pemikiran bob sadino

Bob sadino pengusaha sukses dengan se-gudang ide gila dan pemikiran gilanya yang membuat banyak orang tidak setuju. Namun, jangan salah, ini adalah pemikiran out of the box yang kebanyakan orang tidak sampai memikirkan ke situ tetapi ternyata ide gila bisa menghasilkan dan bikin sukses banyak orang. Inilah bob sadino, yang kerap di identik kan dengan pemikiran gilanya dalam berwirausaha.

Bob sadino (almarhum) adalah seorang pengusaha sukses Indonesia. Ia terkenal ketika usaha telur ayam negeri mengalami perkembangan yang luar biasa di Negeri ini. Bob Sadino punya banyak bisnis yang ia geluti, diantara bisnisnya adalah bisnis bahan pangan olahan, bisnis supermarket, biro wisata, dan bisnis sayuran hidroponik.

Kesuksesan yang di alaminya kini bukanlah sesuatu yang bisa didapat dengan mudah, bahkan dalam karirnya mengembangkan bisnis ia juga mengalami keterpurukan dimasa lalu. Namun berkat pemikiran briliannya ia bisa bangkit dan menjadi orang sukses dengan beragam bisnis di tangannya. Lantas, apa saja ide pemikirannya yang luarbiasa ini. Inilah yang biasa di kenal dengan pemikiran gila bob sadino, gila dalam arti briliant dan mampu membawanya kepada kesuksesan.

Pemikiran Gila Bob Sadino, Cerdas

Ok, langsung saja kita perhatikan apa saja jenis pemikiran gila bob sadino yang membuat ia kuat dan bisa bangkit dari keterpurukan selama membangun usaha bisnisnya.

1. Jangan banyak rencana karena ini adalah bencana

Mungkin kedengaran-nya sangat tidak masuk akal, masak dalam memulai bisnis tidak boleh ada rencana, padahal kalau kita pikirkan rencana di awal adalah mutlak penting dan di perlukan agar segala kemungkinan bisnis di depan bisa di prediksi dan inilah yang banyak di lakukan oleh pebisnis.

Tetapi ini bertolak belakang dengan pemikiran Bob Sadino, menurut ia ini adalah malapetaka. Dalam sebuah buku tulisan tangan Bob Sadino “Mereka bilang saya gila” Bob menulis bahwa perencanaan itu adalah metode bisnis orang yang belajar ilmu manajemen. Tetap menurut beliau dalam usaha tidak istilah seperti itu, tidak perlu sebuah perencanaan yang matang, karena usaha yang berjalan tidak mungkin ia lurus seperti yang si inginkan.

lebih lanjut, Bob Sadino menyebutkan bahwa bisnisnya di bisnis telur ayam negeri menjadi sukses karena ia tidak membuat sebuah perencanaan.

2. Carilah “kegagalan dan Kerugian”

Kita biasa mendengar “jauhilah kegagalan atau kerugian”, tetapi kali ini dari pemikiran seorang pebisnis yang telah sukses ini, beliau mengatakan carilah kerugian dan kegagalan. Tentu ini kedengarannya gila dan tidak masuk akal.

Baca juga: 11 Bisnis Online Tanpa Modal, Untung Jutaan

Dalam sebuah buku Bob Sadino yang berjudul “Belajar Goblok dari Bob Sadino” beliau mengatakan bahkan banyak pengusaha, dimana mereka berpikir secara linear; jadi jika ingin usaha itu harus untung biar berhasil. Tetapi saat menjalankan usahanya, banyak pengusaha yang justru mengalami kerugian dan kegagalan.

Maka, dalam berbisnis itu Bob Sadino menyuruh agar kita mencari kegagalan. Menurut ia keberhasilan itu hanya hasil akhir dan puncak dari sebuah usaha. namun sebelum itu pengusaha pasti mengalami kerugian, bangkrut dan lain sebagainya. Maka jelas, carilah kegagalan, karena jika kegagalan ini sudah habis dari kita maka terbitlah terang atau keberhasilan.

3. Jangan kebanyakan analisis

Selanjutnya, pemikiran gila Bob sadino adalah jangan kebanyakan analisis. Menurut Bob sadino, jika ingin segera sukses berhentilah melakukan analisis. Melakukan analisis hanya akan membuat kita fokus pada hal buruk atau negatif sehingga tidak akan sembat untuk memulai.

Orang yang sering menganalisa malah akan membuat ia banyak berpikir pada hal-hal buruk yang bisa mengancam bisnisnya. Akibatnya orang akan dihantui oleh analisa-analisa tersebut dan akhirnya menjadi sulit untuk melangkah. Jadi, lebih baik tidak melakukan analisa tetapi langsung saja memulai dan mencetak keuntungan setiap bulannya.

4. Orang bodoh jadi Bos

Anda pasti tidak setuju dengan pemikiran gila bob sadino yang ini. Karena menurut kebanyakan orang, orang pandai itu adalah bos dan orang bodoh pembantu. Padahal ini salah karena menurut Bos Sadino, setinggi apapun pangkat anda, anda tetap seorang pegawai atau pekerja dari atasan anda. Namun orang bodoh sekecil apapun usahanya, ia adalah bos.

Makna kalimat tersebut adalah hasil dari kutipan dari Kata dan pemikiran gila Bob sadino yang mengatakan:

“Setinggi apapun pangkat yang dimiliki, Anda tetap seorang pegawai. Sekecil apapun usaha yang Anda punya, Anda adalah bossnya.”


Inilah pemikiran dan cikal bakal kembalinya Bob Sadino ke tanah air Indonesia setelah sekian lama bekerja sebagai pegawai di Amsterdam dan Hamburg. Orang yang bodoh memang harus membuat usaha sendiri karena sering kali ia di tolak oleh berbagai tempat kerja.

Namun, dalam mengembangkan usahanya tadi, orang bodoh butuh orang pintar yang dipekerjakan untuk kemajuan usahanya. Sama seperti yang di alami pengusaha besar Jack Ma, ia awalnya selalu di tolak dalam melamar pekerjaan namun akhirnya ia membangun raksasa bisnisnya lewat Alibaba.com

Nah, jika orang bodoh bisa mempekerjakan orang pintar, maka sebenarnya yang pintar itu siapa? dan yang bodoh itu siapa!

5. Menjadi peka berkat jalanan

Berkat hidup begitu lama sebagai anak jalanan, Bob Sadino menjadi beka dengan keadaan lingkungan ia tahu apa yang harus di buat untuk membuka usaha, apa saja yang memungkinkan untuk dibuat dan di rintis sebagai ladang usaha.

Bob mengatakan bahwa riwayat pendidikan seseorang bukan sesuatu yang bisa di bangga kan dan rayakan. Lebih lanjut ia mengatakan bahwa orang pintar itu hanya banyak bicara tentang ilmu dan teori tapi tidak pandai dalam berbuat, khususnya dalam dunia wirausaha.

Bob Sadino adalah seorang pengusaha sukses dan nyentrik karena banyak ide gilanya yang justru menghasilkan membuat banyak orang sukses. Kini beliau sudah meninggal, tetapi pasti banyak inspirasi dan semangat sukses yang beliau tinggalkan untuk anak bangsa ini.