Manfaat Yakult bagi Kesehatan
Beberapa manfaat Yakult bagi Kesehatan

Manfaat yakult – Yakult adalah minuman probiotik yang cukup bagus untuk pencernaan. Yakult dibuat dari fermentasi susu skim dan gula dengan kandungan bakteri Lactobacillus casei. Semua orang pasti sudah tahu apa itu yakult. Ini adalah mirip dengan yogurt yang sangat bagus untuk pencernaan. Rasanya manis asam dengan segudang manfaat untuk kesehatan manusia terutama untuk usus.

Minuman sehat ini sudah ada di tanah air Indonesia sejak tahun 90-an lalu. Asal mula minuman ini adalah dari Jepang yang mana merk aslinya di sana adalah “Jahurto” yang berarti yoghurt. Ia mengandung cukup banyak bakteri baik yang disebut Lactobacillus casei, dalam satu botol yakult kecil saja sudah mengandung bakteri ini sebanyak 6,5 miliar. Pada dasarnya bakteri Lactobacillus casei memang makhluk yang hidup dalam usus untuk melancarkan pencernaan dan menghambat perkembangan dan pertumbuhan bakteri jahat. Maka, sangat penting bagi kita untuk menambahkan jumlah bakteri baik ini, salah satu caranya adalah dengan mengkonsumsi yakult.

Itulah sekilas tentang yakult, lantas apa saja manfaatnya untuk kesehatan tubuh kita? Artikel ini hadir untuk memberikan informasi tentang manfaat yakult untuk kesehatan sebagaimana yang di ambil dair sumber-sumber terpercaya.

Manfaat Yakult bagi Kesehatan

Kita tahu yakult adalah minuman kesehatan, jadi manfaatnya untuk kesehatan tentu sangat banyak dan luarbiasa. Jika di konsumsi secara rutin, maka manfaat untuk kesehatan sangat besar sekali bahkan termasuk mencegah penyakit kronis.

1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Salah satu manfaat yakult adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan cara menangkal bakteri dan virus yang menjadi penyebab penyakit tersebut. Sebagaimana kita tahu bahwa yakult mengandung bakteri baik yang baik untuk usus. Nah, ketika usus baik dan bekerja dengan kuat maka kekebalan tubuh akan berangsur menjadi lebih baik.

Kandungan bakteri baik, Lactobacillus casei shirota strain dalam yakult akan melawan keberadaan bakteri jahat dan virus yang terinfeksi pada tubuh. Bahkan jika anda sudah diserang penyakit sekalipun, yakult bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit tersebut. namun untuk konsumsi dalam jumlah besar, di harapkan anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

2. Baik untuk kesehatan usus

Selain meningkatkan kekebalan tubuh, manfaat yakult adalah menyehatkan buat usus sebagai sistem pencernaan. Usus berperan penting dalam kehidupan manusia, karena lewat ususlah manusia mendapatkan nutrisi dan apapun yang di butuhkan tubuh. Jika usus sehat maka segala hal yang berkenaan dengan kesehatan akan baik namun jika usus dalam keadaan sakit, maka organ ubuh lainnya juga akan kurang maksimal dalam bekerja. Bahkan bisa menyebabkan infeksi, radang usus, sembelit dan bahkan diare.

Usus seringkali mendapatkan masalah akibat dari makanan yang tidak higienis sehingga menyebabkan infeksi bakteri dalam usus. Jadi, bakteri baik yang ada dalam yakult yang disebut Lactobacillus casei shirota strain akan bekerja ekstra untuk melawan infeksi bakteri jahat sehingga perut menjadi sehat kembali.

Jadi, manfaat yakult adalah menambahkan pasokan bakteri baik agar masalah dalam usus bisa di perbaiki dan mampu melawan bakteri jahat yang menyebabkan masalah.

3. Mencegah magg atau lambung

Yakult yang terasa agak asam adalah obat untuk mengatasi maag atau lambung. Ini juga akibat dari hadirnya bakteri baik dalam yakult. Bahkan, yakult tidak hanya bisa mencegah maag namun juga bisa mengatasi dan mengobati maag.

Jadi, anda yang terkena maag, tidak perlu takut untuk mengkonsumsi yakult ini. Namun tetap menjaga porsi sedang dalam mengkosumsi yakult. karena segala sesuatu itu harus pertengahan dan jika berlebihan bisa menyebakan efek buruk bagi kesehatan.

4. Mengobati perut kembung

Perut kembung adalah masalah yang terjadi karena mengkonsmsi makanan berlemak dan berminyak. AkIBAT DARI PERUT KEMBUNG TERSEBUT maka berbagai masalah lain bisa muncul seperti lemas dan mual.

Jadi, manfaat dari yakult tersebut adalah sebagai obat untuk perut kembung akibat dari kelebihan lemak. Jadi, yakult mengandung tinggi probiotik alami yang baik untuk mengatasi reaksi tubuh terhadap lemak.

5. Menurunkan lemak tubuh

Manfaat yakult untuk kesehatan adalah sebagai penurun lemak dalam tubuh. Ini menjadi sangat baik bagi anda yang sedang dalam program diet.

Sifat probiotik dalam yakult mengikat lemak sehingga lemak di keluarkan dari tubuh melalui berbagai proses. Jadi, ini membantu anda menurunkan berat badan selain anda juga perlu mengkonsumsi makanan lainnya yang memberikan efek baik untuk penurunan berat badan.

6. Menurunkan kolesterol jahat

Kolesterol jahat atau LDL adalah unca masalah dari beberapa penyakit berbahaya seperti stroke dan jantungan. Maka, mengkonsumsi yakult menjadi salah satu cara menurunkan kolesterol jahat disamping mengkonsumsi makanan penurunan LDL.

Mengkonsumsi yakult setiap hari baik untuk mencegah tinggi kolesterol jahat sehingga mencegah berbagai penyakit kronis dan berbahaya. Walaupun demikian, yakult tetap harus di periksa leibh jauh lagi sebagai minuman penurun kolesterol jahat.

7. Melawan eksim

Eksim adalah penyakit kulit yang bisa menghilangkan kecantikan dan kesehatan kulit anda, mengkosnumsi yakult di katakan bagus untuk membunuh dan melawan eksim yang terjadi pada kulit.

Bakteri baik Lactobacillus casei, menjadi faktor pencegah terjadinya eksim pada kulit. Jadi, mencegah eksim adalah dengan menjaga kebersihan kulit disamping juga mengkonsumsi yakult sebagai makanan pembantu dalam mencegah dan melawan eksim.

Baca juga: Manfaat cuka apel

8. Detoks alami

Yakult adalah minuman kesehatan yang sekaligus berfungsi sebagai detoks alami atau mengeluarkan racun dari tubuh. Setiap makanan yang kita makan sehari-hari psti menjadi tambahan bagi racun walaupun sedikit namun dengan mengkonsumsi yaklt kita bisa mengeluarkan racun tubuh lewat feses akibat dari lancarnya pencernaan.

Tidak terlepas juga dari peranan bakteri Lactobacillus casei yang ada dalam yakult. Maka, sangat bagus untuk mengkonsumsi yakult setiap hari satu botol karena bisa menambahkan bakteri baik dalam usus sehingga mampu menjaga kesehatan usus tetap baik.

9. Mencegah terjadinya penyakit kronis

Secara khusus, manfaat yakult adalah untuk menjaga kesehatan usus agar tetap berfungsi dengan baik. Namun perlu di ketahui bahwa usus kotor menjadi masalah bagi berbagai penyakit dalam tubuh. Maka, menjaga usus adalah bentuk lain dari menjaga kesehatan secara umum.

Maka, tidak salah jika manfaat yakult juga memberikan efek terhadap penyembuhan berbagai penyakit dalam tubuh termasuk penyakit berbahaya seperti stroke dan lain-lain.

10. Membantu BAB pada Ibu hamil

Manfaat yakult untuk ibu hamil adala melancarkan pencernaan termasuk BAB. Sebagaimana kita tahu, bahwa salah satu masalah yang sering terjadi pada ibu hamil adalah kosntipasi. Maka, dengan mengkonsumsi yakult masalah ini bisa teratasi. Mengedan ketika BAB adalah hal biasa, namun jika terjadi pada ibu hamil, dalam kondisi tertentu bisa berbahaya bagi janin.

Maka mengkonsumsi minuman kesehatan ini sangat baik untuk mencegah terjadinya masalah ini pada ibu hamil. Mengkonsumsi yakult sebanyak 2 kali sehari sangat membantu menghilangkan dan mencegah sembelit pada ibu hamil.

11. Memperbanyak jumlah bakteri baik dalam usus

Usus adalah tempatnya berbagai jenis bakteri. Bakteri di bagi dua, ada yang baik dan ada yang jahat. Memperbanyak bakteri baik dalam usus sangat penting untuk menghalau bakteri jahat yang menyebabkan berbagai infeksi dalam tubuh.

Demikianlah beberapa manfaat yakult bagi kesehatan semoga pengetahuan kita terhadap cara menjaga kesehatan dengan baik. Memang beberapa waktu lalu, otoritas keamanan pangan Eropa (EFSA) mengatakan tidak terbukti bahwa yakult sebagai minuman yang berguna untuk usus, namun demikian tidak asa salahnya jika kita mengkonsumsinya dalam jumlah standar karena banyak yang merasakan manfaat dari minuman probiotik ini, terutama untuk kelancaran pencernaan. Jika pencernaan menjadi lancar maka berbagai pintun tempat munculnya penyakit akan terhenti.