Sop buntut Makanan tradisional indonesia
Sop buntut Makanan tradisional indonesia

Indonesia memiliki wilayah yang sangat luas terbentang dari Sabang sampai Marauke. Keberagaman ini tidak hanya membuat Indonesia kaya dari sisi budaya, tetapi juga kuilinernya. Cukup banyak kuliner tradisional di Indonessia mulai dari pulau paling barat hingga ke pulau paling timur Irian Jaya. Dalaam artikel ini, kami merilis beberapa macam saja makanan khas Indonesia atau tradisional Inndonesia yang sangat enak dan terkenal di Inndonesia.

Keberagaman suku bangsa di Indonesia melahirkan keberagaman makanan dan kuliner topnya. Bagi kamu yang cinta kuliner jangan lewat membaca tulisan ini hingga habis, karena kami akan memberikan 10 makanan tradisional Indonesia yang mesti kamu coba. Bukan orang Indonesia jika sepuluh makanan ini belum kammu kenal, untuk itulah kami memberikan kembali semangat kepada genenrasi muda untuk mengenal kembali makanan trtadisional kita dan jatuh cinta dengan kuliner daerah indonesia sendiri, alih-alih suka minuman dan makanan Israel atau barat.

Ok, Apa saja makanan khas Indonesia, langsung saja kita lihaat di bawah ini.

Aneka Ragam Makanan Tradisional Indonesia

1. Makanan indonesia, Sate

sate makanan khas Indonesia

Sate adalah makanan tradisional Inddonesia yang sekarang bisa di temmukan di mana-mana. Salah satu sate yang sangat enak dan terasa di lidah adalah sate Apaleh Gurugok, Aceh Utara. Sate terbuat dari daging seperti daging ayam, sapi, kerbau, daging kelinci atau daging lainnya yang enak dan halal menurut syariat.

Daging di potong kecil-kecil atau bahkan lemak putih juga dibuat sebagai sate. Setelah di cincang, kemudian diitusuk pada tusukan lidi dan di bakar pada bara api, tentu semua ini setelah daging terlebih dahulu di lumuri atau di rendam dalam bumbu sate. Makanan sate di nikmati dengan kuah kacang citrasa sop.

2. Makanan Indonesia; Bakso sapi

Makanan Indonesia Bakso sapi

Bakso juga termasuk makanan tradisionaal Indonesia yang enak dan gurih. Bahkan mantan presiden Barrack Obama-pun mengakui kalau bakso adalah salah satu makanan enak dan menjadi favorrit-nya selama di indonesia dulu.

Bakso adalah makanan yang terbuat dari daging ayam, atau daging sapi yang digiling dan di bentuk bulaat-bulat. Rasanya gurih dan teksturnya kenyal. Selain daging, juga dicampur dengan bihun, mie kuning dan laain-lain serta tidak lupa bawang goreng di atasnya sehingga menambah kelezatannya. Coba tambahkan kecap manis atau kecap bangau untuk menambah citarasa nikmatnya.

3. Makanan Indonesia; Gado-Gado

Gado gado makanan khas Indonesia

Makanan tradissinal Indonesia satu ini sangat enak dan lezat. Di buat dari aneka sayuran, seperti toge, bayam, kol, mentimun yang di rebus atau di kukus dan di berikan aneka topping di atasanya termasuk kuah kancang. Jadi, makanan asal Jakarta ini sangat menggoda dan menjadi salah satu makanan khas Indonesia yang mudah didapatkan di mana-mana bahkan sering di jajakan di piinggir jalan.

Biasanya, gado-gado sering hadir di acara-acara perayaan termasuk hari raya. Sering juga gado-gado di nikmati di pagi hari sebagai sarapan paagi.

4. Bika Aambon, Makanan khas Medan

Bikka Ambon, makanan khas medan

Bika aambon adalah salah satu makanan khas tradisional Indonesia yang beerasal daari Medan. Rasanya enak dan nikmat serta memiliki aroma khas. Walaupun asalnya dari Medan, namun makanan ini bisa di temukaan di seluruh Indoensia. Rasanya yang enak membuat perseebaran makanannya sangat menyeluruh.

Bagi kamu yang datang ke Medan pastikan kamu membeli makan khas kota Medan ini. Karena belum lengkap rasanya jika mengunjungi tempat wisata di Medan dan tidak membawa pulang olleh-oleh makanan Khas Medan.

5. Pempek, Makanan asal Sumatra Selatan

Pempek, Makanan asal Sumatra Selatan

Pempek adalah makanan tradisional Indonesia yang terbuat dari ikan dan tepung sagu. Jadai, aroma ikannya sangat terasa dan emngogda tentunya. Ini adalah makanan khas Sumatra Selatan dan menjadi salah satu makanan khas Indonesia yang sangat banyak di gemari.

Pempek semakin nikmati di konsumsi dengan sauna kuah yang terbuat dari cuka dan gula dan tambahkan ebi dan udang rebon. Banyaknya suku bangsa di Indonesia melahirkan banyaknya makanan khasnya.

6. Nasi Goreng, Makanan di kenal di seluruh Indonesia

Nasi Goreng, Makanan di kenal di seluruh Indonesia

Nasi goreng adalah makanan enak dan khas Indonesia dengan aneka aroma dan model penyajiannya. Bahan daasarr pembuatan nasi goreng adalah nasi putih. Nasi putih ini di tumis dengan aneka bumbu lezat nusantara. Biasanya menggunakan alat khusus, yang di tumis menggunakan tomat, aneka seledri, ayam, telur, atau menggunakan gading tertentu.

Nasi goreng jika kita tidak begitu tahu cara membuatnya mungkin rasanya tidak begitu nikmat, namun jika di beli di warung rasanya tentu sangat menggoda apalagi jika di buat oleh ahlinya. Nasi goreng tidak hanya terkenal di Indonesia saja namun menjadi salah satu makanan terenak di dunia.

7. Bakso, makanan tradisional Indonesia dari Tiongkok

Bakso, makanan tradisional Indonesia dari Tiongkok

Walaupun dari Tiongkok namun makanan ini sudah sangat familiar di mmasyarakat Indonesia. Bahkan, masyarakat tidak bisa melupakan makanan bulat-bulat ini. Ini terbukti dari semakin banyaknya warung bakso atau gerobak yang menjajakan makanan ini.

Makanan bakso di buat dari daging gilingan ini memiliki banyak varian, sebahagiannya ada yang menggunakan telur di bagian dalamnya. Salaah satu penyebabnya yang membuat bakso sangat nikmat adalah kuah sopnya yang menggoda.

8. Makanan Tradisioanl Indonesia; Kerak telur dari Jakarta

Makanan Tradisioanl Indonesia; Kerak telur dari Jakarta

Kerak telur adalah makanan berasal dari Banten Jakarta. Makanan ini adalah makanan kuno dan tradisional dari Banten, namun rasanya yang enak dan lezat makanan ini eksis hingga kini bahwa gaungnya semakin melebar.

Jika kamu pergi ke Jakarta jangan lupa mencoba dan mencicipi kerak telur ini, biasanya makanan ini di jual pada gerobak gerobak dorong seperti penjual bakso. Makanan kkeraka telur di buat dari telur tentunya dan ketan, daging serta di beri topping khusus di atasnya.

9. Gudeg berasal dari Yogyakarta

Gudeg makanan khas indonesia

Satu lagi makanan khas Indonesia adalah Gudeg dari Yogyakarta. Makanan ini sungguh luarbiasa dan sangat nikmat. Terbuat dari nangka muda dan dimasak sedemikian rupa dengan menggunakan bumbu dan rempah-reempah. Diantaranya ada gula merah, dimasak hingga warnanya menjadi hitam.

Banyak wisatawan yang datang ke Yogkarta mencari dan mengincar kuliner ini langsung dari daerahnya Yogyakarta. Aakan lebih nikmat manakala di tambahkan ayam, telur, kecap dan lauknya. jika kamu melihat sekilas gambar makanan Gudeg mungkin kamu menganggap ini aadalah ayam atau daging ternyata nangka yang telah di ubah menjadi Gudeg.

10. Sop Buntut dari China/London

Sop buntut Makanan tradisional indonesia

Buntut Sapi adalah makanan tradisional dan khas Indonesia. Rasanya sangat nikmat dan tak terlupakan. Sop Buntut tidak hanya terkenal di Indonesia namun keluar negeri juga sangat terkenal dan ini pas dengan lidah mereka juga.

Dari gambarnya saja, kelihatannya sangat nikmat dan lezat makanan yang satu ini. Mayoritas penggemar sop sangat menyukai makanan ini karena rasanya mirip-mirip dengan sop namun ini lebih menggoda dan mempesona di lidah.

11. Kuah Plik Ue, berasal dari Aceh

Kuah Plik Ue, berasal dari Aceh

Kuah plik ue adalah makanan khas Acah sejak lampau. Makanan ini terbuat dari pati santan di campur dengan aneka bumbu lain seperti fatarana (plik), dan menggunakan aneka sayuran secara kolaborasai sehinggaa mennghasilkan aneka tekstur dan tentu rasanya yang sangat pedas menjadi hal yang sangat di gemari, apalagi jika di konsumsi siang haari bersama nasi. Ini akan membuat tubuh anda keringatan akibat panas dan pedasnya.

Maka, jika akamu berkunjung ke Aceh jangan lupa singgah di warung Aceh dan nikmati kelezatan dan rasa hot dari kuah plik ue.

Itulah beberapa makanan tradisional Indonesia dengan citarasa menggoda dari berbagai daerah di Nusantara. semoga bermanfat.