pengertian tasamuh adalah

Apa pengertian tasamuh dan apa pentingnya bersikap tasamuh dalam kehidupan sehari-hari. Dalam keehidupan sehari-hari kita sangat penting memiliki sikap tasamuh antar sesama.

Berdasarkan bahasa Arab, Tasamuh adalah berperilaku baik, saling memaafkan, dan berperilaku lemah lembut.

Secara umum, tasamuh adalah sikap atau akhlak terpuji dalam kehidupan bermasyarakat, dimana antar sesama ada sifat saling menghargai tentu dalam batas batas yang telah di tetapkan dalam Islam.

Pengertian tasamuh bisa di artikan sebagai tenggang rasa, saling menghormati dan menghargai antar sesama manusia. Kita sebagai manusia tidak bisa hidup sendiri, dimana dalam kehidupan ini kita selalu membutuhkan bantuan dan pertolongan orang lain, atas dasar ini maka sikap tasamuh adalah sebuah keniscayaan dalam kehidupan ini.

Tasamuh sangat penting dalam kehidupan kita, ketika bergaul dan berinteraksi dengan orang lain, kerap terjadi gesekan, bahkan sering terjadi kesalahpahaman yang kadang membawaki pada pertengkaran. Maka, dalam hal ini sangat penting sifat dan sikap tasamuh atau saling memaafkan sehingga perdamaian tetap terwujud dan di pelihara.

Jika tasamuh adalah senjata ampuh kita, maka dalam menyelesaikan berbagai masalah, kita tidak akan mengedepankan emosional. Orang memiliki sikap tasamuh ia memiliki pengertian dan hati lembut.

Dalam sebuah hadist riwayat Muslim, Rasulullah SAW. bersabda yang artinya berikut:

“Jadilah kamu hamba Allah yang bersaudara.”

Rasulullah SAW. mengajurkan agar kita hidup berdampingan secara rukun dengan orang lain yang berbeda.

Sikap tasamuh bisa membawa kepada kebaikan bahkan membuat orang tersebut di pandang terhormat dan tidak di cap radikal. Kita akan banyak teman dan orang yang berbaik budi terhadap kita namun sebaliknya, jika tidak memiliki tasamuh maka kita akan di jauhi karena terkensan bahkan kita adalah orang mementingkan diri kita sendiri tanpa peduli dengan orang lain.

Hadist dan Ayat tentang Tasamuh

Dalam sebuah hadist Rasulullaah SAW. bersabda bahwa tasamuh atau toleransi itu cukup penting karena kita semua di ibaratkan laksana satu tubuh yang merasa sakit jika salah satunya di sakiti. Berikut arti hadisst riwayat Imam Bukharri.

“Perumpamaan orang-orang mukmin dalam hal saling mengasihi, saling belas kasih dan saling cinta itu bagaikan satu jasad (tubuh). Apabila salah satu anggota tubuh ada yang mengeluh, maka seluruh anggota tubuh lainnya merasa gelisah dan panas demam”. (H.R. Bukhari).

Selain hadist, ada juga ayat al-Quran tentang Tasamuh, sebagai berikut:

Dalam Q.S. Al-Maidah ayat 2, Allah berfirman yang artinya:

“Dan tolong-menolonglah kamu dalam kebaikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat doa dan pelanggaran. Dan bertakwalah kamu kepada Allah, sesungguhnya Allah amat berat siksa-Nya”.

Tolong menolong disini diartikan sebagai bentuk kerjasama dan saling menghargai yang disebut dengan tenggang rasa atau toleransi.

Setelah kita tahu arti tasamuh, lantas apa manfaat dari sikap positif ini. Berikut kita lihat beberapa manfaat dari sikap tasamuh.

Manfaat-Manfaat Tasamuh

  • Mengeratkan persatuan dan hubungan persaudaraan dengan sesama manusia
  • Memebangun sikap hormat menghormati sesama manusia
  • Mencegah dan menghindari sikap kekerasan serta kekacauan
  • Bisa memudahkan berbagai urusan dalam kehidupan bermasyarakat
  • Baik untuk memperbaiki derajat manusia di kalangan sesama manusia atau di hadapan Tuhan
  • Menghormati orang lain dan menghormati hak dan kewajibannya
  • Menjaga norma-norma agama, adat istiadat dan sosial budaya
  • Menciptakan tali kasih sayang antar sesama manusia
  • Menumbuhkan sikap tanggung jawab dalam lingkungan bermasyarakat.

Demikianlah pengertian tasamuh, pentingnya tasamuh, manfaat tasamuh serta dalil hadist dan ayat tentang tasamuh. Semoga artikel singkat ini bermanfaat untuk semuanya.