keindahan pantai siung
Pantai siung yogyakarta

Bagi anda yang suka berwisata tentu Jogja adalah salah satu tujuan anda. Keberadaan pantai siung menjadikan jogja semakin dekat dengan wisatawan dari berbagai daerah. Sebelumnya kita telah melihat kemolekan dan keindahan gili kondo, kali ini kita akan melihat sisi keindahan Jogjakarta dari pantainya yang menawan, dan salah satunya adalah pantai siung.

Keindahan Pasir Putih Pantai Siung

Keindahan Pasir Putih Pantai Siung
Keindahan Pasir Putih Pantai Siung

Dari dulu Yogyakarta terkenal sebagai daerah Istimewa yang kental dengan nilai budayanya. Namun, ternyata negeri yang sering disebut Jogja ini juga menjadi destinasi wisata yang luarbiasa indah seperti pantai siung. Pantai siung hanya sebahagian dari destinasi wisata di kota ini karena masih banyak lagi tempat lain yang bisa di kunjungi seperti candi borobudur, candi prambanan dan lain-lain.

Berbicara tentang pantai siungnya, yang letaknya di kota jogja sebagai salah satu kota istimewa di Indonesia setelah Aceh. Maka, ada baiknya sebelum kita membahas panjang lebar tentang pantai siung, kita lihat dulu sedikit pembahasan tentang kota yang di juluki Daerah Istimewa Yogyakarta.

Asal Nama Pantai Siung

Asal dari nama kota ini adalah Yogyakarta (dengan huruf Y), namun sering kita dengar Jogja (huruf J), ini wajar karena namanya berada di tengah loghat asli jawa sehingga huruf Y menjadi J. Jogjakarta adalah satu daerah yang berada di jawa tengah yang dari dulu terkenal dengan daerah yang kental dengan seni budaya dan adat istiadat penduduknya.

Lantas di mana letak pantai siung yang terkenal sebagai surga tersembunyi di kota Jogjakarta. Letak pantai siung adalah di kabupaten gunung kidul Yogyakarta. Untuk mencapai destinasi wisata pantai ini sangat mudah karena sekarang ada banyak alternatif jalan dan kendaraan yang bisa sampai kesana. Sebenarnya, digunung kidul sendiri ada banyak pantai yang indah dan banyak dikunjungi wisatawan, namun pantai siung adalah salah satu yang akan kita bahas hari ini.

Keindahan pasir putih pantai siung lengkap dengan adanya bebatuan besar dan gunung di sampingnya, selain itu kebersihan yang terjaga dan kejernihan airnya menambah keindahan pantai yang belum lama ini terkenal. Pantai ini mungkin tidak sepopuler pantai parangtritis, namun keindahannya mungkin tak kalah menarik. Tak salah jika anda dan sekeluarga menghabiskan akhir pekan sambil menikmati makanan khas Yogyakarta di pantai ini.

Dasar atau asal nama “siung” adalah dari adanya batu karang besar yang membentang di sebelah timur dan barat pantai. Batu-batu karang raksasa ini keberadaannya agak menjorok ke laut dan jika di lihat dari jauh mirip dengan gigi taring dari monyet atau sering disebut Siung Wanara. Demikianlah sejarah asal mula nama pantai ini menjadi pantai SIUNG, sebagaimana cerita rakyat sekitarnya yang percaya dengan keberadaan siung wanara.

Pantai Siung; The Best Rock Climbing

The Best Rock Climbing
salah satu lokasi panjat tebing pantai siung

Sebuah keunikan tersendiri karena batu karang ini telah menyajikan keindahan sempurna yang membuat mata tak berkedip memandang keidahan ciptaan Ilahi. Tak hanya keindahannya, namun batu karang ini juga menjadi pentnig bagi pecinta alam khususnya mereka yang suka dengan panjat tebing. Ada sejarah menarik berkenaan dengan tebing ini, pada tahun 1989 lalu wisatawan sekaligus pendaki dari Jepang menggunakan tebing batuan raksasa ini sebagai tempat untuk panjat tebing.

Itulah awal mula tempat ini dijadikan sebagai arena panjat tebing dan kini pemerintah Yogyakarta menjadikan pantai siung dan mengembangkannya sebagai arena panjat tebing bagi pecinta alam. Tak main-main, ternyata tempat ini kemudian berkembang menjadi arena penting bagi panjat tebing bahkan menjadi tempat di adakan Asean Climbing Gathering yang di ikuti oleh 250 peserta dari dua benua yaitu Eropa dan Asia.

Panjat tebing di pantai siung gunung kidul

Tebing yang cocok di jadikan sebagai arena bukan hanya satu tempat saja, namun ada 250 tempat yang bisa digunakan untuk panjat tebing dengan tingkat kesusahan dan kepayahan yang berbeda-beda. Karena kekayaan alam yang demikian rupa, maka pantai siung ini di kenal oelh dunia international sebagai Siung Beach; The best rock climbing site in Yogyakarta. Sebuah kebanggaan bagi Indonesia dan khususnya bagi kota Yogyakarta.

Sebelum tempat ini menjadi tebing untuk panjat tebing, dikabarkan tempat ini tidak begitu bersih sehingga sedikit wisatawan yang datang apalagi ditambah jalan menuju kesana masih belum sebagus sekarang. Namun setelah tempat ini menjadi destinasi panjat tebing, kini tempatnya sudah di bersihkan dan jalan menuju ke pantai siungpun sudah di bangu sehingga wisatawan mulai banyak yang berdatangan baik dalam negeri mapupun luar negeri untuk menyaksikan langsung bagaimana atraksi panjat tebing ini berlangsung.

Daya Tarik Pantai Siung

Pantai siung memiliki banyak daya tarik, tak hanya panjat tebing tetapi kamu bisa menikmati keindahan pantai yang begitu mempesona. Diatas bukit atau tebing yang didaki juga banyak hal bisa di lakukan seperti mengambil photo dengan latarbelakang laut luas yang membiru, selfie atau menikmati lautan luas secara langsung dari tempat ketinggian.

camping di pinggir pantai siung

Sementara di bagian timur pantai siung, ada tempat yang menjadi arena camping. Ini sungguh pengalaman luarbiasa bagi bisa menikmati malam dengan hembusan angin di pantai siung sambil mendirikan kemah di pinggir pantai. Dimalam hari ada hal lain yang bisa di nikmati terutama jika cuaca cerah dimalam hari. Kamu bisa menikmati taburan bintang yang begitu indah di atas lautan lepas.

Jika tak suka panjat tebing, kamu bisa memanfaatkan pasir putih yang teksturnya begitu lembut sebagai wahana untk bermain pasir bersama keluarga. Sungguh sebuah keasyikan tersendiri dari pantai di jogja ini. Ada juga pengalaman unik yang bisa kamu dapatkan jika kamu beruntung, kamu bisa menikmati segerombolan kera yang turun dari batu panjat tebing itu, tetapi biasanya jika pengunjungnya ramai para kera tidak turun dan memilih untuk tetap di atas batu karangg raksasa itu. Kera pantai siung tidak mengganggu pengunjung asalkan kamu tidak mengganggu mereka.

Berbagai Aktivitas Asik di Pantai Siung

Selain menikmati keidahan alami pantai siung dari bibir pantai, kamu bisa mengambil aktivitas lainnya yang tak kalah menarik seperti mendaki gunung. Ada gunung di pinggir pantai namun bukan gunung tertinggi di Indonesia, dan banyak pengunjung yang menikmati keindahan alam pegunungan. Sesampai di atas puncak gunung akan ada udara segar dan angin sepoi-sepoi yang bisa kamu rasakan. Selain daka titu, kamu akan melihat keindahan alam lautan pantai siung dari atas gunung dengan landscape yang sangat kecil namun luas membahana. Kamu bisa menghabiskan banyak waktu kamu di bawah pohon-pohon bersama keluarga.

Pantai siung selain sebagai temapt wisata juga berfungsi sebagai tempat pembelajaran atau diklat bagi mahasiswa pecinta alam (MAPALA) di jogjakartaa tau di luar jogjakarta. Masa-masa banyaknya pengunjung baisanya ketika musim libiran sekolah, anak-anak dan ibu, bapak dan keluarga-keluarga mulai berdatangan untuk melepaskan penat dan rasa capek selama kerja atau sekedar mencari kesenangan dan suasana rilek.

Sepanjang jalan menuju pantai siung kamu bisa melihat aktivitas masyarakat setempat yang memelihara ikan dalam keramba karena mereka belum berani berlayar mencari ikan sebagaimana di tempat lain. Selain tu, profesi masyarakat sekitar pantai siung adalah sebagai petani garam. garam yang di hasilkan menjadi garam utama sebagai komoditas yang di perdagangkan di sepanjang pasar di Purwodadi.

Memancing di pantai siung
Enaknya memancing di pantai siung, dapatnya besar-besar

Jika kamu suka memancing, kamu juga bisa mencobanya disini namun kamu tidak bisa ketengah lautan karena tidak ada perahu. Kamu juga harus membaca pancing sendiri dari rumah, soalnya disini tidak ada tempat sewaan pancing. Banyak mereka yang ingin memancing di bibir pantai siung membawa sendiri pancingnya dari rumah mereka.

Jalan Menuju Lokasi Pantai Siung

Alamat pantai siung adalah desa Purwodadi kec.Tepus Kab. Gunung Kidul. Untuk mengakses alamat ke pantai sangat mudah sekali. Jika ingin menuju kesana sebaiknya kamu merental mobil atau menggunakan mobil pribadi karena di sana tidak ada tempat untuk menyewa mobil.

Kondisi jalan menuju ke pantai Siung sudah banyak mengalami perkembangan sehingga sudah mudah untuk menuju kesana. Namun pada pengunjung di harapkan menggunakan mobil yang bagus dan cek terlebih dahulu kondisinya. Kenapa demikian? Karena untuk bisa sampai kepantai pengunjung melewati bukit-bukit berkapur dan daerah palawija penduduk.

Jika asal dari Jogja, maka kamu harus mengaambil jalan ke Wonosari, daan seterus mengambil rute ke arah Tepus Purwodadi, maka kamu akan sampai ke pantai Siung. Biasanya, perjalanan dari Yogyakarta akan memakan waktu sekitar 2 jam untuk bisa sampai ke Pantai Siung. Jika kamu tidak tahu juga alamatnya, kamu bisa mengakses peta online atau Google Map ini. Peta ke pantai Siung.

Harga Tiket Masuk Pantai Siung

Untuk masuk ke pantai siung kamu memang harus membayar tiket tetapi ini tidak seberapa, harganya yaitu 3000 rupiah belum termasuk parkir kendaraan. Biaya parkir kendaraan roda dua kamu harus bayar 2 ribu dan roda empat 5 ribu. Jadi, harga ini bisa berubah-ubah sesuai dengan yang telah di tetapkan pemerintah setempat. Jadi, bisa saja harga ketika anda pergi sudah tidak sama dengan harga yang kami sebutkan, itu karena adanya perubahan harga sewaktu-waktu.