Sistem Pencernaan Manusia

Sistem pencernaan manusia – Makanan masuk kedalam tubuh adalah melalui mulut, kerongkongan dan organ organ lainnya hingga sampai ke tujuan akhrinya yaitu menjadi sumber nutrisi atau menjadi kotoran yang akan di keluarkan melalui anus. Berdasarkan sebuah penelitian menyebutkan bahwa sistem pecernaan manusia mempunyai ukuran 30 kaki jika di ukur dari mulut hingga sampai ke anus.

Apa itu sistem pencernaan manusia?

Sistem pencernaan pada manusia adalah sebuah sistem yang menjadi sarana untuk mengolah dan memproses makanan dan minuman mulai dari mulut hingga di cerna dan di proses sedemikian rupa sehingga makanan tersebut bisa di manfaatkan oleh tubuh bagian dalam untuk mengambil nutrisinya dan selebihnya di buang sebagai kotoran.

Dari sisi lain, sistem pencernaan adalah proses perubahan makanan dan pengambilan nutrisi makanan oleh tubuh dengan bantuan enzim yang membantu pemecahan terhadap makanan tersebut sehingga makanan menjadi lebih sederhana dan bisa di manfaatkan sebagai sumber nutrisi yang di butuhkan oleh tubuh manusia.

Sistem pencernaan manusia terdiri dari:

  • Injesti, ini adalah proses memasukkan makanan melalui mulut untuk di cerna
  • Pencernaan mekanik, ini adalah proses pengolahan makanan yang masuk lewat tadi untuk di ubah menjadi lebih halus
  • Pencernaan kimiawi, ini adalah proses pengubahan molekul makanan komplek sehingga menjadi sederhana denga bantuan enzim, asam, bile dan air.
  • Proses penyigkiran, Ini adalah proses penyerapan nutrisi dan pembuangan kotoran dan terjadi ketika makanan sudah di haluskan oleh lambung.

Saluran Utama dalam Pencernaan Manusia

Bagian atau organ utama yang mempengaruhi pencernaan manusia adalah:

  • Organ Mulut
  • Kerongkongan
  • Organ Lambung
  • Usus Halus
  • Organ Usus Besar
  • Anus

6 organ ini adalah bagian tubuh yang sangat berpengaruh terhadap terhadap pencernaan makanan. Berikut kita lihat penjelasannya satu persatu.

1. Mulut

Mulut adalah organ pertama dan teratas dalam sistem pencernaan, semua makana dan minuma untuk bisa sampai ke lambung tentu harus melewati mulut terlebih dahulu baru kemudian di teruskan ke organ pencernaan lainnya.

Mulut tidak hanya berdiri sendiri tetapi ada bagian-bagian penting pada mullut yang membuat seseorang bisa mengunyah makanan dengan leuasa. Diantara bagian terpenting dalam mulut adalah lidah yang berfungsi untuk membetulkan posisi makanan seingga mudah di kunyah, selain itu lidah juga berfungsi untuk merasa makanan.

Bagian lain yang cukup penting dalam mulut adalah gigi, fungsi gigi adalah untuk mengunyah makanan sehingga makanan menjadi halus dan mudah di cerna di bagian pencernaan selanjutnya. Ada juga ludah atau air liur, ini adalah bagian yang sangat penting juga, fungsi ludah adalah untuk menjaga rongga mulut tetap bersih dan bebas dari bakteri selain itu juga berfungsi untuk memudahkan makanan di telan.

2. Kerongkongan atau esofagus

Kerongkongan atau esofagus

Esofagus atau kerongkongan adalah lorong yang akan di lalui oleh makanan setelah di kunyah sebelum makanan sampai ke lambung. Seberapa lama makanan melewati kerongkongan? Sebenarnya makanan melewati kerongkongan tidak sekaligus dalam satu kali hentakan atau tarikan namun makanan melewati kerongkongan atau esofagus butuh waktu sekitar 6 detik.

3. Lambung

sistem pencernaan lambung

Organ pencernaan selanjutnya adalah lambung. Lambung dalam bahasa ilmiah di sbeut dengan Ventrikulus, ini adalah organ pencernaan yang bentuknya seperti kantong dan ia terletak di bagian kiri dari perut.

Lambung terbagi kedalam tiga bagian dan keberadaannya sangat penting dalam sistem pencernaan. Salah satu fungsi lambung adalah untuk menghasilkan asam klorida yang bermanfaat untuk membunuh mikroorganisme jahat yang ada dalam makanan yang kita konsumsi.

4. Usus halus

Usus halus adalan sistem pencernaan setelah makanan melewati lambung, jadi dari lambung makanan kemudian akan masuk kedalam usus halus. Usus halus sendiri terdiri dari beberapa bagian yaitu usus dua belas jari, usus penyerapan dan usus kosong.

Lantas bagaimana kerjanya? Usus halus ini bekerja dengan beberapa proses seperti memproduksi enzim yang berguna untuk mengubah zat zat tertentu untuk bisa di manfaatkan oleh tubuh.

5. Usus besar

Selain usus kecil, yang termasuk dalam organ pencernaan adalah usus besar. Usus besar adalah organ yang bermanfaat untuk menampung makanan pada tahap akhir. Untuk menghancurkan makanan dalam usus besar ini, ada Escherichia coli yaitu bakteri yang berperan dalam proses pembusukan.

6. Anus atau rektum

Rektum atau anus adalah bagian ujung dari usus besar, ini adalah bagian sistem pecernaan yang terakhir dimana kotoran akan melewati bagian untuk bisa di buang sebagai limbah.

Kapan kotoran masuk ke rektum? kotoran baru masuk ke rektum ketika makanan dalam sistem pencernaan sebelumnya yaitu usus besar sudah penuh. Ketika penuh, ia secara otomatis akan masuk kedalam rektum dan siap untuk di buang.

Proses Pencernaan Makanan pada Manusia

Proses pencernaan pada manusia adalah sama saja seperti yang telah kita bahas di atas yaitu di mulai dari organ mulut, hingga berakhir di anus. Untuk lebih jelas, berikut kita lihat urutan proses sistem pencernaan pada manusia.

Mulut >> Faring >> Esofagus (Kerongkongan) >> Lambung >> Pankreas >> Kantung empedu >> Hati >> Usus halus (usus dua belas jari, usus kosong, usus penyerapan) >> Usus besar >> Usus buntu >> Umbai Cacing >> Rektum >> Anxs.

Proses pencernaan ini bisa kita jelas seperti ini: makanan pertama kali masuk kemulut dan dikunyah hinggahalus sehingga mudah di cerna dan kemudian masuk kelambung melalui kerongkongan. Ketika makanan sudah berada di lambung, maka akan terjadi proses pencernaan kimiawi, dimana makanan di cerna dengan enzim yang di hasilkan dalam lambung.

Dalam lambung biasanya makanan hanya berada selama 4 jam saja, kemdian makanan tersebut akan di teruskan ke usus halus. Nah, ketika di usus halus inilah makanan akan di serap oleh tubuh dan selebihnya akan di pisahkan sebagai bakal kotoran nanti. Setelah semuanya di serap tubuh, sisa makanan itu akan di teruskan ke usus besar dan berubah menjadi feses.

Feses ini akan diteruskan kerektum, dan jika kotoran (feses) sudah penuh maka akan di keluarkan melalui anxs.