Pengertian Yayasan

Apa Pengertian yayasan? Yayasan adalah sebuah badan hukum yang memiliki tujuan dan maksud sosial, keagamaan, kemanusiaan, pendidikan dan lain-lain. Aturan yang ada dalam yayasan tidak main-main, semuanya berlandaskan hukum yang kuat. Maka Yayasan tidak bisa di urus secara sembarangan atau digunakan secara sembarangan.

Dasar hukum yayasan adalah Undang-Undang No.28 Tahun 2004, UU ini merupakan perubahan atas Undang-undang No.16 Tahun 2001 tentang yayasan. Disamping itu ada juga Peraturan Pemerintah No. 63 Tahun 2008 tentang pelaksanaan undang-undang tentang yayasan.

Yayasan yang di bangun tidak mempunyai keanggotaan, artinya yayasan tersebut tidak bangun seperti PT atau sekutu-sekutu dalam CV atau anggota-anggota dalam usaha lain.

Tetapi, sebuah yayasan digerakkan oleh organ-organ atau badan yayasan yang terdiri dari pembina, pengawas, dan pengurus atau pelaksana harian.

Daftar Isi Artikel

Pengertian Yayasan

Pendirian yayasan tidak terdiri dari anggota, yayasan hanya didirikan dengan memperhatikan syarat-syarat formal yang sudah tercantum dalam undang-undang. Di negara Indonesia, yayasan di atur oleh Undang-Undang nomor 16 Tahun 2001 dan Undang-undang nomor 28 tahun 2004 atas perubahan UU nomor 16 tahun 2001 yang berbicara tentang yayasan.

Dalam mendirikan sebuah yayasan, harus di lakukan lewat akta notaris serta mempunyai status badan hukum. Jadi, yayasan adalah sebuah badan hukum resmi maka dalam pengesahan-nya pun harus di sahkan oleh Menteri Kehakiman dan Hak Asasi Manusia atau bisa juga oleh pejabat yang ditunjuk.

Yayasan terbagi kepada dua model, yaitu yayasan perorangan atau mandiri dan yayasan pemerintah yaitu yayasan yang didirikan oleh pemerintah.

Yayasan mempunyai kas dana sendiri atau kekayaan yayasan adalah mandiri atau terpisah dengan kekayaan pendirinya. Artinya yayasan itu mempunyai kekayaan sendiri. Kekayaan inilah yang di gunakan sebagai modal awal dalam melaksanakan kegiatan.

Jumlah kekayaan yayasan juga di atur dalam Pasal 6 PP No.63 Tahun 2008 tentang Pelaksanaan Undang-Undang mengenai Yayasan yaitu senilai Rp 10.000.000,00. Senilai 10 juta ini bisa berupa uang, atau barang baik bergerak atau barang tak bergerak.

Pengertian Yayasan Menurut Para Ahli

Sekilas kita sudah paham dengan pengertian yayasan, dan sekarang kita lihat bagaimana maksud dan pengertian yayasan dari para ahli berikut ini.

1. Zainul Bahri

Zainul Bahri berpendapat bahwa yang di maksud dengan yayasan adalah suatu badan hukum yang muncul untuk mencapai tujuan tertentu khususnya di bidang sosial.

2. Poerwadarminta

Sementara Poerwadarminta mengatakan bahwa yayasan disirikan dengan tujuan untuk memajukan suatu sekolah dengan maksud dan tujuan tertentu juga.

3. C.S.T. Kansil dan Christine S.T. Kansil

Ia mengatakan bahwa yayasan atau Stichting (dalam bahasa Belanda), sebuah badan hukum yang melakukan kegiatan dibidang sosial.

4. Achmad Ichsani

Selanjutnya, pengertian yayasan menurut Ichsani. Ia mengatakan bahwa yayasan tidak memiliki anggota. hal ini dikarenakan sebahagian harga kekayaan yayasan keberadaannya terpisah dari harta pendirinya.

Jadi, sebahagian harta yang telah di sumbangkan kepada yayasan akan menjadi kekayaan yayasan dan kekayaan ini di gunakan untuk memajukan yayasan tersebut baik di bidang sosial, keagamaan dan lain-lain.

Tujuan Didirikan Yayasan

Yayasan didirikan dengan tujuan yang jelas yaitu untuk memajukan bidang pendidikan, agama, sosial dan lain-lain. Selain itu, pendirian yayasan juga harus tercantum dalam AD/ART yayasan. Berikut beberapa tujuan pendirian yayasan, semoga menjadi informasi untuk semuanya.

  • Untuk mencapai tujuan mulia baik di bidang agama, sosial, pendidikan dan lain-lain
  • Yayasan bersifat sosial, keagamaan dan kemanusiaan
  • Tujuan dan maksud dari pendirian yayasan harus tercantum dalam anggaran dasar.

Syarat-Syarat Mendirikan Yayasan

Mendirikan sebuah yayasan tentu harus paham syarat-syarat dan aturannya. Ini bukan hal sembarang yang bisa di buat se-sukanya. Yayasan punya aturan dalam pendiriannya dan ini tercantum dalam Undang-udang. Maka, pendirian yayasan ini harus memenuhi syarat dan aturan yang ada.

Berikut kita lihat apa saja syarat-syarat pendirian yayasan:

  • Pendirian yayasan harus di lakukan melalui akta notaris dan di buat dengan menggunakan bahasa Indonesia
  • Yayasan didirikan oleh satu orang atau lebih dengan cara memisahkan sebahagian harta kekayaan pendirinya sebagai modal kegiatan yayasan ini menjadi harta kekayaan yayasan.
  • Struktur organisasi di yayasan harus terdiri dari pembina, pengurus yayasan dan pengawas
  • Yayasan juga bisa didirikan berdasarkan surat wasiat
  • Yayasan tidak boleh menggunakan nama yang sudah di pakai oleh yayasan lain, dan yayasan tidak boleh bertentangan dengan ketertiban hukum umum dan kesusilaan.
  • Yayasan yang didirikan akan memperoleh status hukum setelah akta pendirian yayasan disahkan oleh menteri atau pejabat yang di tunjuk.

Cara Mendirikan Yayasan

Dalam mendirikan sebuah yayasan ada berkas-berkas yang juga masuk dalam persyaratan yang harus ada. Berikut dokumen dan berkas yang perlu di persiapkan dalam mendirikan sebuah yayasan.

  • Akta mendirikan yayasan harus ada dari notaris
  • Surat keterangan berdomisili yayasan dari kelurahan dan kecamatan
  • Surat keterangan/NPWP dari Kantor Perpajakan
  • Surat keputusan kementrian hukum dan HAM (Hak Asasi Manusia)
  • Tanda daftar yayasan dari dinas sosial
  • Pengumuman dalam lembaran berita negara RI dari Perum Percetakan Negara RI

Dokumen yang harus di persiapkan adalah:

  • Nama Yayasan
  • Jumlah kekayaan awal
  • Bukti modal/aset kekayaan awal yayasan
  • Fotocopy NPWP Pribadi khusus ketua Yayasan
  • Fotocopy KTP Pembina, Pengawas dan Pengurus Yayasan
  • Fotocopy KTP Para Pendiri
  • Surat Pengantar RT/RW sesuai domisili Yayasan
  • Fotocopy bukti kantor Yayasan (berupa SPPT PBB/Surat Perjanjian Sewa)
  • Syarat-Syarat lain jika memang di perlukan

Cara dan Prosedur Mendirikan Yayasan

Sebenarnya mendirikan sebuah yayasan tidaklah terlalu sulit. Ketika anda sudah berurusan dengan notaris, maka langkah anda sudah mudah karena notaris inilah yang akan membuat akta pendirian yayasan anda, atau di sebut dengan akta notaris.

Jadi, sebahagian besar urusan anda akan di handle oleh notaris. Notarislah nanti yang akan memesan nama yayasan anda, dan mengajukan permohonan untuk pengesahan badan hukum Yayasan, ini di ajukan kepada Menteri, hingga penerimaan berkas-berkas proses jadinya Yayasan, semuanya di urus oleh yayasan.

Jika semua berkas dan keperluan yang di sediakan sudah lengkap dan selesai, maka para pendiri yayasan datang bersama-sama menghadap notaris untuk menandatangani surat-surat. Nah, jika sudah di tandatangani di depan notaris maka sejak itulah yayasan anda sudah bisa beroperasi.

Namun demikian, agar yayasan sah eksistensinya sebagai badan hukum, maka notaris harus segera memproses pengesahan yayasan ini ke Kementrian Hukum dan HAM RI. Biasanya proses pengurusan semuanya akan memakan waktu selama 60 hari.

Sekian dan demikianlah pengertian yayasan, tujuan berdirinya yayasan, jenis-jenisnya, syarat pendirian yayasan dan prosedur serta dokumen yang di butuhkan dalam mendirikan sebuah yayasan baik yayasan pendidikan, sosial, atau yayasan lainnya.