jam buka museum angkut
Jam buka museum angkut

Salah satu museum yang sangat fenomenal adalah museum angkut Malang jawa Timur. Museum ini mengajak anda untuk kembali ke masa lalu dan kemudian terus beranjak hingga ke masa sekarang. Bahkan slogan museum Angkut adalah “transpartasi menembus ruang dan waktu”. Dari tagline ini kita tahu bahwa museum Malang mengoleksi beragam alat transportasi dari masa lalu dan dari berbagai belahan dunia.

Makanya mengunjungi museum ini memberikan pengalaman luarbiasa dan menyelami kita ke masa lalu di mana berbagai jenis transportasi masih digunakan waktu itu. Mungkin anda akan terkejut melihat beragam angkutan masa lalu yang belum pernah anda lihat sebelumnya. Kita akan tahu bagaimana kehidupan masa lalu di masa nenek dan buyut kita menggunakan kendaraan dan alat transportasi.

Baca juga: Kebun Binatang Gembira Loka

Jadi, museum angkut ingin menampilkan peradaban manusia lewat transportasi masa lalu yang di hadirkan di situ. Disini kita tahu bahwa membuat museum seperti ini adalah sebuah ide kreative dan unik dan memberikan nilai plus tersendiri dalam menyelami sejarah peradaban masa lalu.

Ini termasuk ide briliant dalam mengusung sebuah konsep pembuatan museum, tidak sama seperti museum yang biasanya hanya sebagai tempat penyimpanan benda lama yang kurang di hargai manusia dan hanya menjadi bahan tontonan bagi sebahagian orang saja. Namun museum angkut Malang memberikan hal luarbiasa yang tak pernah di pikirkan kebanyakan orang. Museum malang mengajak manusia milenial dan modern untuk kembali sejenak ke masa lalu lewat peradaban transportasinya. Ini bisa menjadi cara yang pas bagi manusia milenial untuk mengenal sejarah masa lalu dengan sangat sederhana dan mudah.

Karena konsepnya yang unik, maka museum angkut tidak pernah sepi dari pengunjung mulai dari masa pembukaannya hingga sekarang. Sementara tiket masuk museum angkut leibh mahal hingga 10 kali lipat dibandingkan dengan museum lainnya. Ini menunjukkan bahwa konsep transportasi masa lalu yang di usung museum angkut sangat laku dan memiliki daya tari tersendiri.

museum angkut Malang

Keunikan dan nilai peradaban yang di ada dalam museum angkut menarik banyak pengunjung sehingga memberikan banyak keuntungan bagi pihak pengelola sekaligus mengangkat pariwisata di kota batu bahkan Jawa Timur umumnya. Museum angkut belum genap usianya empat tahun namun pengunjungnya selalu ramai baik dari lokal maupun manca negara.

Informasi Tentang Museum Angkut

Museum angkut yang terletak di Malang Jawa Timur ini adalah museum transportasi pertama yang pernah di bangun dan termasuk yang terbesar di Asia. Museum ini menempati area seluas 3,8 hektar dan di bangun baru pada tahun 2014 lalu tepatnya pada 9 maret.

Sebenarnya, pendirian transportasi angkut adalah untuk memberikan penghargaan dan apresiasi kepada semua pembuatan transportasi di masa lalu sekaligus mengabadikan dan mendokumentasi semua perkembangan transportasi dari seluruh dunia.

Museum angkut telah mengoleksi sekitar 525 alat transportasi dari berbagai bentuk dan dari berbagai belahan dunia. Ada 300 mobil dari aneka ragam merk dan daerah mulai dari mobil masa lalu hingga modern. Disampig itu, museum angkut juga mengoleksi alat transportasi lainnya sebanyak 225 buah dari berbagai jenis mulai dari alat transportasi tradisional masa lalu hingga modern.

Museum angkut Malang terdiri dari 9 zonda di tambah dengan dua zona tambahan terbaru. Ini berbeda dengan museum pada umumnya, museum angkut tidak hanya memajang gambar atau benda sebagai media iformasi saja namun juga memperhatikan nilai estetika, rekreatif, artistik dan dekoratif. Jadi pengunjung tidak hanya mendapatkan ilmu pengetahuan saja namun juga bisa mendapatkan banyak hal unik lainnya termasuk hiburan.

Maka, kehadiran museum angkut tidak hanya mengoleksi alat transporasi dan memajangnya begitu saja, namun ada juga beragam pertunjukan yang bisa dinikmati oleh pengunjung. Ada pertunjukan yang di lakukan setiap hari, seminggu sekali dan ada juga pertunjukan yang di lakukan hanya pada momen-momen tertentu saja.

Salah satu pertunjukan yang di tampilkan setiap hari di museum angkut adalah Welcome to Gangster Town. Acara ini hanya berlangsung sebenatr dari jam 14.00-14.30. Ada juga Super Hero Custom yang hadir jam 15.00-15.30, kemudian ada Three Elements Show jam 19.45, Museum Angkut dan Movie star Studio Parade yang ada di setiap minggunya. Masih banyak pertunjukan-pertunjukan lainnya yang bisa nada nikmati bersama keluarga.

Museum angkut menjadi unik dan beda dari museum-museum lainnya karena kreativitas pengelola, dan menyajikan benda-benda unik dan menjadi daya tarik bagi banyak orang. Keunikan dan nilai peradaban yang di usung museum angkut menyebabkannya mampu meraup banyak pengjung setiap harinya. Ada sekitar 1000 pengunjung setiap harinya, namun pada hari libur angka ini akan berkali-kali lebih banyak yaitu sekitar 4000 pengunjung – 5000 pengunjung dalam satu hari.

 jam buka museum angkut
jam buka museum angkut

Faktor lain yang sangat mendukung kesuksesan museum transportasi ini adalah letaknya yang stragetis yaitu du tengah kota Baru sehingga mudah di akses oleh pengunjung dari berbagai tempat. Bisa di kunjungi dengan kendaraan pribadi atau dengan menggunakan transportasi umum.

Rute Jalan Menuju Museum Angkut

Museum angkut Malang beralamat di Jl. Terusan Sultan Agung No.2 desa ngaklik, Kec. batu Kota Batu, Jawa Timur. Jika anda dari Malang dan menggunakan kendaraan pribadi, anda bisa menganbil rute jl Mt Haryono dan terus menuju ke Kota Batu.

Jika sudah sampai ke Jl Pattimura yaitu Sp. Lippo Plaza, belok kendaraan ke arah kiri menuju Jl Sultan Agung, Nanti anda akan mendapati pamplet atau papan penunjuk arah menu museum angkut.

Bagi yang menggunakan bus, anda turun di terminal Arjosari, Malang, lanjutkan perjalanan dengan menggunakan angkot ADL ke Arjosari, terus ke Dinoyo, Landung Sari, turun di terminal Landung Sari. Jika sudah sampai di terminal ini, anda teruskan perjalanan dengan anik angkot warna kuning, atau ungu muda menuju kota Batu. Jika sudah sampai di kota Batu, ganti angkot lagi dengan yang berwarna hijau, atau orange dan langsung bisa di turun di depan museum.

Sementara rute bagi yang pergi ke museum angkut dengan kereta api, anda bisa turun di terminal landung sari, jika sudah sampai di landung sari anda lanjutkan perjalanan dengan menggunakan angkot sebagaimana rute yang telah kita jelaskan di atas.

Aneka Sarana Transportasi

Aneka sarana transportasi bisa di lihat di museum angkut namun anda tidak hanya ini yang bisa anda nikmati namun juga bisa mendapatkan banyak pengetahuan tentang transportasi masa lalu dari seluruh dunia dan dari masa ke masa. Anda juga bisa belajar tentang segala sesuatu yang menyangkut dengan dunia transportasi disini. Jadi, sangat tidak membosankan.

sarana di museum angkut

Berswafot adalah sesuatu yang sangat menarik, disetiap tempat anda titik bagus dengan backgroung menarik untuk di jadikan sebagai tempat photo. Ini disebabkan semua alat transportasi sudah di letakkan dengan rapi karena mereka juga memperhatikan nilai artistiknya. Nah, jika anda masuk kedalam barang kali anda akan melihat keadaan seperti tempat syuting film dari berbagai belahan dunia. Cukup menarik untuk menambah daftar kunjungan akhir pekan anda.

9 Zona yang ada dalam lingkungan museum transportasi angkut adalah: Zona edukasi dan hall utama, zona transportasi Indonesia, zona runway 27 airport, zona mobil antik (gudang batavia), zona pecinan dan sunda kelapa, zona gangster town dan broadway streets, zona Eropa yang termasuk didalamnya beberapa negara yaitu; Inggris, Itali, Jerman dan Perancis, zona istana buckingham, dan terakhir zona las vegas dan hollywood.

Selain zona tersebut di atas yang berhubungan dengan trasnportasi, ada dua zona lagi yang tidak ada kaitannya dengan kendaraan atau peradaban transportasi. Ini adalah zona pasar terapung nusantara dan zona museum D topeng.

1. Zona edukasi dan hall utama

Hall utama menjadi sangat berkesan manakala di tata bagian interiornya dengan aneka lampu sehingga suasananya menjadi seru, selain itu aneka alat transportasi tradisonal di panjang disana mulai dari sepeda, delman, motor, mobil dan bahkan helikopter. Tak hanya sebagai panjangan benda kuno saja namun setiap benda ada nilai sejarah yang perlu di ketahui.

Ada sepeda-sepeda kuno yang bisa anda lihat dan nikmati keindahan atau bentuknya. Sepeda kuno itu di produksi oleh perusahaan-perusahaan yang hari ini menjadi peoduser mobil mewah. Helikopter yang pertama kali di miliki pemerintah INdonesia, kereta kuda yang dahulunya di gunakan untuk kendaraan raja-raja, dan lain-lainnya yang penuh dengan nilai sejarah tersemat padanya.

Bagi pengunjung yang ingin mempelajari sejarah, mereka bisa dengan mudah membaca sejarahnya lewat papan informasi yang tersedia.

Diruangan hall utama juga tersedia miniatur yang di buat sangat detail sedemikian rupa sehingga menyerupai dengan aslinya termasuk ada jembatan golden gate San Francisco yang terkenal itu, serta beberapa mobil kecil yang sedang melintas di atasnya. Masih dalam ruangan alat transportasi ini, ada ruangan khusus sebagai media edukasi tentang berbagai pengetahuan mengenai alat transportasi dan menariknya anda bisa paham dengan mudah karena di sajikan dalam bentuk display interaktif.

Disini juga ada mobil yang dulunya di gunakan Dahlan Iskan yaitu mobil listrik Tucuxi, mobil ini masih mempertahankan aslinya setelah waktu ituterjadi kecelakaan.

2. Zona transportasi Indonesia.

Ini terletak dilantai dua anda baru sampai zona transportasi Indonesia setelah menaiki tangga atau bisa juga menggunakan lift. Di ruang transportasi Indonesia, anda bisa menyaksikan beragam kendaraan masa lalu yang digunakan di Indonesia seperti becak gantung, becak dengan latar belakang malioboro, pegon situbondo yaitu penarik barang dengan sapi, Ricksaw atau angkong yaitu becak yang di tarik manusia sambil berlari serta ada miniatur kapal maja pahit.

Ada juga alat transpportasi lain yang unik termasuk merpati post, yaitu burung yang dulunya di gunakan untuk mengirim surat antar daerah.

3. Zona Runway 27 airport

Zona Runway 27 airport adalah zona lain dari zona yang sudah kita bahas tadi. Zona ini berada di lantai III dan di sajikan secara outdoor sehingga memberikan kesan yang lebih berbeda dari zona sebelumnya. Kamu bisa melihat replika pesawat boing 737-200 di sini, walaupun replika, namun tetap memberi kesan unik dan beda.

Bagi pengunjung yang ingin menaiki dan melihat bagian dalam pesawat dibatasi hanya untuk 24 orang dengan waktu 30 menit saja karena mengingat banyak yang antrean. Tak hanya pesawat 737 saja yang ada disana, kamu juga bisa masuk ke bagian cockpilot pesawat lainnya untuk melihat tempat duduk pilot atau bagian pesawat yang berfungsiuntuk menerbangkannya atau hanya sekedar untuk berphoto ria.

Untuk kamu yang lapar dan haus di zona runway airport ini, kamu bisa menuju ke sebuah cafe yang di desain persis seperti bagian dalam pesawat. Kamu bisa menikmati banyak makanan dan minuman sisana.

Uniknya lagi, menu yang bisa kamu nikmati disini adalah semua berbau pesawat dari sisi namanya seperti: Concorde chicken sirip, flaying, jet potatoes wedges, Turbulance Noodle and black box sausage. Minumannya juga termasuk unik dan berbau pesawat katakan saja ada juice pilot. Harga makanan berkisar antara 30.000 dan minuman sekitar 15.000.

4. Zona Pecinan dan Sunda Kelapa

Zona Pecinan dan Sunda Kelapa

Ini adalah zona unik lainnya yang menyajikan suasana kota jakarta tempo dulu. Di zona ini kamu akan melihat suasana seperti di masa lampau yang di penuhi oleh kedai cina dengan nuasan warna merah, dan di jalan juga berjejer kendaraan masa lalu seperti becak, dokar, gerobak, praoto, oplet dll serta di dinding toko ada lukisan lukisan manusia dengan aktivitas masa lampau.

Disini juga ada sebuah dinding dengan warna merah orange yang di hiasi dengan aneka mata uang dari berbagai belahan dunia, ada prangko, wesel, lartu pos, sampul surat, warkat dan banyak lagi sarana komunikasi masa lampau.

5. Zona mobil antik

Di zona mobil antik kamu bakal melihat aneka pajangan mobil masa lampau serta motor motor masa lalu. Disinilah terdapat ruang batavia yang menjadi ruang koleksi aneka jenis dan merk mobil dan motor kuno.

Diantara merk mobil masa lampau itu adalah volk wagon, sundap, holden dan lain-lain. Produser mobil-mobil ini sudah sangat langka bahkan ada yang sudah tidak lagi berproduksi sekarang.

Semua motor dan mobil pajangan ini sama sekali tidak kumuh, berdebu atau kotor. Semuanya terawat dengan baik bahkan ada yang masih bisa berjalan dengan sempurna.

6. Zona Gangster Town dan Broadway street

Ini adalah salah satu zona yang menjadi kegemaran banyak pengunjung terutama anak muda dan penggemar film gangster. Suasana dan pemandangan di area zona ini di tata sedemikian rupa sehingga mirip dengan di film penjahat atau gangster sebenarnya.

Kamu akan melihat jalan dengan penataan ban ban bekas, mobil mobil kuna, graffity dan lain-lain. Jika kamu pernah nonton film the godfather, american gangster mungkin kamu pasti merasakan hal yang sama saat masuk ke zona gangster town ini.

7. Zona Eropa (Itali, Perancis, Jerman, dan Inggris)

Selain menikmati keunikan dan suasana di zona Gangster Town dan Broadway street, kamu juga akan melihat zona lainnya yang tak kalah menarik yaitu zona Eropa. Ini adalah tempat tersimpannya banyak alat transportasi Eropa masa lalu. Zona Eropa ini di desain mirip dengan keadaan di Eropa dengan lorong-lorong sempit dan dihiasi dengan lampu-lampu malam yang mengesankan rasa romantisme.

Di zona Eropa kamu bisa menemukan sebuah tempat makan khas Eropa yang menyajikan makanan pizza dan sebuah alat transportasi khas Eropa yaitu Vespa Piaggio.

Di zona Eropa ini masing-masing ada ciri khas dari 4 negara itu. Perancis, Inggris, Jerman dan Ialia, semuanya ada ciri khasnya masing-masingyang.

8. Zona Istana Buckingham

Ini adalah replikasi istana ratu inggris yang megah itu dengan taman indah di depannya. Jika kamu masuk kedalam bangunan Istana buckinghham kamu akan melihat sebuah patung replikasi ratu Elizabeth yang sedang duduk di singgasananya. Tak hanya itu, kamu juga bisa menemukan sebuah mobil landrover yang di pakai ratu inggri ketika melakukan parade di Australia.

Mobil-bonil buatan inggris juga tertata dengan baik di beberapa pojok ruangan, seperti mobil mini cooper, francis barnet dan lain-lain. Bahkan termasuk juga bus bertingkat yang sering digunakan dalam berwisata di Inggris.

9. Zona Hollywood dan las vegas

Zona ini memangh terbilang kecil namun sudah cukup mumpuni untuk mendapatkan banyak titik shoot untuk photo yang instagrammable. Pasalnya, zona las vegas dan holly wood di tata sedemikian rupa sehingga mirip dengan suasana las vegas yang gemerlap dan terkesan kebarat-baratan.

10. Pasar apung Nusantara

Pasar apung nusantara adalah sebuah tempat yang layak kamu datangi di museum angkut. Ketika kamu keluar dari gerbang museum kamu harus melewati lorong yang di desain sedemikian rupa untuk bisa sampai ke pasa apung ini.

Uniknya lagi, ketika berada di terowongan layaknya seperti tunnel kereta api, lorong ini bergoyang-goyang dan bersuara seperti kereta api :).

Di pasar apung kamu bisa menjelasajh banyak stand yang sudah di buat dengan menggunakan sampan, kano dan perahu dayung dengan ongkos 10.000. pasar apung menyediakan banyak menu makanan khas seperti makanan jawa timur, ada juga stand yang menjual souvenir hasil kerajinan setempat.

11. Museum D Topeng Kingdom

Museum D topeng adalah museum khusus untuk koleksi beragam topeng dari seluruh penjuru tanah air. Setidaknya ada sekiatr 2000 jenis topeng di sini. Museum ini juga masih terbilang baru dan baru di buka sejak 23 mai 2014 lalu.

Apa artinya topeng? dari semua topeng itu pengunjugn tahu bagaimana budaya setiap suku dan daerah. Salahs atu topeng tertua dan di sakralkan adalah topeng dari sulawesi yaitu topeng tao-tao. Dalam sejarah, patung tao tao adalah penjaga makam.

Zaman dahulu, di daerah sulawesi setiap ada raja yang mati, ia harus di topengi karena raja dianggap sebagai titisan dewa yang tidak boleh nampak wajah buruknya.

Tak hanya topeng saja, namun museum D topeng juga menyimpan banyak benda kuno yang sarat dengan nilai mistik. Diantaranya adalah al-quran yang usianya lebih 400 tahun, keris kuno, patung pewayangan termasuk beberapa pewayangan peninggalana sunan kali jaga dan lain-lain.

Harga Tiket Masuk Museum Angkut

Harga tiket masuk ke museum angkut masih wajar dan terbilang murah. Soalnya, kamu tidak hanya melihat mobil kuno saja tetapi juga bisa melanglang buana didalamnya dengan beragam nuansa bahkan ada banyak zona yang bisa kamu lihat. Bukan hanya mobil antik asal indonesia, tetapi juga dari Eropa ada disini. Bukan hanya itu, ada bayak ilmu pengetahuan dan sejarah yang bisa kamu dapatkan dari museum angkut ini.

Maka harga tiket 70.000 untuk weekeday dan 100.000 untuk weekend itu masih tergolong murah dan sesuai dengan apa yang kamu bisa dapatkan.

Selain museum angkut kamu juga bisa berkunjung ke museum D topeng hanya dengan menambah 10.000 lagi. Jadi, ini sangat lumayan dengan pengalaman unik dan seru.

Selain harga tiket masuk museum angkut di atas, ada juga harga tiket paketan atau disebut juga dengan tiket sakti 325000 untuk dua hari kunjungan dan 450 ribu untuk 3 hari kunjungan.

Berkunjung ke museum angkut dengan suasana klasik dan latar belakang tahun 1970, dengan berbagai mobil klasik, dan peralatan transportasi masa lampau sungguh sangat di sayangkan jika tidak di abadikan dengan berswafoto. Bawa kamera kalian dan hp keren dengan qualitas pixel yang bagus untuk mendokumentasi liburan kalian di museum angkut.

Fasilitas di Museum Angkut Malang

bagi kamu yang ingin melakukan pre wedding atau sesi pemotretan, kamu bisa melakukannya di museum ini lebih awal ketika museum belum buka sehingga kamu bisa leluasa mengambil photo sebagaimana yang kamu inginkan. Untuk ini, kamu cukup bayar 2.5 juta saja hingga selesai.

Tidak hanya sesi pemotretan saja yang bisa kamu lakukan, jika sudah selesai pemotretan kamu juga bisa menikmati berbagai sarana yang ada sebagaimana di nikmati oleh pengunjung. Namun ada yang spesial buat kamu, yaitu bisa masuk mulai jam 07.00 hingga jam 12.00 jadi kamu tidak terganggu dengan pengunjung dan bisa melakukan pemotretan dengan leluasa.

Bagi pengunjung, dengan membayar tiket masuk, kamu juga bisa menikmasti semua sarana yang ada secara gratis seperti kendaraan yang digunakan untuk keliling museum karena arena luas. Diantara fasilitas yang ada dan gratis bagi pengunjung adalah:

1. Shuttle car dan dotto train

Kamu tidak usah khawatir tidak bisa menelusuri seluruh area yang luas 3.8 hektar karena kamu bisa menggunakan kendaraan keliling yang gratis. Kereta yang di maksud dalah shuttle car dan dotto train, ini adalah mobil kereta mini nan lucu jadi kamu tidak capek lagi untuk kelililng.

2. Lift

Ada juga lift sehingga memudahkan kamu untuk pindah dari zona ke zona selanjutnya yang berada di lantai atas. Jadi Sebenarnya, sarana ini di siapkan untuk mereka yang menyandang disabilitas dan lansia, namun kamu yang normal juga tidak di larang menggunakannya.

3. Informasi centre

Ini adalah bagian informasi yang siap siapa membantu pengunjung tentang apa yang ingin di tanyakan. Jika kamu ingin tahu tentang suatu kereta, becak atau transportasi lain, kamu bisa saja menanyakannya ke petugas yang ada di ruang informasi centre, dengan senang hati mereka akan membantu.

Tak hanya itu saja, mereka juga siap memberitahu atau mencari barang anda yang ketinggalan. Demikian juga dengan anak-anak yang terpisah dari keluarganya, mereka akan membantu mempertemukan mereka dengan keluarganya.

4. Loker

Tersedia loker yaitu tempat titipan barang, jadi kamu yang membawa barang tidak perlu menetengnya kemana kamu pergi. Pihak museum angkut sudah menyiapkan loker sebagai tempat titipan barang kamu.

5. Charging station

Ini unik, museum angkut Malang juga menyediakan banyak stasiun charging hp sehingga kamu tidak usah takut tidak membawa powerbank. Pkoknyam habiskan memory hp kamu, jika kamu habis baterai kamu bisa mengisinya lagi di charging station.

Jadi, memang salah satu yang bisa kamu banggakan setelah mengunjungi museum ini adalah koleksi photo maka pihak museum angkut sudah menyediakan banyak stasiun charger yang di manfaatkan secara gratis.

6. Mesin ATM

bagi kamu yang lupa mengambil uang cash di luar museum kamu bisa mengambil di dalam museum karena di beberapa titik strategis sudah disediakan box ATM. Bahkan, kamu tidak perlu membawa uang cash dari rumah karena bisa mengambilnya di ATM didalam museum.

7. Mushalla

Ada juga mushalla yang disediakan sehingga pengunjung muslim tidak perlu ketinggalan shalatnya. Seharian kamu bisa mutar-mutar di dalam museum angkut dan jika datang waktu shalat kamu bisa melakukannya disana. Jadi, lebih leluasa bagi kamu dalam menjelajah museum transportasi klasik ini.

8. Area parkir

Bagi kamu yang membawa motor, mobil atau angkutan umum kamu bisa memarkirkan kendaraan di tempat parkir dengan buaya murah. Untuk motor di pungut 2000, mobil di pungut 5000 dan bus atau angkutan umum di pungut 10.000. Mudah dan nyaman serta sangat teratur, semuanya tersedia bagi pengunjungnya.

9. Food Court dan cafe

Pada beberapa titik dalam museum juga terdapat cafe yang menyediakan makanan khas jawa timur, jadi tidak akan kehausan dan kelaparan di museum angkut nan unik ini.

10. Hitel dan penginapan

Fasilitas lain yang tersedia adalah tempat penginapan dan hotel. Bagi kamu yang datang jauh dari luar kota atau luar negeri, kamu bisa menghabiskan waktu kamu di museum ini dengan menginap di beberapa tempat yang sudah di sediakan namun ini tidak gratis.

Diantara hotel yang ada adalah: Pondok jatim park hotel dan Cafe, pohon in hotel, klub bunga butik resort, Apple greenhotel danlain-lain. Letaknya di tengah kota memudahkan banyak pengunjung untuk bisa berlama-lama di arena museum angkut.