Peta Indonesia

Peta Indonesia – Negara Indonesia adalah negara luas di Asia tenggara yang terdiri dari ribuan pulau di dalamnya. Sebagai negara dengan luas wilayah terbesar, di peta Indonesia nampak bahwa susunan negara ini terdiri dari pulau-pulau baik besar maupun kecil. Diantara pulau besar adalah Sumatra, Jawa, Kalimantan, Sulawesi dan Irian Jaya. Sebagai negara kepulauan, Indonesia di kenal dengan negara maritim, negara agraris dan lain-lain.

Negara yang berada tepat di garis khatulistiwa ini memiliki keragaman budaya dan adat istiadat serta beragam suku bangsa. Suku di Indonesia yang jumlahnya ribuan juga menjadi kekayaan nilai sebagai bangsa besar yang beriklim tropis. Kekayaan alam yang luarbiasa serta keindahan pemandangan alam menjadi daya tarik tak hanya bagi lokal saja namun memikat bangsa lain untuk datang berwisata ke Indonesia.

Beberapa Peta Indonesia

Peta Pulau-Pulau Besar di Indonesia

Peta Indonesia Lengkap

Peta Buta Indonesia, Tanpa Nama dan Petunjuk

Peta Indonesia Hitam Putih

Letak Geografis Indonesia

Indonesia yang ibukotanya di pindahkan ke Kalimantan adalah sebuah negara yang sangat strategis berada tepat di garis khatulistiwa. Negara hijau ini terletak antara 6º LU-11º08 LS dan 95º BT-141º BT dengan luas daratan sebesar 1.922.570 km2. Sementara luas lautannya lebih besar lagi dibandingkan dengan daratan yaitu 3.257.483 km2. Andaaa bisa melihat langsung di Peta Indonesia dengan peraiarannya yang lumayan besar sehingga kekayaan laut Indonesia pun di pastikan sangat besar.

Sebagai negara maritim dan perairan, Indonesia terdiri dari ribuan pulau baik berpenghuni atau tidak berpneghuni. Terdapat 17.504 pulau di Indonesia dengan 6000 pulau tidak berpenghuni dan mayoritas populasi di Indonesia mendiami pulau besar di Indonesia yaitu Sumatra, Kalimantan, Jawa, Sulawesi dan Irian Jaya.

Batas Negara Indonesia

Indonesia mempunyai batas negara baik lautan maupun daratan. Inilah sebabnya kadang sering terjadi konflik perbatasan antara Indonesia dengan negara tetangga. Berikut kita lihat batas-batas negara Indonesia.

Sebelah Utara. Di bagian utara Indonesia berbatasan dengan Negara Malaysia, Negara Singapura, Filipina, Samudra Pasifik, Thailand, dan Vietnam. Tentu di bagian lautannya.

Sebelah Barat. Di bagian ini Indonesia berbatasan dengan Samudera Hindia dan negara India. Juga masih di bagian lautannya

Sebelah Selatan. Di sebelah selatan, Indonesia berbatasan dengan Samudra Hindia dan Timor Leste yaitu negara yang dahulunya bagian dari Indonesia. Ini berbatasan di bagian lautan dan daratan.

Sebelah Timur. Di sebelah Timur, negara ini berbatasan dengan negara Papua Nugini.

Pembagian Administratif Indonesia

Indonesia adalah negara yang menganut sistem pemeritah presidensil dan berbentuk republik, maka tentu negara Indonesia dib bentuk dari provinsi-provinsi. Setiap provinsi di Indonesia ada kabupatennya masing-masing, dan setiap kabupaten terbagi lagi sistem pemerintahannya kepada kecamatan-kecamatan dan dalam kecamatan ada lagi pemerintah terkecil yaitu desa-desa atau lurah-lurah.

Indonesia di bagi dalam 34 provinsi dengan 416 kabupaten, 98 kota, terdiri dari 7.024 kecamatan dan 81.626 desa-ddesa tersebar di seluruh Indonesia.

Dalam pemerintahan di tingkat provinsi ada Gubernur yang bertindak sebagai pemimpin tertinggi yang di lengkapi dengan DPRD provinsi. Sementara di kabupaten di pimpin oleh Bupati dan terdapat DPRD kabupaten, kota di pimpin oleh walikota dan DPRS kota yang di pilih oleh rakyat secara langsung lewat Pemilihan Umum.

Ok, setelah kita tahu sistem pemerintahannya, sekarang kita lihat provinsi-provinsi di Indonesia serta ibukotanya masaing-masing.

  1. Aceh – Banda Aceh
  2. Sumatera Utara – Medan
  3. Sumatera Barat – Padang
  4. Riau – Pekanbaru
  5. Kepulauan Riau – Tanjungpinang
  6. Jambi – Jambi
  7. Sumatera Selatan – Palembang
  8. Kepulauan Bangka Belitung – Pangkal Pinang
  9. Bengkulu – Bengkulu
  10. Lampung – Bandar Lampung
  11. DKI Jakarta – Jakarta
  12. Banten – Banten (Serang)
  13. Jawa Barat – Bandung
  14. Jawa Tengah – Semarang
  15. DI Yogyakarta – Yogyakarta
  16. Jawa Timur – Surabaya
  17. Bali – Denpasar
  18. Nusa Tenggara Barat – Mataram
  19. Nusa Tenggara Timur – Kupang
  20. Kalimantan Barat – Pontianak
  21. Kalimantan Tengah – Palangkaraya
  22. Provinsi Kalimantan Selatan – Banjarmasin
  23. Kalimantan Timur – Samarinda.
  24. Kalimantan Utara – Tanjung Selor
  25. Sulawesi Utara – Manado
  26. Gorontalo – Gorontalo
  27. Sulawesi Tengah – Palu
  28. Sulawesi Barat – Mamuju
  29. Provinsi Sulawesi Selatan – Makassar
  30. Sulawesi Tenggara – Kendari
  31. Maluku – Ambon
  32. Maluku Utara – Sofifi
  33. Papua Barat – Manokwari
  34. Papua – Jayapura

Semua provinsi di Indonesia berjumlah 34 dan dari jumlah tersebut terdapat 5 daerah yang beda dengan daerah lainnya. Lima provinsi ini memiliki hak otonomi khusus atau hak istimewa dibandingkan dengan provinsi lainnya. Daerah tersebut memiliki hak lebih esar dalam mengataur daerahnya sendiri.

Lima provinsi yang memiliki hak otonomi khusus adalah DKI Jakarta, Papua, Daerah Istimewa Yogyakarta, Papua Barat, dan Daerah Istimewa Aceh.

Lingkungan Hidup Indonesia

Indonesia adalah negara yang disebut dengan mega biodiversity karena memiliki keanekaragaman ahayati yang cukup tinggi. Hewan atau fauna dan tumbuhan atau flora yang ada di negara yang berada di khatulistiwa ini sangat beragam dan tersebar dari sabang sampai marauke.

Flora-flora identitas provinsi di Indonesia adalah flora nusantara yang kemudian menjadi ciri khas dan simbol bagi flora Nasional. Selain flora nasional, ada juga nama bunga nasional yang telah di tetapkan pemerintah sebagai bunga yang menjadi karakteristik bangsa Indonesia. Bunga-bunga ini adalah bunga melati yang di sebut Puspa Bangsa, bunga naggrek bulan disebut sebagai puspa pesona, ada juga bunga patma raksasa yang sebagai puspa langka.

Tak hanya itu, di setiap provinsi di Indonesia juga ada bunga masing-masing yang menjadi simbol dan identitas suatu provinsi. Peraaturan ini sudah termuat dalam aturan pemerintah yaitu Kemendagri No. 48 tahun 1989 tentang penetapan flora dan fauna daerah di Indonesia.

Indonesia tidak hanya kaya dengan flora saja namun juga kaya dengan fauna atau hewan yang beragam yang mendiami daerah Indonesia. Fauna di Indonesia tentu di pengaruhi oleh keadaan alam dan rintangan alam yang ada di negara tropis ini.

Fauna ini tersebar di berbagai daerah di Indonesia, persebarannya bisa di lihat di peta Indonesia menurut daerah masing-masing. Fauna yang ada di Indonesia di bagi kepad tiga jenis yaitu:

Fauna Tipe Asiatis: Berdasarkan rujukan pada peta Indonesia, persebaran fauna ini adalah dari bagian barat Indonesia, hingga selat makasar dan selat lombok. Daerah ini hidup hewan-hewan besar yang menyusui seperti gajah, badak, harimau, beruang dan orang utan.

Fauna Tipe Australis: Berdasarkan informasi dari peta Indonesia, tipe hewan australis mudah di temukan di daerah Indonesia bagian timur. Dinatara hewan ini adalah jenis burung seperti burung cendrawasi, kasuari dan burung kakaktua.

Fauna peralihan: Selanjutnya, jenis fauna peralihan yaitu hewan yang mudah di temukan di Indoensia bagian tengah seperti Nusa Tenggara dan Sulawwesi. Ini adalah jenis hewan asli Indonesia dan hanya adaa di negara Indonesia seperti komodo, burung maleo, babi rusa, dan anoa daratan.

Pembagian fauna kepada fauna tipe asiatis, fauna tipe australis dan fauna tipe peralihan adalah berdasarkan pengklasifikasian yang di buat oleh Max Wilhelm Carl Weber dan Alfred Russel Wallace.

Demografi Indonesia

Sebagai negara yang luas, Indonesia menempati negara terbanyak ke empat jumlah penduduknya di dunia yaitu berjumlah sekitar 270.054.853 juta jiwa berdasarkan BPS tahun 2018 lalu.

Namun, penduduk di Indonesia tidak merata di semua pulau terbesar, namun populasi terbanyak adalah di Pualau Jawa khususnya Jakarta. Penduduk berpencar sesuai dengan lapangan pekerjaan, pusat kota apalagi pusat ibu kota seperti DKI Jakarta tentu menjadi tempat terbaik untuk mengais rezeki, maka tak heran jika Jakarta menjadi daerah terpadat penduduknya di Indonesia.

Pendududk asli Indonesia ada yang dari bangsa Austronesia dan ada juga yang berasal dari bangsa Melanesia, Polinesia, dan Mikronesia. Maka dari setiap daerahnya ada keunikan dan identitasnya masing-masing atau disebut dengan suku bangsa. Ada ribuan suku di Indonesia yang awalnya adalah beraasal dari baangsa yang sama seperti barusan kita sebutkan.

Sementara dari sisi kepercayaan, Bangsa Indonesia yang begitu banyak suku bangsanya tentu memiliki kepercayaan yang berbeda-beda. Di Indonesia tidak semua agama di akui, hanya ada beberapa agama saja yang di akui oleh negara dalam artian di legalkan kepada pemeluknya untuk mengikuti sesuai kepercayaan. Namun demikian, agama terbesar dan paling banyak penganutnya adalah agama Islam.

Topografi Iklim di Idonesia

Setelah kita tahu sedikit banyaknya tetang penduduk Indonesia, sekarang kita coba melihat bagaimana topografi iklim di Indonesia.

Sebagai negara yang letak geografisnya tepat di garis khatulistiwa, maka wajar jika musim yang ada di Indonesia adalah dua macam yaitu musim hujan dan musim kemarau.

Selain itu, negara indonesia adalah negara kelautan atau maritim karena letaknya di apit oleh dua samudra sehingga Indonesia menjadi negara dengan iklim laut. Iklim laut telah menyebabkan kelembaban udara sangat tinggi hingga 80%. Itulah sebabnya Indonesia di kenal sebagai negara yaang beriklim basah.

Iklim laut yang ada juga menyebabkan keadaan darat yang kering terasa lembab, disiang hari pengaruh angin laut membuat daratan menjadi lebih lembab. Sementara di malam hari, angin laut menjadi hangat sehingga malamnya di Indonesia tidak terlalu dingin dan sejuk.

Indonesia adalah daerah yang di penuhi dataran tinggi dan dataran rendah serta puncak-puncak gunung yang menjulang tinggi seperti sederetan gunung tertinggi di Indonesia. Keadaan geografis yang seperti ini juga menyebabkan perubahan dan variasi iklim yang berbeda-beda.