pakaian adat aceh
model pakaian adat aceh

Pakaia adat adalah simbol dan khas suatu daerah di Indonesia. Sebagai negara besar, Indonnesia terdiri dari berebagai suku bangsa dan kebudayaan. Keragaman ini telah mewarnai Indoensia sebagai bangsa yang majemuk namun uniknya setiap suku di Inddonesia mempunyai khasnya yaitu pakaian adat masing-masing provinsi Indonesia.

Perkembangan masa yang kian modern adalah sebuah keniscayaan namun kebudberkaaitan deayaan bangsa haruss selalu di lestarikan. Pakaian adat di Indondesia adalah salah satu kekayaan yang sangat besar nilainya, maka harus di lestarikan dan di perkenalkan kepada dunia bahwa Indonesia adalah negara berbudaya. Tidak hanya itu, penggunaan pakaian adat dalam setiap upacara atau perayaan-perayaan disuatu daerah memberikan bukti bahwa Indonesia sebagai negara majemuk masih mampu melestarikan budayanya.

Pakaian adat tidak hanya berstatus sebagai simbol daerah-daerah di Indonesia namun juga pengenalan budaya-budaya di Setiap daerah ke seluruh dunia bisa menjadi keunikan bangsa yang bisa menarik banyak wisatawan datang ke Indonesia.

Beragam jenis dan corak pakaian adat dari seluruh Indonesia serta beragam kesenian alat musik berbagai daerah menjadi ciri khas tersendiri dan sebuah keistimewaan bahkan ada nilai sejarah yang melatarbelakanginya. Maka, love,ishallah kali ini akan membahas tentang pakaian adat dari seluruh Indonesia sebagai bahan pembelajaran untuk anak-anak kita sehingga mereka mengenal bangsanya dan paham dengan keberagaman ini.

Daftar Isi Artikel

Pakaian Adat dari Beberapa Provinsi Indonesia

Dibawah ini kita akan melihat penjelasaan singkat tentang beberapa pakaian adat daerah di Indonesia. Pakaian yang menjadi ciri khas bangsa ini dan membuat bangsa ini terlihat kaya dari sisi budaya. Keberadaan pakaian adat ini juga menunjukkan bahwa bangsa Indonesia sudah sejak lama di kenal sebagai bangsa yang berbudaya.

Ok, langsung saja kita lihat satu persatu pakaian adat di Indonesia berikut ini

1. Pakaian Adat Aceh

pakaian adat aceh
model pakaian adat aceh

Aceh adalah provinsi paling barat Indonesia adalah sebuah daerah yang kental dengan budaya dan ciri khasnya. Salah satunya adalah pakaian adat ulee balang. Pakaian adat ulee balang dahulunya di gunakan oleh orang tertentu seperti raja-raja dalam perayaan acara-acara sakral dan upaca adat. Namun sekarang pakaian adat Aceh sering kita lihat DB;
menjadi pakaian penting dalam upcara pessta perkawinan, kedua mempelai akan mengenakan pakaian adat Aceh.

Pada hari pesta perkawinan, rumah kedua mempelai juga akan di hiasi dengan dekorasi khas Aceh. Selain pesta, penggunaan pakaian adat juga terlihat ketika merayakan suatu acara yang berkaitan dengan Nanggroe Aceh seperti upacara adat yang di selenggarakan oleh pihak wali nanggroe.

2. Pakaian Adat Betawi DKI Jakarta

Pakaian Adat Betawi DKI Jakarta
Pakaian Adat Betawi DKI Jakarta

Jakarta terkenal dengan suku Betawi yang begitu kental juga dengan adat dan budaya. Salah satu buktinya adalah pakaian adatnya yang khas. Pakaian adat betawi di pengaruhi oleh beberapa budaya seperti budaya Arab, Barat dan Melayu.

Dalam pakaian adat betawi, terlihat kaum laki-laki mengenakan sarung dan bagi kaum wanita mengenakan kerudung.

3. Pakaian Adat Tradisional Provinsi Jawa Barat

Pakaian Adat Tradisional Provinsi Jawa Barat
Pakaian Adat Tradisional Provinsi Jawa Barat

Jawa barat memiliki baju adat pakaian kebaya yang di gunakan oleh kaum bangsawan dan rakyat biasa. Walaupun sama-sama dari kebaya namun setiap pakaiannya memiliki perbedaan.

Kaum perempuan dan lelaki mempunyai perbedaan yang jelas mulai dari coraknya, bahkan bahan dasar kain yang digunakan.

4. Pakaian Adat kebaya Jawa Tengah

Pakaian Adat kebaya Jawa Tengah
Pakaian Adat kebaya Jawa Tengah

Selain provinsi jawa barat, pakaian kebaya juga menjadi pakaian adat jawa Tengah tentu memiliki perbedaan antara satu sama lain. Jawa Tengah mengenakan pakaian batik untuk bawahan dan pakaian kebaya untuk bagian atas. Walaupun demikian pakaian ini tetap unik dan menarik.

Bahkan, batik yang digunakan adalah batik asli yang terkenal dengan penulisan coraknya secara manual. Jadi, batiknya bukan batik seperti yang banyak digunakan orang yang mana corak bunganya di cap atau menggunakan mesin cap.

5. Pakaian Adat Provinsi DI Yogyakarta

Pakaian Adat Provinsi DI Yogyakarta
Pakaian Adat Provinsi DI Yogyakarta

Yogyakarta juga terkenal dengan daeraah yang kaya budaya dan adat istiadatnya. Mereka mempunyai baju adat yang disebut baju kesantrian provinsi D.I Yogyakarta.

Jojakarta, bukan hanya terkenal dengan keindahan alamnya yang menjadi objek wisata, namun juga terkenal sebagai daerah yang masih menjaga nilai-nilai kebudayaannya hingga kini. Sehingga masih banyak di jumpai hal-hal sakral higga sekarang.

Pakaian adat jogjakarta tidak boleh di pakai sembarangan, termasuk tidak di gunakan pada upcara sembarangan. Disamping itu, pakaian adat juga harus di rawat dengan baik sesuai dengan anjuran dan peraturan dari pihak keraton.

6. Pakaian Adat Tradisonal Jawa Timur

Pakaian Adat Tradisonal Jawa Timur
Pakaian Adat Tradisonal Jawa Timur

Selanjutnya, pakaian adat Indonesia adalah dari Madura, Jawa Timur. Pakaian adat mereka terkenal simpel dan sederhana karena hanya mengenakan pakaian kaos dalam yang bergaris-garis dan mengenakan celana panjang longgar bagi kaum lelaki. Bagi perempuan, biasanya mereka menganakan pakaian kebaya dengan rok panjang menjulur kebawah.

7. Pakaian Adat Tradisional Bali

Pakaian Adat Tradisional Bali
Pakaian Adat Tradisional Bali

Selanjutnya, pakaian adat di Indonesia adalah pakaian daerah Bali. Pakaian adat Bali sepertinya corak dan warnanya sangat familiar. Memang sekilas nampak sama padahal ada perbedaannya dan setiap usia yang memakainya ada perbedaan tersendiri. Selain itu, pakaian adat Bali juga kelihatan berbeda untuk setiap upacara yang di hadiri.

Jadi, bagi yang mengenakan pakaian adat bali kita bisa membedakan usia, jenis kelamin dan status sosialnya dari corak pakaian dan ornamen yang di sematkan pada pakaian.

8. Pakaian Adat Lombok, Provinsi NTB (Nusa Tenggara Barat)

Pakaian Adat Lombok
Pakaian Adat Lombok

Nusa tenggara barat juga memiliki pakaian adat yaitu asli dari Lombok Mataram. Pakaian adat Lombok biasa di kenakan pada acara-acara seperti pernikahan, upacara, dan upacara adat lainnya.

Satu ciri khas dan unik dari pakaian adat Lombok adalah kaum lelaki menggunakan kain songket yang khas dan terkesan unik dan elegan. Kain songket ini tak hanya menarik bagi orang lokal saja, namun banyak juha wisatawan yang membelinya sebagai oleh-oleh dari Mataram atau dari Nusa Tenggara Barat.

9. Pakaian Adat Perang dari Kalimantan Barat

Pakaian Adat Perang dari Kalimantan Barat
Pakaian Adat Perang dari Kalimantan Barat

Pakaian adat perang kalimantan barat cukup beda, pasalnya mereka menggunakan kulit kayu yang di olah menjadi kain dan di buat menjadi baju perang. Untuk bisa mendapatkan kulit kayu yang bisa di jadikan sebagai tidak semabrang. Tetapi mereka menggunakan kulit dari kayu Ampuro.

Hingga kini mereka masih bisa membuat sendiri pakaian dari kulit kayu ini, keahlian ini di peroleh secara turun temurun dari nenek moyang mereka.

10. Pakaian atau Baju Adat Nggembe Sulawesi

Pakaian atau Baju Adat Nggembe Sulawesi

Baju adat Nggembe berbentuk persegi empat dengan panjang hingga pinggang dengan kerah bulat dan lengan lebar besar.

baju ini tidak digunakan secara semabrangan. Mereka tidak menggunakan pakaian adat Nggembe kecuali hanya untuk memperingati acara tertentu saja. Diaantara acara yang di boleh menggunakan pakaian adat Nggembe adalah penikahan atau upcara adat lainnya.

11. Pakaian Adat Baju Cele Maluku

Pakaian Adat Baju Cele Maluku
Pakaian Adat Baju Cele Maluku

Selanjutnya, pakaian adat dari Indonesia adalah pakaian yang berasal dari Maluku. Baju Cele Maluku punya ciri khasnya yaitu baju dengan corak kotak kecil dan garis-garis geometris. Pemakaian baju cele biasanya dis ertai dengan pemakaian sarung dengan warna yang sepandan.

Pakaian adat Maluku ini hanya di gunakan ketika ada acara upacara adat saja.

12. Pakaian Adat Provinsi Gorontalo

Pakaian Adat Provinsi Gorontalo
Pakaian Adat Provinsi Gorontalo

Pakaian adat Gorontalo punya nama yang berbeda antara baju khusus laki-laki dan baju khusus perempuan. Baju unutk kaum lelaki disebut Billu dan baju khusus untuk perempuan di sebut dengan Mukuta. Ini adalah pakaian sakral yang hanya digunakan pada momen tetentu.

Pakaian adat provinsi Gorontalo mempunyai khas dari warnanya. Ada tiga warna yang menonjol dari pakaian adat ini dan tiga warna ini punya makna masing-masing. Tiga warna yang tersemat pada pakaian tersebut adalah hijau muda, kuning keemasan, dan warna ungu.

13. Pakaian Adat Provinsi Papua

Pakaian Adat Provinsi Papua
Pakaian Adat Provinsi Papua

Berikutnya, pakaian adat Inddonesia adalah pakaian yang berasal dari Papua. Pakaian adat laki-laki dan wanita memiliki bentuk dan motif yang hampir sama. Mereka mengenakan baju dan bagian bawah hanya mengenakan tutupan saja.

Mereka tidak hanya mengenakan pakaian adat saja tetapi mereka juga mengenakan berbagai ornamen dan perhiasan termasuk pada kepala dan wajah. tak hanya itu, untuk menampilkan kesan lebih elegan mereka juga mengenakan perhiasan seperti cincin, gelang, kalung dan bahkan menggunakan rumbai-rumbai pada kaki dan tangannya.

Bagi kaum laki-laki, mengenakan pakaian adat papua juga di lengkapi dengan membawa tombak dan perisai sehingga memberikan nuansa lebih jantan dan perkasa. Bagi kaum hawa, orang papua juga merias wajahnya dengan cat merah. Caata merah ini tak lain berasal dari buah merah papua.

Demikianlah beberapa pakaian adat di Indonesia dari berbagai suku dan daerah. Walaupun kita tidak mengenakannya setidaknya bisa menambah wawasann kita tentang pakaian adat suku di Indonesia. Satu hal yang penting bagi kita adalah harus tetap menjaga dan melestarikan pakaian adat masing-masing daerah karena ini adalah adat dan kekhasan daerah-daerah di Indonesia, sekaligus merupakan kekakayaan yang tak ternilai harganya.