Makanan khas bali sate kakul
Makanan khas bali sate kakul

Bali adalah salah satu destinasi wisata di Indonesia yang terkenal tak hanya di tingkat lokal namun ke seluruh dunia. Keindahan pulau dewata ini mampu menyihir banyak wisatawan dalam dan luar negeri, bukan hanya indah dengan seribu lautan saja namun juga terkenal dengan makanan khas Bali yang super lezat dan berbagai macam budaya tradisonal bali menjadi tontonan yang luarbiasa.

Mungkin anda pikir makanan enak Bali adalah ayam betutu. Jangan salah, masih ada banyak jenis makanan lainnya yang mampu menyulap bibir kamu tak henti ingin mencobanya. Maka, dalam artikel kali ini kami menghadirkan 10 makanan khas pulau bali yang wajib kamu nikmati manakala kamu berwisata ke sana. Coba bandingkan lezatnya dengan makanan yang ada di daerah kamu, kamu pasti akan mendapatkan pengalaman terbaru dalam wisata kulinermu ini. Langsung saja kita lihat kuliner khas bali yang telah kami persiapkan berikut ini.

Makanan Khas Bali yang Bikin Kamu Pingin Coba Lagi

1. Lawar

lawar adalah makanan khas bali yang terbuat dari daging cincang di campur dengan sayuran. Yang membuat makanan ini unik adalah bumbu ramuannya yang terbuat dari bumbu khas Bali. Makanan ini sangat nikmat di makan dan disantap bersama dengan sate lilit dari bali juga. Apalagi di tambah dengan nasi putih panas tentu akan membuat anda berkeringat menyantapnya.

Jika ke Bali cobalah makanan lawar ini, pasti kamu mendapatkan pengalaman terbaru dari sisi kuliner. Lawar sering menjadi makanan hidangan di rumah-rumah yang ada di Bali atau di restoran-restoran, demikan juga dengan rumah makan biasa. Jadi, anda tidak sulit mencari makanan khas ini ketika berlibur ke Bali. Lawar termasuk makanan tak tahan lama, paling ia hanya bertahan setengah hari saja karena selain sayuran ada juga bumbu kelapa yang di tambahkan kedalamnya disamping bumbu khas lainnya.

Dari namanya, lawar ada beberapa macam. Biasanya pengelompokan nama makanan lawar berdasarkan daging yang ditambahkan didalamnya, berdasarkan sayuran, atau berdasarkan warna lawar itu sendiri. Misalnya jika daging yang di tambahkan adalah daging babi (haram hukum untuk muslim) maka di sebut lawar babi, jika daging sapi, maka di sebut lawar sapi, jika menggunakan nangka maka di sebut lawar nangka. Ada juga jenis lain yaitu campuran dari beberapa lawar yang disebut lawar padamare. Sementara dari jenis warna ada makanan lawar merah atau putih. Makanan lawar seringkali di buat dengan disertai daging babi atau darah babi, maka ini bukanlah makanan halal bagi ummat Islam.

lawar makanan khas bali
makanan khas bali

2. Sate Kakul

Sate kakul adalah salah satu makanan khas Bali, ini adalah makanan yang terbuat dari kerang atau keong sawah, jadi sate kalu disebut juga sate kerang. Ada yang beda dengan makanan kerang di tempat lain, kerang ini sebelum di panggang akan di bumbui dengan bumbu plecing terlebih dahulu. Bumbu inilah yang membuat citara sate kakul beda dan lezat sekali.

Kerang biasanya dibuat sebagai makanan gulai kerang, kerang saus tiram, tiram asam manis dan lain-lain, namun di Bali kerang di jadikan sate tentu rasa yang enak dan unik. Pecinta kuliner tentu menjadi tantangan tersendiri dengan makanan seafood ini, jika belum sempat mencicipinya selalu timbul rasa penasaran. Sate kakul berasal dari bahasa setempat yang artinya keong, jadi kakul itu keong, sate kakul: sate dari sejenis keong sawah.

kakul atau keong sawah ini kerap kali disantap dengan sayuran lain yaitu jukut ares. Jukut ares adalah makanna dari pohon pisang muda yang di cincang kemudian di peras beberapa kali dan kemudian baru di rebus. Jukut ares adalah makanan tidak halal karena biasanya orang Bali menggunakan daging babi dalam membuat makanan ini. Jadi, ini bukan makanan halal bagi ummat Muslim.

makanan khas bali sate kakul

3. Rujak Bulung atau Rujak Kuah Pindang

Rujak pindang terbuat dari irisan mangga sedemikian rupa yang kemudian di campurkan dengan kuah pindang yang super pedas karena di campur banyak cabe. Selain menggunakan mangga, rujak pindang juga bisa menggunakan makanan lain seperti rumput laut. Jika kamu berejalan-jalan ke Bali kamu pasti menemukan rujak rumput laut.

Rujak bulung ini adalah rujak khas bali yang di ramu dengan bumbu pedas sehingga memberikan sensasi hot dan beda di lidah. Rujak yang menggunakan rumput laut biasanya dilengkapi dengan garam, terasi, cabe rawit, parutan kelapa muda, kencur, kemudian di sirami kuah pindang di atasnya. Jika kamu di Bali kamu bisa menemukan dengan mudah makanan khas bali ini di sepanjang jalan Blambangan.

rujak bulung makanan khas daerah bali

4. Komoh

Komoh adalah makanan sakral orang Bali, mereka biasanya membuat komoh ketika ada acar keagamaan. Ini juga bukan makanan halal untuk kita orang Islam karena makanan ini di ramu dengan daging babi. Namun, ada juga makanan komoh yang di buat dengan menggunakan daging ayam dan daging bebek.

Komoh bali adalah makanan dari daging mentah yang di cincang-cincang halus, di beri bumbu dan kemudian di sirami dengan air panas. Air siraman ini kemudian di tambahakn darah segar dan di beri garam secukupnya. Makanan khas ini adalah simbolisasi dari darah ini sesuai dengan tradisi bhairawa. Ini membuktikan dalam ritual Bhairawa Kuno penggunaan darah melekat sangat kuat. Mereka melakukan ini harapan mendapatkan kekuatan dari dewa Pujaan penganut Bhairawa yakni Dewi Sakti atau Dewi Durga.

Jadi, orang Bali yang meminum makanan ini mengharapkan mendapatkan kekuatan jasmani dan rohani dari dewa pujaannya.

Komoh makanan Bali

5. Tum Ayam

Tum ayam adalah salah satu makanan khas bali yang patut kamu coba. Tum adalah makanan khas yang terbuat dari daging ayam, santan dan aneka bumbu seperti pepes di tempat lain. Campuran bahan tadi semuanya di balut dengan daun pisang dan di kukus. Jika kamu tidak dengan daging ayam kamu bisa ganti dagingnya dengan daging kesukaan kamu.

Makanan khas Tum Ayam menjadi salah satu makanan yang banyak di buru wisatawan sehingga di restoran-restoran sudah menjadikan makanan ini sebagai makanan andalannya. Tumn Ayam disukai banyak kalangan baik anak-anak atau orang dewasa. Kamu bisa menjumpai makanan khas ini di sektaran destinasi wisata Bali.

Jika di lihat dari namanya, TUM itu artinya bungkus dan Ayam adalah daging ayam. Jadi ini adalah makanan khas tradisional bali yang terbuat dari daging ayam dibungkus dengan daun pisang.

Tum ayam makanan bali
makanan khas bali

6. Sate PLecing

Selanjutnya, makanan khas bali adalah sate plecing. Bagi kamu yang ingi ke Bali jangan ketinggalan makanan ini. Sate plecing memiliki citarasa khas dengan baluran bumbu cabe rawit, tomat, terasi, garam, dan air jeruk limau. Makanan ini memiliki rasa pedas di lidah, gurih dan sedikit asin namun enak di lidah.

Makanan ini terbuat dari aneka jenis daging, seperti daging ayam, daging babi, dan daging lain-lain. hati hati jika kalian mencari makanan ini di tempat yang tidak ada halal nya, karena kemungkinan itu terbuat dari daging babi yang haram di konsumsi ummat Islam.

Sate plecing bali

7. Nasi tepeng

Nasi tepeng ini adalah nasi lembek yang disajikan dengan cukup lembut. Ada aneka bumbu di sajikan bersama nasi cepeng ini seperti kacang panjang, nangka muda, kacang merah, terong, kelapa parut dan daun kelor. Selain itu ada juga tambahan suwiran daging ayam dan telur yang tentu memanjakan lidah kamu.

Baca juga: Manfaat Cahaya Matahari

Nasi Tepeng adalah makanan khas Gianyar Bali yang unik namun menggoda banyak wisatawan. Nasi ini sekilas ada kesamaan dengan nasi uduk yang sudah menusantara, kesamaannya ini terletak pada sama sama gurih ketika disantap. Rasa gurih ini mungkin dari santan yang digunakan seperti yang ada pada nasi uduk. Di bagian atas nasi tepeng ini di bumbui atau di sirami dengan bumbu khas bali, inilah yang menjadikan makanan ini lezat tiada tara.

Nasi Tepeng

8. Nasi jenggo

Makanan khas Bali selanjutnya adalah nasi jinggo. Ini bisa di katakan sebagai nasi kucing, soalnya nasi ini hanya sedikit saja sebesar kepalan tangan seperti nasi kucing. Selain nasi, di atasnya di tambahkan mie goreng, ayam suwir dan tempe goreng dan kemudian di bungkus daun pisang.

Makan nasi jenggo di jamin kamu harus nambah karena kecilnya dan rasanya yang nikmat. Sambalnya sangat pedas membuat bibir kamu ketar ketir mencicipinya. Nasi jenggo tidak hanya di jaja di jalanan tetapi nasi unik inijuga di sediakan di acara keagamaan seperti ngaben, perayaan ulang tahun, dan rapat.

Jika kamu membeli nasi unutk di makan, kamu pasti harus membelinya 4 bungkus paling kurang karena isinya sangat kecil, namun jangan takut harga perbungkus sekitar 2 ribuan hingga 4 ribuan, sebagaimana dikutip wikipedia.

Makanan bali nasi jenggo

9. Babi guling

Tak lengkap jika tidak ada makanan babi guling ini karena ini adalah daftar makanan khas Bali., Bagi oran bali babi adalah makanan enak sehingga ada dalam banyak jenis makanan disana. Namun bagi orang Islam ini adalah makanan haram yang berdosa jika dikonsumsi. Maka, ini khusus untuk orang bali saja.

Dari namanya kita tahu bahwa ini adalah makanan dari babi dan tidak menggunakan daging selain babi. Jadi, ini 100% haram di konsumsi. Namun bagi kamu yang bukan islam silahkan saja menikmati makanan ini.

Babi guling memiliki tekstur yang lembut dan empuk sehingga makanan ini banyak di cari oleh wisatawan lokal maupun manca negara, tentu yang tidak beragama Islam.

Babi guling makanan orang bali
Makanan khas orang bali

10. Sate lilit

Sesuai dengan namanya, makanan khas bali ini adalah bukan dari daging yang di tusuk sebagaimana umumnya sate, namun ini di buat dari daging yang sudah di haluskan dan di lilitkan pada batang serai. Biasanya mereka membuat makanan ini bukan hanya dari daging ayam saja, ada daging babi dan daging tenggiri.

Jadi, bagi ummat Islam sepertinya tidak cocok dengan kuliner ini kecuali jika benar-benar dari daging bintang yang halal dimakan menurut syariat Islam dan di masak oleh orang Islam.

Selain daging yang kita sebutkan dia atas, ada juga sate lilit di buat dair daging kura-kura, dan sapi. Daging tersebut kemudian di campurkan dengan parutan kelapa, jeruk nipis, santan, bawang merah, dan merica. Kemudian di balurkan atau di lilit di tusuk sate yang ukuran nya lebar bukan kecil dan runcing sebagaimana tusuk sate biasa. Tusuk yang lebar memungkinkan melekatnya daging lebih banyak.

sate lilit makanan khas bali
Makanan khas daerah bali

Itulah 10 daftar makanan khas dari bali yang patut kamu coba khususnya bagi orang non muslim, karena kebanyakan makanan Bali terbuat dari daging babi. Namun bagi ummat Islam yang berlibur ke Bali bisa mencari restoran atau tempat makan islam yang khusus menyediakan makanan halalan thayyiba. Demikian sekilas wisata kuliner kali ini semoga bermanfaat.