Rendang Padang, makanan oleh-oleh khas Padang
Rendang Padang, makanan oleh-oleh khas Padang

Padang adalah ibu kota sumatra barat yang memiliki banyak keindahan alam seperti Aceh, Bali dan lain-lain. tak hanya keindahan alam yang menjadi daya tarik banyak wisatawan namun juga rumah adat minangkabau dan anega ragam kulinernya yang khas dan pedas itu.

Jika anda berkunjung ke padang, jangan lupa untuk membawa pulang oleh-oleh dari padang berupa anek kue, makanan dan cemialn sehat lainnya. Menikmati keindahan alam dataran tinggi padang dan berswafoto di rumah adat atau rumah gadang minangkabau serasa tidak cukup jika belum mencicipi kuliner khas Padang langsung dari kota Padang sendiri.

Untuk itu, kami dari love,inshallah.com telah merangkum beberapa makanan khas padang yang recommeded untuk di bawa pulang sebagai oleh-oleh setelah puas menikmati keindahan alam Padang, Sumatra Barat. Yuk kita lihat saja langsung aneka makanan dan oleh-oleh khas Padang berikut ini.

12 Oleh-Oleh Khas Padang yang Populer

1. Denden daun singkong

Denden daun singkong, makanan khas padang
Denden daun singkong, makanan khas padang

Salah satu makanan khas Padang yang perlu kamu bawa pulang adalah dendeng singkong atau denden daun singkong. Mungkin kamu sudah sering menikmati enak dan lezatnya dendeng daging sapi, tapi belum mencoba dendeng ini. Maka, jangan sampai lupa membeli dendeng daun singkong asal padang yang unik ini.

Makanan satu ini cocok untuk kamu yang kolesterol akibat banyak mengkonsumsi daging. Daun singkong mengandung banyak serat sehingga sangat baik untuk kesehatan pencernaan kamu. Selain enak di lidah, camilan dan makanan dari daun singkng ini baik untuk kesehatan juga.

2. Rendang Suwir Ayam

Rendang Suwir Ayam
Rendang Suwir Ayam, makanan khas padang

Ada juga namanya rendang suwir ayam. Ini adalah makanan asal Padang yang banyak di jadikan sebagi buah tangan bagi banyak wisatawan yang datang kota jam Gadang ini. Rendang suwir ayam termasuk tahan lama sehingga cocok untuk di bawa pulang sebagai oleh-oleh dari padang.

Selain tahan laman, ia juga enak dan khas serta harga yang terjangkau. Makanan ini bisa di diperoleh dengan harga relatif murah yaitu sekitar 50.000 satu paket dan anda bisa menemukannya di toko-toko kue tradisional Padang.

3. Kaos Bukit Tinggi

Kaos Bukit Tinggi, makanan khas sumatra barat
Kaos Bukit Tinggi, makanan khas sumatra barat

Salah satu oleh-oleh kkhas padang yang bisa di pertimbangkan adalah baju kaos bukit tinggi dengan gambar jam gadang dan tulisan padang atau bukit tinggi, Padang. Bagi kamu yang bingung mau beli sauvenir apa selain tas, atau pernak pernik, mungkin baju kaos ini bisa dan cocok di jadikan sebagai buah tangan untuk di bawa pulang ke kampung halaman.

Kaos bukit tinggi ini memiliki banyak variasi dengan gambar yang berbeda-beda serta harga yang bervariasi juga tergantung pada ukuran baju juga. Ada baju dengan gambar rumah adat, gambar jam Gadang dan lain-lain kamu bisa pilih sesuai selera kamu. Baju kaos unik ini banyak di jual didaerah jln muhammad Yamin sentral pasar raya.

4. Karak Kaliang

makanan khas padang karak kaliang
Karak Kaliang sumatra barat

Oleh-oleh khas Padang selanjutnya adalah karak Kaliang, ini adalah camilan yang berupa kerupuk renyah dan enak di lidah. Biasanya kerupuk ini berbentuk angka delapan yang di buat dari ubi kayu. Kamu bisa membanderol makanan ringan ini sebagai oleh-oleh khas dari padang untuk di bagikan kekeluarga di kampung halaman.

Harga karak kaliang pun sangat murah dengan harga 5000 kamu bisa mendapatkan satu pack. Jadi sangat cocok untuk di bawa sebagai buah tangan dari bukit tinggi. Jika berminat, silahkan datang ke paya kumbuh atau kabupaten lima kota, tempat pabrik pembuatan kerupuk karak kaliang ini.

5. Roti Randang

roti randang sumatra barat

Ini sebenarnya rendang. namun kreativitas orang Padang sekarang tidak hanya membuat rendang dari daging namun juga sudah ada rendang roti atau roti rendang. Proses pembuatan roti rendang ini sangat lama karena di buat hingga daging di bagian dalamnya matang betul agar tidak berminyak lagi.

Harga roti rendang perbijinya adalah 6000 saja, jadi bisa anda beli dengan banyak dan menjadi oleh-oleh nikmat untuk keluarga di kampung.

6. Bolu Batik

bolu batik makanan khas padang

Bolu batik adalah kue bolu yang di buat dengan kreasi seni seperti batik di atasnya sehingga namanya juga di sebut bolu batik. Bolu ini bisa di dapatkan di sekitaran kota padang dan tak terkecuali di daerah pauh, cupak tangah.

Untuk bisa mengambarkan motif batik pada kue pasti tidak semabrangan dan bukan semabrangan orang bisa melakukannya. Namun, kue ini tetap di jual murah yaitu 60.000 perkotaknya. Makanan ini bisa di dapatkan daerah Nurul Iman di Padang selatan atau memesannya secara online.

7. Kopi Kiniko Enterprise

Kopi Kiniko Enterprise
Kopi Kiniko Enterprise, makanan khas Padang

Jika anda ke Aceh dan membawa pulang kopi Gayo, maka ketika ke Padang Sumatra Barat anda bisa membawa pulang kopi kiniko enterprise yang terkenal itu. Kopi memang semuanya hampir sama namun ada yang khas dari kopi tanah datar, Padang ini karena penyajiannya sangat unik. Kopi kiniko ini di sajikan dalam batok kelapa sehingga rasanya juga beda.

Tak hanya bisa menikmati kopi kiniko di tempat, kamu juga bisa membawa pulang kopi ini kekmapung halaman karena ada dijual dalam bentuk paketan. Harga kopi kiniko satu paket di banderol 20.000 saja.

8. Keripik Sanjai

Keripik sanjai, makanan padang
Keripik sanjai, oleh oleh khas padang

Keripik sanja, demikian nama keripik dari bahan dasar singkong ini karena memanmg daerah pertama tempat dijualnya keripik ini adalah sanjai, yaitu di desa Manggis Gantiang.

Kerupuk atau keripik sanjai di jual dengan tiga variasi yaitu ada yang tawar karena bebas bumbu, asin dengan ciir khas warna kuning ada yang pedas dengan tambahan balado cabe cocok bagi kamu yang suka pedas.

9. Mukena Kerancang

Mukena kerancang oleh-oleh khas padang
Mukena kerancang oleh-oleh khas Padang

Oleh-oleh khas Padang selanjutnya adalah mukena kerancang. Bagi yang suka dengan mukena untuk shalat dan ibadah mungkin mukena unik dan khas Padang ini cocok untuk di jadikan oleh-oleh dari dataran tinggi Sumatra Barat.

Bagi kamu yang baru saja menjalin cinta atau menikahi si buah hati, maka salah satu oleh oleh yang cocok di bawa adalah mukena ini. Mukena kerancang ini di sulam dengan menggunakan cara orang sumatra barat denga bentuk aneka lobang-lobang cantik dengan motif aneka bunga.

Proses pembuatan mukena ini sangat memakan waktu karena di buat secara manual, kadang bisa menghabiskan waktu hingga 12 hari atau bahkna satu bulan jika ingin motif nya lebih menarik dan lebih banyak lobang-lobangnya.

10. Arai Pinang

Arai Pinang, oleh-oleh khas padang
Arai Pinang, oleh-oleh khas padang

Ini bukan buah pinang melainkan oleh-oleh Khas padang dari bahan dasar tepung beras dengan campuran aneka bumbu dan rempah. Kerupuk ini sangat enak dan cukup cocok di jadikan sebagai makanan atau buah tangan dari Padang. Makanan camilan arai pinang sangat gurih dan sedap di jadikan kudapan setiap saat atau di makan dengan nasi.

Harga arai pinang di banderol cukup bersaing yaitu dengan harga 28 ribu hingga 51 000 saja dan sudah dikemas dengan sangat bagus.

11. Rendang Telur Kering

oleh oleh khas padang rendang telur kering

Selain rendang roti atau rendang suwir ayam dan rendang sapi. Padang tak kehabisan akal untuk membuat makanan menjadi rendang semuanya. Rendang telur kering ini mungkin sepintas di mengerti sebagai telur ayam yang di bumbui rendang.

Mungkn ada benarnya juga, tetapi bentuknya tidak lagi bulat seperti telur tetapi sudah ceper kayak kerupuk dengan rasa yang sangat pedas. Kamu yang suka makanan ini tantangan buat kamu, mau coba!

Makanan ini tahan lama jua dan sangat cocok di jadikan sebagai oleh-oleh khas Padang. Harganya juga kompetitf yaitu 34.000 hingga 70.000 sesuai dengan ukuran packingnya.

12. Rendang Padang

Rendang Padang, makanan oleh-oleh khas Padang
Rendang Padang, makanan oleh-oleh khas Padang

Rendang adalah makanan khas Padang dan semua orang juga tahu kalau makanan satu ini sangat enak dan nikmat di jadikan sebagai lauk untk makan nasi. Makanan ini tidak hanya enak dan nikmati dilidah orang Asia tetapi menjadi makanan terenak di dunia sebagaimana yang di nobatkan oleh CNN tahun 2017 lalu. Jadi, rugi jika ke Padang tidak membawa pulang rendang Pandang.

Jika ingin membuat makanan ini sebagai bingkisan, tidak masalah karena makanan ini bisa tahan lama bahkan tahan berbulan-bulan. Anda tidak perlu khawatir dengan makanan ini karena sudah ada di berbagai tempat makan atau tempat makanan tradiisonal Padang serta toko oleh-oleh di Padang.

lihat juga: makanan khas Aceh

Itulah dafar makanan khas padang yang cocok dan populer sebagai oleh-oleh khas Padang. Semoga kamu yang di Padang atau ingin pergi kepadang sebaiknya mempersipakan biaya untuk oleh-oleh yang luarbiasa ini.