Museum Geologi Bandung

Museum Geologi Bandung – Jika kamu ingin berwisata sekaligus mendapatkan banyak pengetahuan maka museum sebagai tujuan wisata anda adalah salah sastu tujuan yang perlu kammu pertimbangkan. Museum geologi di bandung menyajikan banyak ilmu pengetahuan alam yang bisa didapatkan.

Lokasi Museum: Jl. Diponegoro, No.59 Chaur Geulis, Kec. Kaler, Bandung, Jawa Barat, 40122, Negara Indonesia.
Tiket Masuk 3000 per orang, sementara jam buka museum adalah jam 08.00 hingga jam 16.00.

Di Museum Geologi ada banyak pengetahuan tentang bumi yang kita tinggali. Maka tidak salah jika kali ini kalian memutuskan untuk berwisata ke Bandung tepatnya di Museum Geologi bandung. Tak hanya informasi tentang makhluk sasja namun juga tentang sumber daya bumi yang ada.

Ketika masuk ke museum ini, kamu terlebih dahulu menitipkan barang kamu di tempatnya, pengunjung datang cukup banyak mulai dari anak-anak hingga oraang dewasa bahwa ada yang rombongan dari sekolah. Mereka tentu belajar tentang biologi atau IPA, maka mendatangi museum ini bisa melihat langsung apa yang mereka pelajari di sekolah seperti fosil yang usianya sudah jutaan tahun.

Ini aadalah museum yang di awasi oleh pemerintah sehingga segala sesuatu di kerrjakan dan di bangun oleh pemeritah. Pertama kali di bangun, museum ini adalah tahun 1928 atau tepatnyaa tanggal 16 mai 1928. Sejak dulu hingga sekaraang sudah mmengalami renovasi hingga beberapa kali demi mendapatkan kenyamanan yang lebih baik bagi pngunjung.

Kalau di lihat dari lular, Museum Geologi Bandung kelihatannya biasa-biasa saja namun didalamnya bisa membuat kamu terperangah karena berbagai benda purbakala ada didalamnya, bahkan benda yang belum pernah kami lihat-pun ada.

Museum Geologi Bandung, wisata

Karena menynajikan konten penting dalam ddunia sejarah, maka museum ini sangat diminati bahkan menjadi salah satu destinasi wisata penting di Bandung. Jadi, sangat banyak blogger atau vlogger yang menyajikan inforrmasi tentang museum geologi bandung. Jika kamu mau, kamu bisa baca-baca dulu di blog, youtube dan lain-lain sehingga bisa meksimal kunjunganya.

Sejarah Museum Geologi Bandung

Lahirnya museum Bandung sangat identik adanya Belanda di Indonesia sejak masa lalu yang membawa pengaruhnya. Banyak ahli geologi Eropa yang datang ke Indonesia abad 17 M dan melakukan berbagaai penelitian terkait penambangan di Indonesia. Ini terjadi saat Eropa mengalami revolusi industri.

Revolusi industri Eropa menyebabkan mereka mencari banyak barang tambang untuk bahan dasar industrinya. Maka, berlayarlah bangsa Eropa dan salah satunya adalah ke Indonesia untuk mendapatkan barang yang akan di jadikan sebagai bahan olahan di industrinya.

Sejarah Museum Geologi Bandung

Pengambilan bahan galian di negara jajahannya (Nusantaara) sebagai bahan industri di negarannya, belanda berharap industri di sana bisa berkembang pesat. Mereka kemudian tahun 1850 membuat lembaga Dienst Van hen Mijnwezen. Tahun 1922, lembaga ini kemudian di ganti namanya menjadi Dienst Van Den Minjbouw, tujuannya adalah menyelidiki sumber daya alam mineral di seluruh Nusantara.

Museum Geologi bandung, sejak berdirinya sudah melakukan beberapa inovasi dengan dana dari JICA (Japan International Cooperation Agency). Dari sejak berdirinya, musseum ini juga sudah pernah di tutup dan baru kemaren ketika presiden Megawati tahun 2000 di buka kembali. Museum geoologi mennyimpan banyak benda bersejarah dimasa lalu sehingga harus di kelola oleh pemerinta.

Temuan arkeologi sangat beragam dari sejak penggalian tahun 1850 lalu. Mulai dari beragam fosil, beragam batuan dan mineral yang bisa dimanfaatkan sebagai bahan industri.

Ini dia Sejarah Museum Geologi Bandung

Manfaat dan tujuan berkunjung ke Museumm Geologi Bandung

Museum Geologi Bandung adalah tempat simpanan sejarah masa lalu. Pengunjung yang datang tidak hanya dari indonesia atau lokal saja namun banyak juga yang datang dari luarnegeri. Ini menandakan banyaknya sejarah yang tersimpan dan bagus di jadikan sebagai ilmu pengetahuan. Diantara benda bersejarah yang ada adalah batuan, fosil, dan aneka ragam mineral.

Banyaknya informasi yang tersedia menjadikan tempat ini cukup beralasan untuk di jadikan sebagai tempat berkunjung. Jadi, tidak hanya melepaskan unek-unek saja namun juga bisa menjadi ajang hiburan luarbiasa bagi ssemua anak bangsa. Museum ini juga bisa memberikan gaambaran kepada kita bagaimana perjuangan bangsa Indonesia di masa lalu.

Manfaat dan tujuan berkunjung ke Museumm Geologi Bandung

Disini kamu bisa mendapatkan manfaat seperti pengetahuan tentang bencana alam, bumi, tahu tentang segala hal yang berkaitan dengan alam terutama bumi tempat kita berpijak yang menyimpan banyak misteri.

Baca: Museum Angkot, Jam Buka

Rute Jalan Menuju Museum

Sebelum kita pergi ke museum ini, lebih baik kita lihat dulu rute perjalanannya sehingga tidak tersesat di jalan. Museum Geologi Bandung berada di jalan Diponegoro No. 57, Bandung, Jawa Barat. Sebenarnya, untuk sampai kelokasi sangat mudah karena museum ini berada di tepat di pusat kota Bandung.

Jika kamu sedang berada di kota maka untuk sampai ke Museum kamu tinggal naik angkot no.10 di terminalnyaa. Angkot berjalan dari stasiun Hall hingga Sadang Serang. Nah, kalau kamu naik angkot no.10 mintalah sama sopir untuk diturunkan di simpang tiga Masjid Pusdai.

Kemudian, rute menuju museeum geologi adalah menaiki aangkot lagi no.05, warna angkot hijau hitam. Mobil angkot ini mememiliki rute Cicaheum hingga Ledeng, tentunya angkot ini akan melewati museum geologi.

Selain itu, jika kamu ingin pergi ke museum Geologi dengan mobil pribadi atau dengan motor maka ikutilah rutte ini. Kamu pergi lewat Tol Pasteur. Jalan terus hingga kamu keluar pintu tol dan kemudian melewati lampu stop di perempatan Gunungbatu. Kemudian, jalan terus lurus dan bertemu dengan Jalan Pasopai, ambil kanan hingga kamu melihat adanya Gazebu, jalan dan ambil kanan lagi, jika sudah berarti kamu berada di jalan Sentut Alibasyah.

Jika sudah, kamu belok kiri dan maasuk ke jalan Diponegoro. Jika masih mengalami kesulitan, kamu bisa membuka titik koordinat di Google Map pada link peta ini. Klik disini

Jam Buka Museum Geologi Bandung

Museum ini buka sejak senin hingga kamis, sementara hari jum’at dan hari libur nasional di tutup. Pada hari biasa, di buka jam 09.00 WIB hingga jam 15.30 WIB. Sementara hari sabtu dan minggu buka jam 09.00 hingga jama 13.30.

Hari libur pengunjung yang datang sangat banyak, bahkan kamu harus menunggu ddan antri untuk melihat benda-benda simpanan sejak ratusan tahun lalu. Untuk itu, jika ingin mendapatkan kesempataan yang pas dan tidak berebutan, datanglah di hari-hari normal.

Harga Tiket Masuk Museum Geologi

Tiket masuknya terbilang murah karena di kelola oleh pemerintah. Tiket masuk untuk pelajar adalah 2000 dana 3000 untuk wisatawan lokal. Sementara bagi wisatawwan asing, pemerintah kota Bandung menetap harga tiket per orangnya adalah 10.000.

Bagaimana, apakah kamu ingin datang ke Museum Bandung, tiketnya sangat bersahabat sekali. Hal yang terpenting lagi adalah kamu bisa mendapatkan banyak informasi dan pengetahuan penting sekitar sejarah dan bumi kita. Dengan harga murah, diharapkan semua orang bisa datang dan melihat bagaimana informasi tentang bumi, sumber daya alam dan pemanfaatannya serta bagaimana sisi perjuangan bangsa Indonesia melawan koloneal Belanda.