Manfaat Nonton Film Horor
Manfaat Nonton Film Horor

Apa kamu suka nonton film horor? Biasanya kaum hawa suka banget nonton film film yang berbau horor. Benar gak? Ok, sebenarnya yang di cari oleh penonton film horor adalah rasa takutnya. Kamu nonton film horor agar takut, buktinya jika film yang kamu nonton tidak menakutkan maka kamu tentu kecewa dan merasa tidak menarik.

Kalau di lihat dari sisi tujuan umum pembuatan film horor adalah menghibur sebagaimana film-film lainnya. Namun tahkah kamu bahwa nonton film horor ada manfaat bagi kesehatan dan ada juga efek buruk dan dampak buruk bagi kesehatan kamu. Yuk kita lihat lebih lanjut, apa saja mmanfaat dan efek buruk film horor bagi kesehatan manusia.

Tinjauan Film Horor dari sisi Kesehatan

Seorang profesor komunikasi dari Purdue University membuat sebuah pengamatan terhadap daampak film horror terhadap penontonnya. Lantaas apa yang terjadi pada saat seseorang menonton film horor? Ternyata ketika seseorang nonton film horor, yang terjadi adalah peningkatan denyut jantung hingga 15 kali permenit.

Selai itu, terjadi juga pada tubuh hal-hal lain seperti otot menegang, tekanan darah meningkat, suhu tubuh menurun dana terjadi juga pengeluaran keringat lewat telapak tangan. Hal seperti ni kemungkinan akibat adanya fight-or-flight sepeerti respon stres. Suhu tubuh menurun akibat menurunnya aliran darah ke organ selain jantung dan otot.

Sekilasa dari penegamatan pak profesor tersebut, tubuh manusia bereaksi terhadap film horor yaitu terhadap rasa yng ditimbulkan oleh film tersebut. lantas, apakah reaksi tubuh seperti baik untuk kesehatan atau malah buruk bagi kesehatan? Sudah banyak penelitian terhadap dampak film horor. Sebahagian penelitian menunjukkan hasil yang bagus bagi kesehatan dan sebahagian lain menunjukkan hasil yang tidak baik.

Ok, karena ada perbedaan dari hasil penelitian film horor tersebut, mari kita lihat penejelasan tentang dampak baik dan buruk film horor bagi kesehatan tubuh.

Manfaat Nonton Film Horor bagi Kesehatan

1. Baik untuk kesehatan otak

Kenapa baik untuk kesehatan otak? perlu di ketahui bahwa menonton film horor membuat otak seseorang mengeluarkan senyawa seperti dopamin, serotonin, dan glutamat. Jadi pelepasan senyawa ini bisa menyebabkan pacuan adrenalin daan menimbulkan efek seperti obat. Hal ini dikatakan baik untuk kesehatan mental dikarenakan pelepasan senyawa tersebut bisa menghilangkan stres dan bisa menurunkan tingkat kecemasan.

2. Bermanfaat sebagai katarsis

Ketika anda menonton film horor yang anda inginkan adalah perasaan takut, terkejut dan hal yang berbeda atau sesuatu yang belum anda rasakan sebelumnya. Makannya ketika film horor yang anda nonton tidak bisaa membuat anda takut maka anda merasakan bahwa film tersebut kuraang bagus dan tidak menarik.

Berdasarkan Mark Griffiths, seorang profesor perilaku kecanduan dari Nottingham Trent University menjelaskan bahwa hal itu terjadi karena penonton film horor mencari sesuatu yang berbeda dan belum pernaah dirasakan dalam hidupnya. Disamping itu, nonton film horor bisa berfungsi sebagai katarsis yang berupa pelepasan rasa emosional akibat dari frustasi atau kemauan yang terpendam yaang tak pernah terwujud.

Begini, ketika anda stres dan kesal terhadp sesuatu tentu anda inngin mencari pelampiasan agar anda menemukan kembali kesenangan anda. Salah satu pelaampiasan itu bisa berupa menonton film horor, itulah sebabnya film ini bagus bagi kesehatan jiwa.

3. Bisa meningkatkan kekebalan tubuh

Manfaat menonton film horor selanjutnya adalah meningkatkan kekebalan tubuh. Kedengarannya memang agak aneh, tetapi hal ini sudah di buktikan secara ilmiah bahwa menonton film horor memang baik untuk ketahanan tubuh terhadap penyakit.

Coventry University telah melakukan kajian terhadap hal ini, mereka mengambil sampel darah orang yang menonton film horor sebelum, ketika sedang menonton dan setelah menonton. Hasilnya, ada kenaikan sel darah putih. Ini membuktikan bahwa hal ini baik untuk kekebalan tubuh karena sel darah putih biasanya meningkat saat ada infeksi.

Hal ini di aminkan oleh Natalie Riddell, ahli imunologi di University College London. Ia mengatakan bahwa nonton film horor bisa memacu adrenalin yang bisa berefek terehadap kekebalan tubuh.

4. Membakar Kalori

Membakar kalori tidak hanya dengan olahraga saja namun ternyata manfaat nonton film horor salah satunya adalah bisa membakar kalori. Wah, ini bisa menjadi kabar gembira bagi kamu yang kelebihan berat badan, pasalnya hanya dengan menonton film horor bisa membakar kalori tubuh.

University of Westminster melakukan penelitian bahwa menonton film horor selama 90 menit yang bisa memacu adrenalin akan mebakar kalori tubuh sebanyak 113 kalori. Artinya, ini sama dengan jumlah kalori yang di bakar saat anda berjalan selama 30 menit. Jadi, semakin menakutkan film yang kamu nonton maka adrenalin kamu akan semakin tinggi terpacu dan ini membuat kalori terbakar semakin banyak.

Dampak Buruk Menonton Film Horor bagi Kesehatan

Selain mendapatkan manfaat kesehatan dari menonton film horor juga terdapat dampak buruk atau efek buruk bagi kesehatan. Yuk kita apa saja dampak buruk kesehatan dari menonton film horor.

1. Meningkatkan resiko pembekuan darah

Salah satu efek buruk menonton film horor adalah meeningkatkan potensi pembekuan darah sebagaimana yang di teliti oleeh Leiden University tahun 2015. Penelitian ini di lakukan pada 24 sampel orang yang menonton film horor dengan mengambil darah mereka masing-masing sebelum menonton, dan setelah menonton.

Penelitian tersebut mendapatkan hasil bahwa setelah menonton film horor darah mengalami peningkatan protein pembekuan darah atau disebut faktor VIII, ini berarti menyebabkana resiko pembekuan darah.

Namun demikian, potensi pembekuan darah yang terjadi akibat nonton film horor tidak ada kaitan dengan penyakit lain seperti stroke dan lain-lain. Artinya, rasa menyeramkan yang dirasakan sebentar menyebabkan resiko pembekuan darah. Jadi, tidak beerhubungan dengan penyakit lainnya dan menonton film horor tidak menyebabkan gumpalan darah.

Para peneliti mengatakan bahwa pembekuan darah itu bisa jadi akibat dari respon tubuh terhadap rasa takut agar tidak terjadi kehilangan banyak darah. Jadi, sepertinya menonton film horor tidak benar-benar bisa membahayakan tubuh.

2. Meningkatkan resiko penyakit jantung

Tidak dapat di pungkiri bahwa menonton film horor bisa menyebabkan masalah serius akibat jantung bahkan sseseorang bisa mati akibat dari penyakit jantung ini, terutama bagi mereka yang punnya riwayat penyakit jantung.

Rasa takut dan stres ketika nonton film horor bisa menyebabkan terpacunya hormon adrenalin yang pada gilirannya menyebabkan penyempitan peembuluh darah sehingga jantung harus bekerja ekstra untuk memompa darah. Kalau seseeorang mengalami penyakit jantung dan takut ketika nonton film horor maka haal itu bisa berbahaya terhadap kesehatannya.

Tahun 2015, seorang ahli penyakit jantung dari University of Maryland, menyebutkan bahwa menonton film horor bisa menimbulkan endotelium. Ini adalah suatu kondisi menyempitnya pembuluh darah. Jika penyemmpitan pembuluh darah terjadi maka tekanan jantung atau tekanan juga akan meninggi.