Pengertian Web Browser

Pengertian Web Browser – Kamu pasti sering menggunakan web browser ini dalam menjelajah internet. kami yakin sepintass kamu sudah tahu web browser karena memang selalu menggunakannya dalam kehidupaan seharri-hari dalam berselancar di internet (dunia maya). Namun tahukah kamu, apa itu web browser sebenarnya, bagaimana pengertiannya? Cara kerjanya dan apa saja fungsinnya.

Ok, disini kami akan menjelaskan pengertian web browser serta contoh-contohnya bahakan sampai pada bagaiman cara kerjanya.

Pengertian Web Browser

Definisi atau pengertian web browser adalah sebuah aplikasi yang bisa mengambil, menjelajah, dan menyajikan berbagai informasi atau konten dari beragam sumber yang berada dalam jaringan internet. Jika kita lihat dari frasa katanya yaitu WEB BROWSER, web adalah singkatan dari Website, daan browser adalah penjelajah. Maka dari frasa kaatanya saja kita bisa memahami yang di maksud dengan web browser adalah alat sebagai penjelajah halaman website yang ada dalam jaringan internet atau WWW (world Wide Web).

Jadi, web browser bisa mengetahui beragam informasi yang di ketik pengguna sehingga web browser-pun bisa menyajikan informasi berkenaan itu baik berupa tulisan, gambar atau video yang di inginkan oleh pengguna.

Fungsi atau Kegunaan Web browser

Sebagai pengguna internet, kita pasti pernah menggunakannya dalam mengambil atau memerintahkan pengambilan suatu innformasi. Bahkan, kita selalu menggunakan browser baik di pc atau di mobile di saat sedang mengexplore informasi yang tersedia didalam internet.

Merujuk kepada manfaatnyna yang demikian, maka web browser memiliki beberapa fungsi, sebagai berikut:

1. Membuka halaman website

Salah satu fungsi bahkan bisa di katakan sebagai fungsi utama web browser adalah sebagai alat untuk membuka halaman website, tanpa ada program atau aaplikasi ini maka bisa di katakan seseorang tidak bisa membuka halaman situs tertentu.

2. Memastikan keamanan suatu website

Web browser terkenal dan besar biasanya saangat berperan dalam memferifikasi sebuah situs yang di buka, apakah sistus tersebut aman atau tidak aman untuk di buka. Ini termasuk fungsi yang cukup penting, mengingat banyaknya virus yang bisa mengancam pengguna internet.

Jadi, dengan menggunakan web browser terpercaya dalam membuka sebuah situs kita sudah bisa memasatikan security dan keamanan dalam berselancar di dunia tanpa batas.

3. Mendukung permintaan data

Seseorang mengakses internet mempunyai maksud tertentu dan sebahagian maksud itu adalah mendapatkan data atau informasi tentang sesuatu. Maka, dengan web browser seseorang bisa mendapatkan data yang di perlukan karena web browser akan menjelajah dan menggali informasi yang di butuhkan atau yang di ketik di url bar browser.

Menariknya lagi, data-data yang di sajikan itu bisa langsung di save atau di simpan dalam hp atau pc sehingga tidak perlru lagi menggunakan koneksi internet untuk membuka pada kali kedua.

Baca: Cara dan tips Mempercepat Koneksi Wifi

4. Memaksimalkan hasil penelusuran

Ini terjadi karena dalam setiap kali pengguna mengetik informasi yangg ingin didapatkan maka browser akan menelusuri semua data yang serupa dan kemudian menampilkannya yang paling sesuai dengan permintaan user.

Dengan menggunakan web browser kita bisa memaksimalkan pencarian data yang kitaa butuhkan. Informasi yang disajikan sesuai dengan permintaan baik itu berupa teks, foto, video, atau dalam bentuk audio.

5. Mendukung Penggunaan Mesin Pencari

Mesin pencari dan web browser adalah dua soft tool yang sangat mendukung satu sama lain dalam menyajikan berita kepada pengguna internet. Jadi, bisa dikatakan bahwa search engine adalah termasuk bagian dari web browser yang membantu user dalam mendapatkan informasi yang tersebar di internet.

Cara Kerja Web Browser

Setelah kita mengetahui pengertahuan web browser, dan fungsinya sekarang kita melihat bagaimana cara web browser ini bekerja dan berjalan di perangkat.

Untuk bisa menggunakan web browser, tentu kita harus terlebih dahulu memasang atau menginstall aplikasi web browser ini di perangkat kita baik itu, laptop, komputer, atau gadget. Karena tanpa memasangnya tentu kita tidak bisa menggunakannya.

Jika web browser sudah terinstall, sekarang kita langsung menggunakannya dengan melakukan klik dua kali pada aplikasi tersebut. Ketika aplikasi browser telah terbuka, sekarang waktunya kita menulis alamat situs atau web yang ingin kita buka.

Selain menulis url atau alamat web, acara lain mencari dan mendapatkan informasi yaitu dengan mengetik kata kunci atau keyword yang ingin kita cari informasinya. Kita mengetik keyword ini di address bar web browser, selanjutnya menekan ENTER, maka langsung web browser melakukan penjelajah dan mendapatkan informasi yang kita inginkan.

Anda bisa juga menulis dulu alamat Google (search engine) di address bar web browser, kemdian setelah halaman Google terbuka, anda bisa mengetik keyword atau kata kunci yang anda cari, dan web browser langsung melakukan explore atau penjelajahan dan menyajikan beragam situs yang menampilkan informasi yang anda cari.

Baca juga: 40 Game Offline Android Terbaik,

Contoh Contoh Web Browser

Jika memang seperti itu pengertiannya, cara kerja dan fungsinya, lantas apa saja conto web browser sehingga dengan adanya contoh kita bisa lebih detail memahami tentang web browser ini. OK, berikut kita sertakan beberapa contoh aplikasi yang di sebut web browser yang dapat kamu install di pernagkat kamu, namun harus disesuaikan dengan aplikasinya.

Ada aplikasi khusus mobile (android/iOS), tidak bisa di pasang pada PC atau laptop, demikian juga ada aplikasi web browser khusus PC, tentu tidak bisa di install di popnsel atau mobile. Langsung saja, kta lihat beberapa contoh web browser yang terkenal.

1. Google Chrome

Google Chrome adalah sebuah aplikasi web browser yang hari ini cukup banyak penggunanya, padahal web browser ini baru muncul beberapa tahun setelah ada mozilla. Namun perkembangannya dengan beragam fitur dan keamanan tingkat tinggi, sekarang menjadi web browser yang pengguna di kisaran 60% pengguna internet di seluruh dunia.

2. Mozilla Firefox

Selanjutnya ada Mozilla Firefox, ini adalah web browser yang di dikembangkan oleh yayasan Mozilla dengan memiliki ratusan sukarelawan dalam mengembangkannya. Ketenaran dan banyaknya jumlah pengguna Mozilla di seluruh dunia di katakan sebagai yang terbanyak kedua setelah Chrome.

3. Opera

Opera adalah web penjelajah antar platform yang khusus dirancang untuk menjelajah internet dengan cepat. Browser ini juga memiliki sangat banyak penggunanya terutama yang berbasis android dan iOS.

4. Safari

Ini adalah web browser atau peramban website yang muncul dari perusahaan Apple inc.Pada dasarnya, aplikasi Safari hanya di tujukan untuk pengguna Mac. Namun dalam perkembangannya sekarang sudah bisa di gunakan oleh semua pernagkat baik mobile atau PC. Tahun rilisnya untuk komputer sudah pada tahun 2003 dadn untuk perangkat gadget baru pada tahun 2007.

Demikianlah ulasan singkat dan jelas tentang web browser atau peramban web, mulai dari pengertiannya, cara kerja web browser, fungsi dan manfaat serta bagaimana contoh-contoh web browser. Semoga saja informasi yang kami sediakan ini bermanfaat dan menjadi tambahan pengetahuan.