Manfaat Kunyit untuk Kesehatan dan Kecantikan
id.theasianparent.com

Manfaat kunyit – Kunyit adalah rempah dan bahan dapur yang cukup banyak terdapat di Indonesia, bahkan kunyit termasuk salah satu komoditi Nusantara yang luar biasa. Kunyit walaupun terkenal sebagai bumbu dapur namun manfaatnya tidak hanya sebatas sebagai bumbu untuk memberikan warna dan aroma masakan. Tetapi, kunyit juga bermanfaat untuk kesehatan bahkan untuk kecantikan.

Dalam artikel ini kami akan menguraikan lebih lanjut tentang manfaat kunyit dalam kehidupan manusia. Sebelum kita jelaskan satu persatu, kita perlu tahu bahwa kunyit mengandung beragam zat yang membuatnya sangat berharga dalam menjaga kesehatan, kecantikan bahkan dalam mengobati berbagai masalah kesehatan termasuk hepatitis, liver, rematik bahkan kanker. Berikut beberapa zat dominan yang ada dalam kunyit sehingga ia sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Nutrisi dalam Kunyit

Zat warna kurkuminoid: Ini adalah sebuah senyawa yang di sebut “diarilheptanoid” ada sekitar 3-4%, terdiri dari Curcumin, desmetoksikurkumin, dihidrokurkumin dan bisdesmetoksikurkumin.

Minyak atsiri: Juga mengandung minyak atsiri sebanyak 2-5%, ia terdiri dari seskuiterpen, turunan fenilpropana turmeron (aril-turmeron, alpha turmeron dan beta turmeron), kurlon kurkumol, atlanton, bisabolen, seskuifellandren, aril kurkumen, zingiberin, dan humulen.

Mineral: Mengandung juga magnesium, kalsium, besi, mangan, kalium, natrium, timbal, kobalt, seng, aluminium dan bismuth

Zat lain: Selain itu, kunyit juga mengandung zat lain seperti fruktosa, glukosa, Arabinosa, pati, tanin dan dammar.

Setelah kita tahu sekilas tentang kandungan dari kunyit, sekarang kita lihat apa saja manfaat kunyit untuk kesehatan kecantikan. Semoga bisa memberikan banyak pengetahuan sehingga kita paham dan mengerti lebih jauh tentang manfaat bumbu daput berwarna kuning ini.

Manfaat Kunyit untuk Kesehatan

1. Anti peradangan

Salah satu manfaat kunyit untuk kesehatan adalah sebagi anti peradangan, ini berkat adanya minyak volatile dalam kunyit. Minyak volatile bertidak sebagai anti inflamasi atau peradangan sehingga kunyit sangat baik untuk menghilangkan nyeri sendi atau penyakit akibat peradangan lainnya.

Selain minyak tadi, dalam kunyit juga mengandung agen farmakologis, ini adalah kurkumin yaitu zat yang memberikan warna kuning pada kunyit. Kekuatan kurkumin dalam menghilangkan peradangan sebanding dengan penggunaan obat obat hydrocortisone dan fenilbutazon. Jadi, sangat luar biasa untuk di gunakan pada perangan dibandingkan dengan menggunakan obat kimia yang memiliki banyak efek samping.

Baca juga: 7 Manfaat Kencur (Kaempferia Galanga)

2. Mengobati Rheumatoid Arthritis (radang sendi kronis)

Dalam kunyit, kandungan curcumin tidak hanya sebagai anti peradangan namun juga mengandung antioksidan yang sangat kuat sehingga kunyit bisa menetralisir efek radikal bebas. Jadi, kunyit penting sebagai bahan obat-obat seperti radang sendi yang banyak di alami orang yang telah lanjut usia.

Dalam sebuah penelitian untuk membuktikan manfaat kunyit yang mengandung kurkumin ternyata memiliki efek yang sebanding dengan obat fenilbutazon serta membutuhkan waktu yang sama dalam mengatasi radang sendi.

3. Mencegah kanker

Kunyit juga kaya dengan antioksidan dan kita tahu ini adalah zat yang sangat bermanfaat untuk mencegah dan melawan radikal bebas dari sel tubuh terutama terhadap sel pada usus besar. Sel pada usus besar selalu terjadi pergantian bahkan setiap harinya terjadi pergantian sel, maka dengan adanya antioksidan dalam kunyit, ini bisa meminimalkan terbentuknya sel tidak normal atau kanker.

Kurkumin bermanfaat untuk menghancurkan sel-sel kanker, caranya adalah dengan meningkatkan fungsi hati. Ketika fungsi semakin baik dan kuat maka sel-sel kanker dengan mudah bisa di bunuh. Selain ini, kurkumin juga bekerja untuk menghambat sintesis protein, ini adalah tersangka utama dalam pembentukan sel tumor, serta mencegah transfer darah untuk pembentukan sel kanker. kekuatan kunyit dalam membasmi kanker sama kuatnya dengan penggunaan daun sirsak, maka jangan abaikan manfaat kunyit ini, anda bisa menambahkan kunyit dalam aneka masakan anda.

Beberapa jenis kanker yang efektif dicegah oleh kunyit adalah Kanker hati, Kanker darah, Kanker usus besar, dan Kanker prostat.

4. Meningkatkan antioksidan

Kurkumin adalah jenis antioksidan dalam kunyit yang berfungsi untuk menetralkan radikal bebas dalam tubuh serta meningkatkan aktivitas enzim antioksidan dalam tubuh manusia sehingga dengan mudah bisa memberikan perlawanan terhadap radikal bebas.

5. Meningkatkan fungsi hati

Manfaat lain dari kunyit adalah meningkatkan fungsi hati. Itulah sebabnya jika seseorang terkena virus hati atau liver, kunyit bisa menjadi salah satu obat tradisional yang efektif. Kunyit akan mendetoksifikasi racun ‘xenobiotik’ dalam tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa tikus yang di berikan kunyit memiliki kemampuan detoksifikasi racun yang lebih kuat di bandingkan dengan yang tidak.

6. Mengurangi resiko terhadap leukimia

leukemia adalah penyakit berbahaya atau disebut dengan kanker darah. Sebuah penelitian yang di lakukan di London menunjukkan bukti bahwa orang yang mengkonsumsi kunyit memiliki resiko lebih rendah terhadap penyakit leukemia.

Ini adalah study yang di lakukan oleh dokter Prof. Moolky Nagabhushan dari Loyola University Medical Centre, Chicago, IL, ia sudah 20 tahun melakukan dan mempelajari tentang ini dan berkesimpulan bahwa kunyit memang sangat luar biasa dalam memusnahkan penyebab leukemia.

Ia mengatakan bahwa manfaat kurkumin dalam kunyit adalah:

Kurkumin Menghambat mutagenisitas hidrokarbon aromatik polisiklik (PAH) (bahan kimia karsinogenik yang diciptakan oleh pembakaran bahan bakar berbasis karbon termasuk asap rokok)

Menghambat radiasi kerusakan kromosom

Mencegah pembentukan amina heterosiklik berbahaya dan senyawa nitroso, yang terdapat pada makanan olahan tertentu, seperti produk daging olahan yang mengandung nitrosamin.

Menghambat perbanyakan sel leukemia dalam kultur sel

7. Manfaat kunyit untuk kardiovaskular

Penyakit kardiovaskular adalah penyakit yang berhubungan dengan pembuluh darah seperti stroke, serangan jantung dan lain-lain. Manfaat kurkumin disini adalah mencegah oksidasi kolesterol dalam tubuh sehingga menurunkan resiko terhadap tersumbat-nya pembuluh darah. Ini di percaya bisa mencegah terjadinya penyakit berbahaya seperti stroke, serangan jantung dan mencegah perkembangan aterosklerosis.

Kunyit adalah bumbu dapur yang kaya vitamin B6, ini bermanfaat untuk mencegah meningginya kadar homocysteine dalam tubuh. Pernah sebuah penelitian tentang ini dipublikasikan dalam jurnal berjudul “Indian Journal of Physiology and Farmakologi”. partisipan mengkonsumsi kunyit sebanyak 500 mg setiap hari selama tujuh hari. Hasilnya tidak hanya menurunkan tingkat oksidasi darah yang bisa menurunkan kolesterol 33%, tetapi juga total kolesterol bisa menurun hingga 11.63%. Mengejutkan lagi, tingkat HDL atau kolesterol baik mengalami peningkatan hingga 29%.

8. Mencegah Alzheimer

Alzheimer adalah penyakit yang berhubungan dengan usia yang semakin lajut. Biasanya alzheimer terjadi pada orang yang sudah lansia. Namun dengan mengkonsumsi kunyit secara teratur baik secara langsung atau memasukkan kedalam makanan, maka resiko terhadap penyakit ini bisa menurun.

Penelitian menunjukkan bahwa kurkumin adalah konstituen biologis aktif yang bisa mencegah terjadinya alzheimer. Ada sebuah penelitian yang di dipublikasikan dalam Journal Biokimia Italia (Desember 2003), menjelaskan bahwa kurkumin memiliki peranan dalam induksi dari jalur oxygenase heme. Ini adalah sistem pelindung yang menghasilkan bilirubin antioksidan yang lebih kuat sehingga bisa melindungi otak terhadap dan melawan oksidatif (radikal bebas) serta cidera.

Penelitian lain menyatakan bahwa kurkumin berperan penting dalam menginduksi gen dan ini disebut hemeoxygenase-1 (HO-1) di astrosit pada hippocampus otak.

9. Mencegah depresi

Selanjutnya, manfaat kunyit adalah mencegah depresi. Seseorang yang sering mengalami depresi juga bisa menyebabkan menurunnya fungsi neurotropik dan bisa menyebabkan menyusut nya hippocampus. Hippocampus adalah area otak yang berperan dalam belajar dan mengingat sesuatu.

Manfaat kunyit untuk kesehatan tidak hanya pada sembilan (9) poin di atas saja, namun masih banyak lagi manfaat kunyit yang perlu anda ketahui. Dibawah adalah manfaat lain dari kunyit yang bisa anda rasakan. Kami akan menulis beberapa kegunaan lain dari kunyit berikut ini, semoga menjadi tambahan informasi dari artikel yang sudah kami tulis di atas.

  1. Mengobati Tifus
  2. Diabetes Mellitus
  3. Obat Usus Buntu
  4. Sakit Keputihan
  5. Obat untuk Disentri
  6. Haid tidak lancar
  7. Membantu memperlancar ASI
  8. Perut mules pada saat haid
  9. Kunyit bagus untuk membantu persalinan
  10. Cangkrang (waterproken)
  11. Menyapih bayi
  12. Amandel
  13. Mengobati Morbili
  14. Berak Lendir
  15. Sakit Perut
  16. Mengobati Perut Mulas
  17. Perut Mual
  18. Perut Kembung
  19. baik untuk mengobati Maag
  20. Diare
  21. Sembelit
  22. Menyembuhkan Sakit Kepala
  23. Susah untuk buang air besar
  24. Mengobati Sariawan
  25. Sakit karena gigi berlubang
  26. Mabuk Kendaraan
  27. Penambah darah
  28. Menambah Nafsu Makan
  29. Membersihkan darah
  30. Mengobati Eksim
  31. Mengobati borok atau koreng
  32. Mengobati bisul
  33. Mengobati bengkak akibat sengatan serangga
  34. Mengobati Kurap, dan
  35. Mengobati Gatal – gatal

Manfaat Kunyit Untuk Kecantikan

Kunyit tidak hanya bermanfaat untuk bumbu dapur, menyedapkan makanan, dan untuk mengobati berbagai keluhan kesehatan tetapi kunyit juga bermanfaat untuk kecantikan. Berikut kita lihat apa saja manfaat kunyit sebagai herbal alami untuk kesehatan.

  1. Memudar-kan dan menghilangkan noda pada jerawat
  2. Membuat kulit kelihatan kencang dan tidak keriput
  3. mengurangi produksi minyak berlebihan sehingga bagus untuk mengurangi minyak pada wajah
  4. Baik untuk mengobati jerawat
  5. Menghilangkan kerutan kulit atau tanda penuaan
  6. Sebagai pewarna rambut alami
  7. Mencegah penuaan dini karena kunyit banyak antioksidannya
  8. Mengurangi bulu pada kulit, ini cocok untuk wanita
  9. Mengatasi kerontokan rambut
  10. Mengangkat sel-sel kulit mati.
  11. Menghilangkan ketombe yang membandel
  12. Menghaluskan kulit pada area tumit dan siku
  13. Baik untuk melembutkan kulit
  14. Membuat kulit gelap menjadi lebih putih dan terang

Demikianlah manfaat kunyit untuk kesehatan dan untuk kecantikan, semoga bisa menjadi tambahan informasi untuk kita semua dalam memanfaatkan bahan alami sebagai bahan pengobatan secara tradisional. Kunyit adalah bahan herbal atau bumbu dapur yang sangat mudah didapatkan, maka sangat rugi jika kita tidak tahu manfaat-manfaat kunyit untuk kesehatan.