Pola Hidup Sehat

Pola hidup sehat – Semua orang pastinya ingin hidup sehat sepanjang umurnya dan bahkan ingin mendapatkan umur yang
panjang tanpa ada suatu penyakitpun padaa tubuhnya. Namun hanya segelintir orang saja yang sadar dengan hidup sehat. Sementara selebihnya hanya sekedar slogan dan pembicaraan di bibir saja namun gaya hidup dan kebiasaan hidup sehari-hari belum mencerminkan kehidupan orang sehat.

Sebagai bukti, masih banyak orang yang menghabiskan banyak uangnya untuk makan di luar dengan makanan-makanan tidak sehaat. Berapa banyak tiap harinya kita mengkonsumsi makanan tidak sehat seperti gorengan, juck food, makanan kalengan atau kemasan yang penuh dengan bahan pengawet.

Bahkan gaya hidup dan pola hidup tidak sehat ini lebih banyak terlihat di lingkungan orang berfinansial cukup. Seharus mereka harus menjadi pelopor karena memang mampu untuk hidup dengan baik dan sehat dengan segala makanan yang sehat juga baik dari mengkonsumsi makanan, buah-buahan dan lain-lain.

Semoga ini menjadi pembais atau penyemangat untuk kita hidup sehat. Coba perhatikan, jika kita tidak memperdulikan kehidupan sehat kita sekarang, itu sama saja kita telah menggadaikan kehidupan masa depan kita. Haarir ini tidak memperhatikan makanan sehat dan gaya hidup sehat, maka di hari tua besar kemungkinan kita akan mengalami banyak penyakit.

Maka dalam artikel ini saya merasa penting mengajak kita semua sekaligus menyadarkan diri kami untuk mementingkan pola hidup sehat. kami akan merangkum tulisan ini dalam judul pola hidup sehat: 6 cara hidup agar selalu sehat dadn bugar.

Baca juga: Manfaat Pisang Ambon

Naamun, sebelumnya mari kita lihat bagaimana pola hidup tidak sehat sehingga kita memahami dengan pasti dan detail tentang cara cara cerdik untuk menjalani hidup sehat.

Pola Hidup Tidak Sehat

Pola hidup tak sehat sangat banyak di praktekkan dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan sebahagian kita tidak tahu kalau cara hidup itu sebenarnya sama sekali tidak sehat dan tidak baik untuk kesehatan kita.

Berikut kebiasaan-kebiasaan yang tak baik untuk kita jalankan atau kebiasaan tidak sehat. Mari kita lihat satu persatu berikut ini:

1. Merokok

Merokok adalah kebiasaan buruk yang sama sekali tidak ada nilai positifnya. Asap rokok tidak hanya menjadi racun bagi perokok itu sendiri namun juga bisa menjadi racun yang jauh berbahaya terhadap mereka yang berada di sekeliling anda atau yang tidak merokok.

Asap rokok mengandung nikotin dan ia bersifat candu sehingga bagi mereka yang sudah sering merokok sangat sulit untuk melepaskannya. Kamu pasti tahu bahwa merokok itu adalah buruk untuk kesehatan kamu, tapi kamu sama sekali tak berdaya untuk menarik diri dari kebiasaan rokok sekalipun menghabiskan banyak uang, dan membunuh kamu pelan-pelan.

Jadi, merokok adalah perbuatan buruk yang membuat kesehatan kamu menjadi buruk se iring dengan pertambahan usia kamu.

2. Minum alkohol

Menenggak alkohol atau minum minuman beralkohol adalah salah satu sifat buruk yang bisa mengancam kesehatan kamu. Orang yang dalam tubuhnya sudah banyak mengandung alkohol maka ia seperti kehilangan kesadarannya terhadap efek buruk dari minuman ini.

Itulah sebabnya kenapa dalam Islam alkohol itu haram diminum dann segala jenis minuman yang mengandung alkohol. Tahukah kamu apa bahaya minum alkohol? alkohol bisa menyebabkan masalah pada organ vital tubuh seperti ginjal, jantung, pembuluh darah, dan organ hati.

3. Mengoknsumsi makanan gorengan secara berlebihan

Selanjutnya, pola hidup tidak sehat adalah mengkonsumsi makanan yang di goreng seperti ppisang goreng, bakwan, dan lain-lain dalam jumlah besar atau secara berturut-turut setiap hari.

Makanan yang di goreng, terutama yang kaya karbohidrat bisa membentuk karsigonogenik dalam tubuh. Karsigonogenik ini disebut dengan akrilamida dan ia adalah zat perangsang munculnya sel kanker dalam tubuh.

Apalagi jika kamu sering jajan makanan gorengan di pinggir jalan. Alasannya karena makanan ini memiliki tingkat kebersihan yang sangat rendah. Maka, hindari jajan di luar atau bawa makanan sehat dari rumah kemana-pun anda pergi.

Baca juga: Manfaat Bunga Matahari bagi Kesehatan

4. Tidak minum cukup air putih

Aair putih adalah hal terpenting bagi tubuh karena tubuh selalu butuh air dalam berbagai hal dan fungsinya. Namun bagi sebahagian orang perkotaan minum air putih sudah sangat jarang karena mereka kadang lebih memilih untuk mengkonsumsi minuman kemasan atau minuman bersoda. kelihatannya, minuman soda memang sangat menyegarkan dan enak namun efek bagi kesehatan sangat buruk sekali.

Lantas, apa efek buruk dari tidak minum air putih? Salah satunya adalah mencegah ginjal bekerja optimal sehingga lambat laun bisa merusak ginjal. Ada kejadian di kisah nyata, seseorang yang sedikit mengkonsumsi air putih dalam waktu lama sehingga akhirnya ia mengalami masalah pada ginjalnya adan akhirnya meninggal akibat dari penyakit yang dideritanya itu.

5. Jarang berolahraga

Olahraga adalah salah satu cara hidup sehat, maka tidak atau jarang berolah raga adalah salah satu pola hidup tak sehat. Maka banyak kita lihat orang suka olahraga hidupnya lebih sehat dibandingkan dengan mereka yang tidak suka olahraga.

Maka, olahraga – apaun bentuknya – sangat penting terutama bagi kamu yang berkerja secara duduk atau kurang gerak. Pekerrja kantor, pekerja didepan komputer sepertti blogger dan lain-lain. Seseorang yang kurang gerak akan menyebabkan tubuh semakin kaku dan berat sehingga akhirnya semakin malas bergerak. Inilah punca dari awal munculnya penyakit.

6. Stres

Stres adalah masalah yang sangat sering di temukan di kehidupan moderen ini, terutama terjadi akibat dari tekanan finansial. Maka mereka yang tidak memmiliki rasa syukur akan selalu merasa tertekan dengan hidup apalagi jika ia termasuk orang yang selalu mengejar gaya dan penampilan, akibatnya ketika hal itu tidak tercapai muncullah stres.

Stres memang gangguna psikis tetapi efek buruknya akan nampak pada fisik. Orang stres akan mengalami suasana hati yang tak menentu sehingga semua fungssi organ dalam tubuhnya akan terganggu dan akhirnya muncul berbagai penyakit dalam tubuhnya.

Dan buruknya lagi, orang stres itu butuh pelampiasan, dan hal yang biasa menjadi pelampiasan adalah makanan. Semakin stres seseorang biasanya akan semakin suka makan makanan dalam jumlah banyak. Jika ini yang terjadi maka penyakit dan kegemukan akan cepat datang menghampiri.

Pola Hidup Sehat, Cara Cerdas Sehat Sepanjang Waktu

Diatas kita sudah tahu tentang penyebab pola hidup tak sehat dan perilaku tidak sehat, sekarang saatnya kita masusk dalam pembahasan ini yaitu pola hidup sehat.

Untuk bisa hidup lebih sehat dan secara lahiriyah jauh dari penyakit-penyakit, ikutilah pola hidup sehat di bawah ini. Berikut beberapa poin yang kami anggap penting dalam menjalankan pola hidup agar menjadi sehat.

1. Cek kesehatan secara berkala

Salah satu hal penting dalam menjalankan pola hidup sehat adalah selalu melakukan cek kesehatan secara rutin setiap 6 bulan sekali atau setahun sekali. Guna cek up kesehatan adalah untuk mengetahui sejak dini kondisi kesehatan, sehingga jika kesehatan sedang dalam masalah maka bisa segara di cari soslusi penyelesaiannya.

Pemeriksaan kesehatan bisa di lakukan dimana-mana seperti di rumah sakit. Rumah sakit biasanya mempunyai tempat khusus untuk cek up kesehatan. Biaya cek up kesehatan biasanya adalah 620.000 atau 735.000. Namun ada juga beberapa tempat yang memasang tarif lebih mahal.

Dengan melakukan cek kesehatan anda akan segera mengetahui jika sekarang anda sedang dalam masalah kesehatan terutama penyakit yang sulit terdeteksi. Namun dengan adanya cek up kesehatan anda segera tahu jika sedang mengalami gejala jantung, gejala diabetes, atau stroke.

Ketika anda melakukan cek up kesehatan, beberapa organ dan bagian tubuh yang penting di cek adalah fisik, Foto Rontgen/chest x-ray, mata, tes laboratorium, dan Audiometry.

2. Berhenti merokok

Bagi perokok, peringatan keras terhadap efek buruk merokok sudah berulang kali di lihat, di baca dan bahkan sudah di hafalnya. Ini bunyi peringatan pada bungkus rokok “Merokok dapat menyebabkan kanker, serangan jantung, impotensi, dan gangguan kehamilan dan janin”. Namun, semua perokok tak berdaya di bawah kungkungan racun rokok, setiap kali mereka menghisap rokok, maka semakin candu mereka terhadap rokok tersebut.

Maka bagi yang ingin berhenti dari penjajahan rokok hendaknya benar-benar berkomitmen terhadap hal ini. Ingat orang yang tidak merokok jika terpapar asap rokok kalian akan lebih berbahaya daripada diri kalian sendiri yang menghisapnya. Bagaimana jika seorang ayah menghisap rokok di keluarga, anak, isteri dan semua orang yang di sayanginyaa akan teracuni secara perlahan.

Maka, jika perokok benar-benar menyayangi keluarganya, berhentilah merokok sejak dini, jangan tunggu esok apalagi ketika anda merasa siap untuk berhenti. kalau tidak di mulai sekarang maka rokok itu tidak akan pernah bisa hentikan.

Penyakit Akibat Rokok

Mungkin, perokok perlu paham betul tentang penyakit penyakit yang bisa terjadi akibat dari rokok. Penyakit ini tidak hanya di rasakan oleh perokok saja, namun juga dirasakan oleh mereka yang terpapar dengan asap rokok kalian (perokok pasif). Ini beberapa penyakit yang jelas-jelas di sebabkan asap rokok.

  • Kerusakan pada paru-paru
  • Penyakit jantung koroner
  • Penyakit lemah syahwat atau Impotensi
  • Terjadi kanker pada mulut, kerongkongan, dan usus
  • Terjadi Katarak
  • Mengalami Asma
  • Kerusakan gigi, dan
  • Gangguan pada wanita hamil (kehamilan)

Wanita hamil yang merokok sangat banyak, padahal merokok bagi wanita hamil memiliki efek buruk ganda, tidak berdampak pada dirinya namun juga terjadi pada janin yang di kandungnya.

Berdasarkan data dari WHO, tahun 2008 lalu sekiatr 45% wanita merokok dimana 27% diantaranya adalah wanita hamil. Ingat, jika nada sedang hamil dan merokok, itu sama saja anda sedang mempersiapkan anak lahir anda cacat, atau tidak normal.

Maka kita sangat menyayangkan wanita hamil merokok, ia tidak hanya sedang membunuh dirinya, tetapi juga berusaha untuk membunuh janinnya sendiri. Maka, disini kita butuh kesadaran untuk tidak lagi mencoba menghisap rokok, karena ini sangat berbahaya untuk kesehatan.

Tip Mudah Berhenti Merokok

Jika anda sudah sadar dan ingin tahu bagaimana kiat-kiat berhenti merokok, atau bagaimana cara berhenti merokok dengan mudah dengan tidak terasa tersakiti. Beriktu ini cara dan tips berhenti merokok untuk anda, semoga bermanfaat.

– Kurangi bertemu dengan sesama perokok. Semakin sering anda bertemu sesama teman yang merokok dipasitkan anda akan semakin sering merokok.

– Ganti dengan sesuatu yang lain. Jika keinginan kamu untuk merokok muncul, coba gantikan dengan camilan lain sebagai bahan untuk kamu kunyah seperti candy, permen atau makanan lain.

– Berhenti secara perlahan. Berhenti merokok itu berat coy. So, mulailah secara perlahan dan miliki komitmen yang kuat sehingga anda bisa berhasil. Jika kamu sehari bisa menghabiskan dua bungkus coba kurangi menjadi satu bungkus, kemudian kurangi lagi setengah bungkus. Lakukan tips berhenti merokok ini secara konsisten.

Itulah beberapa tips berhenti dari jajahan rokok, jika masih belum cukup dengan tips ini, coba buat cari teman yang juga ingin berhenti meorokok. Buat kesepakatan siapa yang kedapatan merokok harus bayar denda kepada yang tidak merokok, misalnya membayar 1 juta atau 5 juta. Jika jumlahnya banyak, Tentu kamu akan berpikir seratus kali untuk merokok.

3. Lakukan aktivitas fisik

Selanjutnya, pola hidup sehat adalah dengan memperbanyak latihan fisik atau aktivitas bersifat fisik. Maksudnya adalah segala perbuatan yang melibatkan fisik seperti olahraga dan bekerja membersihkan halaman, membersihkan pekarangan dan lain-lain.

Kamu bisa melakukan jogging, jalan-jalan, bersepeda atau sekedar membersihkan rumut di pekarangan. Ini sangat penting karena aktivitas ini menggerakkan otot dan tubuh yang menyebabkan keluarnya keringat.

Manfaat Latihan atau Aktivitas Fisik

Diantara manfaat yang didapat dari aktivitas fisik adalah sebagai berikut:

  • Melatih paru-paru
  • Menguatkan jantung
  • Menurunkan kadar gula darah
  • Menyehatkan pembuluh darah
  • Mencegah kanker, dan
  • Mengontrol berat badan

4. Diet sehat atau gizi seimbang

Diet seimbang adalah salah satu cara menjalankan pola hidup sehat. Jadi, anda tidak hanya makan makanan yang anda suka saja dan meninggalkan makanan yang tidak anda suka.

naamun, diet seimbang adalah mengkonsumsi makanan secara beragam dengan aneka gizi didalamnya baik itu buah-buahan, sayuran atau daging dan lain-lain. Untuk melakukan diet seimbang, anda harus paham tiga prinsip berikut ini:

  • Keragaman makanan yang anda konsumsi
  • Rutin melakukan Aktivitas fisik, dan
  • Perilaku hidup bersih

Jadi, jika anda ingin menerapakan pola hidup sehat, ketiga jenis prinsip di atas harus di terapkan. Jika hanya mengkonsumsi makanan beragam dan tidak melakukan aktivitas fisik, maka ini belum di katakan orang yang menjalankan prinsip diet seimbang.

5. Istirahat Cukup

Istirahat cukup dan berkualitas sangat penting untuk kesehatan apalagi dalam menjalankan pola hidup sehat. Istirahat yang cukup di malam hari akan memberikan kessehatan yang bagus ke esokan hari. Ini harus terus dilakukan setiap harinya, anda harus mendapatkan istirahat yang cukup setiap haarinya.

Istirahat yang cukup akan merilek-kan otot-otot tubuh, mengembalikan kebugaran, dan meregenerasi sel-sel rusak sehingga seseorang yang memiliki istirahat yang bagus dan berkualitas, maka hidupnya akan berkualitas.

Durasi tidur orang dewasa adalah antara 7 hingga 8 jam dalam 24 jam sehari semalam. sementara anak-anak memiliki jumlah waktu tidur yang lebih banyak dibandingkan dengan orang dewasa, jadi perkembangan tubuh anak-anak sangat berpengaruh terhadap istirahat mereka. So, jangan paksakan anak-anak belajar atau dengan hal lainnya, jika sudah sampai waktu istirahat ajak mereka untk istirahat karena ini sangat penting untuk kesehatan dan pertumbuhan mereka.

Anak-anak usia sekolah harus tidur setidaknya 9 jam sehari, sementara anak balita (bayi lima tahun) harus tidur ssetidaknya 13 hingga 14 jam sehari.

Kata Penutup

Hidup sehat atau menjalani popla hidup sehat adalah hal yang mudah di ucapkan, namun sangat sulit untuk di realisasikan. Satu-satunya cara untuk bisa menjalankan pola hidup sehat adalah dengan menanamkan azam yang kuat dan cita cita yang kokoh untuk bisa mendapatkan tubuh yang sehat dan bermanfaat untuk diri sendiri dan orang lain.