Pengertian Segmentasi Pasar
www.pelajaran.co.id

Pengertian segmentasi pasar pengelompokan konsumen atau pembeli sesuai dengan kebutuhan dan minat serta karakteristik masing-masing yang sifatnya heterogen didalam pasar tertentu dan kemudian menjadi sebuah pasar yang homogen dan ini nantinya bisa menjadi satu strategi perusahaan marketing dalam menarget pasar yang tepat.

Segmentasi pasar bisa juga di katakan sebagai suatu strategi yang di terapkan perusahaan untuk mengetahui minat pasar, kebutuhan dan keinginan konsumen sehingga menjadi barang pertimbangan bagi perusahaan untuk kemudian menyediakan barang yang sesuai dengan kehendak pasar. Bisa juga kita katakan, pasar yang tadinya hanya satu dan kemudian melebar menjadi beberapa pasar yang sejenis (homogen) setelah terjadi pengelompokan atau segmentasi pasar.

Segmentasi pasar atau market segmentation mempunyai tujuan, yaitu untuk mendapatkan pasar yang sesuai dengan sasaran penjual sehingga pasar dan penjual bertemu dalam sebuah tujuan yang saling melengkapi. Segmentasi pasar juga bisa membuat pemasaran menjadi lebih terarah sehingga meminimalkan sumber daya perusahaan.

Pengertian Segmentasi Pasar

Ada beberapa pendapat para ahli tentang segmentasi pasar. Mari kita lihat satu persatu sehingga kita lebih memahami lagi tentang market segmentastion.

1. Pride dan Ferrel

Pride dan Ferrel mengatakan yang di maksud dengan segmentasi pasar adalah membagikan pasar kepada segmen-segmen pelanggan potensial seusai dengan kesamaan karakteristik, dimana nantinya akan ada kesamaan antara pelanggan dalam segi minat dan ketertarikan terhadap produk atau jasa.

2. Philip Kotler dan Gary Amstrong

Philip Kotler dan Gary Amstrong membuat definisi segmentasi pasar sebagai sebuah pengelompokan pasar menjadi beberapa kelompok pembeli yang berbeda. Tujuan dari pengelompokan pasar ini adalah untuk membagi pasar yang berbeda-beda menjadi kelompok pasar yang beragam atau heterogen. Setiap kelompok yang sudah di bagi bisa di target untuk menjual produk tertentu yang sesuai dengan keinginan pembeli, karakteristiknya dan minat konsumen (pembeli)

3. Swastha dan Handoko

Mereka berdua mengatakan bahwa pengertian segmentasi pasar adalah keadaan membagi-bagi pasar yang herterogen kedalam satuan pasar yang homogen.

Tujuan Segmentasi Pasar

Pembagian segmentasi pasar bukan tidak ada tujuannya. Tetapi tujuannya sangat jelas dan menguntungkan dalam dunia bisnis dan niaga. Tujuan dasarnya adalah membagi pasar kepada beberapa pasar yang lebih dengan keadaan pelanggan didalamnya bersifat homogen atau sejenis sehingga memiliki keinginan yang sama.

Baca juga: 4 Manfaat Genset di Kota Besar

Untuk lebih jelas, berikut kita lihat apa saja yang menjadi tujuan daripada segmentasi pasar.

1. Evaluasi dan target bisnis

Ketika perusahaan sudah mengerti tentang segmentasi pasar dan karakteristik konsumen (pasar), maka perusahaan bisa mengevaluasi atas kegiatan pemasaran yang telah berlangsung, sehingga mudah untuk membuat perkembangan di kemudian hari.

jadi, secara sederhana perusahaan yang akan bagaimana strategi baru yang harus di mainkan agar target pasar kedepan tepat sasaran atau produk yang di tawarkan sesuai dengan keinginan para konsumen.

2. Strategi Pemasaran lebih terarah

Menerapkan strategi pasar terhadap pasar atau konsumen yang homogen jelas lebih mudah dan terarah dibandingkan menargetkan pasar yang masih beragam atau heterogen. Ini akan sangat menguntungkan perusahaan termasuk mereka akan mudah dalam mengatur harga, produk, distribusi dan metode promosi.

3. Mengenal kompetitor dengan segmen pasar yang sama

Ketika perusahaan memahami pembeli pada satu sektor atau segmen pasar, dengan sendirinya perusahaan akan memahami siapa saja yang akan menjadi pesaingnya serta apa saja yang di lakukan oleh pesaingnya, sehingga bisa menjadi tolak ukur atau pertimbangan bagi perusahaan dalam mengambil kebijakan baru. Artinya, perusahaan bisa belajar banyak dari strategi yang di gunakan oleh kompetitor.

4. Memudahkan dalam membedakan pasar

Jika pasar tidak bisa di bedakan oleh perusahaan maka akan sangat sulit dalam memasarkan produknya. Pasar yang heterogen sangat sulit untuk di tebak sehingga produk tidak akan laku dengan mudah.

Ketika perusahaan sudah membagi segmen atau pengelompokan pasar sesuai dengan minat dan karakteristik, maka perusahaan akan mudah dalam memahami kebutuhan konsumen. Maka, pasar akan mudah di bedakan dengan pasar yang lainnya.

5. Pelayanan terhadap konsumen menjadi lebih baik

Tujuan segmentasi pasar selanjutnya adalah memudahkan dalam melayani konsumen sehingga pelayanan yang diberikan juga akan memuaskan.

Ada empat hal yang sangat di perhatikan oleh pasar atau konsumen terhadap sebuah pelayanan barang atau jasa. Ke empat hal ini adalah kualitas barang bagus, harga barang murah, pelayanan yang bagus, dan ketepatan waktu. Pelayanan yang bagus dan ramah adalah hal terpenting dari ke empat hal di atas. Bagaimana jadinya jika penjual tidak pandai dalam membawa narasinya terhadap pembeli, pasti akan kacau.

Nah, ketika pasar sudah di bagi-bagi dalam beberapa segmentasi, maka akan mudah bagi perusahaan dalam memberikan layanan ter-baiknya.

Baca: 7 Cara Menjadi Orang Sukses

Tujuan Segmentasi Pasar

Pembagian pasar atau segmentasi pasar yang di lakukan sebuah perusahaan bukan tanpa alasan. Sangat beralasan dalam melakukan ini, karena ada manfaat yang akan di peroleh ketiga pasar-pasar sudah terbagi sesuai dengan minat dan keinginan masing-masing.

Diantara manfaat segmentasi pasar adalah:

  • Perusahaan bisa menerapkan ide penjualan yang lebih fokus dan terarah
  • Pengaturan produk sebuah perusahaan akan bisa di organisir dengan baik
  • Perusahaan bisa membandingkan peluang pasar baru
  • Perusahaan bisa menghemat badget secara efisien dan maksimal
  • Perusahaan bisa mendapatkan daya tarik tersendiri dalam bidang pemasaran
  • Sebuah keuntungan besar bagi perusahaan jika hal ini sudah terukur dan teratur dengan baik.

Demikianlah pengertian segmentasi pasar, manfaat segmentasi pasar dan tujuan daripada segmentasi pasar. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan kita tentang bisnis yang lebih terarah dan menguntungkan. Metode ini adalah teknik dan strategi yang di lakukan perusahaan-perusahaan besar baik dalam atau luar negeri sehingga semua pasar sudah ter-target dan terukur dan mereka sudah bisa memperkirakan laba rugi dari hasil penjualannya.