Manfaat kencur bagi Kesehatan

Manfaat kencur bagi kesehatan sangat penting di ketahui, apalagi herbal yang satu ini tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan saja namun juga bermanfaat untuk kecantikan tubuh manusia.

kencur termasuk dalam keluarga jahe dan ia termasuk herbal dan rempah-rempah yang sangat terkenal. Bahkan kencur adalah rempah yang sangat terkenal dan populer di seluruh dunia.

Kencur dalam bahasa latin disebut “Kaempferia galanga“, herbal luarbiasa ini tidak hanya bermanfaat sebagai rempah-rempah semata namun juga sangat baik untuk mengobati berbagai penyakit sekaligus mencegah penyakit.

Bahkan, Kaempferia galanga adalah herbal yang bisa menyembuhkan berbagai penyakit baik penyakit biasa atau penyakit parah. Contoh penyakit ringan adalah mulas dan contoh penyakit berbahaya yang bisa di obati dengan kencur adalah kanker.

Biasanya yang di manfaatkan dari tanaman Kaempferia galanga adalah rimpangnya, namun untuk kali ini kita tidak hanya memanfaatkan rimpang kencur saja sebagai obat herbal namun juga daunnya. Berikut kita lihat apa saja manfaat kencur untuk kesehatan tubuh kita.

Kandungan Nutrisi dalam Kencur

Namun terlebih dahulu mari kita lihat kandungan dalam kencur. Dengan mengetahui apa saja yang ada dalam kencur atau Kaempferia galanga, tentu kita bisa menebak apa penyakit yang perpotensi sembuh dengan kencur.

  • Pati
  • Sineol
  • Mineral
  • Alkaloid
  • Kamphene
  • Gom
  • Paraeumarin
  • Borneol
  • Asam metil kanil dan penta dekan
  • Etil ester
  • Sitotoksik
  • Asam anisat
  • Asam sinamat
  • Antibakteri

Manfaat Kencur bagi Kesehatan Tubuh

Nah, dengan adanya kandungan nutrisi kencur seperti di atas, maka secara ilmiah tanaman rempah-rempah ini bisa bermanfaat sebagai berikut:

1. Obat Batuk

Salah satu manfaat tanaman kencur adalah mengobati batuk terutama batuk berdaahak. Untuk mengobati penyakit ini sangaat mudah, anda hanya perlu menambahkan satu sendok teh bubukk kencur atau kencur yang sudah di haluskan. Masukkan bubuk kencur kedalam air panas dan tambahkan sedikit garam.

Minum ramuan ini secara teratur. Ramuan kuno ini sangat manjur dalam meredakan dahak pada penderita batuk. Mengkonsumsi obat herbal ini bisa membuat kerongkongan menjadi lembab dan basah sehingga mudah mengeluarkan dahak.

2. Obat Diare

Selain mengobati batuk, kencur juga bermanfaat untuk obat diare. Rempah ini mengandung anti bakteri sehingga bisa meredakan diare.

Manfaat kencur seperti ini juga sudah pernah di publikasi dalam jurnal “International Journal of Pharmacy and Pharmaceutical Sciences“.

Kencur mempunyai dua kekuatan penting yaitu mengandung anti bakteri dan mengandung sitotiksik. Yang mana keduanya adalah agen untuk membunuh bakateri.

Cara mengobati diare dengan kencur adalah dengan mencampurkan satu sendok sari kencur atau kencur yang sudah di pelihara.

3. Mencegah Penyakit Kanker Lambung

Tahukah anda bahwa kanker lambung bisa terjadi akibat dari virus H. pylori yang menyerang lapisan lambung dan usus. Ini suudah terbukti bahwa H. pylori-lah yang menyebabkan terjadinya kanker kanker lambung dalam beberapa kasus kanker lambung.

H pylori adalah bakteri ganas yang mengorek lapisan usus dan lambung untuk bertahan hidup dan ia mengubah enzim urease menjadi amonia sehingga membahayakan manusia.

Baca juga:  Manfaat Pisang Ambon untuk Kesehatan

Akibat dari kerja bakteri ini maka sel-sel pada usus akan mengalami kerusakan dan usus atau lambung menjadi bermasalah. Maka salah satu obat herbal untuk membunuh bakteri H pylori adalah dengan kencur.

Campurkan kencur yang sudah di haluskan dalam setengah gelas air hangat dan minum setiap hari.

4. Obat Stres

Kencur juga bermanfaat untuk menghilangkan stres. Jadi, jika setrs kerapkali menyerang anda, anda bisa memanfaatkan kencur sebagai obat tradisional untuk menghilangkan stres. Ini adalah hasil penelitian dari Universitas Jahangirnagar Bangladesh.

Penelitian itu mengatakan bahwa kencur mengandung anti-depresan yang bisa berfungsi sebagai sedatif untuk menenangkan saraf.

Jika anda sering mengalami sters, coba buat herbal sendiri dari campuran kencur dengan air jahe, perasan lemon, madu, dan air hangat. Minum herbal ini secara perlahan hingga anda merasakan rilek dan santai.

5. Menambah Nafsu Makan

Anda kurang nafsu makan? Kemungkinan beberapa masalah kesehatan bisa menyebabkan seseorang kehilangan nafsu makan. Untuk mengatasi masalah ini, cara paling efektif adalah menghilangkan penyakit tertentu, disamping itu anda bisa membantu dengan membuat herbal dari kencur.

Sebenarnya, kencur atau minuman kencur adalah ramuan kuno yang sudah di praktekkan oleh nenek moyang kita dahulu. Dulu ada yang disebut jamu beras kencur, nah ini adalah ramuan dari beras, kencur, gula merah dan asam jawa dan cukup bagus untuk kesehatan.

Untuk meningkatkan nafsu makan, anda bisa membuat ramuan beras kencur dan minum setiap harinya.

6. Mencegah Karies Gigi

Sebagaimana kita tahu bahwa karies gigi bisa terbentuk karena mikroba dan bakteri yang tertumpuk pada gigi dan lambat laun jika gigi tidak dibersihkan maka akan berubah menjadi karies.

Untungnya ada herbal alami atau rempah kuno yang bisa di manfaatkan seperti kencur. Kencur tidak hanya mengandung anti baketri juga anti mikroba yang bisa mencegah terjadinya karies gigi. Jadi, kita bisa menggunakan kencur atau minum air kencur secara rutin, bisa juga dengan berkumur-kumur dengan air rebusan kencur.

7. Menghilangkan Nyeri

Apakah kamu serig mengalami pegal linu dan nyeri tubuh. Jika ya, kencur bisa menjadi alternatif yang vukup bagus. Kencur baik untuk menghilangkan rasa nyeri yang anda alami. Untuk menambahkan rasa, kamu bisa menambahkan madu kedalam sari kencur. Selain rasanya manis, penamahan madu juga bisa meningkatkan manfaat dan khasiat dari rebusan atau seduhan kencur.

Rajin minum rebusan kencur dengan madu bisa menghilangkan masalah seperti nyeri pinggang, sakit kepala, encok, bahkan bisa menghilangkan nyeri sendi.

Itulah kandungan kencur dan manfaat kencur untuk kesehatan yang penting di ketahui. Kendcur adalah rempah yang sangat mudah didapatkan karena ia sering di gunakan dalam masakan. Kamu bisa mendapatkan kencur di pasar tradisional atau pasar sayuran.