makanan khas Aceh
Bermacam makanan khas Aceh

Makanan Khas Aceh – Aceh adalah provinsi paling ujung sumatra yang terkenal dengan syariat Islamnya serta berbagai keindahan alam yang mempesona. Adalah salah satu daerah yang menyajikan keindahan menakjubkan baik keindahan alam daratan atau lautannya seperti Sabang. Tidak hanya mendatangkan wisatawan lokal namun juga banyak wisatawan manca negara yang menikmati keindahan alam di Sabang. Aceh adalah daerah penuh sejarah masa lampau, dan terkenal dengan budayanya yang kental bahkan dari sisi kulinernya juga memiliki ciri khas tersendiri.

Bagi kamu yang berwisata ke Aceh, jangan lupa menikmati makanan khas tradisional Aceh dari berbagai jenis, makanan-makanan tradisonal Aceh ini hingga sekarang masih bertahan dan menjadi idola anak muda Aceh seperti timphan, boh rom-rom dan lain-lain. Ada banyak jenis kuliner dan makanan di daerah serambi mekkah ini. Yuk kita bahas satu persatu makanan tradisional khas Aceh yang bikin ngiler itu.

Aneka Makanan Khas Aceh yang Bisa Kamu Bawa Pulang

Jika kamu berkunjung ke Aceh, jangan hanya menikmati keindahan alamnya tetapi juga nikmati makanannya. Ada banyak makanan yang bisa kamu bawa pulang dari Aceh, berikut daftar makanan khas daerah Aceh untuk kamu.

1. Mie Aceh (Makanan Khas Aceh)

Mie Aceh adalah makanan yang sudah sangat terkenal di seluruh Indonesia bahwa di luar negeri juga bisa di temukan terutama daerah tempat tinggal orang-orang Aceh. Mie Aceh bisa disajikan dengan berbagai cara seperti di goreng, di rebus, di tumis dan bisa juga di tambahkan berbagai lauk untuk menambah kenikmatannya.

Untuk lebih nikmat, anda bisa menambahkan telur, cumi-cumi, daging atau makanan lainnya. Kamu bakalan meleleh melihat mie Aceh tumis di sajikan di atas piring dengan campuran telur atau udangnya.

2. Sate Matang dan Sate Apaleh

Berbicara masalah sate, maka sate matanglah juaranya. Di Aceh, sate matang terkenal membahana bahkan sate matang tak hanya di jual di Matang Geulumpang Dua (daerah asal sate ini), namun seluruh Aceh juga menjual sate matang sehingga orang tidak perlu ke Matang untuk menikmati sate matang. Namun demikian, tetap saja sate di tempat lain beda dengan yang di Matang.

Sekarang ada lagi sate yang sedang maju-majunya di Aceh yaitu sate Apaleh. Ini adalah sate yang berasal dari daerah Gurugok, beberapa kilometer dari Matang. Hingga sekarang, penulis mengamati bahwa sate Apaleh sangat tersohor dan di minati bahkan mengalahkan sate matang yang pernah berjaya di masa lalu.

3. Kuah Pliek Ue

Kuliner dan makanan khas Aceh selanjutnya adalah kuah pliek ue. Kuah ini di buat dari campuran aneka sayuran atau dari ikan sawah atau ikan air tawar (engkeut paya) dengan menggunakan pliek Ue (fatarana). Rasanya cukup nikmat apalagi ada rasa pedasnya, semakin pedas makanan ini akan semakin terasa di lidah.

Jika kamu ke Aceh jangan ketinggalan makan nasi dengan kuah pliek ue. Di jamin tidak ada di tempat lain di dunia, kecuali ada orang Aceh yang membuatnya. Penulis pernah mencoba kuah pliek Ue dengan ikan air tawar, luarbiasa nikmatnya apalagi bumbu khasnya di padukan dengan rebung bambu atau rebung kala, ini luarbiasa nikmat, bahkan bikin ketagihan.

4. Gulai kambing

Gulai kambing juga termasuk kuliner khas Aceh yang di masak dengan bumbu khas. Mungkin anda juga pernah menikmati gulai kambing di tempat lain, tetapi di Aceh makanan ini di masak dengan bumbu khas Aceh sehingga rasanya berbeda.

Proses pemasakan gulai kambing di lakukan dalam kuali besar, biasanya di depan-depan rumah makan. Gulai kambing ini terkenal juga dengan nama kuah beulangeng (namun kuah beulangeng lebih umum), karena di sajikan dalam kuali (beulangeng) besar. Coba deh menikmatinya, pasti bikin ngiler. Namun jika kamu bermasalah dengan tekanan darah sebaiknya tidak mengkonsumsi gulai kambing karena makanan ini cepat membuat anda mengalami tekanan darah tinggi.

5. Gulai Masam keu-eng khas Aceh

Makanan dan kuliner Aceh selanjutnya adalah kuah masam keu-eng khas. Mungkin anda juga bisa melihat dan menemukan masakan ini di tempat lain seperti pekan baru dan lain-lain. Namun namanya berbeda-beda, asam keu-eng artinya asam pedas, kuah yang di masak secara simpel namun sangat nikmat di lidah apalagi jika di tambahkan anak udang (ebi) sebagai pemanis kuah.

Kuah asam keu-eng di Aceh di sebut juga dengan nama kuah leupee. Citarasa khas Aceh memang lain dari kuah asam pedas daerah lain.

6. Kuah Sie Itek

Kuah sie itek adalah kuah daging bebek atau itik. Namun orang Aceh memasaknya dengan bumbu khas Aceh yang sudah turun temurun dari masa lampau. Kuah ataau gulai bebek ini sekadang sudah mudah di dapatkan di warung-warung di pinggir jalan.

7. Ayam tangkap

Ayam tangkap adalah masakan khas Aceh selanjutnya yang baru ada sejak beberapa tahun terakhir. Ayam ini di sajikan beegitu beda denga aneka daun temuru yang di goreng. Ayamnya di olah dengan di cincang kecil-kecil dan di campurkan dengan daun temu dan cabe dan bawang goreng. Rasanya sangat khas sehingga membuat anda pingin nambah.

8. Rujak Aceh

Rujak memang makanan yang umum di kenal dan di jumpai di daerah-daerah. Tetapi, rujak Aceh berbeda dengan rujak lainnya. Makanan khas Aceh ini di buat dengan berbagai kumpulan buah seperti buah rumbia, buah mangga, kuini, nanas dan lain-lain yang kemudian di siram dengan saus rujak di atasnya.

Rujak Aceh sekarang mudah di temukan di tempat-tempat rekreasi atau wisata, namun ada beberapa tempat di Aceh yang rujaknya berbeda karena rasanya lebih nikmat. Rasa pedas rujak Aceh membuatnya enak di nikmati ketika cuaca panas.

9. Martabak Aceh

Martabak adalah makanan yang berasal dari banyak tempat namun pastinya memiliki rasa yang berbeda. Di Aceh martabak ini di buat sedemikian rupa dengan bumbu seperti bawang, cabai hijau, dan kuah sambal yang di taburi di atasnya. bahan luarnya biasanya menggunakan bahan yang biasa di gunakan pada roti canai. Martabak Aceh sangat enak di nikmati kala senja atau menjelang malam.

10. Engkot Keumamah Khas Aceh

Kuliner khas Aceh selanjutnya adalah engkot keumamah. Sangat berbeda dengan makanan lainnya, ikan keumamah adalah ikan tuna yang sudah di jemur berhari-hari di terik mentari sehingga teksturnya keras seperti kayu namun enak di lidah. Ini termasuk makanan khas Aceh yang menantang anda untuk mencicipi cincangan-cincangan ikan ini dalam lumuran kuah atau sambal.

Jadi, kamu bisa memasak ikan keumamah dengan sambal atau dengan santan kepala atau aneka variasi lainnya. Ikan keumamah sudah masyhur dan populer sejak zaman penjajahan Belanda dulu karena teksturnya dan cara masak yang unik dan berbeda.

11. Kue Adee

Satu lagi makanan khas Aceh dari jenis kue, ini adalah kue adee. Adee atau bingkang adalah kue tradisional Aceh yang tidak akan kamu dapatkan di luar Aceh. Kue Ade ada dua macam karena ada yang di buat dengan menggunakan tepung dan campuran lainnya dan ada juga yang di buat dari bahan singkong. Dua-duanya memiliki rasa manis dan kenikmatan yang berbeda.

Kue Adee Aceh hanya ada di daerah Meureudu, Pidie jaya. Maka, jika kaliau datang ke Aceh, jangan lupa mencicipi makanan khas manis dan lezat ini.

12. Timphan – Makanan Khas Aceh

Timphan adalah kue khas Aceh yang di buat dari tepung ketan dengan campuran selai Srikaya didalamnya dan di balut dengan daun pisang muda, lalu di kukus atau di bakar pada bara api.

Isi dalam kue timphan bisa beragam mulai dari Asoe kaya (srikaya), kelapa parut manis, atau menggunakan manisan lainnya. Timphan adalah simbol dan identitas kue Aceh karena sudah ada sejak zaman dahulu dan di warisi secara turun temurun. Kue ini menjadi makanan wajib jika lebaran tiba.

13. Kopi Aceh

Salah satu kenikmatan kopi ada pada kopi Aceh bahkan kopi Gayo asal Takengon, Aceh tengah, adalah salah satu jenis kopi terkenal di seluruh dunia dan menjadi konsumsi orang luar. Kopi memang hampir sama namun cara mengolahannya bisa membuat citarasa berbeda.

Kopi Aceh termasuk kopi yang kaya antitoksin yang bisa mengeluarkan racun dalam tubuh dan membuat kulit menjadi kencang.

14. Sanger, kopi khas Aceh

Selain kopi Gayo ada kopi olahan yang nikmatnya bikin ketagihan, ini adalah sanger yang di olah dari saripati kopi, susu kental manis dan gula. Cita rasa susu yang bearoma kopi kental menjadi salah satu minuman pagi yang banyak di incar penikmat kopi. Namun jangan salah, rasa sanger sangat berbeda dari kopi biasa yang dicampur susu, sangat beda. Tak semua orang bisa membuat sanger dengan rasa yang pas.

Sanger bisa anda temukan di cafe-cafe espresso, perbedaannya adalah kopi ini di tambah susu saat di seduh dengan saring kain berbentuk kerucut itu sehingga rasanya jadi beda. Penulis sudah pernah merasakan sanger di beberapa tempat di Aceh, tapi rasanya kadang tak semua sama ini menandakan butuh orang ahli dalam menyajikan sanger.

15. Manisan buah pala, oleh-oleh khas Aceh

Sekarang oleh-oleh yang di buat dari buah pala ini sangat banyak di jaja dan di jual terutama di Aceh Selatan. Aceh selatan memang terkenal sebagai penghasil buah pala terbanyak, itulah sebabnya mereka juga mengolah pala sebagai manisan kue yang menjadi oleh-oleh khas Aceh Selatan.

16. Pisang sale

Pisang sale adalah oleh-oleh khas Aceh yang menjadi salah satu makanan khas Aceh. Sentral pisang di Aceh adalah daerah Aceh timur. Pisang sale di buat dari pisang yang sudah matang dan kemudian di jemur di terik mentari hingga kering dan selanjutnya di asapi agar tahan lama.

Menikmati pisang sale bisa langsung atau di goreng jadi pisang goreng. Namun lebih nikmat jika di goreng dulu karena tekstur pisang salenya jadi renyah.

17. Kembang loyang

Makanan khas Aceh selanjutnya adalah kembang loyang. Kue khas ini di buat dari tepung ropi dan di campur gula, telur dan santan kelapa, asli dari Aceh Tamieng. Kue kering ini biasa hadir dalam acara-acara hajatan atau hari besar.

18. Lepat Aceh

Lepat adalah makanan yang di bungkus daun pisang dan di masak dengan cara di kukus. Ini adalah makanan tahan lama yang didalamnya berisi kelapa parut. Ia bisa tahan hingga 2 minggu dan enak dinikmati kapan saja.

19. Kue Bhoi Aceh – Kue Khas Aceh

Bhoi aceh memiliki beragam bentuk mulai dari berbentuk ikan, bunga atau binatang lainnya. Bentuk ini sesuai dengan acuan yang digunakan untuk meletakkan bahan dasar pembuatan kue bhoi.

Kue bhoi menjadi khas dalam upcara pernikahan, biasanya kue ini di berikan kepada pihak pengantin pria. Kue tradisional ini bisa anda temukan di toko kue tradisional di Aceh.

20. Boh rom-rom

Kue ini juga merupakan khas Aceh dan tidak anda jumpai di tempat lain. Boh rom rom juga di sebut kueh duek beudeh dalam bahasa Aceh. Kue ini berisi air gula didalamnya dan di balur dengan tepung serta di topping atau di balur dengan kelapa parut lalu di kukus. Rasanya manis dan enak di lidah.

Boh rom rom biasanya menjadi kue wwajib di setiap waktu berbuka puasa. Itulah sebabnya, boh rom-rom banyak di jaja saat tibanya bulan Ramadhan.

21. Meuseukat

Meuseukat atau dodol nanas khas Aceh adalah kue khas Aceh dan akan anda tidak akan menemukan di sembarangan tempat. Kue ini hanya hadir saat acara pesta pengantin saja. Bentuknya yang mewah dan rasanya yang manis legit ini sangat enak di santap setiap hari bersama keluarga.

Namun jika anda ingin menikmati meuseukat Aceh, anda bisa memesannya terlebih dahulu sebelum ke Aceh. Bahan pembuatan yang mahal dan bentuknya yang besar mungkin manjadi salah satu kendala kenapa kue ini tidak selalu ada di pasar tradisional. Namun anda tidak perlu khawatir tidak kehabisan karena kue ini tahan lama berminggu minggu bahkan berbulan bulan jika anda simpan dengan baik.

22. Nasi Gurih (Bue Guri)

Selanjutnya, makanan khas Aceh adalah nasih gurih, dari namanya saja kitaa tahu bahwa nasi ini pasti rasanya gurih. Rasa gurih ini datang dari santan kelapa dan racikan bumbu rahasia Aceh sehingga menjadi nasih gurih. Semakin enak jika nasi ini di nikmati bersama ikan sambal, atau telur dadar, dan ikan balado.

23. Bubur Kanji Rumbi

Bubur kanji adalah makanan yang hanya ada di bulan Ramadhan, kanji rumbi di buat dari beras yang di rebus dan beragam bumbu lainnya termasuk daging sehingga rasanya enak banget. Beras ini di aduk dan di masak menjadi bubur khas Ramadhan.

Di Aceh, bulan Ramadhan semakin meriah dengan adanya dapur-dapur khusus untuk memasak kanji rumbi. Warga kampung semuanya akan kebagian makan kanji dan setiap rumah biasanya ada bagian dari kanji yang di masak oleh warga menjelang berbuka puasa.

24. Canai Aceh

Canai Aceh adalah makanan yang di masak dengan tepung terigu dan mmenggunakan mentega dalam proses memasaknya. Roti canai Aceh sudah sangat terkenal sebagai makanan camilan enak ketika ngumpul-ngumpul di cafe atau waarung kopi.

Roti canai bisa di nikmati dengan aneka rasa dan biasanya di nikmati dengan kuah kari kambing. Ini sungguh luarbiasa sebagai makanan camilan enak nan lezat.

25. Makanan khas Aceh – Kuah Beulangeng

Kuah beulangeng adalah makanan khas Aceh dengan bahan dasar kambing atau lembu. Cocok untuk di masak ketika ada acara khusus seperti kenduri pesta, waliha khitan atau ketika ada kenduri kematian. Kuah belangeng juga enak dan bagus sebagai makanan khas untuk makan besar bersama dalam satu organisasi atau teman kerja.

26. Eungkot Paya

Masakan eungkot paya adalah makanan khas Aceh yang sudah turun temurun sejak dulu. Ini adalah ikan air tawar yang di masak sedemikian rupa tentu dengan bumbu khas Aceh. Ikan yang di masak ini biasanya adalah ikan payau yang dalam bahasa Aceh di sebut Eungkot Paya.

Engkot paya yang hidup alami, sekarang semakin langka dan banyak dicari, Maka setiap masakan eungkot paya sekarang semakin di gemari dan di cari. Bahkan masakan eungkot paya Aceh sekarang menjadi incaran dan buruan warga net di dunia online.

27. Kue keukarah

Selanjutnya, makanan atau kue khas Aceh adalah keukarah. Ini adalah kue tradisional yang terbuat dari campuran tepung dan santan. Rasanya gurih dan enak tentunya, perpaduan santan dan tepung serta tambahan garam dan bahan lainnya membuat makanan ini gurih dan nikmat saat dinikmati.

Banyak orang yang datang ke Aceh membawa kue keukarah sebagai oleh-oleh. Bentuknya yang unik seperti serabutan atau sarang burung walet menambah kesan mempesona sebagai kue oleh-oleh dari Aceh. Tetapi yang paling penting adalah rasanya gurih dan renyah.

Itulah ragam kue khas Aceh, makanan khas Aceh serta minuman khas dari Aceh yang menjadi sorotan setiap wisatawan baik lokal atau manca negara. Dari sekian banyaknya makanan, yang mana yang kamu suka dan menjadi favorit kamu?