manfaat minyak bumi bagi manusia
goodnewsfromindonesia.id

Manfaat minyak bumi bagi kehidupan manusia sungguh sangat besar bahkan kita tidak bisa membayangkan bagaimana kehidupan ini tanpa ada manfaat dari minyak bumi. Minyak bumi adalah sumber mineral yang luar biasa penting dan didapat langsung dari dalam perut bumi atau kerak bumi dengan cara di buat pertambangan atau kilang minyak. Kehidupan manusia modern tidak terlepas dari minyak bumi bahkan ini menjadi sumber energi utama dalam menggerakkan kehidupan di muka bumi.

Proses Pembentukan Minyak Bumi

Dasarnya, minyak bumi memiliki bentuk cair dan warna gelap dan di temukan di bagian atau lapisan bawah bumi atau di lapisan bawah lautan. Proses pembentukan minyak bumi jutaan tahun lalu adalah melalui tahap-tahap berikut:

1. Terjadi dari adanya hewan atau tumbuhan yang terkubur jutaan tahun lalu di bawah lapisan bumi

2. Hewan dan tumbuhan yang mati jutaan tahun itu akan di bawa ke bawah bumi lewat pergerakan lempengan bumi yang terjadi dalam proses jutaan tahun

3. Hewan dan tumbuhan yang telah menjadi fosil ini akan bereaksi dengan panas bumi dan gas alam

4. Reaksi inilah kemudian mengubah fosil tersebut menjadi cair dan berubah menjadi cairan hitam dibawah lapisan bumi.

Minyak bumi sekarang dimanfaatkan sebagai sumber energi untuk menggerakkan kehidupan dan roda perekonomian di bumi ini. Minyak bumi termasuk sumber energi yang tak ter-barukan, itulah sebabnya banyak poster hemat energi yang perlu di kampanye-kan agar manusia modern bisa memanfaatkan minyak bumi dan gas alam secara maksimal tanpa membuang-buangnya karena jika minyak bumi habis, maka kehidupan anak cucu kita akan kembali kepada kehidupan purba.

Lantas, apa manfaat minyak bumi dalam kehidupan manusia sehari-hari yang lebih jelas dan detail. Berikut kita simak ulasan tentang manfaat minyak bumi bagi kehidupan manusia.

Manfaat Minyak Bumi bagi Kehidupan Manusia

1. Sebagai bahan bakar

Minyak bumi mempunyai manfaat besar sebagai bahan bakar kendaraan. Memang dasarnya, minyak bumi mentah belum bisa dimanfaatkan bahkan sangat berbahaya bagi manusia. Namun setelah di proses dengan berbagai tahap termasuk penyulingan yang kemudian keluarlah residu minyak bumi berupa bensin, minyak tanah, bensol, dan solar. Inilah hasil akhir yang kemudian dimanfaatkan untuk menggerakkan berbagai mesin kendaraan dan mesin-mesin lainnya dalam menjalankan aktivitas manusia.

Jadi, sampai disini sudah bisa dibayangkan bagaimana pentingnya minyak bumi bagi kehidupan manusia hari ini.

2. Sebagai sumber gas cair

Gas cair adalah gas yang sering digunakan untuk memasak atau di kenal dengan gas LPG. Gas ini juga hasil dari minyak bumi yang telah di proses dengan penyulingan dan pemurnian khusus. Bahkan, gas cair ini adalah produk yang lebih berbobot dan lebih mahal dibandingkan dengan minyak tanah atau bahan bakar.

3. Industri kimia

Manfaat minyak bumi selanjutnya adalah digunakan dalam industri kimia. Dalam pengolahan minyak bumi untuk menjadi produk unggulan seperti BBM dan gas cair ternyata jua menghasilkan bahan kimia yang bermanfaat untuk hal lain. Beberapa produk yang selain dari gas dan BBM adalah cat minyak, cat dinding, cat kayu, cat mobil, dan produk plastik lainnya.

Artinya, sisa dari pengolahan minyak bumi tidak buang karena masih di manfaatkan untuk kemakmuran hidup manusia seperti pembuatan cat tadi.

4. Produk bahan serat

Produk bahan serat seperti rayon, nilon, polyester juga merupakan produk yang di hasilkan dari perpaduan minyak bumi dan bahan lainnya. Jadi, campuran serat ini adalah salah satu hasil yang didapat dari pengolahan minyak bumi setelah sekian kali proses.

Jadi, produk yang di hasilkan ini juga sangat besar manfaatnya untuk kehidupan manusia dan hingga sekarang belum di temukan bahan dasar atau sumber lainnya yang berkualitas seperti bahan serat dari minyak mentah ini.

5. Sumber produksi polimer

Selain sebagai sumber bahan serat, minyak mentah bumi juga bermanfaat untuk membuat polimer yang berguna di dunia industri. Salah satu industri yang memanfaatkan bahan polimer yang dihasilkan dari minyak mentah adalah industri plastik.

Manusia modern juga sangat tergantung dengan plastik, plastik digunakan sebagai tempat menempatkan susuatu, kantong, mainan, dan berbagai keperluan lainnya yang sangat penting dan di butuhkan oleh manusia.

6. Sumber Poliuretan

Selanjutnya, manfaat minyak bumi dalam kehidupan manusia adalah sebagai sumber pembuatan Poliuretan. Poliuretan adalah barang yang selalu ada di rumah hanya saja kita tidak menyadarinya. Barang yang di buat dari Poliuretan yang di hasilkan dari minyak bumi mentah adalah produk berbusa. Tentu di rumah kita selalu ada produk dari busa seperti sofa dan lain-lain.

7. Bahan produksi mobil

Manfaat minyak bumi mentah juga di gunakan dalam industri atau pembuatan mobil. Diantara bagian dari tubuh mobil yang di buat dari bahan mentah minyak bumi adalah blok bodi mobil, dan kabel instalasi listrik. Ini di buat dari sejumlah serat yang di hasilkan dari pengolahan minyak bumi yang telah melewati beberapa kali tahap.

Selain itu, bahan-bahan yang digunakan untuk keperluan mobil seperti minyak rem, minyak pelumas dan bahan bakar mobil ternyata juga terbuat dari minyak bumi. Bagaimana jika minyak bumi habis? Tentu kehidupan akan berubah drastis kembali ke teknik hidup masa lalu.

8. Produk keperluan dapur

Manfaat lain minyak bumi adalah sebagai bahan untuk pembuatan keperluan dapur. Aneka produk dan kebutuhan dapur seperti kulkas, kunci jendela, kunci pintu, kursi, dan panel pintu dalam proses pembuatan-nya ternyata juga melibatkan minyak bumi.

Disini minyak bumi di gunakan sebagai sumber panas untuk pengolahan seperti sebagai bahan dalam pengolahan baja, besi atau aluminium.

9. Sebagai sumber pengolahan pupuk

Minyak bumi juga dilibatkan dalam pengolahan pupuk yaitu senyawa minyak bumi mentah, disamping penggunaan hidrogen. Jadi, dunia pertanian ternyata juga mengambil manfaat besar dari minyak bumi mentah sehingga bisa menghasilkan pupuk yang menyuburkan tanaman.

10. Penggerak listrik

Minyak bumi juga di butuhkan untuk menggerakkan listrik yang sangat di butuhkan oleh manusia dalam kehidupan sehari-hari. Minyak bumi yang telah sedemikian rupa akan akan menghasilkan tenaga uap, nah kemudian uap panas ini akan menggerakkan turbin yang ada pada sistem pembangkit dan ini akan di singkronkan pada penggerak magnet sehingga menghasilkan arus listrik dan menghidupkan lampu dan berbagai mesin lainnya dalam menggerakkan perekonomian manusia.

11. Untuk menggerakkan listrik bertenaga surya

Listrik tenaga surya sekarang sedang di galakkan dan ini adalah teknologi terbaru yang di temukan dan sangat bermanfaat untuk menghidupkan listrik. Jadi sinar matahari sekarang bisa di gerakkan dengan memanfaatkan tenaga atau panas matahari. Dalam keadaan minyak bumi terbatas, ini sangat penting dilakukan dan minimal bisa membantu untuk bisa menyinari malam yang gelap.

Namun demikian, untuk menggerakkan listrik bertenaga surya agar bisa menghasilkan listrik tetap masih membutuhkan bahan dari minyak bumi yaitu resin.

Itulah beberapa manfaat minyak bumi untuk kehidupan manusia sehari-hari. Keberadaan minyak bumi yang semakin hari semakin berkurang dan terbatas ternyata sangat besar bagi kehidupan manusia. Oleh karena itu, pemanfaatan minyak bumi harus di hemat sebaik mungkin agar bisa memperpanjang waktu penggunaannya. Mengingat minyak bumi adalah sumber energi yang tak dapat diperbaharui, maka satu-satunya langkah adalah berhemat, dan menggalakkan penggunaan energi surya.

Semoga saja dengan mengetahui manfaat minyak bumi kita bisa semakin bersyukur atas nikmati yang Allah berikan dan semakin sayang kepada lingkungan dengan tidak memboroskan penggunaan listrik.