motif batik khas Indonesia

Motif batik Indonesia – Batik adalah pakaian Khas orang Indonesia dan ini sudah di tetapkan oleh UINESCO sebagai budaya Indonesia. Jika kita berbicara tentang batik tentuk kamu teringat dengan aneka ragam seragam pejabat atau guru. Namun tahukah kamu jika batik di Indonesia ternyata memiliki banyak motifnya.

Itulah sebabnya dalam kesempatan kali ini, kami akan mengulas tentang motif batik di Indonesia semoga semua orang Indonesia paham dengan batiknya yang memiliki motif beragam.

Pada mulanya, batik di ciptakan dari kain kapas atau kapas berwarna putih yang disebut kain mori. Kaian ini di buat sedemikian rupa dengan motifnya yang beragam. Namun sekarang proses pembuatan batik tidak lagi khusus dengan kain putih namun juga bisa dengan beragam jenis kain seperti katun, sutra, rayon dan lain-lain. Pembuatan batikya di buat dengan media lilin yang di sebut dengan canting untuk batik halus. Sedangkan untuk batik dengan motif besar-besar di buat dengan menggunakan kuas khusus.

Cairan lilin tadi akan meresap kedalam serat kain dan setelah itu baru di celupkan ke pewarna untuk menghasilkan warna kain.

Dalam pembuatan batik ada istilah pencelupan, pencelupan ini di awali dengan mencelupkan ke warna yang muda, setelah itu untuk pencelupan selanjutnnya di lakukan pada warna yang lebih tua untuk mendapatkan kombinasi warna yang lebih gelap. Jika proses pencelupan sudah selesai, baru kemudian kain batik di masukkan kedalam cairan kimia tertentu untuk meluruhkan cairan lilin yang melekat pada kain.

Ragam Motof Batik Khas Indonesia

1. Motof Batik Sekar Jagad

Motof Batik Sekar JagadMotof Batik Sekar Jagad

Salah satu motif batik yang sangat khas Indonesia adalah batik sekar jagad. Batik ini memiliki motif indah dan membuat yang melihatnya terrpesona. Sesuai namanya, batik yang berasal dari Yogyakarta ini adalah memiliki makna segar jagad yang diartikan dengan keindahan yang membuat orang memandangnya terpesona.

Selain sebagai keindahan, ada juga yang mengartikannya sebagai batik yang bentuknya pulau-pulau. Sementara sekar jagad dalam bahasa Jawa di sebut dengan “kar jagad” yang artinya peta dunia. Batik ini sudah populer aabad ke 18 masa lalu.

2. Batik Motif Sidomukti Magetan

Batik Motif Sidomukti Magetan

Batik sidomukti Magetan adalah batik berasal dari kabupaten Magetan. Batik ini di buat dengan motif dasar bambu dan ini menjadi kain khas masyarakat sana. Biasanya, batik jenis ini di buat sebagai pakaian yang dikenakan pada acara-acara adat.

Motif batik yang sedemikiannya indah melambangkan kedamaian dan harapan untuk memberoleh ketenangan hidup lahir batin.

3. Batik Motif Keraton

Batik Motif Keraton

Batik motif keraton bukan sembarangan batik karena ia tidaka bisa digunakan oleh seembarangan orang. Bbatik ini awalanya hanya bisa digunakan oleh keluarga kerjaan saja sepeerti keluarga raja, jaadi sifatnya sangat eksklusif.

Kenapa demikian? Karena batik ini awalnya di temukan oleh putri keraton Yogyakarta, namun kemudian peraturan ini di cabut dan kini semua orang bisa menggunakan batik keraton tersebut.

Batik keraton adalah batik motif tradisional yang ada ddi lingkungan-lingkungan keraton di Jawa.

4. Batik Motif Jepara

Batik Motif Jepara

Motif jepara ini di bagi dalam dua yaitu motif lama dan motif jepara baru. Motif Jepara lama memiliki khas seperti lung hitam, flora, gajah coklat, serta fauna daun ulir hijau dan lain-lain.

Satu lagi motif baru, ini lebih beragam modelnya dan disebut dengan batik tulis. Batik Jepara adalah mmotif batik yang sering di gunakan di Jepara.

5. Motif Batik Solo

Motif batik Solo

Batik solo terkenal juga dengan sebutan batik sogan dengan warna yang kecoklatan. Batik ini masih di buat secara trtadisional dimana dalam pembuatannya masih menggunakan sistem tradisional.

Khas batik solo adalah adanya gambar-gambar lintasan gelombang memanjang yang di artikan sebagai gelombang sungai Bengawan Solo yang memberikan ketenangan.

6. Batik Motif Kawung

Batik Motif Kawung

Batik kawung adalah jenis batik yang sangat tua di Indonesia dan orang zaman dulu menyebutnya dengan batik Kawung. Dahulu, motif batik seperti ini hanya di gunakan oleh orang tertentu saja seperti raja dan permisurinya.

Ciri khas motif Kawung adalah ada gambar bulatan-bulatan sejajar yang di sebut sebagai buah kawung yaitu buah seperti kolang kaleng yang di gambar secara sejajar. Ada juga yang menyebutkan sebagai bunga teratai dengan empat daunnya yang merekah. Teratai adalah bunga yang melambangkan umur panjang dan kesucian.

7. Motif Batik Tasik

Batik Motif Tasik

Baatik tidak hanya