Manfaat Cahaya Matahari
Manfaat Cahaya Matahari

Tahukah anda apa manfaat cahaya matahari bagi manusia? Manusia sering kali menghindari matahari karena sifatnya yang panas, membuat kulit menjadi hitam, melelahkan, dan bahkan memberikan ketidaknyamanan. Berbagai alasan menjadi senjata untuk mengatakan bahwa sinar matahari harus di jauhi. Namun demikian, terlepas dari itu semua, ternyata fakta di balik matahari sangat mencengangkan.

Jika anda penasaran dengan manfaat dan fakta sinar matahari ini, baca terus artikel pendek ini untuk mengetahui lebih jelas tentang manfaat cahaya matahari terutama bagi manusia.

Fakta dan Manfaat Cahaya Matahari

Jika anda bermain lama-lama di bawah terik matahari siang atau sore maka ini tidak baik untuk kesehatan. Beberapa pakar mengatakan bahwa sinar matahari yang mengenai langsung padad kulit kadang bisa merusak sel kulit yang pada gilirannya menyebabkan kanker kulit. Kerusakan sel ini akibat pada cahaya matahari ada sinar ultra violet yang buruk untuk kesehatan. Nah, apakah benar jika ini bisa menyebabkan kanker atau tidak baik bagi kesehatan? Mari kita lihat berikut ini:

1. Mencegah penyebaran kanker

Salah satu fakta mencengangkan tentang sinar matahari adalah mampu mencegah metastasis sel kanker. Maka baik untuk berjemur di terik matahari sebelum jam sepuluh pagi. Ini adalah hasil penelitian Dr. Zane, metastasis yang di maksud adalah penyebaran sel kanker payudara. Jadi, yang memiliki gejala atau yang menderita kanker payudara maka diharapkan bisa melakukan hal ini atau berjemur di sinar matahari pagi. Lakukan semampunya dan jika sudah merasa tidak nyaman karena panas atau sudah lelah, anda bisa berhenti.

Jadi, penyebaran sel kanker ini bisa di hentikan dengan bantuan vitamin D yang ada dalam sinar matahari di pagi hari.

2. Menjaga kelembutan kulit

Manfaat lain dari sinar matahari adalah dari sinar ultravioletnya. Sungguh tak di duga, ketika banyak orang takut dengan UV (ultra Violet) justru sinar ini bermanfaat bagi kulit jika di terima kulit dengan baik. Manfaatnya adalah membuat kulit menjadi halus dan lembut. Berbagai jenis penyakit seperti jamur, dan jerawat yang bisa membuat kulit menjadi kasar ternyata bisa di obati dengan sianr matahari.

Khasiat dan manfaat cahaya matahari disini adalah melawan jamur dan bakteri yang menyebabkan kulit menjadi kasar.

3. Mempercepat sembuh luka

Siapa tahu ternyata matahari bisa bermafaat untuk memepercepat kesembuhan terhadap luka. Sebagai bukti, pada perang dunia pertama banyak tentara yang terluka kemudian di perintahkan untuk berjemur di terik mentari. Hasilnya luarbiasa, mereka yang berjemur ternyata mengalami penyembuhan yang lebih cepat di bandingnkan dengan mereka yang tidak berjemur. Proses penjemuran ini di lakukan sebelum jam 9 pagi.

Bukan rekayasa, memang penemuan ini pernah di muat dalam buku oleh Neils Finsen dan ia kemudian mendapat hadiah nobel. Apa yang ada dalam sinar matahari, lewat vitamin D-nya ternyata bisa membersihkan luka, membunuh bakteri dan mengeringkan area yang terluka sehingga mempercepat penyembuhan.

Baca juga: 45 Gunung Tertinggi di Indonesia

4. Baik untuk menurunkan kolesterol

Kolesterol bisa menjadi biangkerok banyak penyakit berbahaya termasuk menyebabkan stroke, tekanan darah tinggi, diabetes dan penyakit lainnya. Ternyata salah satu manfaat berjemur di bawah sinar matahari adalah baik untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Sinar matahari pagi yang mengandungn vitamin D dikabarkan bisa membakar kolesterol dalam darah lewat meningkatnya metabolisme tubuh dan kemudian mengubahnya menjadi hormon reproduksi.

Terapi berjemur di bawah sinar matahari pagi baik untuk di coba oleh semua kaladangan terutama bagi mereka yang mengalami stroke, manula dan diabetes.

5. Bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah

Tekanan darah tinggi, salah satu penyebabnya adalah keadaan jantung yang memompa darah tidak stabil akibat dari banyaknya sumbatan dalam pembuluh darah. Sumbatan ini terjadi dari lemak atau kolesterol yang bercampur dalam darah. Biasanya, kondisi ini di alami oleh manula akibat dari melemahnya sistem metabolisme tubuh. Berjemur pada cahaya matahari ternyata baik untuk memacu kinerja metabolisme tubuh sehingga bisa mengurangi kadar kolesterol dalam darah dan akhirnya baik untuk kesehatan jantung.

Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal dari sinar matahari pagi, maka mulailah berjemur sejak matahari mulai naik menanjak tinggi sekitar jam 7.00 hingga jam 9.00 pagi. Lakukan setiap hari, lebih baik lagi jika di iringi dengan olahraga ringan.

6. Melancarkan aliran darah

Lancarnya aliran darah sangat penting bagi kesehatan tubuh karena darah memiliki peranan besar dalam berbagai hal krsial dalam tubuh. Diantara fungsi darah adalah mengedarkan sari makanan keseluruh tubuh, mengedarkan oksigen keseluruh tubuh termasuk ke otak, membawa homron dan enzim untuk menormalkan sistem metabolisme tubuh. Maka, jika aliran darah terhambat, hampir seluruh fungsi organ berhenti atau berkerja tak normal.

Berjemur di bawah sinar matahari secara langsung sangat baik untuk kelanacaran darah. Secara otomasi membuat jaringan tubuh bekerja dengan baik dan seluruh fungsi tubuh akan berjalan semestinya.

7. Mencegah penyakit pengerasan pembuluh darah

Pengerasan pembuluh darah adalah masalah kesehatan yang terjadi akibat masalah dengan kinerja jantung atau akibat dari penyakit pembuluh darah. pengerasan ini bisa terjadi dengan cepat bila seseorang mengalami masalah dengan jantungnya.

Salah satu cara mudah dan sederhana untuk mencegah pengerasan pembuluh darah adalah dengan berjemur di bawah matahari pagi. Bagian tubuh yang langsung terpapar sinar matahari pagi akan mengalami aliran darah yang lancar sehingga dengan sendirinya pengerasan dadlam pembuluh darah tidak terjadi. Maksud dari pengerasan ini adalah adanya lemak dalam aliran atau adanya kolesterol jahat sehingga menghalang aliran dan lama-kelamaan mengeras.

8. Baik untuk kekebalan tubuh

Sering terpapar sinar matahari ternyata baik untuk tubuh, bahkan jika tubuh tidak pernah terkena sinar matahari bisa menjadi salah satu penyebab kematian. Maka, perlu dan penting untuk sesekali berolah raga di bawah sinar matahari pagi atau berjemur di bawah cahaya matahari pagi.

Berjemur di pagi hari juga bisa merangsang pertumbuhan sel darah putih. Manfaat sel darah putih adalah melawan kuman, infeksi dan meningkatkan kekebalan tubuh sehingga tidak mudah di serang penyakit.

9. Menekan depresi

Manfaat Cahaya Matahari mencegah depresi
Cahaya matahari pagi mencegah depresi

Siapa sangka kalau berjemur di bahwa sinar matahari baik untuk menghilangkan atau mencegah depresi. Bila seseorang mengalamidepresi maka akan nampak dalam perilaku dan mentalnya. Kekurangan sinar matahari atau jarang terkena sinar matahari pagi bisa menjadi salah satu penyebab depresi dan stres. Seseorang yang baru berjemur di bawah matahari kelihatan akan lebih ceria dan bahagia di bandingkan dengan orang tak terkena cahaya matahari.

10. Baik untuk pertumbuhan bayi

Bayi yang lahir baru beberapa hari bisa juga memanfaatkan sinar matahari pagi, namun jika bayi hendaknya di jemur lebih cepat ketika matahari belum terasa panas karena kulit mereka yang tipis bisa menyebabkan efek panas. Manfaat cahaya matahari untuk bayi adalah berkaitan dengan pertumbuhannya karena vitamin D pada sinar mentari baik untuk pertumbuhan tulang.

Jadi, tidak perlu takut menjemur bayi di pagi hari asalkan tidak lama dan ketika sinar matahari belum terasa panas.

11. Meningkatkan kualitas tidur

Kualitas tidur seseorang kadang-kadang juga di pengaruhi oleh ketidakseimbangan hormon tubuh. Seseorang yang hormonnya stabil biasanya memiliki tidur yang nyenyak dan berkualitas. Sinar matahari bermanfaat untuk mengatur hormon melatonin yaitu hormon yang bertugas memberi reaksi otak untuk urusan tiddur.

12. Mengatasi Gangguan Memori

Selanjutnya, manfaat cahaya matahari yang sudah terbukti secara ilmiah adalah mencegah gangguan memori atau menjaga kesehatan ingatan. Itulah sebanya, para lansia dan mereka yang menderita penyakit pikun atau Alzheimers disarankan untuk berjemur di pagi hari. Memang, sinar matahari tidak meningkatkan ingatan tetapi ia bisa menjaga dan memelihara memori kita. Berjemur di mentari pagi akan memperbaiki sel-sel dan meningkatkan kesehatan sel sehingga bisa menjaga kesehatan memori dengan baik.

13. Mempercepat pertumbuhan tulang

Matahari juga berperan dalam pertumbuhan tulang manusia, kandungan vitamin D dalam matahari bisa di serap langsung oleh tubuh lewat kulit. Sel-sel pada kulit ini akan menyerap vitamin D dan di teruskan kepada tulang. Jadi, tulang tidak hanya menyerap kalsium saja namun juga menyerap vitamin D.

14. Meminimalisir penyakit kelainan tulang

Penyerapan vitamin D dan kalsium yang tak maksimal dalam tubuh bisa menyebabkan masalah kesehatan seperti kelainan tulang. Biasanya kelainan tulang banyak di temukan didaerah yang sinar mataharinya tidak banyak. Orang yang sering berjemur di bawah paparan sinar matahari pagi (sebelum jam 10 pagi) mengalami resiko kelainan tulang yang lebih rendah. Ketika berjemur di bawah matahri kita akan mendapatkan pasokan vitamin D yang mencukupi. Sementara di lain sisi kita mendapatkan banyak pasokan kalsium dari makanan tertentu. Kedua jenis nutrisi ini adalah hal penting bagi kesehatan tulang.

15. Sinar matahari sebagai sumber energi

Manfaat sinar matahari yang tak kalah penting adalah sebagai sumber energi. Keberadaan sinar matahari memang sesuatu yang telah di atur oleh Allah yang maha kuasa dan pada matahari ini dijadikan sumber energi yang di butuhkan tidak hanya oleh manusia, namun juga di perlukan oleh tumbuhan dan hewan untuk bisa melangsung kehidupan yang lebih baik.

Coba bayangkan apa yang akan tumbuh jika tidak ada matahari, tentu manusia akan kekurangan makanan dan tidak bisa bertahan hidup, bahkan tubuh manusiapun butuh pasokan sinar ini untuk hidupnnya. Jadi, siinar mataahari adalah sebuah keniscayaan dari alam yang berperan dalam menjaga kestabilan siklus kehidupan di alam.

Dalam bidang energi matahari memiliki peranan-peranan, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Sinar matahari bisa di ubah menjadi energi listrik. Sinar matahari sekarang bisa di olah dengan menggunakan panel-panel khusus yang bisa menangkap sinar matahari dan panas matahari ini kemudian di ubah menjadi energi listrik. ini disebut dengan listrik bertenaga surya.
  • Cahaya atau sinar matahari selalu di butuhkan oleh tumbuhan sebagai energinya. Sinar matahari membantu pertumbuhan tumbuhan dalam menyediakan makanan bagi tumbuhan lewat proses fotosintesis. Tanpa matahari, tumbuhan tak bisa hidup dan pada gilirannya manusia tidak bisa bertahan hidup aakibat tidak ada sumber makanan.

Beberapa Tips Mendapatkan Sinar Matahari

Untuk mendapatkan sinar matahari secara optimal kita perlu memperhatikan beberapa tips berikut ini:

  • Jika pagi telah berlalu, hindari terkena matahari secara langsung, karena di siang hari ada Ultra Violet yang bisa memberikan efek buruk terhadao kulit seperti kanker kulit.
  • Hindari mata anda dari menatap terik mentari secara langsung, gunakan kaca mata hitam sebagai pelindung. Ini bermanfaat untuk menjaga kornea mata.
  • Jauhkan diri anda dari menggunakan berbagai tabir surya atau kosmetik pelindung kulit yang mengandung bahan kimia. Bahan kimia yang ada pada produk bahkan bisa meningkatkan resiko kanker.

Itulah manfaat cahaya matahari bagi manusia dan alam. Dalam sejarah kebudayaan kuno, mereka yang hidup pada masa itu sangat gemar bermain di bawah sinar matahari pagi karena mereka menganggap bisa menghangatkan tubuh, mengeluarkan keringat dan membuat mereka kebal terhaadap banyak penyakit. Hal ini juga berlaku pada kehidupan kitaa sekarang, manfaat cahaaya matahari sebagaimana yang di sebutkan di atas akan kita daapatkan. Maka, rajinlah berjemur di pagi hari sebelum jam 10 pagi.