرْبَعِينَ سَنَةً إِمَاماً عَدْلاً وَحَكَماً مُقْسِطاً

Artinya: “Jika keluarlah Dajjal dan saya masih hidup maka saya akan membela kalian darri Dajjal, dan jika keluar Dajjal sesudahku, maka sesungguhnya Tuhan kalian ‘azza wajalla tidaklah buta sebelah (bermata satu) dan Dajjal akan keluar di Yahudi Ashbihan hingga ia datang ke Madinah dan turun di tepinya dan Madinah pada waktu itu memiliki tujuh pintu. Pada setiap pintu terdapat malaikat yang menjaga, lalu akan keluar menjadi pengikut Dajjal sejelek-jelek penduduk Madinah darinya hingga ke Syam tepat di kota Palestina di pintu Lud.” dan Abu Daud berkata pada suatu waktu, “Hingga Dajjal datang (tiba) di Palestina di pintu Lud, lalu Isa ‘alaihis-salam turun dan membunuhnya, kemudian Isa ‘alaihis salam tinggal di bumi selama empat puluh tahun dan menjadi imam yang adil dan hakim yang adil,” (HR Ahmad, 6/75).

Pendapat Ulama Tentang Dajjal

Berdasarkaan berbagai dalil tentang Dajjal, para mmuktabar memberikan pendapat tentang keadan Daajjal sebagai berikut.

  • Individu
  • Orang Yahudi
  • Ia muncul dari Khurasan, atau Ashbihan atau sekitarnya. Jadi bukan dari Eropa, Afrika, Asia dan laain-lain.

Dalam sebuah hadist shahih, Rassulullah SAW.

إنه يهودي وإنه لا يولد له ولد وإنه لا يدخل المدينة ولا مكة

Artinya: Bahwa sesungguhnya Dajjal itu Yahudi, dan ia tidak mempunyai anak, dan Dajjal itu tidak masuk Madinah dan Makkah.

Sebelum munculnya dajjal, di akhir zaman akan banyak pendusta, Rasulullah SAW. menyebutnya akan ada sekitar 30 pendusta yang cara pendustaannya mirip dengan Dajjal. Dalam sebuah hadist riwayaa Huzhaifah, Rasulullah SAW bersabda:

في أُمَّتِي كَذَّابُونَ ودَجَّالُونَ سَبَعَةٌ وعشرونَ منھم أَرْبَعُ نسوةٍ وإِنِّي خاتمُ النبیین لا نَبِيَّ بَعْدِي

Artinya: “Dalam kalangan ummatku ada pendusta, yaitu dajjal sebanyak 27 orang. diantara mereka 4 orang perempuan. Aaku adalah nabi penutup yang tidak adaa lagi nabi sesudahku.”

Dalam hadist lain Rasulullah SAW bersabda:

يخرج الدجال من أمتي فيمكث أربعين فيبعث الله عيسى بن مريم كأنه عروة بن مسعود الثقفي فيطلبه فيهلكه

Artinya: Keluarlah Dajjal dari ummatku dan menetap di bumi 40 hari. Maka kemudian Allah mengutus nabi Isa ibn Maryam, seolah-olah Urwah Ibn Mas’ud at-Tsaqafy. Maka nabi isa meencari Dajjal tersebut dan kemdian membunuhnya.

Tempat Pembunuhan Dajjal

An-Nawwas bin Sam’an berkata: pada suatu pagi Rassulullah SAW menyebutkan Dajjal, beliau melirihkan suara dan membesarkannya sehingga kami mengira ia berada di sekumpulana pohon kurma.

فَبَيْنَمَا هُوَ كَذَلِكَ إِذْ بَعَثَ اللَّهُ الْمَسِيحَ ابْنَ مَرْيَمَ فَيَنْزِلُ عِنْدَ الْمَنَارَةِ الْبَيْضَاءِ شَرْقِىَّ دِمَشْقَ بَيْنَ مَهْرُودَتَيْنِ وَاضِعًا كَفَّيْهِ عَلَى أَجْنِحَةِ مَلَكَيْنِ إِذَا طَأْطَأَ رَأَسَهُ قَطَرَ وَإِذَا رَفَعَهُ تَحَدَّرَ مِنْهُ جُمَانٌ كَاللُّؤْلُؤِ فَلاَ يَحِلُّ لِكَافِرٍ يَجِدُ رِيحَ نَفَسِهِ إِلاَّ مَاتَ وَنَفَسُهُ يَنْتَهِى حَيْثُ يَنْتَهِى طَرْفُهُ فَيَطْلُبُهُ حَتَّى يُدْرِكَهُ بِبَابِ لُدٍّ فَيَقْتُلُهُ ثُمَّ يَأْتِى عِيسَى ابْنَ مَرْيَمَ قَوْمٌ قَدْ عَصَمَهُمُ اللَّهُ مِنْهُ فَيَمْسَحُ عَنْ وُجُوهِهِمْ وَيُحَدِّثُهُمْ بِدَرَجَاتِهِمْ فِى الْجَنَّةِ

Artinya: pada ketika dajjaal seperti itu, maka Allah bangkitkan Nabi Isa as. Maka Nabi Isa turun di sekitar menara putih sebelah timur damsyiq, dengan memakai dua pakaian yang di celupkan wars dan za’faran dalam  keadaan meletakkan dua tangannya di dua sayap malaikat. Bila ia menundukkan kepala, air pun menetes, dan apabila ia mengangkat kepalanya air pun bercucuran sepereti mutiara. Tidaklah orang kafir mencium baunya kecuali ia akan mati. Sungguh bau nafasnya itu sejauh mata memandang. Isa as. mencari Dajjal hingga menemuinya di pintu Ludd lalu membunuhnya. Setelah itu Isa Ibn Maryam mendatangi suatu kaum yang dijaga oleh Allah dari Dajjal. Ia mengusap wajah-wajah mereka dan menceritakan tingkatan-tingkatan mereka di surga.” (HR Muslim no. 2937)

Dari hadist di atas jelas bahwa Nabi isa as. membunuh Dajjal ketika menemukannya di pintu Ludd dan membunuhnya. Demikkianlah keadaan Dajjal, ciri-ciri dajjal, dan kisah terbunuh dajjal. Semoga kita semua terhindar dari fitnah Dajjal dan selamat sebagai orang beriman.