Metode Pembelajaran Pengertian Macam metode

Pengertian Metode Pembelajaran

Metode pembelajaran adalah suatu cara dalam menyampaikan pendidikan kepada pelajar yang di lakukan secara sistematis, teratur oleh tenaga pendidik atau guru.

Ada juga yang mengatakan bahwa metode pembelajaran atau learning method adalah teknik atau taktik dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar di dalam kelas yang di jalankan oleh tenaga pengajar dengan tujuan agar tujuan pembelajaran yang sudah di tetapkan bisa berjalan dengan baik dan sesuai dengan yang di harapkan.

Dalam kegiatan belajar mengajar, seorang pendidik atau guru harus bisa menerapkan taktik atau strategi yang baik sesuai dengan karakter para siswa. Dengan cara ini proses belajar mengajar akan berjalan dengan baik dan siswa merasa senang menerima pelajaran sehingga mudah bagi mereka dalam menyerap pelajaran yang di berikan.

Metode Pembelajaran Menurut Para Ahli

Untuk bisa memahami metode pembelajaran dengan baik, kita harus mengerti dulu beberapa pengertian metode pembelajaran sebagaimana yang telah di devinisikan oleh para ahli. Berikut beberapa pendapat para ahli tentang metode pembelajaran.

1. Abdurrahman Ginting

Abdurrahman Ginting mengatakan bahwa metode pembelajaran adalah pola atau cara khas dalam memanfaatkna berbagai prinsip dasar pendidikan dan termasuk berbagai teknik dan sumber daya yang berhubungan lainnya dengan tujuan atau supaya terjadi proses pembelajaran pada siswa.

2. Hasby Ashydiqih

Seorang ilmuwan bernama Hasby As-shiddiqy mengatakan bahwa metode pembelajaran adalah seperangkat cara yang di lakukan demi tercapainya tujuan tertentu dalam proses pembelajaran.

3. Nana Sudjana

Pengertian metode pembelajaran menurut Nana Sudjana adalah cara yang digunakan oleh guru atau pendidik dalam mengadakan hubungan dengan siswa ketika berlangsungnya proses belajar mengajar.

4. Ahmadi

Ahmadi mengatakan bahwa metode pembelajaran adalah ilmu pengetahuan tentang berbagai cara mengajar yang di pakai oleh guru atau instruktur.

5. Sobri Sutikno

Selanjutnya, ada pengertian metode pembelajaran yang di devinisi oleh Sobri Sutikno. Beliau mengatakan bahwa metode pembelajaran adalah cara yang digunakan dalam menyajikan materi pelajaran kepada siswa agar terjadi proses pembelajaran pada diri murid agar tercapai tujuan.

Macam-Macam Metode Pembelajaran

Metode pengajaran ada banyak jenisnya dan ragamnya. Sebagai seorang pengajar atau pendidik, sepatutnya kita memahami dan mengerti macam-macam metode pengajaran. Tujuannya adalah agar kita bisa menerapkan model metode mana yang sesuai terhadap peserta didik sehingga proses belajar mengajar bisa berjalan dengan baik.

1. Metode Ceramah

Slaah satu metode pembelajaran adalah metode ceramah. Ini adalah cara konvensionaldalam menyampaikan informasi secara lisan kepada siswa. Metode ini dianggap sebagai cara paling praktis dan ekonomis tetap tetap saja dalam metode ini ada kekurangan dan kelebihannya.

Apa saja kelebihan dan kekurangannya?

Kelebihan metode ceramah

  • Pengajar bisa mengendalikan kelas dengan baik
  • Baik untuk mendorong siswa agar fokus
  • Proses pembelajaran lebih mudah di lakukan
  • Kegiatan belajar bisa di ikuti oleh seberapapun banyak peserta didik

Kekurangan metode ceramah

  • Peserta didik biasanya pasif karena hanya mendengar
  • Kegiatan belajar belajar biasanya membosankan
  • Siswa yang lebih fokus dengan sistem belajar visual biasanya akan kesulitan menerima pelajaran
  • Proses belajar hanya akan fokus pada pengertian kata-kata saja.

2. Metode demonstrasi

Selanjutnya, ada metode pembelajaran demonstrasi. Ini adalah sebuah metode pengajaran yang dilakukan dengan bentuk praktikum, ini akan membuat siswa dan murid bis amelihat langsung apa yang di pelajarinya. Biasanya, metode ini lebih menarik dan membuat siswa lebih fokus terhadap pelajarannya.

Namun demikian, metode demonstrasi juga ada kelebihan dan kekurangannya

Kelebihan metode demonstrasi

  • Ilmu pengetahuan lebih mudah di pahami karena melalui praktek secara langsung
  • Bisa mengurangi kesalahan pengertian karena langsung berhadapan dengan bukti konkrit
  • Siswa biasanya lebih mudah memahami informasi yang di sampaikan

Kekurangan metode demonstrasi

  • Tida ada waktu banyak sehingga tidak semua materi pelajaran bisa di demonstrasikan
  • Tenaga pengajar harus mereka yang ahli dan sangat paham tentang materi yang di ajarkan
  • Ini hanya efektif jika di lakukan terhadap siswa yang tidak banyak.

3. Metode Pembelajaran Diskusi

Ada juga metode diskusi atau metode pembelajaran diskusi. Ini adalah metode yang mengajak atau mengedepankan siswa untuk berdiskusi demi mendapatkan sebuah tujuan. Tentu, metode ini di terapkan dengan cara membentuk kelompok diskusi antar siswa dalam kelas.

Diantara kelebihan metode pembelajaran ini adalah mendorong pelajar untuk berpikir kritis, berani mengemukakan pendapat dan belajar menghargai pendapat orang lain.

Selain itu, ada juga kekurangannya yaitu hanya di dominasi yang siswa yang suka bicara, tema diskusi biasanya terbatas dan hanya cocok atau bisa membentuk sebuah kelompok kecil saja.

4. Metode Ceramah Plus

Metode ceramah plus sebenarnya sama saja dengan ceramah biasa namun dalam ceramah plus disertai dengan metode lain dalam menyampaikan informasi. Bentuk ceramah plus adalah seeprti Metode ceramah plus tanya jawab, metode ceramah plus diskusi dan tugas, serta metode ceramah plus demonstrasi dan latihan.

Selain metode-metode pembelajaran yang sudah kita jelaskan di atas maish banyak metode pembelajaran lain yang harus di pahami seorang guru sehingga bisa mengambil kesempulan bentuk dan model metode pembelajaran mana yang sesuai dengan siswa.

Metode-metode pembelajaran lainnya adalah seperti:

  • Metode Pembelajaran Resitasi
  • Metode Eksperimen
  • Metode Karya Wisata
  • Metode Debat
  • Metode Perancangan
  • Metode Latihan
  • Metode Skrip Kooperatif
  • Metode Pembelajaran Mind Maping
  • Metode Pembelajaran Discovery
  • Metode Pembelajaran Inquiry, dan
  • Metode Berbagi Peran

Fungsi Metode Pembelajaran

Metode pembelajaran mempunyai fungsi tersendiri dalam melaksanakan fungsi belajar. Bersarkan para ahli, ada beberapa fungsi metode pembelajaran, berikut kita lihat satu persatu.

1. Sebagai sarana motivasi ekstrinsik

Apa itu motivasi? Motivasi adalah dorongan jiwa untuk melakukan sesuatu, baik itu di lakukan secara sadar atau di lakukan secara tidak sadar. Dalam belajar atau mengajar, motivasi sangat penting sekali karena proses pemberian ilmu pengetahuan kepada siswa tidak akan berjalan dengan baik jika tidak di dukung oleh semangat yang bagus.

Metode belajar itu sendiri bisa menjadi sarana untuk memacu semangat belajar jika metode yang di terapkan cocok dan disukai anka-anak.

2. Sebagai strategi pembelajaran

Metode pembelajaran adalah sebuah taktik dan strategi yang digunakan untuk membuat suasana belajar lebih aktif dan maksimal. Maka, salah satu fungsinya adalah sebagai strategi dalam membawa siswa hanyut dalam pelajaran.

Jadi, metode pembelajaran termasuk satu strategi yang di treapkan pengajar terhadap peserta didik demi mencapai target atau tujuan yang di inginkan. Jika guru mampu memiliki metode terbaik untuk siswanya, maka strategi pembelajaran yang di terapkan di anggap berhasil.

3. Alat untuk mencapai tujuan

Tujuan dari metode pembelajaran tidak lain adalah sebagai alat untuk mencapai tujuan, disini ia juga berperan sebagai rasana dalam pendidikan untuk bisa menyampaikan materi pelajaran dengan baik kepada anak didik.

Jika proses pembelajaran itu di lakukan tanpa memperhatikan metodenya, maka nilai dari belajaran akan berkurang maknanya. Hal pertama yang terjadi adalah siswa yang tidak semangat dalam belajar dan dari sisi lain guru juga akan kewalahan dalam memberikan informasi kepda siswa.

Itulah beberapa fungsi dari meotde pembelajaran, maka sangat penting bagi kita untuk memiliki satu metode khusus yang kita anggap baik dan efektif dalam memberikan ilmu pengetahuan kepada siswa. Jadi, semua guru atau instruktur harus memiliki metode pembelajaran yang baik sesuai dengan kemampuannya.