makanan khas arab

Makanan khas Arab Saudi kaya dengan rempah-rempah dan memiliki citarasa yang maknyos. Umumnya makanan timur tengah itu terbuat dari bahan dasar kambing, gandum, ayam, kalkun dan lain-lain. Makanan ini di padukan sedemikian rupa dengan beragam rempah serta di olah dengan tangan-tangan profesional sehingga menghasilkan hidangan yang sulit di lupakan, tidak hanya rasanya tetapi juga warna dan bentuknya yang membius selera kita.

Wajar saja kita lihat banyak orang Nusantara yang datang ketimur tengah kemudian menjadi akrab dengan makanan di sana bahkan beberapa diantara mereka yang mengadopsi makanan Arab saudi untuk di jaja dan di buat di Indonesia.

Baca juga: Makanan khas Bali

Varian dan citarasa sangat beragam dan istimewa, namun dalam artikel kali ini love,inshallah.com akan berbagi kepada semua pengunjung beberapa makanan khas Arab atau makan khas timur tengah yang cukup populer dan tentunya memiliki citarasa yang kaya dan lezat.

Daftar Isi Artikel

Makanan Khas Arab Saudi, Maknyos Lezatnya

Langsung saja kita lihat sederet makanan khas Timur Tengah yang patut kamu coba dan cicipi:

1. Nasi Bukhari

Nasi Bukhari, makanan khas timur tengah

Jika kamu akrab dengan menu masakan Arab tentu kamu tahu bahwa makanan yang satu ini cukup populer di Arab bahkan dunia. Nasi Arab yang cukup itu adalah Nasi Bukhari bukan nasi kebuli atau nasi yang lainnya.

Nasi Bukhari di sajikan khas dengan daging ayam di atasnya dan disertai dengan sambal tomat. Enaknya algi ada hiasan dari mentimun di atasnya layaknya kamu makan nasi goreng dari Indonesia.

Ada yang mengatakan bahwa asal muasal nasi Bukhari adalah dari Pakistan, namun tidak ada sumber valid yang menjelaskan hal ini. Hingga hari ini Nasi ini cukup populer sebagai nasi khas Arab saudi yang patut kamu cicipi.

2. Mutabbaq

Makanan khas arab saudi mutabbaq

Makanan khas Timur Tengah selanjutnya adalah mutabbaq, ia sangat terkenal di negara Arab sebagai makanan enak yang di sukai. Makanan ini banyak di temukan di Yaman, dari namanya “mutabbaq” yang artinya terlipat, maka tentu mkanaan ini sekilas terlihat seperti martabak di Indonesia yang di buat dengan di lipat.

Ada yang bilang kalau martabak yang kita nikmati di Nusantara adalah hasil dari adaptasi makanan Arab Mutabbaq. Lantas apa isi di dalam mutabbqa? bagian dalam dari makanan Arab ini adalah sayuran dan daging, tentu daging adalah makanan yang tidak bisa di lepaskan dari menu orang Arab.

3. Nasi Kabsah

makanan khas arab nasi khabsah

Nasi kabsah juuga termasuk makanan populer di Arab dan ia adalah salah satu makanan khas Arab Saudi. Nasi Kabsah di buat dari nasi yang bentuknya panjang-panjang (nasi khas Arab) dan sepintas terlihat seperti nasi goreng, tentu ada tambahan lain yang membuat makanan ini enak.

Tambahahan yang tidak boleh ketinggalan adalah sayuran dan daging didalamnya serta di berikan bumbu pedas, dan citarasanya pun membuat kamu meleleh…

Namun sekarang, nasi kabsah sudah banyak variannya, mengingat banyak orang yang telah membuat dan merombak bumbuny sehingga makanan ini kadang-kadang tidak lagi sama dengan resep aslinya.

4. Saleeg

saleeg makanan khas Arab

Saleeg adalah makanan unik dan pasti kamu belum pernah mencobanya, makanan khas Arab saudi ini terbuat dari daging, susu serta kaldu yang di masak. Saleeg adalah makanan khas yang berasal dari Hijaz Arab saudi dan termasuk makanan populer di Thaif.

Saleeg adalah makanan berbentuk nasi yang dibuat dengan beras pulen dari Mesir. Teksturnya mirip dengan risotto dan biasanya di sajikan dalam mangkok besar dengan ayam panggang di atasnya.

Bahan membuat saleeg adalah bawang putih, ayam, jahe, rempah-rempah dan lain-lain sehingga memberikan citarasa yang nikmat.

5. Samosa

Samosa makanan khas Arab

Samosa sekilas mirip dengan makanan di Indoensia yang di sebut dengan pestel, namun samosa ini bentuknya adalah segi tiga dan isinya didalamnya sangat menggoda.

Mau tau apa isi didlaam Samosa ini, bagiannya di penuhi dengan daging sepeti daging sapi, ayam, kambing, sayuran, keju dan telut. Rasanya bagaimana, pasti kebayang kan..!

Ini bukan lah makanan pokok Arab Saudi melainkan camilan saja, dan biasanya di sajikan saat awal buka puasa atau istilahnya sebagai ta’jilan.

6. Jereesh

Jereesh, makanan khas timur tengah

Ada jereesh yang sangat masyhur sebagai makanan Arab Saudi dengan citarasa beda. Ini adalah makanan yang familiar ketika puasa seperti halnya bubur kanji di Aceh dan beberapa daerah lain di Indonesia.

keunikan dari Jereesh adalah teksturnya yang beda karena di buat dari gandum kasar yang direbus seperti bubur namun bersamaan dengan daging didalamnya.

Jeressh atau di sebut juga dengan hereesh adalah makanan yang penyajiannya khas dengan daun peterseli di atasnya. bagi kamu yang pergi ke Arab, coba dech mencicipi makanan luarbiasa ini.

7. Shawarma

Shawarma makanan dari Arab Saudi

Shawarma sekilas nampak hampir sama dengan kebab namun beda. Jika kamu sering melihat pedagang kebab di Indoensia, yang memanggang daging pada tusukan panjang yang di putar-putar secara vertikal, itulah proses pematangan daging pada makanan Shawarma. Sebenarnya kebab itu sneidri juga makanan khas Arab dan disukai orang Indonesia dan kemudian banyak di jual di Indonesia juga. Namun kebab di Indonesia beda dengan di Arab bahkan penyajiannya juga beda.

Begitulah cara pemanggangan khas orang Arab terhadap daging, shawarma adalah makanan yang di dalamnya di isi dengan sayuran dan daging, daging yang digunakan adalah domba panggang, ayam, kalkun, dan beberapa jenis sayuran.

8. Nasi Mandi

Nasi Mandi khas Arab Saudi

Nasi mandi adalah nasi Arab yang menjadi kesukaan saya, nasi ini di masak dengan beras basmati yang memiliki ciri khas. Nasi Mandi adalah makanan yang sangat populer di Arab dan mudah di temukan di mana-mana. Nasi unik ini di masak dengan menggunakan bumbu/rempah apron sehingga warnanya kekuningan.

Rasanya sangat gurih dan penyajiannya adalah bersama daging kambing yang sudah duluan di panggang. Luarbiasa..!

9. Falafel

Falafel makanan arab

Selanjutnya, makanan khas Arab adalah falafel. Ini adalah makanan dari adonan kacang tanah dan rempah-rempah. Falafel artinya adalah deep fried ball atau bola-bola goreng, mungkin karena bentuknya seperti bola ya.

Falafel di sajikan dengan roti gandum, pita dan sayuran dan bumbu serta cabai.

10. Margoog

Margoog makanan timur tengah

Margoog juga merupakan salah satu makanan khas Arab Saudi yang terbuat dari daging. Rasanya seperti sop, dan berisi sayuran dan tepung gandum.

jadi, karena penggunaan tepung gandum, maka ini dianggap sebagai makanan yang kaya serat dan baik untuk kesehatan terutama untuk lambung dan usus. Margoog ini adalah sebagai lauk yang akan menambah selera sajian sepiring nasi hangat. Wah,, dari gambarnya saja sudah terasa aromanya, luarbiasa..!

11. Areka

Areka

Areka adalah makanan khas Arab Saudi yang khusus di sajikan ketika pagi sebagai sarapan mengawali awal hari. Makanan ini terdiri dari bahan seperti nasi, ayam, telur dan sayuran. Dari kandungannya saja ketahuan jika rasa Areka tu nikmat dan garing.

Bagi kamu yang menjalan ibadah haji di tanah makanan atau camilan ini pas karena bisa menambah banyak energi bagi kamu dalam menjalankan ibadah.

12. Shakshuka

Shakshuka, makanan arab

Terakhir ada makanan yang disebut Shakshuka. Makanan ini adalah khas Arab dan terbuat dari telur dan tomat serta rempah-rempah lainnya.

Sekilas, Shakshuka hampir sama dengan omelet yang ada di Indonesia namun tetap beda karena sajian yang menggugah selera hilang nafsu makan anda.

Cara mengkonsumsi Shakshuka adalah dengan roti Arab atau roti pita, dan sangat populer sebagai makanan di pagi hari.

Itulah daftar makanan khas Arab saudi yang sangat populer tidak hanya di negaranya namun di Indonesia dan negara-negara lainnya sehingga makanan tersebut sekarang banyak yang sudah di adopsi di berbagai tempat dengan citarasa masing-masing.