Pengertian Majas Metafora
laelitm.com

Apa itu majas metafora? Pengertiannya adalah sebuah gaya bahasa dalam karya sastra yang memiliki makna kiasan terhadap suatu obejek dengan melihat adanya kesamaan sifat atau hampir sama dengan objek lain.

Adda juga yang menjelaskan pengertian majas metafora adalah sebuah ungkapan secara langsung dengan melihat perbandingan atau analogis dimana kalimat yang digunakan tidak di artikan dengan makna sesungguhnya atau sebenarnya, tetapi menggambarkan perbandingan sebuah objek dengan objek yang lainnya karena ada kesesuaian.

Majas metafora selalu ada dalam karya sastra, tujuan dari penggunaan majas ini adalah untuk memberikan tekanan pada kesan yang akan di peroleh atau di lihat. majas metafora juga berguna untuk mengatasi terbatasnya kata dalam karya tulis serta mengatasi terbatasnya ekspresi penulis.

Ciri-Ciri Majas Metafora

Metafora adalah penggunaan kata dalam karya sastra dengan makna yang bukan sebenarnya. Tetapi penggunaan kata tersebut sebagai gambaran adanya kesesuaian antara dua hal atau objek. Berikut kita lihat ciri-ciri majas metafora.

Menggunakan frasa atau kata yang mengandung makna kiasan untuk membandingkan satu objek dengan objek lain karena ada kesamaan sifat dan lain-lain.

Baca juga: 13+ Contoh Daftar Pustaka

Membandingkan sebuah hal atau benda atau objek secara langsung tanpa menggunakan kata pembanding seperti bagaikan, seperti, bak atau laksana.

Pad kalimat-kalimatnya tidak menggunakan kata penghubung atau konjungsi

Jenis-Jenis Majas Metafora

Majas metafora di bagi dalam dua jenis yaitu metafora in Praesentia dan in Absentia. Berikut kita lihat pengertiannya.

1. Majas Metafora in Praesentia

Pengertian majas Metafora in Praesentia adalah majas yang dibuat dimana objek yang dibandingkan di sampai secara bersamaan dengan pemebandingnya. Jadi, makna kalimat dari majas in praesentia ini adalah eksplisit. Untuk lebih paham, lihat contoh metafora dibawah ini.

Contohnya: Siska adalah kembang desa yang menyebabkan pria di desanya memberi banyak perhatian kepadanya

Jadi, dari kalimat di atas yaitu “kembang desa” adalah mengandung makna bukan sebenarnya tetapi makna lain yang memiliki persamaan dari sisi cantik. Jadi Siska adalah seorang gadis cantik di desanya. Inilah maksud dari kembang desa.

2. Majas metafora in Absentia

Pengertian Majas metafora in Absentia adalah sebuah majas yang menyatakan sesuatu secara implisit atau tidak jelas sasarannya sehingga kadang-kadang bisa salah di artikan karena kalimat yang menjadi majas tersebut punya beberapa kesamaan pemahaman atau makna.

Contohnya: Banyak pemuda di desa Sangkelan ingin mempersunting mawar desa itu.

Kalimat tersebut mengandung kata “mawar desa” yang kadang bisa di artikan karena bisa di tafsirkan beragam. Jadi, mawar desa bisa berarti gadis, cantik, atau wanita belum menikah.

Contoh Gaya Bahasa Metafora

Di bawaah ini kami sebutkana beberapa contoh gaya bahasa metafora dengan tujuan bisa memudahkan kita dalam memahami majas metafora dengan mudah.

  • RogerHox adalah seorang buaya darat yang tak pernah tobat.
  • Kisah percintaan dua kekasih hati tidak semuanya bermuara pada pelaminan.
  • Perasaan kecewa dan sedih yang mendalam selalu membayangi gadis lugu itu.
  • Pembunuh bayaran itu selalu mencari kambing hitam atas kejahatan yang di lakukannya.
  • Ibu siska sedang menunggu si buah hati balik dari dayah dengan penuh rasa haru.
  • Andi seorang kutu buku, jadi wajar saja nilainya selalu bagus di kelasnya
  • Si kaya itu sangat tebal hati dan tidak pernah peduli dengan orang  miskin di sekitarnya.
  • Orang yang bermulut harimau pasti di benci banyak orang
  • Setelah cari tahu, ternyata Siska salah satu keturunan darah biru dari keluarga ayahnya.
  • Hati-hatilah terhadap tikus berdasi yang banyak di kabupatenmu.
  • Siusilawati menjadi buah bibir banyak orang akibat perilaku buruknya terhadap tetangganya.

Demmikianlah ulasan singkat tetang majas metafora, mulai dari pengertiannya, ciri-cirinya, serta contoh majas metafora dalam kalimat-kalimat. Semoga dengan artikel ini bisa menambahkan ilmu pengetahuan teman semuanya.